Sakit Kepala setelah Bangun Tidur – Penyebab dan Cara Mengatasi

Setelah bangun tidur kerap merasakan sakit kepala? Mungkin di awal hal ini Anda anggap biasa, namun jika hal ini terus-menerus terjadi, mungkin Anda pun mulai khawatir tentang apa yang sebenarnya mendasari rasa sakit kepala tersebut. Sakit kepala yang timbul setelah bangun tidur biasanya dianggap sebagai suatu kondisi efek dari kelelahan.

Namun jika sakit kepala terus-menerus dirasakan dan tubuh justru sama sekali tak terasa bugar, Anda wajib untuk mencari tahu penyebab sakit kepala setelah bangun tidur agar mampu mengatasinya secara tepat berdasarkan penyebabnya. Dengan mengetahui pemicunya, maka akan lebih mudah untuk mencari solusinya secara tepat.

Baca juga:

  1. Kurang Tidur

Insomnia alias susah tidur bisa jadi adalah penyebab dari rasa sakit kepala yang timbul setelah bangun tidur. Kurangnya jam tidur menurunkan kualitas tidur itu sendiri dan hal ini dapat memberikan efek sakit di kepala. Jika terlalu sering memperoleh tidur yang kurang, sering sakit kepala adalah akibat yang bakal dialami. Siklus tidur harus dibiasakan cukup, yakni 8-9 jam setiap harinya karena bila kurang dari itu maka tubuh otomatis lebih rentan terkena sakit kepala atau bahkan penyakit lainnya.

  1. Asupan Kafein Berlebihan

Kafein memang membantu kita yang lemas menjadi lebih bertenaga dan yang mengantuk menjadi betah melek. Hanya saja, terlalu banyak mengonsumsi kopi atau teh yang berkafein tinggi maka bisa berimbas pada kondisi kepala yang bisa sering sakit, terutama setelah bangun tidur. Kafein tidaklah secara langsung menjadi pemicu sakit kepala, tapi tetap saja perlu membatasi asupannya.

  1. Migrain

Kemungkinan rasa sakit kepala yang dialami pasca bangun tidur adalah karena migrain. Migrain sendiri dikenal sebagai suatu kondisi nyeri kepala dengan tanda-tanda munculnya denyutan di salah satu sisi kepala saja, maka dinamakan juga dengan sakit kepala sebelah. Lebih banyak wanita yang menderita penyakit migrain di mana bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti konsumsi makanan tertentu, faktor genetik hingga kelelahan fisik dan pikiran.

  1. Tumor Otak

Pertumbuhan sel-sel abnormal pada bagian otak dapat menyerang siapapun dan ini dapat menjadi salah satu penyebab mengapa sakit kepala dirasakan ketika bangun tidur. Karena tingkatan tumor otak terdiri dari 4 fase, maka sebelum ada pada tingkat akhir, maka pemeriksaan bisa dilakukan secepatnya agar  mampu menghambat pertumbuhan tumor.

  1. Sakit Kepala Tegang

Penyebab rasa pusing yang dirasakan setelah bangun tidur dapat disebabkan oleh sakit kepala tegang yang kerap kali dianggap sebagai hal biasa. Namun jika tekanan terus terjadi di bagian belakang mata, otot leher juga mengalami ketegangan, ditambah pula dengan rasa mual, muntah, cepat lelah, mati rasa, demam dan linglung, ini bukan kondisi biasa dan perlu segera diperiksakan.

(Baca juga: penyebab kepala pusing mendadakakibat sakit kepala)

  1. Hipertensi

Tekanan darah tinggi alias hipertensi mampu menjadi salah satu alasan sakit kepala kerap timbul walau sudah istirahat cukup di malam hari. Ketika Anda merasa bahwa sakit kepala terus datang dan bagian pundak serta leher belakang tegang dan kencang, tak ada salahnya mengukur tekanan darah untuk memastikan.

  1. Apnea Tidur

Sleep apnea atau yang kita kenal juga dengan sebutan apnea tidur mampu menjadi gangguan serius yang menyebabkan sakit kepala terus-menerus datang bahkan setelah bangun tidur. Gangguan tidur satu ini terjadi ketika terjadi hambatan saluran udara dikarenakan dinding tenggorokan yang kendur dan sempit. Gangguan pernapasan ini mampu menjadikan Anda sakit kepala setiap pagi.

