5 Makanan Penyebab Kista Ovarium Pada Wanita

192

Kista dapat muncul di bagian tubuh manapun, dengan membentuk kantong yang berisi cairan. Penyakit kista dapat dialami siapa saja, namun umumnya wanita lebih banyak yang menderita kista terutama kista ovarium. Ada banyak yang menjadi faktor resiko kista ovarium maupun kista di organ tubuh lainnya, dan salah satunya adalah makanan. Apalagi sekarang ini banyak sekali jenis makanan cepat saji dan mengandung banyak senyawa kimia sebagai zat tambahan makanan. Berikut ini beberapa makanan penyebab kista yang penting untuk diketahui agar dapat menghindarinya.

1. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji atau yang dikenal dengan junkfood sangat tidak baik untuk dikonsumsi karena tidak ada manfaat yang didapat selain rasa kenyang dan kenikmatan sementara di lidah. Makanan cepat saji justru banyak mengandung zat berbahaya seperti lemak jenuh, pengawet, pewarna makanan dan penyedap sintetis. Jika sering dikonsumsi makanan ini dapat memicu aktivitas sel yang tidak normal hingga dapat membentuk kista.

2. Makanan Manis

Makanan manis seperti permen, kue, dan manisan juga tidak baik dikonsumsi karena dapat menimbulkan dampak buruk bagi tubuh, salah satunya menjadi penyebab penyakit kista. Kandungan gula yang terlalu tinggi dalam makanan dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, sehingga dapat mengganggu kestabilan hormon di dalam tubuh. Kondisi ini dapat meningkatkan peluang tumbuhnya kista di dalam tubuh dan semakin banyak konsumsi gula akan mempercepat pertumbuhan kista tersebut.

3. Daging Merah

Daging merah mengandung banyak sekali kandungan kolesterolnya, dan makanan ini perlu dihindari agar terhindar dari penyakit kista. Pasalnya, kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan kestabilan hormon dalam tubuh terganggu, sehingga fungsi ovarium juga tidak stabil. Akibatnya, sel berkembang tidak normal dan terbentuk kista yang cukup mengganggu. Jika terpaksa ingin mengkonsumsinya, usahakan untuk tidak makan daging lebih dari sekali dalam sebulan.

4. Makanan Laut

Makanan laut atau seafood termasuk jenis makanan yang juga sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, salah satunya memicu tumbuhnya kista. Hal ini dikarenakan makanan laut seperti udang, cumi-cumi, kepiting dan lobster sangat tinggi kandungan kolesterolnya, dan ini berbahaya jika sering dikonsumsi. Sebaiknya, pilihlah ikan segar sebagai makanan dengan sumber nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

5. Minuman Soda, Kafein dan Alkohol

Tidak hanya makanan, beberapa jenis minuman juga sebaiknya dihindari jika tidak ingin terkena penyakit kista. Minuman tersebut antara lain minuman yang mengandung soda, kafein dan juga alkohol. Minuman tersebut dapat mempengaruhi produksi hormon estrogen, yang dapat merangsang pembentukan kista jika kadar hormon tersebut tidak stabil di dalam tubuh. Lebih baik untuk selalu mengkonsumsi air putih yang lebih menyehatkan dan dapat membantu membuang racun di dalam tubuh.

Itulah makanan penyebab kista yang sebaiknya dihindari untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, penting pula untuk mengetahui ciri-ciri penyakit kista pada saat menstruasi agar penyakit tersebut lebih mudah untuk terdeteksi.