32 Penyebab Kemandulan pada Pria dan Wanita

1184

Infertilitas atau kemandulan memang sering dikatakan sebagai salah satu masalah yang terjadi pada wanita. Akan tetapi pada kenyataannya, pria dan wanita bisa mengalami permasalahan organ reproduksi yang berpengaruh terhadap kesuburan tersebut. Dalam 30% kakus infertilitas yang terjadi melibatkan sisi pria yang menjadi penyebab utama mengapa wanita tidak bisa hamil.

Kemungkinan kedua adalah infertilitas kombinasi yang menghambat kehamilan karena wanita juga memiliki masalah kesuburan. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai penyebab dari kemandulan dan cara untuk mengatasi kemandulan.

Pada Pria

Penyebab Hormonal

Pemeriksaan kesuburan pada pria menjadi hal penting seperti pemeriksaan kesuburan pada wanita. Meskipun pada kenyataannya, banyak pria yang tidak mau memeriksakan diri karena malu atau gengsi. Akan tetapi, ini penting untuk dilakukan secepatnya untuk mengetahui sumber utama dari kemandulan tersebut. Penyebab dari infertilitas pada pria bisa terjadi karena beberapa hal seperti gangguan hormonal, fisik dan juga psikologis. Tingkat hormon yang meningkat dan terlampau tinggi atau justru menurun dan rendah menjadi salah satu pemicu kondisi ini sehingga otomatis berpengaruh pada kesuburan pria, seperti di bawah ini:

  1. Hipotiroid

Kadar hormon tiroid yang rendah bisa menurunkan kualitas air mani, fungsi testis dan juga menyebabkan gangguan pada libido.

  1. Hiperprolaktinemia

Keadaan hormon prolaktin yang tinggi dan bisa ditemukan pada 10 sampai 40 persen pria yang tidak subur. Kadar prolaktin yang tinggi ini akan mengurangi produksi dari sperma dan juga gairah seksual serta menjadi penyebab dari impotensi.

  1. Hipogonadotropik Hipopituitarisme

Produksi hormon follicle stimulating hormone atau disingkat FMS serta Lutenizing Hormone atau biasa disebut LH dari kelenjar pituitari yang terlalu rendah mampu menjadi faktor penyebab dari gangguan perkembangan sperma, bahkan memicu menurunnya tingkat sel dalam testis dan berbagai permasalahan lainnya.

  1. Hiperplasia Adrenal Kongenital

Ini bisa terjadi di saat kelenjar pituitari mengalami tekanan karena meningkatnya hormon androgen adrenal sehingga membuat produksi sperma menjadi rendah, sperma yang kurang aktif bergerak dan banyak sel sperma yang tidak bisa berkembang dengan baik.

  1. Panhipopituitarisme

Panhipopituitarisme merupakan gagalnya kelenjar pituitari yang membuat hormon pertumbuhan menjadi tertekan seperti hormon stimulasi tiroid serta tingkatan LH dan FSH dengan gejala seperti testis berukuran normal atau kecil, impotensi dan gairah seks yang mengalami penurunan.

Artikel terkait:

Penyebab Fisik

Pria yang mengalami kemandulan juga bisa disebabkan karena berbagai masalah fisik seperti gangguan proses produksi sperma atau jalan sperma dari testis menuju penis yang mengalami hambatan. Ini bisa terlihat dari jumlah sperma, bentuk atau ukuran sperma yang tidak normal. Berikut ini adalah beberapa masalah fisik umum yang menyebabkan kemandulan pada pria.

  1. Varikokel

Varikokel merupakan terjadinya pelebaran pembuluh darah di dalam skortum sehingga mencegah darah mengalir dengan lancar. Ini bisa terjadi antara 15 sampai 40 persen pra yang sedang melakukan evaluasi infertilitas.

  1. Kelainan Saluran Sperma

Kelainan saluran sperma yang dimaksud adalah tabung pembawa sperma atau saluran sperma terjadi kerusakan karena cedera atau sebuah penyakit. Sebagian pria akan mengalami sumbatan pada testis tempat menyimpan sperma atau hambatan yang terjadi pada salah satu atau kedua saluran pembawa sperma dari testis.

  1. Torsio Testis

Torsio testis adalah kelainan jaringan yang membuat testis berputar di dalam skrotum dengan ekstrim dan ini bisa terlihat dari timbulnya pembengkakan.

