Tanpa Olahraga Bisa Turunkan Berat Badan? Ini 7 Kuncinya!

310

Menurut seorang dokter ahli penyakit dalam Brian Secemsky, MD dari OneMedical dilansir dari Pop Sugar, memang olahraga itu penting, hanya saja saat sedang kegiatan harian sedang padat-padatnya tapi ingin menurunkan berat badan, menambah aktivitas fisik seperti olahraga bukan pilihan tepat. Kalau ingin cara menurunkan berat badan yang sehat tanpa olahraga, berikut ini adalah beberapa langkah tepatnya.

  1. Tidur Cukup

Tidur dengan rata-rata waktu paling tidak 7,5 jam per malam menurut hasil studi rupanya sangat bagus dalam penurunan berat badan. Tidur cukup juga menjadi senjata dalam menghadapi seluruh kegiatan hari esok; ketika istirahat cukup, sepanjang hari kita tak akan merasa cepat lelah dan kebugaran tetap terjaga.

  1. Memantau Asupan Kalori

Kalau menurut Anda menurunkan berat badan dengan olahraga yang membakar kalori itu sulit, maka cobalah untuk memantau sendiri seberapa banyak asupan kalori yang selama ini masuk setiap harinya ke dalam tubuh. Mungkin fisik sudah terlalu lelah untuk berolahraga? Kenapa tak fokus pada pembatasan asupan kalori dari makanan saja?

Ada berbagai aplikasi smartphone mudah kini yang bisa membantu merencanakan menu harian yang bernutrisi seimbang sebagai bagian dari tips diet sehat. Karena untuk wanita dewasa asupan rata-rata kalori yang dibutuhkan adalah 2000 kalori dan pria dewasa adalah 2500 kalori, maka pastikan kandungan kalori dalam menu makanan Anda tak lebih dari itu.

  1. Motivasi Sebelum Makan

Mungkin Anda tergoda dengan keripik kentang dan ingin memakannya? Atau mungkin ingin ngemil makan martabak manis misalnya? Cobalah tanyakan dulu pada diri sendiri kenapa ingin makan makanan-makanan tersebut. Apakah hari Anda sedang tidak baik? Apakah sedang stres? Atau hanya sebagai teman nonton TV?

Ada pula berbagai perasaan yang disalahartikan sebagai rasa lapar padahal bukan. Jika sedang kesepian, marah, sedih, stres atau ingin bernostalgia dengan sebuah makanan, mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans tinggi memang bisa membuat suasana hati lebih baik, tapi ingat-ingat lagi konsekuensinya.

  1. Membatasi atau Menghindari Minuman Beralkohol dan Bersoda

Sebagian orang sangat suka minum minuman yang mengandung alkohol serta soda, entah memang karena menggemarinya atau sebagai pelarian dari suasana hati yang sedang buruk. Penting untuk tahu cara membatasinya atau menghindarinya ketika ingin menurunkan berat badan, lalu gantikan dengan minuman jus buah alami misalnya atau smoothies kombinasi sayur dan buah.

  1. Tambah Asupan Lemak Sehat, Serat, dan Protein

Untuk bisa menurunkan atau setidaknya menjaga berat badan tetap stabil, tubuh memerlukan nutrisi paling dasar, yakni mineral, vitamin, protein dan lemak sehat. Untuk pemenuhan protein, telur rebus dan juga daging sapi tanpa lemak, sedangkan lemak sehat bisa didapat dari almond dan buah alpukat (tanpa adanya tambahan pemanis lain, ya).

Mengonsumsi almond dan alpukat yang berlemak sehat ini juga bakal mampu menurunkan risiko trigliserida tinggi ataupun mengatasi trigliserida yang kadarnya sudah telanjur melonjak. Sementara sayuran yang baik untuk memberikan asupan serat secara maksimal dan alami adalah zucchini dan brokoli.

  1. Menghindari Minuman Manis dan Junk Food

Tanpa olahraga, makanan harus benar-benar dijaga ketika ingin mencapai berat badan ideal. Jika Anda pecinta junk food dan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nais, sereal, pasta dan juga roti-rotian, pastikan untuk mengonsumsinya sekali saja seminggu.

Bahaya makan manis dan mengonsumsi minuman bergula tinggi bukan hanya membuat risiko sakit gigi meningkat, tapi juga kadar gula darah terpicu untuk melonjak sehingga potensi diabetes naik. Jadi, pastikan untuk minum minuman sehat, khususnya air putih saja, dan perbanyaklah asupan buah, sayur dan juga oatmeal.

  1. Hidrasi Tubuh dengan Air Putih

Rasa haus juga kerap disalahartikan sebagai tanda lapar, maka banyak orang yang tak sadar justru malah memilih untuk makan daripada minum. Jika merasa ingin makan padahal belum waktunya makan, cobalah konsumsi segelas air putih atau paling tidak dua gelas. Tak hanya menjaga perut tetap kenyang, minum air putih cukup juga bakal menjauhkan dari dehidrasi, lho.

Bukan mustahil untuk bisa turunkan berat badan tanpa melakukan olahraga, tapi pastikan bahwa gaya hidup lainnya sudah benar. Semoga beberapa tips tersebut dapat menolong sebagai cara menguruskan berat badan yang efektif bagi Anda, selamat mencoba.