14 Cara Meningkatkan Hormon Testosteron pada Pria

3817

Hormon testosteron merupakan hormon yang terdapat pada tubuh manusia baik pria ataupun wanita, tetapi lebih banyak terdapat pada tubuh pria. Hormon testosteron mulai diproduksi pada tubuh pria ketika menginjak usia dewasa. Hormon testosteron sangat penting dalam sistem kerja alat kelamin pria dalam hal mengeluarkan sperma. Hormon tersebut merupakan hormon sebagai kekuatan utama dalam tubuh pria dalam menunjukkan kejantanannya. Semakin banyak hormon testosteron dalam tubuh maka semakin sistem ereksi pada alat kelamin pria. Jika hormon tersebut dalam tubuh pria hanya sedikit, maka tubuh pria semakin lemah.

Kadar hormon testosteron dalam tubuh pria akan semakin menurun dengan semakin bertambahnya usia seorang pria. Hormon testosteron akan mulai menurun pada usia 30 yaitu sekitar 1 sampai 1,5 . Semakin bertambah umur kadar hormon testosteron didalam tubuh pria semakin tinggi kadar penurunannya yaitu pada usia 40 tahun maka akan berkurang 10 sampai 14%. Penurunan kadar testosteron dalam tubuh pria akan memberikan dampak yang semakin terasa yaitu tubuh pria semakin lemah.

Sebenarnya ada metode praktis untuk cara meningkatkan hormon testosteron pada pria yaitu dengan cara mensuntikan zat peningkat zat testosteron kedalam tubuh. Hal ini akan dengan cepat meningkatkan kadar testosteron didalam tubuh, tetapi mempunyai efek lain yang kurang baik untuk kesehatan serta pengaruhnya hanya berlangsung beberapa hari saja bukan dalam jangka panjang. Jika seorang pria sering melakukan suntikan ini juga akan mempunyai efek yang sangat berati pada tubuh pria yaitu akan menyebabkan drop pada tubuh pria jika tidak melakukan suntikan kembali.

Ada cara lain yang lebih aman untuk meningkatkan hormon testosteron pada tubuh pria yaitu dengan beberapa cara alami dibawah ini :

  1. Menurunkan Berat Badan

Kadar lemak didalam tubuh dapat menjadi pengaruh dalam menurunkan kadar testosteron didalam tubuh. Lemak yang paling mempengaruhi kadar hormon testosteron yaitu lemak yang berada di perut. Pria dengan berat badan yang gemuk (obesitas) mempunyai kadar testosteron lebih rendah dibanding dengan pria yang mempunyai tubuh normal. Hal ini telah dilakukan penelitian dan hasilnya memang pria obesitas mempunyai kadar testosteron lebih rendah. Jadi saran bagi pria obesitas maka diet sehat merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh.

Baca juga :

  1. Minum Kopi

Kopi merupakan minuman yang mengandung zat kafein yang selain dapat memberikan sentakan energi juga dapat meningkatkan kadar hormon testosteron di dalam tubuh pria. Hal ini telah dilakukan penelitian yaitu pria yang minum kopi sebanyak 5 cangkir dalam sehari maka dalam waktu sebulan dapat meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh pria yang obesitas. Jika anda ingin mengkonsumsi kopi dengan kadar ini sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar kesehatan anda tetap terjaga serta dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

Baca juga:

  1. Tingkatkan Asupan Vitamin D

Vitamin D merupakan vitamin yang dapat meningkatkan kadar testosteron di dalam tubuh. Dalam sebuah penelitian telah dibuktikan bahwa pria yang terpenuhi vitamin D dalam tubuh memiliki kadar testosteron di dalam tubuh lebih tinggi dibanding dengan pria yang kadar vitamin D dalam tubuhnya kurang. Anda dapat mengkonsumsi buah-buahan ataupun makanan yang mengandung banyak vitamin D serta anda juga dapat mendapatkannya dari pro vitamin D yang terkandung dalam sinar matahari pagi. Dengan sinar matahari pagi maka akan mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D didalam tubuh anda.

Baca Juga:

  1. Atasi Stres

Keadaan pikiran yang stres akan mempengaruhi kadar testosteron yang ada didalam tubuh. seseorang dalam keadaan stres akan melepaskan hormon stres kortisol dalam jumlah yang besar. Hormon kortisol ini akan mengambat kerja dari hormon testosteron sehingga tubuh akan semakin sulit dalam memproduksi hormon testosteron. Hormon testosteron ini akan bisa berfungsi lagi jika kadar stres dalam tubuh sudah hilang, semakin hilang stresnya maka tubuh semakin bisa memproduksi hormon testosteron. Maka sebisa mungkin anda harus menghindari hal-hal yang dapat menjadikan diri anda stres.

  1. Istirahat Cukup

Istirahat cukup dengan tidur malam dengan waktu yang cukup. Hal ini telah dilakukan pada pria yang istirahat malam dengan waktu yang cukup maka mereka mempunyai kadar testosteron lebih tinggi dibanding dengan pria yang kurang tidur malam. Jika dalam seminggu seorang pria tidak tidur malam secara cukup maka pria tersebut akan mengalami penurunan kadar testosteron sebanyak 15%. Hal ini sesuai dengan anjuran jangan begadang, memang karena begadang mempunyai banyak negatif untuk kesehatan tubuh.