  1. Infeksi dan Penyakit

Infeksi dan penyakit juga menjadi sumber penyebab kemandulan pada pria dan juga menghambat sperma untuk keluar. Beberapa penyakit tersebut diantaranya adalah tuberkolosis, gondong, tipus dan juga penyakit menular seksual seperti gonore dan sipilis.

  1. Penyakit Genetik

Meskipun tidak terlalu banyak ditemukan, akan tetapi penyakit seperti cyctic fibrosis atau gangguan kromosom lainnya juga bisa menjadi penyebab kemandulan pada pria.

  1. Ejakulasi Retrogade

Salah satu jenis kelainan ini akan menyebabkan air mani masuk ke kandung kemih dan bukan keluar dari penis saat melakukan ejakulasi. Ini terjadi karena komplikasi saat operasi prostat, kandung kemih ataupun uretra serta efek samping beberapa jenis obat atau penyakit diabetes.

Penyebab Kombinasi

Masalah seksual yang terjadi pada pria juga sering dihubungkan dengan keadaan psikologis, meskipun pada kenyataannya, gangguan psikologi dan fisik memang sangat sulit untuk dipisahkan. Berikut ini adalah beberapa penyebab dari gangguan kombinasi kemandulan pada pria.

  1. Impotensi

Ini terjadi karena satu atau kombinasi dari beberapa faktor. Dulunya, keadaan ini dikatakan sebagai faktor dari psikologis. Akan tetapi dengan penelitian terbaru membuktikan jika masalah fisik yang juga diperburuk dengan masalah psikologis seperti tegang, perasaan bersalah dan percaya diri yang rendah merupakan kombinasi yang menimbulkan impotensi tersebut.

  1. Ejakulasi Dini

Ini terjadi saat pria tidak dapat mengendalikan repon ejakulasi sesudah penetrasi minimal 30 detik. Keadaan ini menjadi salah satu penyebab kemandulan dimana ejakulasi terjadi saat penis belum ada di dalam vagina.

  1. Inkompetensi Ejakulasi

Keadaan psikologi ini membuat pria tidak bisa ejakulasi selama berhubungan seksual, akan tetapi bisa melakukannya saat masturbasi.

Artikel terkait:

Penyebab Lain

Selain beberapa penyebab dari kemandulan pada pria, ada beberapa kemungkinan lain yang menjadi penyebab kemandulan, yakni:

  1. Kanker dan Tumor

Penyebab kemandulan pada pria juga bisa terjadi karena kanker serta tumor. Kedua jenis penyakit ini akan langsung berpengaruh pada gangguan kelenjar yang melepaskan hormon reproduksi seperti kelenjar pituitari.

  1. Pengobatan Tertentu

Pengobatan tertentu seperti steroid dalam jangka panjang, beberapa jenis obat anti jamur, obat kanker, terapi pengganti testoteron, efek samping kemoterapi dan juga beberapa jenis obat lain juga menjadi penyebab kemandulan pada pria.

  1. Tindakan Operasi

Perlu diketahui bahwa ada sejumlah prosedur dan jenis operasi yang mampu menyebabkan terjadinya komplikasi semacam menjadi penghambat sperma keluar sewaktu ejakulasi. Ambil saja contoh operasi untuk vasektomi, perbaikan hernia inguinalis, operasi penanganan skrotum, berikut juga operasi prostat serta beberapa operasi besar seperti kanker di testis dan dubur.

Pada Wanita

Seperti halnya pada pria, wanita juga memiliki resiko kemandulan yang cukup tinggi dan ini bisa terjadi karena berbagai penyebab seperti kebiasaan buruk, pola makan dan berbagai penyebab lainnya.

  1. Usia

Kemandulan pada wanita bisa dikaitkan dengan usia. Penurunan kesuburan wanita umumnya terjadi pada akhir usia 30-an. Ini menyebabkan 95 persen wanita yang berusia diatas 35 tahun baru akan hamil sesudah 3 tahun berhubungan seks tanpa memakai kontrasepsi, sedangkan sekitar 75 persen wanita di usia 38 akan hamil dengan jangka waktu yang sama.

  1. Merokok

Kebiasaan buruk yang dilakukan wanita seperti merokok juga akan menyebabkan gangguan pada serviks dan tabung saluran indung telur. Ini juga menjadi penyebab resiko keguguran menjadi semakin meningkat begitupun dengan kehamilan ektopik. Bahaya merokok bagi kesehatan nyatanya turut menjadi faktor dalam membuat indung telur menua secara lebih cepat dan akibatnya sel telur akan habis sebelum waktunya lalu memicu kemandulan.

