Kenapa Patah Tulang Tidak Boleh Makan Pisang? Ini Kebenarannya !

1532

Pisang seperti kita ketahui merupakan buah yang paling banyak disukai selain apel dengan manfaat yang juga tak kalah banyak dari apel untuk kesehatan tubuh. Namun pada penderita patah tulang, mungkin Anda pernah mendengar nasehat untuk tidak mengonsumsi pisang hingga patah tulang benar-benar sembuh. Kenapa patah tulang tidak boleh makan pisang? Berbahayakah?

Benarkah Tidak Boleh Makan Pisang saat Patah Tulang? Kenapa?

Banyak orang tidak tahu apa alasan sebenarnya dari wejangan tak boleh makan pisang saat patah tulang atau saat masih dalam masa pemulihan patah tulang. Dilansir dari WebMD.com, justru diet yang baik untuk para penderita patah tulang salah satunya adalah diet tinggi mineral kalium.

Pisang adalah salah satu sumber makanan yang mengandung kalium tinggi berikut juga ikan, daging, biji-bijian, kacang-kacangan, jus jeruk dan juga susu. Karena dengan mengonsumsi mineral kalium, asupan dan kebutuhan kalsium bagi tubuh dapat terjaga dengan baik.

Sementara itu, berbeda lagi sesuai lansiran dari CureJoy.com, di sana pisang tidaklah termasuk dalam daftar makanan yang mampu menyembuhkan patah tulang, tapi juga tidak termasuk di dalam daftar makanan yang harus dihindari. Untuk kesembuhan tulang yang patah, justru makanan dan minuman inilah yang tidak diperbolehkan:

Sementara itu, keterangan yang didapat dari Bintang.com yang merupakan lansiran dari Save Our Bones, untuk kepulihan tulang yang lebih cepat karena cedera, pisang adalah salah satu buah atau makanan yang disebut mampu menjadikan masa pemulihan lebih cepat. Pada pisang terdapat zat fructooligosaccharides yang bisa menjadi asupan nutrisi bagi bakteri pada tubuh, khususnya di bagian usus besar.

Produksi enzim pencernaan pun akan meningkat karena bakteri tersebut, berikut juga vitamin yang menjadi pendukung proses penyerapan nutrisi dari makanan kita, tak terkecuali penyerapan magnesium dan kalsium. Kedua mineral tersebut tentunya adalah yang paling tulang perlukan supaya pemulihan terjadi secara cepat.

Makanan Selain Pisang Baik untuk Pemulihan Patah Tulang

Jadi dengan penjelasan sebelumnya, tentu kita dapat mengetahui bahwa pisang sebenarnya buah yang baik untuk mendukung penyembuhan pasien patah tulang. Lalu, berikut ini juga adalah daftar makanan-makanan lain yang bisa dikonsumsi supaya pemulihan bisa jauh lebih cepat.

  • Kalsium – Sumber makanan yang mengandung kalsium tinggi pun jangan sampai terlupakan, seperti susu, keju dan yogurt. Tulang yang patah dapat menjadi lebih cepat pulih karena asupan kalsium yang bertambah.
  • Protein – Sebuah studi pun menyatakan bahwa masa pemulihan cedera tulang bisa menjadi lebih lama ketika tubuh kekurangan protein. Jadi, konsumsilah makanan-makanan yang mengandung protein tinggi semacam kacang-kacangan, susu, ikan, kedelai, dan daging.
  • Zinc – Mineral zinc juga merupakan mineral pendukung bagi kesembuhan tulang yang patah. Makanan yang mengandung zinc tinggi seperti yogurt, daging ayam, kepiting hingga lobster bisa Anda konsumsi.
  • Zat Besi – Supaya tulang yang cedera dan patah bisa memperoleh oksigen yang cukup demi pemulihan yang sempurna, Hb di dalam tubuh perlu ditingkatkan dan salah satu caranya adalah dengan menambah asupan zat besi.
  • Magnesium – Makanan-makanan yang mengandung magnesium termasuk pisang dan juga almond, bayam, labu dan quinoa bisa coba Anda konsumsi supaya bisa mempercepat kesembuhan patah tulang.
  • Vitamin K – Kubis dan kale bisa Anda konsumsi karena merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin K tinggi yang bisa mempercepat pemulihan patah tulang sekaligus memperkuat tulang agar tidak mudah patah lagi.
  • Kalium – Selain pisang, ikan tuna, alpukat, dan aprikot dapat Anda konsumsi selama dalam masa pemulihan setelah cedera patah tulang. Bahkan kalium pun bagus untuk para penderita osteoporosis.
  • Vitamin D – Ikan tuna, salmon, hingga makarel bisa Anda nikmati karena kandungan vitamin D-nya yang tinggi, ditambah juga dengan sering berjemur di bawah matahari pagi bisa membuat penyembuhan tulang lebih cepat.

Kini, terjawab sudah kenapa patah tulang tidak boleh makan pisang. Pisang sah-sah saja untuk dikonsumsi para penderita patah tulang karena pantangan yang seharusnya adalah kafein, makanan bersodium tinggi dan juga minuman beralkohol.