11 Makanan yang Baik Untuk Batu Empedu

Empedu merupakan cairan yang ada pada kantong empedu di mana fungsi utamanya adalah membantu melancarkan proses metabolisme lemak. Bila kita kerap mendengar adanya penyakit batu empedu, ini ada hubungannya dengan gangguan empedu. Gangguan tersebut berupa pengerasan pada cairan empedu sehingga akhirnya malah menjadi batu empedu.

Supaya empedu tetap sehat dan mencegah terjadinya batu empedu, Anda perlu memerhatikan asupan makanan harian. Untuk menjaga kesehatan empedu, makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak boleh sembarangan. Di bawah ini bisa dilihat makanan apa saja yang pas dan dianjurkan agar proses pencernaan lemak pun berjalan dengan lancar.

(Baca juga: efek jika empedu diangkat)

1. Akar Dandelion

Sebagian dari kita mungkin tak begitu tahu manfaat dari akar dandelion bisa sebesar ini. Akar dandelion merupakan jenis atau sumber makanan yang baik untuk kelancaran aliran cairan empedu. Produksi dari cairan empedu pun dapat dijaga tetap stabil dengan bantuan dari senyawa taraxacin. Kesehatan hati pun bakal lebih baik karena adanya senyawa tersebut.

Akar dandelion dapat disiapkan atau disajikan seperti ketika Anda mengolah dan menyajikan lobak. Bila ingin membuat minuman dari akar ini pun juga bisa, tapi akarnya harus dikeringkan lebih dulu. Setelah kering juga masih harus digiling sampai halus dan diseduh seperti saat membuat kopi atau teh, nikmatilah selagi hangat.

(Baca juga: akibat kelebihan cairan empedu)

2. Artichoke

Produksi empedu juga dapat lebih ditingkatkan dengan mengonsumsi artichoke. Proses pencernaan lemak di organ hati pun bakal lebih lancar dengan sumber makanan ini. Lebih dianjurkan juga untuk mengonsumsi 400 mg ekstrak daun artichoke. Bila konsumsinya dapat dilakukan rutin dan signifikan, kondisi batu empedu dapat dicegah karena alirannya akan selalu lancar.

Alasan mengapa jenis daun ini begitu baik untuk empedu adalah karena pada ekstraknya ada senyawa khusus yang secara efektif mampu menstimulasi aliran dan produksi empedu. Telah diteliti pula oleh sejumlah ilmuwan bahwa tidak ditemukan adanya perbedaan pada kadar kolesterol dalam darah sesudah menggunakan daun ini. Konsumsi daun ini untuk kesehatan empedu tak akan berefek samping buruk.

(Baca juga: bahaya batu empedu)

3. Seledri

Jenis sayur ini rupanya bagus juga untuk dimakan setiap hari, asalkan tidak berlebihan. Selain menjadi makanan untuk menurunkan kolesterol dan asam urat, seledri juga bagus untuk kesehatan ginjal. Namun yang paling penting di sini adalah seledri dapat menstimulasi produksi empedu serta menambah daya tahan tubuh.

Pada seledri ini, ekstraknyalah yang benar-benar berperan banyak dan bermanfaat tinggi. Selain bisa menjauhkan seseorang dari kolesterol tinggi dan menurunkan darah tinggi, seledri bisa meningkatkan eksresi empedu. Tanpa efek samping berbahaya, seledri sudah terbukti bagus untuk empedu menurut studi pada tahun 2000. Itulah alasan mengapa sayur bermanfaat bagi kesehatan.

(Baca juga: bahaya tidak ada empedu)

4. Lobak

Sama halnya dengan seledri, lobak ini menjadi pilihan jenis sayur lain yang dapat dikonsumsi secara rutin atau sering. Untuk stimulasi empedu lebih lancar dan proses pencernaan lemak sempurna, lobak adalah makanan berkualitas tinggi untuk dikonsumsi. Lobak pun tak akan memengaruhi kadar kolesterol, sehingga aman tanpa efek samping merugikan.

(Baca juga: penyebab batu empedu)

5. Makanan Mengandung Vitamin C

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang bakal sangat mendukung proses produksi kolagen serta metabolisme protein. Bahkan lebih dari itu, vitamin C juga dapat mengurangi potensi penyakit kandung empedu. Bila Anda mengalami gejala batu empedu pun, makanan yang mengandung vitamin C bisa menjadi penyelamat.

Telah ada penelitian tentang bagaimana vitamin C berperan pada biogenesis asam empedu, dan analisa ini sudah dilakukan pada marmut. Proses konversi dilakukan pada kolesterol sehingga menjadi asam empedu. Cepatnya pembatasan pada proses itu ditentukan oleh konsentrasi vitamin C pada hepatosit.