  1. Depresi

Stres dan depresi bukanlah suatu hal yang bisa diremehkan karena gangguan kesehatan mental ini dapat terjadi begitu lama yang berpengaruh terhadap peraaan dan pola pikir. Rasa sakit kepala tiap setelah bangun tidur bisa saja diakibatkan dari perubahan suasana hati yang turun dan pikiran yang kacau.


  1. Salah Posisi Tidur

Sakit kepala sesudah bangun tidur dapat dipicu oleh salahnya posisi tidur. Ketika bagian bahu, leher dan punggung bagian atas mengalami ketegangan, maka tak heran kalau rasa sakit kemudian dari dasar tengkorak menjalar. Penyebaran rasa sakit dapat sampai ke area wajah dan akan terasa nyeri di bagian dahi.

  1. Sakit Kepala Cluster

Jenis sakit kepala satu ini menyebabkan rasa sakit intensif, tetap, namun tak berdenyut dan biasanya ada pada salah satu sisi kepala dan di area mata. Kita bisa merasakan rasa sakitnya di bagian pipi, pelipis atau dahi juga. Pada umumnya, rasa sakit ini timbul setiap malam sebelum tidur atau saat tidur hingga sesudah bangun tidur sekalipun.

(Baca juga: perbedaan sakit kepala dan pusing – penyebab migrain sebelah kanan)

  1. Gula Darah Rendah

Rendahnya gula darah bisa juga menjadi faktor yang memicu rasa sakit di kepala bahkan setelah bangun tidur. Istilah medis untuk hal ini adalah hipoglikemia yang biasanya muncul akibat pola makan tak teratur.

  1. Sinusitis

Sinusitis juga merupakan salah satu kondisi penyebab sakit kepala sesudah bangun tidur karena terjadi peradangan di bagian dinding sinus. Rasa sakit biasanya timbul di kepala bagian depan dan juga area hidung. Infeksi bakteri dan virus kerap menjadi penyebab inflamasi ini sehingga seseorang sulit tidur dan bahkan merasakan pusing saat bangun tidur.

  1. Ketergantungan Obat

Ingat-ingat lagi apakah Anda tengah mengonsumsi obat tertentu saat ini? Bisa jadi rasa sakit kepala tiap kali bangun tidur adalah karena ketergantungan obat atau efek samping dari obat tersebut. Tubuh yang sudah terbiasa mendapatkan efek atau kandungan obat, saat efeknya hilang atau habis, tubuh akan berusaha beradaptasi karena kehilangan kandungan tersebut sehingga menyebabkan rasa pusing.

  1. Konsumsi Alkohol Berlebihan

Selain mengonsumsi kafein, ada pula bahaya minuman keras bagi kesehatan yang perlu Anda hindari. Konsumsi alkohol apalagi secara berlebihan akan merugikan tubuh Anda sendiri sebab alkohol dapat memengaruhi pembuluh darah dan otak.

  1. Kehamilan

Para wanita yang sedang hamil dan kemudian selalu sakit kepala setiap sesudah bangun tidur, ini wajar terjadi terutama pada trimester pertama. Ada peningkatan volume darah berikut juga lonjakan hormon yang dialami oleh tubuh sehingga sakit kepala pun terjadi. Tak hanya pada trimester pertama, trimester ketiga pun Anda perlu mewaspadai sakit kepala sesudah bangun tidur.

(Baca juga: obat sakit kepala belakang penyebab sering sakit kepala)

  1. Bruxism

Gigi gerinding atau menggeretak secara berulang kali adalah yang kita sebut dengan istilah bruxism dan hal ini adalah kebiasaan tidur bagi beberapa orang. Jika terjadi berkelanjutan selama tidur, tak heran kalau esok harinya setelah bangun maka Anda akan merasakan sakit kepala.

  1. Dehidrasi

Sakit kepala bisa juga disebabkan oleh dehidrasi yang artinya tubuh Anda kekurangan cairan. Saat dehidrasi, cairan pada jaringan otak tak tercukupi sehingga akhirnya menimbulkan rasa sakit di sana. Banyak orang lupa untuk minum 8-10 gelas air putih per hari karena mereka hanya minum ketika haus saja, padahal sebaiknya tidaklah demikian.

