Ferlin – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

1064

Ferlin adalah salah satu dari suplamen vitamin bagi bayi dan anak-anak yang berguna untuk memenuhi vitamin dan zat besi pada masa pertumbuhan. Dalam penggolongannya Ferlin termasuk obat bebas. Maka anda tidak memerlukan resep dokter untuk dapat membeli dan bisa anda temukan di apotek terdekat. Di sini anda hanya bisa menemukanya dalam bentuk sirup dan oral drop, sehingga dapat dengan mudah diberikan pada anak.

Kandungan Ferlin

Ferlin sendiri mengandung banyak vitamin yang diperlukan oleh tubuh seperti: zat besi (Fe), vitamin B1, vitamin B6, vitamin B12, dan folic acid. Cara kerja Ferlin dapat berguna untuk menambah kebutuhan nutrisi vitamin dan Fe pada anak pada masa pertumbuhannya.

Fungsi Ferlin

Sama seperti obat lain pada umumnya, Ferlin memiliki beberapa fungsi atau indikasi yang terkandung di dalamnya seperti:

  1. Sebagai suplemen vitamin dan Fe pada anak yang dapat membantu proses pertumbuhan dan perkembangan.
  2. Dapat meningkatkan kecerdasan dan daya ingat pada anak di masa pertumbuhan.
  3. Zat besi yang terkandung dalam Ferlin juga berfungsi untuk proses pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah yang sangat penting untuk mengikat dan mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Dosis Penggunaan Ferlin

Dalam penggunaan Ferlin, terdapat beberapa dosis yang harus diikuti dan diterapkan sesuai dengan keadaan dan kebutuhan penggunanya. Berikut di bawah ini macam dosis penggunaan Ferlin seperti:

  • Untuk Anak Usia 6-12 Bulan
    Ferlin dapat diberikan pada anak usia 6-12 bulan dengan dosis 0,6 ML x 1/sehari dan diminum sebelum makan.
  •  Untuk Anak Usia 1-2 tahun
    Kemudian untuk anak pada usia 1-2 tahun Ferlin dapat diberikan dengan dosis 0,8 ML x 1/sehari dan diminum sebelum makan.
  •  Untuk Anak Usia 6-12 Bulan (Dosis Teraupetik)
    Ferlin dapat diberikan pada anak usia 6-12 bulan dengan dosis 0,6 ML x 3/sehari dan diminum sebelum makan.
  • Untuk Anak Usia 1-2 tahun (Dosis Teraupetik)
    Kemudian untuk anak pada usia 1-2 tahun Ferlin dapat diberikan dengan dosis 0,8 ML x 3/sehari dan diminum sebelum makan.
  • Untuk Anak Usia 7-12 tahun
    Ferlin dapat diberikan pada anak usia 7-12 tahun dengan dosis 2,5 ML x 1/sehari dan diminum sebelum makan.
  •  Untuk Anak Usia > 12 tahun
    Dan untuk anak pada usia 12 tahun ke atas Ferlin dapat diberikan dengan dosis 10 ML x 1/sehari dan diminum sebelum makan.

Efek Samping Ferlin

Setiap obat pasti mempunyai efek samping bila dikonsumsi secara terus menerus oleh para penderita dalam jangka waktu yang panjang. Begitu pula dengan Ferlin yang juga membawa efek samping pada anak bila dikonsumsi terus-menerus. Adapun efek samping dari Ferlin yaitu:

Masalah gangguan pencernaa

Kelebihan atau over dosis dalam mengonsumsi suplemen zat besi ternyata dapat membahayakan dan juga memberikan dampak negative bagi pencernaan seperti:

  1.  Diare
  2. Mual muntah
  3.  Sakit perut
  4. Sembelit

Mengalami perubahan warna

Rupanya tak hanya berbahaya bagi pencernaan saja, kelebihan dalam mengonsumsi sumplemen zat besi juga dapat menyebabkan dampak lain seperti:

  •  Perubahan warna pada gigi
  •  Munculnya warna kebiru-biruan pada bibir, kuku dan telapak tangan

Kontraindikasi pada Ferlin

Sampai sekarang ini belum ditemukan atau belum ada kondisi apapun yang dapat menimbulkan kontraindikasi yang membahayakan bagi para penggunanya.