Home MakananBuah Sehat 7 Manfaat Buah Naga untuk Kulit agar Lebih Cantik dan Sehat

7 Manfaat Buah Naga untuk Kulit agar Lebih Cantik dan Sehat

by Erlita

Buah naga dapat dianggap sebagai buah super karena kandungan nutrisinya yang tinggi dan lengkap, seperti vitamin C, sifat antioksidan, fitonutrien, protein, karoten, asam lemak tak jenuh ganda dan juga vitamin serta mineral lainnya. Pemecahan makanan di dalam tubuh juga menjadi lebih mudah ketika mengonsumsi buah naga karena di dalamnya tak ada thiamin maupun karbohidrat kompleks.

Tak hanya bikin lebih mudah menurunkan berat badan, buah naga yang segar dan enak ini adalah jenis buah yang tak kalah berkhasiat bagi kulit. Untuk yang bermasalah dengan kesehatan kulit, cobalah dapatkan manfaat buah naga untuk kulit seperti di bawah ini.

  1. Melembabkan Kulit Kering

Ada kandungan air tinggi di dalam buah naga yang jika dimasukkan ke dalam menu diet harian, otomatis tubuh akan terhindar dari dehidrasi. Jika mampu menghidrasi tubuh, tentu saja kulit pun bisa sehingga bagi pemilik jenis kulit kering dapat mengonsumsi buah naga agar kulit kering bisa teratasi.

  1. Mengatasi Penuaan Dini

Kekusaman kulit ditambah dengan garis halus, kulit yang mulai mengendur dan kerutan adalah tanda bahwa penuaan dini mulai menghampiri. Oleh karena itu, penggunaan buah naga sebagai masker wajah alami bisa membantu merawat dan menghilangkan tanda-tanda penuaan dini secara aman.

  • Cukup sediakan yogurt 1 sendok makan beserta buah naga ½ saja.
  • Haluskan dulu buah naga hingga teksturnya seperti pasta dan barulah dicampur bersama yogurt.
  • Pasta kombinasi buah naga dan yogurt ini bisa langsung diterapkan ke wajah hingga leher sampai 20 menitan.
  • Pakai air hangat untuk membilas bersih wajah sampai leher dan lakukan prosedur ini seminggu sekali secara teratur sampai kurang lebih 2 bulan.
  1. Memberi Perlindungan Kulit

Jadikan buah naga sebagai body lotion alami agar bisa memberikan proteksi pada kulit dari bahaya sinar matahari langsung.

  • Ambil dulu sari buah naga dan langsung dioles merata ke kulit tepat sebelum pergi apalagi beraktivitas di luar rumah.
  • Tunggu kurang lebih 15 menit sebelum membilas bersih.
  • Dengan begitu, kulit lebih siap ketika berada di luar ruangan dan terkena sinar UV.
  1. Mengatasi Kulit Terbakar Akibat Paparan Sinar Matahari

Buah naga termasuk golongan buah super bermanfaat karena mampu menjadi obat luka bakar alami apalagi untuk kulit yang terbakar sinar matahari. Buah satu ini menawarkan vitamin E dan vitamin C bersamaan sehingga mampu menjadi pereda inflamasi atau peradangan secara alami.

  • Ambil buah naga ¼ saja dan campurkan bersama vitamin E 1 kapsul sampai menjadi krim yang cukup kental.
  • Krim yang sudah jadi dapat langsung dioleskan ke kulit yang terbakar sinar matahari, tunggu setengah jam.
  • Setengah jam berlalu, langsung bilas dengan air hangat sampai bersih.
  1. Mengatasi Jerawat

Sebagai buah yang mengandung vitamin C tinggi, buah naga pun menjadi solusi bagi yang ingin menghilangkan jerawat secara aman dan alami.

  • Ambil buah naga ¼ saja, haluskan sampai menjadi pasta teksturnya.
  • Celupkan bola kapas ke pasta buah naga tersebut, lalu terapkan ke area kulit berjerawat, jika ada area kulit lain yang hendak diobati, pakai bola kapas baru saja agar tak menjadi penyebab penyebaran bakteri.
  • Usai 20 menit, bilas bersih dengan air hangat dan keringkan.
  • Lakukan prosedur ini seminggu 2 kali secara rutin demi kulit bebas jerawat.
  1. Membuat Kulit Lebih Cerah

Buah naga menawarkan kandungan vitamin B3 yang besar sehingga dapat diandalkan sebagai pencerah kulit alami. Jadi bagi yang bermasalah dengan kulit kusam dan gelap, lulur menggunakan buah naga atau sekadar untuk masker wajah dapat diterapkan demi kecerahan kulit alami.

  1. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Kulit

Vitamin di dalam buah naga sangat kaya, seperti vitamin E, B3 dan C seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Tak salah lagi, kombinasi vitamin itulah yang mampu meningkatkan kesehatan kulit. Karena kulit ternutrisi dengan baik dan maksimal, entah itu perawatan dari konsumsi buah naga ataupun perawatan luar menggunakan bahan ini, kulit lembut, awet muda dan sehat adalah jaminannya.

Manfaat buah naga untuk kulit agar sehat dan cantik cukup besar bukan? Jadi, tak ada salahnya kalau kini mulai mencoba menggunakan buah naga untuk perawatan kulit ataupun mengonsumsinya rutin agar kesehatan kulit makin meningkat seperti yang diharapkan.

You may also like