Dijamin Aman! Ini 7 Manfaat Buah Duwet Untuk Ibu Hamil

381

Setiap ibu hamil maka biasanya akan waspada dengan makanan yang masuk ke tubuh. Beberapa makanan memang dinyatakan tidak aman dan bisa berbahaya untuk janin. Tapi sebagian makanan sangat aman karena penuh nutrisi. Salah satunya adalah buah duwet yang akhir-akhir ini memang semakin terkenal.

Buah duwet adalah buah asli India yang sudah menyebar sampai Indonesia. Saat ini buah duwet kembali mudah didapatkan dan bahkan bisa ditemukan di supermarket. Buah duwet atau buah jamblang ternyata sudah dinyatakan aman untuk ibu hamil. Bayi dalam kandungan tidak akan terpengaruh warna kulitnya akibat buah duwet yang berwarna ungu kehitaman. Belum percaya? Ikuti manfaat buah duwet untuk ibu hamil dan janin, dibawah ini.

  1. Memperkuat Tulang

Buah duwet kaya dengan vitamin C, kalium dan zat besi. Ketiga nutrisi ini sangat penting untuk membantu proses pembentukan dan perkembangan tulang pada janin. Nutrisi ini juga sangat penting untuk kesehatan tulang ibu hamil, karena saat hamil kalsium dalam tubuh ibu banyak diserap oleh janin. Jadi tulang ibu sehat sejak hamil sampai setelah melahirkan.

  1. Mengatasi Sembelit

Buah duwet ternyata sangat baik untuk sistem pencernaan ibu hamil. Bahkan buah ini bisa menyembuhkan gangguan pencernaan seperti maag dan diare. Buah mengandung serat dan zat alami anthosianin. Akhirnya buah bisa mengatasi sembelit dan juga diare. Tapi jangan makan terlalu banyak karena perut ibu hamil bisa tidak nyaman seperti mual.

  1. Mencegah Diabetes

Buah duwet ternyata sangat baik untuk mencegah diabetes gestasional pada ibu hamil. Ini adalah penyakit yang berbahaya untuk ibu dan janin. Buah duwet bisa menurunkan kadar gula dan mencegah peradangan yang bisa berbahaya untuk tubuh ibu dan janin. Sebuah penelitian klinis bahkan membuktikan jika buah ini mengandung bahan yang bersifat kemoprotektif dan radioprotektif sehingga menghambat radikal bebas.

  1. Mencegah Infeksi

Buah duwet ternyata juga bisa mencegah berbagai jenis infeksi. Buah ini mengandung asam oksalat, tanin, asam malat dan asam galat. Semua senyawa alami itu bisa mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus dan jamur. Bahkan bisa merawat berbagai penyakit yang disebabkan jamur pada ibu hamil.

  1. Menjaga Kesehatan Mulut

Ternyata buah duwet sangat baik untuk menjaga kesehatan mulut pada ibu hamil. Semua ibu hamil biasanya mengalami rasa tidak nyaman pada mulut seperti mulut bau logam dan pahit. Buah ini mengandung bahan untuk melawan perkembangan bakteri dalam mulut.

  1. Melawan Anemia

Ibu hamil memang sangat rentan dengan anemia. Ini karena kadar Hb dalam tubuh ibu lebih rentan turun karena aliran darah yang banyak dan cepat. Buah duwet mengandung zat besi dan vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan zat besi dalam buah ini bisa membantu proses produksi sel darah merah sehingga mencegah anemia.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah duwet ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Ini karena buah mengandung setidaknya 55 mg kalium. Nutrisi ini akan membantu mengatur detak jantung yang normal dan membuat sistem peredaran darah yang lebih lancar. Kemudian kandungan seperti antosianin dan antosianidin juga sangat baik untuk menghilangkan kolesterol buruk dari pembuluh darah.

Itulah berbagai manfaat buah duwet untuk ibu hamil dan janin. Jadi mulai sekarang ibu hamil tidak perlu takut lagi untuk makan buah duwet ya…