  1. Berat Badan

Obesitas rupanya menawarkan bahaya bagi para wanita karena Proses ovulasi normal mampu menjadi tak normal berat badan seorang wanita berlebih atau justru kurang dari yang seharusnya secara signifikan. Untuk mencapai berat badan yang sehat bisa didasari dengan kategori indeks massa tubuh atau IMT bisa menunjukkan peningkatan frekuensi ovulasi serta kemungkinan untuk hamil.

  1. Alkohol

Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan juga berkaitan langsung dengan meningkatnya gangguan ovulasi atau endometriosis dan menjadi penyebab utama dari kemandulan pada wanita.

  1. Jaringan Parut Pasca Operasi

Terjadinya kerusakan fisik pada ovarium wanita jangan juga disepelekan karena berpotensi menjadi faktor penyebab dari gagal ovulasi, seperti misalnya operasi invasif, kista ovarium yang bisa menyebabkan kerusakan atau jaringan parut di mana ini menggagalkan ovulasi untuk terjadi.

  1. Gangguan Lendir Serviks

Di saat wanita sedang berovulasi, maka dengan alami lendir serviks akan lebih tipis sehingga memudahkan sperma untuk bergerak lebih mudah untuk menghampiri sel telur. Akan tetapi saat lendir serviks tidak normal maka proses ini akan terasa sulit dan menghambat kehamilan.

  1. Menjalani Operasi Panggul

Penyakit radang panggul yakni infeksi pada rahim serta tabung saluran indung telur dari klamidia, gonore atau infeksi menular seksual lain mengharuskan seorang wanita untuk menjalani operasi panggul atau rongga pinggul termasuk juga kehamilan ektopik yakni sel telur yang dibuahi tertanam dan berkembang di saluran indung telur dan bukan pada rahim.

  1. Submucosal Fibroid

Submucosal fibroid merupakan tumor jinak yang tidak memiliki sifat kanker dan tumbuh di dalam atau di sekitar rahim. Submucosal fibroid ini berkembang dalam lapisan otot dinding rahim dan bisa berkembang juga pada rongga rahim. Keadaan ini akan mengurangi kesuburan meskipun tidak diketahui apa yang menjadi pemicu hal itu, namun kemungkinan fibroid mencegah embrio tertanam di dalam rahim.

  1. Endometriosis

Endometriosis merupakan jaringan yang umumnya tumbuh di rahim namun tertanam dan tumbuh di bagian tubuh lainnya. Pertumbuhan dari jaringan tambahan dan operasi pengangkatan jaringan tambahan tersebut bisa menimbulkan jaringan parut. Jaringan parut inilah yang nantinya akan menghalangi tabung saluran indung telur sekaligus menghambat terjadinya pembuahan sel telur dari sperma.

  1. Obat Kemoterapi

Obat-obatan yang digunakan pada saat kemoterapi untuk kanker juga bisa menjadi penyebab kemandulan pada wanita. Indung telur akan tidak berfungsi seperti seharusnya dan kerusakan ini bisa terjadi secara permanen.

  1. Obat Spironolakton

Ini merupakan jenis obat yang digunakan untuk mengatasi retensi cairan atau edema. Waktu sekitar 2 bulan sejak berhenti dari penggunaan obat-obatan ini supaya bisa mengembalikan tingkat kesuburan dalam keadaan yang normal.

  1. Penggunaan Obat Terlarang

Beberapa obat-obatan terlarang seperti kokain dan ganja bisa sangat mempengaruhi kesuburan. Beberapa jenis obat terlarang akan menyulitkan siklus ovulasi yakni pelepasan sel telur di setiap bulannya.

  1. Kelainan Bawaan

Kelainan bawaan juga menjadi penyebab dari kemandulan pada wanita. Beberapa kelainan tersebut diantaranya seperti septate uterus yang akan menyebabkan keguguran berkali-kali dan tidak bisa hamil. Septate uterus ini merupakan keadaan malformasi pada rongga rahim.

  1. Infertilitas Tanpa Sebab

Pada beberapa kasus, kemandulan tidak bisa ditemukan penyebabnya dan kemungkinan bisa terjadi karena kombinasi beberapa faktor kecil dari kedua pasangan.

