12 Buah yang Mengandung Zinc Super Tinggi yang Jarang Disangka

Zinc merupakan  salah satu mineral yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan anda. Biasanya mineral ini terdapat di jariongan otot, sel darah merah dan sel darah putih, retina mata, organ prankeas, ginjal, jaringan kulit, tulang, dan kelenjar prostat. Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan  yang banyak mengandung zinc agar proses metabolisme dalam tubuh anda dapat berjalan dengan lancar. Selain itu anda juga disarankan untuk mengonsumsi  makanan sehat untuk tulang dan sendi.

Kebutuhan mineral zinc berdasarkan umur adalah bayi membutuhkan setidaknya 4 – 5 mg perhari. Anak-anak usia 1 sampai 3 tahun membutuhkan 3 mg perhari. Anak-anak usia 4-8 tahun membutuhkan 4-5 mg perhari. Untuk wanita dalam keadaan tidak hamil membutuhkan setuidaknya 8-10 mg. Sementara untuk wanita hamil setidaknya membutuhkan kandungan seng sekitar 10 -15 mg perhari. Sementara pria membutuhkan lebih banyak seng untuk berinteraksi dengan aktivitas yang lebih padat, sehingga membutuhkan 15 sampai 20 mg perhari. Untuk mengkombinasikannya mineral ini dengan makanan untuk penderita pengapuran tulang.

Artikel berikut akan membahas tentang 12 buah yang mengandung zinc, bermanfaat untuk kesehatan anda. Disarankan untuk anda agar memilih buah tersebut yang memiliki kandungan seng sagat tinggi. Berikut adalah daftar buah tersebut.

  1. Apel

Buah yang mengandung zinch adalah apel. Dalam buah apel setidaknya mengandung 9 mg/ 100 g zinc. Kandungan ini akan bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit, rambut, dan juga akan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Anda disarankan untuk mengetahui juga tentang bahaya kulit apel merah.

  1. Alpukat

Buah yang mengandung zinc selanjutnya adalah alpukat. Dalam sebuah alpukat setidaknya mengandung 44 mg/100 g zinc. Kandungan ini akan bermanfaat untuk meningkatkan sel tubuh, dan juga mencegah pertumbuhan sel abnormal yang akan menyebabkan kanker. Selain itu, kandungan seng ini juga akan memperbaiki jaringan kulit rusak serta menjaga kesehatan jantung.

  1. Pisang

Buah yang mengandung zinc selanjutnya adalah pisang. Jenis makanan ini mengandung zinc sebanyak 32 mg/100 g zinc. Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk melindungi sistem pencernaan agar tubuh tetap pada kondisi normal. Selain itu juga akan membuat perut terasa kenyang tanpa menyebabkan penyakit lambung, serta juga dapat meningkatkan sistem kekelabahan tubuh. Anda disarankan juga untuk mengetahui tentang khasiat buah pisang untuk kesehatan.

  1. Kacang Kedelai

Kacang kedelai memiliki kandungan zinc sebanyak 2,70 mg. Selain itu, kacang kedelai juga mengandung protein yang tentunya sangat baik untuk kesehatan anda. Kandungan seng dalam kacang kedelai bermanfaat untuk meningkatkan kerja paru-paru, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan jaringan kulit. Anda disarankan untuk mewaspadai makanan penyebab alergi gatal.

  1. Kacang Mete

Kacang Mete mengandung zinc sebanyak 5,35 mg/ 100 g mineral. Kandungan tersebut bermanfaat untuk melindungi jantung dari kerusakan, meningkatkan sel darah merah, serta melawan kolesterol jahat dalam tubuh.

  1. Kacang Polong

Kacang polong mengandung seng sebanayak 1,24 mg/100 g mineral. Kandungan ini bermanfaat untuk menguatkan jaringan otot, dan memperpanjang masa otot, serta juga akan menstabilkan gula yang terdapat dalam darah. Selain itu, kandungan itu juga bermanfaat untuk menigkatkan kepadatn tulang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindunngi jaringan retina mata dan melawan kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh.


  1. Kacang Merah

Kacang merah mengandung seng sebanyak 2,79 mg/100 g mineral. Kandungan tersebut berfungsi untuk memproduksi energi untuk beraktivitas prima, meningkatkan jaringan otak, serta menetralisir kadar gula yang terdapat dalam darah. Fungsi zinc ini juga akan membantu anda meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Kacang Hijau

Dalam kacang hijau tersimpan seng sebanayak 0,89 mg/100 g mineral. Kandungan tersebut akan berfungsi untuk menghancurkan kista secara berkala. Meningkatkan kecerdasan, mebantu metabolisme, mempercepat proses pemulihat penyakit, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Bawang Putih

Bawang putih mengandung 1,16 mg/100 g mineral. Kandungan ini akan bermanfaat untuk mencegah perkembangan kerusakan sel tubuh, melawan sel kanker berkembang, dan menyembuhkan luka. Anda juga harus mewaspadai efek samping bawang putih.

  1. Jahe

Jahe mengandung 0,34 mg/100 g mineral. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dan menyembuhkan  luka serta memperbaiki metabolisme tubuh.

  1. Wortel

Wortel mengandung 7 mg zinc yang berguna untuk meningkatkan kualitas penglihatan pada malam hari. Serta mncegah kerusakan retina.

  1. Jamur

Jamur mengandung 1,4 mg zinc. Kandungan tersebut akan berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghambat sel kanker berkembang, mencegah kadar gula dalam darah, dan menangkal diabetes. Kandungan seng dalam jamur juga akan berfungsi sebagai perbaikan proses metabolisme dalam tubuh.

 

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Buah Sehat