11 Cara Mengusir Kutu Beras Paling Ampuh

Bagi anda yang suka memasak atau membantu orang tua memasak didapur pasti ada sudah mengenal dengan satu hewan ini. kutu beras adalah kutu yang sering berada pada beras, hal ini sangatlah mwngganggu kita disaat kita akan memasak. Kutu beraspun juga akan merusak kwalitas beras yang kita miliki. Kami akan memberikan beberapa cara untuk mengusir kutu beras yang ada di beras anda. Agar anda tidak terganggu dengan masalah yang satu ini. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kutu Air , Obat Kutu Air Pada Kaki)

Cara Mengusir Kutu Beras

  1. Cabe Kering

Jika anda memiliki stok cabe yang sangat banyak dan tidak terpakai sehingga cabe-cabe tersebut tidak terpakai jangan dibuang, ternyata cabe yang sudah kering dapat digunakan untuk mengusir kutu beras.  Sebab kutu beras tidak menyukai aroma khas cabe kering, sehingga kutu beras tidak akan betah berada diberas dan kutu beras dengan sendirinya akan segera meninggalkan beras. Cara menggunakan cabe kering untuk mengusir kutu beras adalah dengan memasukkan cabe kering yang anda miliki kedalam penyimpanan beras anda. Biarkan sampai aromanya tercium oleh kutu beras dan kutu beras akan pergi. Meskipun demikian ketahuilah cabe sangat enak pula untuk di makan, meskipun bahaya cabe jika terlalu banyak mengkonsumsi juga berbahaya untuk asam lambung. (Baca Juga: Cara Menurunkan Kreatinin dan Ureum secara Alami)

  1. Bawang Putih

Aroma khas bawang putih yang menyengat ini sangatah tidak disukai oleh kutu beras untuk itu anda dapat menggunakan bawang putih untuk mengusir kutu beras. Bawang putih juga memiliki berbagai manfaat namun bawang putih juga memiliki berbagai bahaya bawang putih diantaranya bahaya bawang putih mentah. serta efek samping bawang putih. Cara menggunakan bawang putih untuk mengusir kutu beras adalah dengan memasukkan bawang putih yang sudah dikupas kedalam beras anda. Cara ini memang sangat mudah dan murah namun menggunakan bawang putih untuk mengusir kutu beras memiliki resiko merusak beras anda sebab kandungan air yang ada pada bawang putih akan tercampur pada beras, yang mengakibatkan beras menjadi lembab dan terjadilah jamur beras. (Baca juga: Manfaat Menaruh Bawang Putih di Telinga)

  1. Kulit Kayu Manis

Kayu manis memiliki banyak manfaat selain dapat digunakan untuk mengusir semut ternyat kayumanis juga dapat digunakan untuk mengusi kutu beras. Caranya pun sangat mudah hanya dengan meletakkan kayu  manis pada tempat penyimpanan beras. Samadengan yang lainnya kutu beras ternyata juga tidak menyukai aroma kayu manis, sehingga kutu beras akan pergi dan tidak mengganggu bera kita lagi. Kayu manis pun merupakan obat tradisional diabetes dan obat sakit lutut pula. (Baca Juga: Cara Mengatasi Tangan Kesemutan , Makanan Penurun Trigliserida Tinggi)

  1. Daun Asam Jawa

Selain berbagai daun atau tanaman yang ada diatas ternyata kutu beras juga tidak menyukai daun asam jawa, cara ini juga dapat digunakan sebagai alternatif dari berbagai alternatif lain. Amun beberapa orang tidak menyukai mengusir kutu beras mengunakan daun asam jawa sebab jika menggunakan daun asam jawa, ketika daun asam jawa sudah mengering daun asam jawa akan rontok kedalam beras dan malah akan mengotori beras. Cara menggunakan daun asam jawa untuk mengusir kutu beras sangatlah mudah hanya dengan meletakkan daun asam jawa pada wadah beras yang tertutup. Asam jawa memiliki manfaat lain yaitu dapat digunakan untuk obat tradisional asam lambung dan obat tradisional eksim.