  1. Olahraga

Olahraga sangat bermanfaat untuk kesehatan serta kebugaran tubuh, selain itu olahraga dapat meningkatkan kadar testosteron didalam tubuh. Olahraga angkat beban terbukti dapat meningkatkan kadar testosteron didalam tubuh selama 48 jam ke depan. Olahraga seperti lari cepat juga dapat meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh secara signifikan. Dalam sebuah penelitian olahraga malam juga dapat meningkatkan kadar hormon testosteron didalam tubuh tetapi jangan dilakukan secara berlebihan karena olahraga yang berlebihan malah sebaliknya yaitu dapat menurunkan kadar testosteron sebanyak 40% didalam tubuh.

Artikel olahraga lainnya :

  1. Konsumsi Kacang

Kacang-kacangan mempunyai zat yang dapat meningkatkan kadar testosteron didalam tubuh. Kacang-kacangan tersebut diantaranya almond, kacang brazil, walnut serta kacang tanah. Zat lemak tak jenuh tunggal yang terdapat di dalam kacang-kacangan akan membantu bekerja meningkatkan kadar hormon testosteron. Selain hal itu juga dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh. konsumsilah kacang-kacangan secara rutin setiap hari agar kadar testosteron dalam tubuh anda dengan cepat akan meningkat.

Artikel terkait lemak lainnya :

  1. Konsumsi Tiram

Tiram merupakan hewan laut yaitu kerang yang mengandung zat protein, magnesium serta zinc. Zinc merupakan zat yang diperlukan tubuh untuk membantu meningkatkan kadar testosteron didalam tubuh. Mengkonsumsi kerang 6 biji saja dalam sehari maka akan meningkatkan zinc sebanyak 7 kali lipat, hal ini akan membantu meningkatkan kadar hormon testosteron dalam tubuh. Konsumsi kerang minimal seminggu sekali maka akan merasakan penigkatannya secara signifikan.

Baca juga Fungsi zinc

  1. Konsumsi Telur

Telur merupakan makanan sehat yang alami dengan kandungan protein dan kolesterol. Hormon testosteron didalam tubuh terbentuk dari proses sintesis antara kolesterol dengan protein, maka telur akan sangat membantu dalam peningkatan hormon testosteron dalam tubuh. Konsumsi telur setiap hari dengan cara dimasak omelet atau dimasak setengah matang untuk sarapan pagi.

Baca juga :

  1. Konsumsi Daging Merah

Daging merah merupakan makanan yang mengandung protein, zat besi, magnesium serta zinc. Salah satu daging merah yang mengandung zat protein serta zinc yaitu daging sapi. Daging sapi sangat efektif dalam meningkatkan kadar testosteron di dalam tubuh. Zat protein serta zinc yang terkandung dalam daging sapi akan semakin meningkatkan pembentukan otot tubuh sehingga seorang pria akan semakin kuat. Konsumsi daging sapi dengan cara dimasak kukus atau panggang agar menghasilkan masakan dengan tetap terjaga kandungan gizi didalamnya.

Baca juga : Bahaya daging merahBahaya daging sapi

  1. Konsumsi Sayur Hasil Penyilangan

Konsumsi sayuran hasil penyilangan untuk meningkatkan kadar testosteron didalam tubuh anda. Sayuran tersebut meliputi brokoli, kembang kol. Bokchoy, turnip greens, collard greens, rutabaga, radishes, serta daikon. Sayuran tersebut termasuk sayur hasil penyilangan yang akan membantu mengurangi kadar esterogen dalam tubuh. Esterogen tidak baik untuk tubuh serta dapat mengurangi kadar testosteron dalam tubuh. Konsumsi sayur dengan cara dimasak kukus, rebus atau dimasak yang penting tetap menjaga kandungan gizi yang ada didalam sayur tersebut.

Baca juga:

  1. Konsumsi Madu

Selain rasanya yang manis madu dapat menjadi obat juga. Madu dapat meningkatkan kadar testosteron yang ada didalam tubuh. Madu merupakan hasil dari proses alami sehingga khasiatnya akan bekerja secara efektif dalam meningkatkan tingkat testosteron dalam tubuh. konsumsi madu secara rutin dengan mecampurkan satu sendok madu dalam minuman anda atau bisa juga digunakan sebagai selai pada roti sarapan anda.

Baca juga : Bahaya madu untuk diabetesCara membedakan madu aseli dan palsu

  1. Konsumsi Bawang Putih

Bawang putih mengandung zat allicin yang sangat bermanfaat dalam bekerja meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh. zat allicin juga mengurangi zat kortisol didalam tubuh. zat kortisol ini merupakan musuh dari zat testosteron yang memeranginya didalam tubuh. Dengan mengkonsumsi bawang putih maka zat testosteron dalam tubuh semakin meningkat serta tubuh semakin kuat. Walupun bawang putih mempunyai bau yang kurang baik tetapi manfaatnya sangat baik bagi tubuh pria. Konsumsi bawang putih dengan cara mencampurnya didalam sayur sebagai bumbu atau dicampur dengan salad.

Baca juga : Efek samping bawang putihBahaya bawang putih mentah

  1. Konsumsi Buah Sehat

Buah-buahan merupakan sumber vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, serta hal ini juga sangat baik untuk cara meningkatkan hormon testosteron didalam tubuh seorang pria. Buah-buahan mengandung zat antioksidan yang dapat menyeimbangkan kadar hormon didalam tubuh pria sehingga ketika seorang pria mengkonsumsi buah-buahan dengan rutin maka kadar hormon didalam tubuhnya akan seimbang, termasuk kadar hormon tertosteron didalam tubuhnya. Buah-buahan bisa anda konsumsi setiap hari dengan berbagai menu yaitu:  salad, jus, yogurt atau menu lainnya. Buatlah menu yang berbeda setia harinya sesuai dengan kesukaan anda.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kadar testosteron didalam tubuh seorang pria. Silahkan anda dapat memilih beberapa cara yang dapat anda lakukan.