Home MakananBuah Sehat 6 Buah Penambah Nafsu Makan Wajib Diketahui

6 Buah Penambah Nafsu Makan Wajib Diketahui

by Erlita

Setiap orang bisa saja mengalami yang namanya penurunan atau bahkan kehilangan nafsu makan yang dikarenakan stres, sakit, kelelahan, kekurangan nutrisi tertentu, hingga penggunaan obat tertentu. Namun jika enggan meminum suplemen atau vitamin tertentu, kenapa tak mencoba beberapa jenis buah penambah nafsu makan ini agar berat badan tidak menurun?

  1. Pare

Sebagai penambah nafsu makan, pare yang terkenal pahit bisa lho dikonsumsi terutama bagi yang suka rasa pahit. Buah ini juga berguna dalam mengatasi demam, menyegarkan tubuh, serta menangani gangguan pencernaan. Untuk meminimalisir rasa pahitnya, coba deh dikombinasi dengan makanan lainnya yang punya rasa lebih tajam.

  1. Pisang

Buah sumber kalium tinggi ini merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi yang kaya serat serta mampu menjadi buah pendukung program diet. Meski begitu, pisang juga dapat diandalkan ketika ingin meningkatkan nafsu makan. Entah itu dimakan langsung, dibuat smoothie atau jus, atau bahkan diolah dengan cara lain, mengonsumsinya dapat berangsur memperbaiki nafsu makan.

  1. Jeruk

Makanan yang mengandung vitamin C tinggi lainnya adalah jeruk di mana jenis buah yang terkadang asam dan terkadang manis ini bisa juga diandalkan sebagai peningkat selera makan secara alami. Mengonsumsi jeruk pun menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus memberi efek segar bagi tubuh. Nikmati langsung buahnya atau diolah menjadi minuman jus segar untuk memperoleh manfaatnya.

  1. Berry-berryan

Sumber vitamin C tinggi lagi yang jelas bermanfaat bagi yang nafsu makannya sedang turun atau hilang adalah buah berry, entah itu strawberry, blueberry, blackberry, raspberry, atau cranberry. Kabar baiknya lagi, selain nafsu makan membaik lagi, memakan buah berry juga dapat menambah imun tubuh sehingga mampu menjadi pelawan serangan infeksi ampuh.

  1. Apel

Susah BAB dan usus kotor dapat menjadi faktor yang membuat perut terasa penuh, kembung dan mudah begah. Tanpa disadari, hal-hal seperti ini bisa jadi pemicu nafsu makan menurun. Oleh karena itu, apel adalah buah yang dianjurkan karena dampak dari kebiasaan makan apel sendiri mampu menjadi pembersih usus sekaligus mengatasi sembelit.

  1. Pepaya

Buah pepaya yang telah matang dapat dikonsumsi sebagai salah satu cara meningkatkan lagi nafsu makan yang tengah turun. Tak hanya buahnya, bagian daunnya juga bermanfaat memperbaiki nafsu makan kok, yakni dengan merebus beberapa lembar daun pepaya untuk kemudian air rebusannya dikonsumsi rutin.

Selain mengonsumsi buah-buah penambah nafsu makan, cobalah bereksperimen memasak resep baru. Tingkatkan nafsu makan dengan masakan atau makanan-makanan berempah, berkalori tinggi, tapi tetap bernutrisi. Tak perlu memulai dari makanan berporsi besar, tapi mulailah dengan makanan berporsi kecil dan makanlah sering-sering dalam menambah nafsu makan secara bertahap.

You may also like