  1. Daun Jeruk Nipis

Daun jeruk nipis dapat digunakan untuk campuran memasak selain itu daun jeruk nipis juga dapat digunakan untuk mengusir kutu beras, banyak sekali manfaat  jeruk nipis ini begitu juga manfaat daun jeruk nipis. selain bahan-bahan diatas kutu beras juga tidak menyukai aroma dari daun jeruk nipis. Untuk iyu cara menggunakan jeruk nipis untuk mengusir kutu beras yang ada pada beras kita adalah dengan meletakkan jeruk nipis kedalam penyimpanan beras kita, etakkan pada bagian bawah, bagian tengah dan juga bagian atas beras. Sehingga lama kelamaan kutu beras tidak akan menyukai berlama-lama berada didalam tempat beras tersebut dan kutu beras akan segera meninggalkan tempat beras tersebut. (Baca Juga: Bahaya Jeruk Nipis Bagi Penderita Maag)

  1. Jemurlah di Tempat Panas

Cara ini juga cukup mudah hanya dengan menjemur beras maka kutu beras juga akan dengan sendirinya menghilang dan pergi. Masukkanlah beras kedalam tempat yang dapat menghantarkan panas.  Tutuplah dengan kain berbulu yang menempel pada beras, jika kudu beras kepanansan maka kutu beras akan menempel pada kain yang berbulu tersebut.

(baca juga : bahaya sinar matahari di siang hari – bahaya sinar matahari langsung – bahaya radiasi matahari)

  1. Lada Kering

Ada kering merupakan salah satu rempah-rempah yang dapat digunakan untuk tambahan dalam masakan, namun ternyata lada kering juga dapat digunakan mengusir kutu beras. Cara menggunakan lada kering ini untuk mengusir kutu beras kedalam beras kita sama dengan cara mengunakan jeruk nipis untuk mengusir kutu beras. Kutu beras juga tidak akan bertahan lama didalam tempat beras tersebut, sebab kutu beras juga tidak menyukai aroma dari lada keing. Dan kutu beras juga segera meninggalkan beras kita. Lada juga termasuk obat batuk berdahak yang paling ampuh

  1. Daun Belimbing Wuluh

Daun blimbing wuluh juga tidak disukai oleh kutu beras, untuk itu daun kutu beras juga dapat digunakan untuk mengusir kutu beras yang ada pada beras kita. Caranya juga sangatlah mudah hanya dengan memasukkan daun blimbing wuluh kedalam penyimpanan beras kita.  (Baca Juga: Jenis Penyakit Pada Lidah , Obat Tradisional Kelenjar Getah Bening Dileher)

  1. Daun Pandan

Daun pandan juga dapat mengusir kutu beras sebab daun pandan memiliki aroma yang kuat yang juga tidak disukai oleh kutu beras, dengan meletakkan daun pandan disekitar beras yang tertutup maka kutu beras juga perlahan akan pergi sendiri, sebab kutu beras sangat tidak menyukainya. Cara ini sangatlah mudah digunakan untuk mengusir kutu beras pada beras kita, sebab daun pandan juga sangat mudah di cari. Selain itu daun pandan juga sering digunakan sebagai aroma makanan yang dapat meningkatkan rasa selera pada makanan tersebut. (Baca juga: Bahaya Kutu Rambut , Bahaya Kutu Beras)

10. Salam Kering

Salam kering selain digunakan untuk tambahan memasak salam kering ternyata juga memiliki manfaat untuk mengusir kutu beras, kutu beras juga tidak menyukai aroma salam kering ini, jadi dengan menggunakan salam kering kutu beras yang terdapat pada beras kita akan pergi begitu saja. sebab kutu beras juga tidak menyukai aroma salam yang sangat kuat tersebut. (Baca juga: Efek Samping Daun Salam , Obat Lambung Luka)

  1. Asam Keping

Asam keping atau asam gelugur dapat digunakan untuk mengusir kutu beras, sebab asaam keping atau asam gelugur sangat tidak disukai oleh kutu beras. Cara menggunakan asam gelugur untuk menghilangkan kutu beras pada beras anda sangatlah mudah hanya dengan menaruh asam keping atau asam geugur pada waah beras yang sedang tertutup. Dengan begitu lama kelamaan kutu berastidak akan merasa nyaman dan kutu beras akan pergi dengan sendiriinya. (Baca juga: Jagung Bagi Penderita Asam Urat , Obat Sakit Lutut)

Itulah beberapa cara yang sangat efektif untuk mengusir kutu beras yang ada pada beras kita, hal-hali inijuga dapat digunakan untuk menjaga kwalitas beras kita.