Ini Dia 14 Buah Penambah Trombosit Paling Cepat !

362

Saat kadar trombosit atau keping sel darah merah turun di dalam tubuh, maka ada kemungkinan anemia dapat terjadi, bahkan hingga mudahnya mengalami perdarahan. Jika Anda menyukai buah-buahan, maka daftar buah penambah trombosit ini bisa Anda konsumsi sewaktu Anda tahu bahwa tubuh memerlukannya.

  1. Delima

Buah delima adalah salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi di mana vitamin C adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menambah kadar trombosit. Anda bisa memakan buahnya langsung atau bahkan mengolahnya menjadi jus; mengonsumsi setiap hari 150 ml jus delima selama 2 minggu akan memberikan hasil cukup memuaskan pada penambahan jumlah trombosit Anda.

  1. Pepaya

Makan pepaya pun menjadi salah satu cara menaikkan trombosit dalam sehari jika Anda mengonsumsi dalam jumlah yang memadai. Anda bisa coba buat jus pepaya yang diminum sehari 2 kali setiap hari supaya tak hanya terhindar dari gangguan pencernaan, trombosit pun bisa ikut naik apapun penyebab trombosit turun dalam tubuh Anda.

  1. Kurma

Buah lainnya yang juga terpercaya efektif dalam menambahkan trombosit dalam tubuh adalah kurma. Karena kekebalan tubuh melemah, penyakit pun mudah datang yang pada akhirnya juga berdampak pada kadar trombosit yang menurun. Oleh karena itu, makan kurma bisa bermanfaat dalam menjaga kadar trombosit sekaligus meningkatkannya jika jumlah menurun.

  1. Buah Naga

Saat trombosit berjumlah rendah, buah naga pun bisa Anda konsumsi secara langsung, diolah menjadi sup buah atau bahkan minuman jus. Ini karena sejumlah penelitian sudah berhasil membuktikan kalau buah ini adalah peningkat kadar trombosit yang sangat bagus dan bahkan kemampuannya dalam mengobati macam-macam penyakit juga tinggi.

  1. Jeruk

Makanan yang mengandung vitamin C tinggi ini pun seharusnya Anda konsumsi ketika ingin meningkatkan jumlah trombosit yang sempat drop. Selain bisa menyelamatkan trombosit, Anda bisa juga mengonsumsi jeruk sebagai penyeimbang proses metabolisme sekaligus mendukung penyerapan nutrisi dalam tubuh.

  1. Buah Bit

Ada segudang mineral dan vitamin di dalam buah bit, termasuk vitamin E dan vitamin A yang tubuh sangat butuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga proses produksi trombosit juga lebih lancar dan baik. Jika trombosit rendah, Anda bisa tambahkan dari dalam dengan mengonsumsi buah bit, baik itu dengan cara memakan buahnya atau mengolahnya menjadi minuman jus.

  1. Buah Berry

Selain menawarkan vitamin C tinggi, buah berry-berryan sangat kaya akan antioksidan sehingga pastinya mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh secara maksimal. Antioksidan yang diberikan oleh buah berry pun menjadi pendukung penyerapan nutrisi sehingga produksi atau pembentukan trombosit yang tadinya terhambat atau terganggu dapat lancar dan normal kembali.

  1. Kismis

Buah anggur yang melalui proses pengeringan ini pun bisa menjadi alternatif bagi Anda yang mencari buah bernutrisi untuk menambah kadar trombosit. Konsumsilah kismis secara rutin untuk bisa meningkatkan jumlah trombosit secara cepat dan efektif. Namun, hindari makan kismis terlalu banyak karena hal ini juga bisa-bisa berbahaya bagi tubuh.

  1. Labu

Buah labu kuning menawarkan kalium, asam folat, vitamin A, magnesium, serat, karotenoid, riboflavin dan juga tembaga yang tinggi bagi tubuh Anda selain dari vitamin C yang kaya. Konsumsilah jika Anda memerlukan penambah trombosit secara alami dengan mengolahnya melalui cara merebus. Setelah direbus, makanlah langsung selagi hangat tanpa ditambah susu atau santan maupun bahan lainnya.

  1. Aprikot

Satu lagi buah yang tak boleh dilewatkan ketika Anda membutuhkan peningkat trombosit bagi tubuh. Itulah kenapa memakan buah aprikot mampu menjadi cara mencegah anemia maupun mengatasinya. Selain itu, aprikot pun bisa mencegah jenis-jenis penyakit jantung, mengurangi risiko tekanan darah tinggi, hingga menghindarkan Anda dari masalah sembelit.

  1. Tomat

Tomat kita tahu merupakan sumber vitamin C juga yang akan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga juga memperlancar proses metabolisme. Tak hanya itu, tomat juga menawarkan kalium, serat serta kolin tinggi yang pastinya akan menurunkan potensi terkena gangguan sistem kardiovaskular serta adanya likopen sebagai pencegah kanker ampuh.

  1. Kiwi

Kiwi merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung serat tinggi sekaligus asam folat, vitamin E serta antioksidan yang mampu melindungi tubuh pengonsumsinya dari serangan radikal bebas. Kandungan vitamin A di dalamnya juga tak boleh terlewat untuk Anda ketahui sebab vitamin inilah yang bisa menambah jumlah trombosit secara cepat.

  1. Jambu Merah

Saat trombosit kadarnya menurun, Anda juga dapat memilih mengonsumsi jambu merah sebagai peningkat trombosit alami sekaligus juga penambah daya tahan tubuh. Antioksidan dan vitamin C di dalam buah ini sangat tinggi sehingga dapat juga menangkal berbagai penyakit yang coba menyerang tubuh Anda.

  1. Plum

Kalau buah plum akhir-akhir ini tengah populer karena diyakini mampu menjadi cara menurunkan berat badan secara efektif tanpa harus bersusah-payah, rupanya buah berantioksidan tinggi ini juga bisa meningkatkan kadar trombosit yang sedang rendah dalam tubuh. Anda bisa memblender 5-6 buah plum bersama air asam jawa yang kemudian Anda bisa mengonsumsinya sehari 3 kali masing-masing 1 gelas.

Itulah daftar buah penambah trombosit yang bisa Anda konsumsi rutin untuk kenaikan trombosit secara cepat. Pastikan Anda imbangi juga dengan pola makan bernutrisi, tidak merokok, tidak kebanyakan mengasup alkohol dan kafein, rajin berolahraga, serta tidur secara cukup untuk memperoleh hasil terbaik.