  1. Penggunaan Obat Anti Inflamasi

Penggunaan obat anti inflamasi nonsteroid atau OAINS termasuk aspirin dan ibuprofen dengan pemakaian dosis tinggi atau jangka waktu yang cukup lama juga bisa menghambat proses kehamilan atau menyebabkan kemandulan.

Artikel terkait:

Cara Mengatasi Kemandulan

Sulit mendapat keturunan tentunya menjadi kabar buruk untuk pasangan suami istri. Akan tetapi ada beberapa tindakan medis yang bisa dilakukan untuk mengatasi kemandulan pada pria dan wanita tersebut.

Pengobatan Kemandulan Pria

Untuk mengobati kemandulan pada pria, maka pengobatan yang dilakukan berhubungan dengan masalah seksual atau berkurangnya sperma yang sehat dan beberapa jenis pengobatan tersebut diantaranya adalah:

  • Pengobatan infeksi: Pemakaian antibiotik bisa menyembuhkan infeksi di saluran reproduksi akan tetapi cara ini tidak selalu akan mengembalikan kesuburan pria.
  • Obat atau terapi hormon: Apabila kemandulan disebabkan oleh pemanfaatan hormon, maka dokter akan memberikan rekomendasi obat atau terapi untuk mengganti hormon tersebut.
  • Penanganan seksual: Ini memerlukan terapi konseling atau beberapa jenis obat yang bisa meningkatkan kesuburan dalam keadaan disfungsi ereksi atau ejakulasi dini.
  • Operasi: Penyebab kemandulan yang sering terjadi adalah varikokel dan ini harus diatasi dengan jalan operasi. Sperma umumnya akan muncul dari testis meski tidak ditemukan pada saat ejakulasi.

Pengobatan Kemandulan Wanita

Untuk mengatasi kemandulan yang terjadi pada wanita, ada beberapa jenis pengobatan yang mungkin akan dijalankan seperti berikut ini.

  • Obat Kesuburan

Obat ini adalah perawatan utama untuk wanita yang mandul karena gangguan ovulasi. Obat-obatan yang dipakai akan mengatur dan merangsang ovulasi seperti contohnya obat jenis clomifene atau tamoxifen yang akan membantu ovulasi atau membuatnya menjadi lebih teratur. Konsultasikan dengan dokter mengenai obat yang paling tepat serta manfaat dan resiko dari obat tersebut.

  • Operasi Meningkatkan Kesuburan

Operasi untuk meningkatkan kesuburan terdiri dari beberapa macam seperti operasi histeroskopi yang bisa digunakan untuk mengatasi polip endometrium atau masalah di dinding penyekat rahim serta jaringan parut di rahim. Apabila masalah berbentuk sumbatan atau jaringan parut di tabung saluran indung telur, maka bisa dilakukan operasi di saluran tersebut supaya sel telur bisa bergerak lebih mudah.

  • Inseminasi Intrauterin

Proses ini akan dilakukan pemilihan sperma dengan kualitas paling baik lalu ditempatkan ke dalam rahim dengan memakai alat bantu. Ini dilakukan supaya sperma bisa bergerak menuju leher rahim lalu menuju ke rahim. Prosedur ini umumnya dilakukan saat ovulasi untuk meningkatkan kemungkinan dan sebelum diberikan hormon kadar rendah untuk stimulasi sel telur.

  • Fertilisasi In Vitro

FIV ini menjadi salah satu teknik yang paling umum dilakukan. Prosedur ini akan diawali dengan stimulasi sel telur supaya bisa lebih banyak dari biasanya dan dipertemukan dengan sel sperma untuk pembuahan di luar rahim. Sesudah 3 sampai 5 hari pembuahan maka embrio akan ditanam kembali ke dalam rahim.

  • Pelepasan Cangkang 

Cara ini bisa dilakukan untuk membantu implantasi embrio ke dalam rahim dengan membuka lapisan luar yang menjadi pembungkus embrio.

  • Injeksi Sperma Intrasitoplasmik

Prosedur ini, satu sperma yang sehat akan langsung disuntikkan pada sel telur yang sudah matang dan biasanya dilakukan saat sperma jumlahnya terlalu sedikit atau masalah air mani atau kegagalan pembuahan FIV.

Artikel terkait:

Penyebab dari kemandulan sendiri tidak hanya bisa terjadi karena pihak wanita atau istri saja, namun juga bisa terjadi karena masalah reproduksi pada pria atau kombinasi dari kedua pasangan tersebut sehingga harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik dan bias memperoleh keturunan.