  1. Tidur Berlebihan

Kurang tidur salah, terlalu banyak tidur juga salah. Tidur yang berlebihan alias melebihi dari waktu idealnya mampu menyebabkan sakit kepala terutama ketika bangun tidur. Kebiasaan tidur lebih dari 10 jam adalah hal yang perlu dihindari supaya tak lagi merasakan pusing setelah bangun tidur tiap pagi.

  1. Bangun secara Tiba-tiba

Pusing sesudah bangun tidur juga bisa terjadi sebagai efek dari rasa terkejut atau bangun mendadak. Kondisi menjadi tak nyaman bagi beberapa orang yang dibangunkan secara mendadak, ini karena dari posisi tidur/berbaring yang kemudian langsung berdiri atau duduk dapat membuat rasa pusing muncul berikut juga jantung berdetak lebih cepat.

  1. Vertigo

Penyebab lainnya dari sakit kepala pasca bangun tidur adalah vertigo. Rasa pusing yang menyebabkan tubuh seakan tak seimbang ini biasanya terjadi dengan adanya sensasi berputar. Jika rasa sakit kepala ditambah juga dengan masalah pada pendengaran, belum lagi ada rasa nyeri di otot, mual, dan gampang lelah, Anda sebaiknya ke dokter segera.

(Baca juga: penyebab kepala terasa dingin tanda sakit jantung)

Cara Mengatasi Sakit Kepala sesudah Bangun Tidur

Untuk menghindari sakit kepala sewaktu atau sesudah bangun tidur, tentu kita perlu mengintip lebih dulu apa yang menjadi penyebabnya. Berikut ini adalah serangkaian cara mengatasi berdasarkan penyebab yang telah disebutkan sebelumnya.

  • Tidur Cukup. Biasakanlah untuk tidur cukup hingga tak merasa mudah mengantuk, biasanya ini juga akan turut memengaruhi kondisi kepala yang tak akan sering sakit kepala lagi.
  • Membatasi Asupan Kafein. Konsumsilah minuman yang mengandung kafein maksimal 2 gelas saja setiap harinya. Ini akan lebih aman dan bahkan menjauhkan diri kita dari penyakit lainnya.
  • Minum Cukup Air Putih. 8-10 gelas tidak akan merugikan Anda dan konsumsilah banyak air putih supaya mencegah bahaya dehidrasi yang juga berpengaruh pada kondisi kepala Anda.
  • Ngemil di Malam Hari. Sakit kepala yang disebabkan tekanan gula darah rendah bisa diatasi dengan makan camilan sehat sejam sebelum tidur supaya kadar gula darah terjaga kestabilannya.
  • Mandi Air Dingin. Sakit kepala yang disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebihan bisa coba diatasi dengan mandi air dingin karena mandi air dingin menawarkan efek vasokonstriksi yang bakal mempersempit pembuluh darah yang dilebarkan oleh efek alkohol.
  • Berhenti Merokok. Bahaya merokok bagi kesehatan salah satunya adalah meningkatkan risiko darah tinggi. Jadi hentikan segera kebiasaan ini supaya tekanan darah tak menjadi naik dan menyebabkan pusing.
  • Membenarkan Posisi Tidur. Bila posisi tidurlah yang menjadi masalah, maka segera perbaiki, terutama posisi bantal dan juga menghindari kebiasaan menggerinding gigi.
  • Berolahraga. Latihan fisik alias olahraga bakal membantu menaikkan kualitas tidur yang rendah. Jogging atau aerobik adalah olahraga yang baik untuk menciptakan pola tidur teratur.
  • Berhenti Ketergantungan Obat. Karena bergantung pada obat tertentu bisa menyebabkan sakit kepala sesudah bangun tidur, cobalah untuk menghentikan konsumsi obat tertentu tersebut.
  • Ke Dokter. Jika sudah mencoba pola hidup yang lebih baik tapi tak berhasil menurunkan atau meredakan sakit kepala tersebut, jangan ragu untuk menemui dokter agar bila ada penyakit tertentu di dalam tubuh bisa cepat ditangani.

Baca juga:

Itulah sekilas informasi tentang sakit kepala setelah bangun tidur, baik penyebab hingga cara mengatasinya. Kiranya bermanfaat bagi Anda dan tak bingung lagi dalam menanganinya.

,
Oleh :
Kategori : Sakit Kepala