7 Gejala ada Batu di Empedu dan Faktor Penyebabnya

Batu pada empedu sendiri pada dasarnya tidak berbahaya, namun demikian tetap saja batu empedu ini akan menyebabkan munculnya beberapa gangguan dan juga masalah kesehatan pada manusia. Meskipun gejala yang ditimbulkan oleh batu empedu ini tidak seberbahaya jenis penyakit lainnya, namun demikian tetap saja gejala batu empedu ini dapat mengganggu aktivitas seseorang, dan bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan kesehatan yang lebih parah. Apa saja gejala dari batu di empedu? Berikut ini adalah gejala ada batu di empedu :

1. Sakit Perut Secara Terus Menerus dan Sering Terjadi, Selalu Kembali

Gejala pertama dari batu di empedu adalah munculnya sakit perut secara terus menerus. Tentu saja sakit perut yang muncul terus menerus ini bukan terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan panas dan juga pedas, ataupun karena lambung mengalami iritasi. Sakit perut ini cenderung disebabkan karena batu di dalam empedu yang menyebabkan bagian perut atas dan samping mengalami rasa nyeri dan juga sakit. Biasanya, rasa sakit perut ini datang secara tiba – tiba dan juga sering kali terjadi, sehingga tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas Anda.

Baca juga : Bahaya Makanan Pedas

Dan biasanya, sakit perut ini tidak akan hilang dan sembuh dengan mudah. Meskipun sudah buang air besar, kentut, ataupun menggunakan obat penghilang rasa sakit perut, atapun obat maag dan asam lambung, sakit perut ini akan tetap ada dan tidak dapat menghilang dengan mudah. Hal ini memang menunjukkan bahwa gejala sakit perut yang disebabkan oleh batu di empedu ini memang bukanlah merupakan bentuk sakit perut yang biasa, sehingga butuh penanganan khusus yang lebih lanjut.

Artikel terkait : Obat Sakit Perut Paling Aman

2. Munculnya Demam dengan Suhu yang Tinggi

Beberapa gejala yang muncul diakibatkan oleh batu di empedu adalah munculnya demam tinggi. Demam tinggi ini disebabkan karena empedu tidak dapat bekerja dengan baik, sehingga berdampak pada meningkatnya suhu tubuh dan menyebabkan munculnya gejala demam tersebut. Ketika Anda mengalami gejala demam tinggi dan juga suhu tubuh yang memanas, namun bukan disebabkan karena virus ataupun penyakit flu, maka ada kemungkinan hal ini merupakan salah satu gejala dimana terdapat batu pada bagian empedu.

Segera periksakan ke dokter kepercayaan Anda untuk membantu memberikan diagnosis yang tepat, apakah memang merupakan gejala batu pada empedu, atau hanya panas dan juga demam basa saja.

Baca juga : Makanan untuk Orang Demam

3. Timbul Gejala Sakit Kuning

Sakit kuning sering kali diidentikan dengan munculnya penyakit hepatitis. Namun demikian, mereka yang memiliki gejala sakit kuning belum tentu mengalami penyakit hepatitis atau liver. Nah, ketika anda menemukan gejala sakit kuning ini, maka ada kemungkinan Anda mengalami gangguan berupa kemunculan batu di dalam empedu. Batu di dalam empedu akan menyebabkan fungsi dari kantong empedu ini menjadi tidak optimal, karena itu dapat menimbulkan gejala yang sama seperti ketika hati atau lever mengalami gangguan, yang menyebabkan munculnya gejala sakit kuning, dimana keseluruhan tubuh akan menguning, dan tubuh akan menjadi sangat lemas dan juga tidak bertenaga.

Baca juga : Gejala Liver Bengkak

4. Detak Jantung Menjadi Lebih Cepat dari Biasanya

Ciri – ciri atau gejala ada batu di empedu berikutnya adalah detak jantung yang tidak biasa, alias lebih cepat dibandingkan biasanya (detak jantung normal). Detak jantung manusia akan bertambah cepat ketika manusia sedang melakukan aktivitas yang berat, seperti berolahraga, dan pekerjaan yang menyangkut fisik. Selain itu, detak jantung yang lebih cepat daripada biasanya ini juga bisa disebabkan karena kondisi kesehatan tubuh manusia itu sendiri sedang tidak normal. Salah satunya adalah disebabkan karena adanya batu pada bagian empedu. Hal ini menyebabkan kondisi tubuh menjadi sangat tidak sehat, dan menyebabkan tubuh menjadi terasa sangat lelah, namun detak jantung akan bertambah cepat.

Artikel terkait : Cepat Lelah dan Jantung Berdebar

5. Terasa Gatal – gatal pada Kulit

Gatal – gatal pada bagian kulit bisa jadi merupakan hejala atau ciri – ciri batu empedu berikutnya. Hal ini disebabkan oleh fungsi empedu yang menjadi tidak normal, sehingga berdampak pada munculnya suatu kondisi yang menyebabkan gatal – gatal pada tubuh. Nah, ketika Anda merasakan gejala gatal – gatal pada tubuh, disertai dengan kemunculan gejala seperti sakit kuning dan juga mudah merasa sakit perut, maka hal ini bisa jadi merupakan pertanda bahwa Anda mengalami gangguan pada empedu, dimana terdapat batu pada empedu Anda. Meski demikian, gejala ini harus terjadi dalam jangka waktu yang cukup intens, aau sering terjadi, dan tanpa adanya penyebab yang pasti, misalnya karena alergi ataupun karena luka.