Tidak semua jenis makanan berkandungan vitamin C boleh-boleh saja dikonsumsi untuk menyehatkan dan melancarkan empedu. Berikut sejumlah makanan yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi:

  • Brokoli. Jenis sayur satu ini begitu banyak kandungan seratnya dengan kalori yang rendah. Selain bervitamin C tinggi, vitamin lainnya yang juga tak kalah besar kadarnya adalah vitamin A. Karena tak ada lemak, brokoli adalah pilihan tepat untuk kesehatan empedu tanpa harus khawatir kadar kolesterol terpengaruh. Hanya saja, disarankan untuk mengonsumsinya dalam jumlah terbatas saja karena bisa memicu gas berlebih di perut kalau dimakan berlebihan.
  • Semangka. Buah segar yang cocok dikonsumsi saat cuaca panas ini merupakan makanan penghancur lemak perut. Tinggi akan kandungan airnya, semangka ini tak hanya menawarkan vitamin C, tapi juga vitamin B6 dan vitamin A. Bersifat antioksidan, semangka pun memiliki asam amino dan likopen. Tak berkandungan lemak, semangka adalah jenis buah yang bagus tak hanya untuk empedu, tapi juga sebagai penurun kolesterol tinggi atau darah tinggi. Semangka juga dapat diandalkan sebagai solusi dehidrasi.
  • Tomat. Sayur berkandungan mineral dan vitamin ini bukan hanya akan memberikan vitamin C, karena ada juga senyawa asam folat, berikut juga thiamin, vitamin B6, dan vitamin K, bahkan vitamin A di dalamnya. Menjadi sumber kalsium, tomat juga kaya akan likopen sehingga baik untuk menjaga produksi empedu tetap lancar. Mengonsumsi sayur ini secara rutin atau setiap hari dapat menurunkan potensi batu empedu. Dan bagi penderita penyakit batu empedu, rasa sakit bisa lebih ringan berkat konsumsi sayur ini.
  • Jeruk Lemon. Selain vitamin C, ada juga kandungan zat asam sitrat di dalam lemon yang jelas baik bagi kesehatan produksi empedu. Tak hanya dapat menjadi pencegah dari penyakit batu empedu, lemon berfungsi sebagai pelarut batu empedu pada penderitanya. Konsumsilah lemon bersama dengan minyak zaitun untuk mendapatkan hasil luar biasa maksimal dalam pencegahan inflamasi dan infeksi di organ-organ vital Anda.

(Baca juga: cara menjaga kesehatan kandung empedu)

6. Biji-bijian

Untuk aliran empedu senantiasa lancar dan baik, biji-bijian bisa dikonsumsi setiap hari. Pada sebuah jurnal yang diketahui berjudul Journal of Hygiene Research yang terbit di tahun 2012, telah dibuktikan betapa efektifnya biji-bijian terhadap kesehatan empedu. Pada penelitian yang dilakukan selama 8 minggu, ada kelompok yang dalam dietnya dicampur dengan biji-bijian.

Dari situlah dapat ditemukan kenyataan bahwa adanya hasil signifikan akan peningkatan sekresi empedu daripada kelompok yang mengonsumsi tepung beras putih. Whole grain atau biji-bijian utuh sudah tak dipungkiri lagi kemampuannya dalam menjaga kesehatan empedu.

(Baca juga: makanan yang menyebabkan batu empedu)

7. Ubi Jalar

Beragam vitamin ada di dalam makanan ini, seperti vitamin B6, vitamin A, dan vitamin B5. Ubi jalar juga merupakan makanan yang mengandung kalium. Kabar baiknya lagi adalah bahwa ubi jalar juga termasuk dalam jenis makanan yang cepat membakar lemak.

Senyawa lain yang diketahui ada di dalam ubi jalar adalah niacin, belum lagi juga ada karotenoid, tiamin, serta riboflavin. Kadar tingginya lemak pada ubi jalar pun termasuk rendah, berikut juga kadar sodiumnya. Dengan merebus atau mengukus ubi jalar, mengonsumsinya akan mencegah Anda dari risiko batu empedu. Kandungan serat tinggi di dalamnya bisa menolong memperlancar proses pencernaan dan memberikan rasa kenyang lebih lama.

(Baca juga: gejala ada batu di empedu)

8. Nasi Merah

Gantilah nasi putih dengan nasi merah karena nasi merah tak hanya bagus karena masuk dalam tips diet sehat, tapi juga mampu menjaga kesehatan empedu. Makanan tepat untuk mengatasi gejala kolesterol ini memiliki banyak zat antioksidan. Penetralisiran lemak jahat pun akan dibantu dengan adanya zat mangan yang terkandung di dalam beras merah.

Kesehatan produksi serta aliran empedu di dalam tubuh mampu dipromosikan oleh makanan yang baik untuk empedu tersebut. Jangan makan sembarangan apabila sudah dicurigai bahwa Anda mengalami batu empedu. Makanan berlemak tinggi, makanan bersodium tinggi, makanan berkadar glukosa tinggi, dan makanan kemasan serta cepat saji sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu berlebihan.

(Baca juga: cara mencegah batu empedu)

Banyak orang tak terlalu memerhatikan kesehatan empedu. Maka dengan mengetahui rekomendasi makanan untuk empedu sehat tersebut, diharapkan Anda lebih menjaganya. Gaya hidup sehat tak pernah salah untuk dimulai dari sekarang.