Artikel terkait : Obat Gatal Gatal

6. Nafsu Makan Menurun atau Kehilangan Nafsu Makan

Ketika seseorang mengalami sakit dan sedang menderita gangguan kesehatan, salah satu gejala yang bisa muncul adalah nafsu makan yang berkurang, atau malah tidak memiliki nafsu makan sama sekali. Hal ini juga bisa ditemui pada penderita batu empedu. Gejala dari batu empedu yang bisa muncul adalah nafsu makan yang berkurang, atau bahkan tidak mau makan sama sekali. Apabila hal ini tidak ditangani, maka hal ini akan menyebabkan kondisi tubuh dari sang pasien menjadi lebih parah, dan juga semakin menurun, yang akan sangat memperlambat proses penyembuhan dan juga pemulihan dari pasien tersebut.

Artikel terkait : Cara Meningkatkan Nafsu Makan Secara Alami

7. Perut Sering Terasa Mual dan Sering Muntah – muntah

Gejala berikutnya dari batu di empedu adalah perut sering terasa mual dan juga muntah – muntah. Ini merupakan kelanjutan dari gejala sakit perut mendadak yang bisa muncul pada pasien penderita batu empedu. Sama seperti sakit perut, biasanya mual dan juga muntah – muntah ini memang tidak disebabkan dari pola makan yang tidak teratur, melainkan karena memang dampak kesehatan dari munculnya batu pada empedu tersebut. Ketika sudah mengalami muntah, hal ini tidak akan berakhir, karena Anda akan tetap terus merasa mual dan merasakan tidak nyaman pada bagian lambung dan juga perut anda.

Baca juga : Penyebab Sering Mual Setelah Makan

Penyebab Batu Empedu

Bagaimana bisa ada batu di dalam empedu? Tentu saja hal ini pasti ada penyebab dan juga pemicunya. Pemicu paling banyak, yang dapat menyebabkan adanya batu pada empedu adalah karena faktor kesalahan manusia, yaitu karena asupan makanan yang salah, sehingga menimbulkan gangguan berupa kemunculan batu pada bagian empedunya. Apa saja sebenarnya yang menjadi penyebab dari batu di empedu? Berikut ini adalah beberapa penyebab dari munculnya batu di empedu :

1. Jenis kelamin

Ternyata salah satu faktor yang menyebabkan kemunculan batu empedu pada manusia adalah faktor jenis kelamin. Beberapa penelitian berhasil mengungkapkan bahwa wanita memiliki resiko mengalami batu empedu 3 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan pria. Hal ini bukan berarti bahwa pria tidak bisa mengalami kemunculan batu empedu. Kemunculan batu empedu bisa terjadi pada tiap manusia, hanya saja mungkin faktor resiko tertinggi dimiliki oleh wanita.

Baca juga :  Jenis Penyakit Kelamin

2. Usia

Orang – orang yang memiliki usia lebih dari 60 tahu memiliki resiko yang tinggi dalam mengalami gangguan kesehatan batu empedu ini. Jadi, salah satu penyebab kemunculan batu empedu, mungkin karena usia yang sudah semakin bertambah, karena faktanya, semakin bertambah usia, semakin bertambah pula kemungkinan munculnya batu empedu.

3. Berat Badan (yang diukur melalui Body mass Index)

Berat badan yang tidak normal, atau yang memiliki Body Mass Index, alias BMI yang tinggi juga memilki resiko yang tinggi untuk mengalami gangguan kemunculan batu pada empedu. Biasanya orang dengan BMI yang tinggi adalah mereka yang mengalami gangguan – ganggan obesitas ataupun anorexia, dimana perbandingan antara berat badan dan juga tinggi badan meraka sangat timpang dan juga berbeda jauh, yang menyebabkan fungsi organ – organ di dalam tubuh tentu saja menjadi tidak optimal dan mengalami banyak gangguan kesehatan

Artikel terkait : Cara Mencegah Obesitas

4. Faktor Makanan dan Asupan Gizi yang Tidak Tepat

Beberapa jenis makanan memang memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan batu di dalam empedu. Jnis – jenis makanan yang memiliki kandungan lemak dan juga kolestrol tinggi, seperti gorengan, makanan bersantan kental, makanan yang mengandung kacang – kacangan, dan juga jenis lainnya dapat menyebabkan kemunculan batu di dalam empedu menjadi lebih mungkin terjadi. Selain itu, konsumsi minuman beralkohol secara rutin juga bias menyebabkan Anda mengalami kemunculan batu pada empedu.

Baca juga : Pantangan Kolesterol Tinggi

5. Faktor Genetis

Faktor lainnya yang menyebabkan batu muncul di empedu adalah karena faktor genetis, alias faktor keturunan. Mereka yang memiliki silsilah keturunan yang positif mengalami batu empedu biasanya akan menurun. Jadi ada kemungkinan apabila anggota keluarga kandung yang mengalami gangguan berupa batu empedu, maka hal ini pun bisa menurun pada Anda juga.

Itulah beberapa gejala – gejala dari batu di empedu. Meskipun merupakan bagian dari gejala batu empedu, namun demikian hal tesebut bukanlah menjadi patokan yang pasti seseorang memiliki gangguan kesehatan berupa batu di empedu. Hal ini perlu dibuktikan lebih lanjut dengan memanfaatkan diagnosa yang diberikan oleh dokter, terutama dokter spesialis penyakit dalam.

Baca juga :