Sponsors Link

20 Obat Herbal Sakit Kepala Termujarab

ads

Sakit kepala memang kelihatannya adalah penyakit ringan, tapi sebenarnya kondisi ini cukup mengganggu apalagi ketika Anda sedang mempunyai banyak pekerjaan dan aktivitas. Ada banyak faktor penyebab kepala sering pusing yang Anda perlu ketahui dan kenali satu per satu agar mampu menanganinya dengan tepat. Kebanyakan orang akan langsung mengambil tablet obat sakit kepala demi meredakan rasa sakitnya.

Padahal sakit kepala sebenarnya bisa juga diatasi dengan obat herbal. Dengan bahan-bahan alami, obat herbal sakit kepala di bawah ini adalah yang terbaik untuk Anda coba di rumah. Sering sakit kepala menandakan bahwa ada yang tak beres pada kesehatan Anda, oleh karena itu silakan coba beberapa obat berikut ini.

(Baca juga: penyebab sakit kepala)

1. Cuka Sari Apel

Banyak kondisi penyakit yang dapat diatasi dengan menggunakan cuka sari apel, ternyata tak terkecuali sakit kepala. Kalau biasanya cuka sari apel ini lebih banyak digunakan oleh para penderita tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi, Anda bisa mencoba obat herbal ini sebagai bahan pengompres.

  • Caranya: Sediakan cuka sari apel sebanyak ¼ cangkir bersama dengan 3 cangkir air mendidih dan secangkir air dingin yang segar. Cuka sari apel perlu Anda tuang ke sebuah mangkuk berukuran cukup besar, lalu tambahkan dengan air mendidih tadi. Gunakan handuk dengan menaruhnya di atas kepala Anda supaya dan tundukkan kepala dengan wajah menghadap ke dalam mangkuk. Uapnya adalah yang terbaik untuk meredakan sakit kepala apabila Anda melakukannya 5-10 menit. Saat sudah selesai, silakan Anda menepuk pelan wajah Anda hingga mengering dan minumlah secangkir air dingin segar tadi.

2. Kacang Hijau

Meski bahan ini lebih dikenal sebagai bahan pereda panas dalam, Anda juga bisa mengatasi masalah sakit kepala Anda dengan kacang hijau. Penggunaan air rebusan kacang hijau tak hanya bakal meningkatkan daya tahan tubuh, tapi juga bisa menjadi solusi bagi yang terlalu sering merasakan pusing.

Rasanya yang nikmat tentu akan menambah semangat Anda untuk meminum air rebusan kacang hijau secara rutin hingga rasa sakit di kepala mereda dan hilang. Jika ingin hasil yang efektif, minumlah air rebusan kacang hijau setiap hari di mana per harinya Anda dapat menikmatinya 2 kali. Dengan demikian, kekebalan tubuh meningkat dan sakit kepala pun tak akan gampang kambuh.

(Baca juga: penyebab kepala kliyengan)

3. Kangkung

Tak banyak yang tahu mungkin bahwa kangkung merupakan jenis sayuran yang sangat baik untuk membuat sakit kepala jauh lebih baik. Sederhana sekali untuk menggunakannya, Anda bisa tinggal memasaknya atau menikmatinya sebagai lalapan jika memang Anda suka lalapan. Mengonsumsinya secara rutin di kala kepala seirng pusing dijamin bakal sangat menolong agar rasa sakitnya mereda dan tak mudah kembali.

4. Daun Jeruk Nipis

Obat herbal lainnya yang patut Anda pertimbangkan karena mudah dijumpai dan ditemui adalah daun jeruk nipis. Tak banyak orang yang mengira bahwa daun ini bakal sangat bermanfaat untuk menghilangkan sakit kepala secara alami. Namun, Anda boleh mencoba menggunakannya karena meramunya sangat mudah.

  • Caranya: Sediakan daun jeruk nipis yang bisa Anda tumbuk sampai teksturnya halus. Sediakan juga wadah untuk tempat hasil tumbukan tersebut, tambahkan air, campurkan hingga merata. Pastikan airnya tak terlalu banyak supaya ramuan menjadi adonan pasta bentuknya, baru sesudah itu Anda oles ke bagian bahu atau kening supaya pusing mereda. Gosokkan juga pada pelipis maupun tengkuk supaya hasilnya lebih terasa.

5. Kacang Almond

Untuk menyembuhkan sakit kepala, silakan mencoba menggunakan kacang almond ketimbang mengonsumsi pil atau tablet obat sakit kepala terlalu sering. Almond sangat baik untuk kesehatan dan termasuk bahan makanan yang baik serta disarankan bagi yang berdiet. Konsumsi setiap hari pun dijamin aman karena memang mampu menyehatkan tubuh.

Almond merupakan sebuah jenis kacang di mana ada kandungan salisin di dalamnya sehingga mampu menjadi pereda rasa nyeri. Makanlah segenggam kacang almond atau paling tidak 2 genggam ketika rasa sakit muncul di kepala Anda sehingga terasa kliyengan. Namun bagi penderita migrain, almond mungkin tidak bisa menjadi obat yang sesuai.

(Baca juga: penyebab sakit kepala bagian belakang)

6. Semangka

Seperti kita tahu, semangka adalah buah segar berwarna merah yang memang biasanya dihidangkan sebagai pencuci mulut terutama di waktu panas. Tapi kegunaan semangka yang berkadar air tinggi ini tak hanya melegakan rasa dahaga saja. Semangka pun memiliki manfaat lain yang bisa membuat sakit kepala reda dan hilang.

Kandungan mineral kalium di dalam buah semangka cukup tinggi. Kalium tersebut tak hanya mampu melancarkan peredaran darah, tapi juga manjur dijadikan sebagai obat sakit kepala alami. Konsumsilah semangka merah atau boleh juga yang berwarna kuning, namun makanlah bagian pangkal daging buahnya lebih banyak sebab kalium yang lebih tinggi jugalah yang akan diperoleh.

7. Biji Wijen

Sebagian dari Anda pasti sudah tahu betul bahwa biji wijen mengandung vitamin E tinggi di mana kandungan vitamin ini tak hanya berfungsi menyehatkan dan melembutkan kulit. Manfaat lain yang juga bakal bisa Anda peroleh dari biji wijen adalah kemampuannya dalam mengatasi sakit kepala, termasuk migrain.

Selain vitamin E, mineral magnesiumnya juga terbilang tinggi, jadi khasiatnya pun lebih luas lagi tak sekadar hanya meredakan migrain saja. Sakit kepala belakang juga bisa diatasi dengan kandungan magnesium pada biji wijen. Dapatkan vitamin E serta magnesium supaya tubuh Anda menjadi jauh lebih baik dan tak mudah terserang sakit kepala.

8. Kopi

Mungkin banyak juga dari Anda yang mengatakan bahwa kopi adalah salah satu pemicu kepala sering sakit dan pusing. Kandungan kafein di dalam kopi memang cukup bisa membuat seseorang mudah terkena sakit kepala. Hanya saja, kopi hitam akan berefek baik bagi tubuh dan kepala Anda yang sakit.

sponsored links

Kafein dalam jumlah yang wajar dan tidak dikonsumsi berlebihan sangat bermanfaat untuk membuat sistem saraf Anda yang tegang menjadi jauh lebih tenang. Para ahli pun telah meneliti dan membuktikan hal ini. Jadi kalau Anda misalnya takut kafein pada kopi bisa berbahaya, jangan terlalu sering dan banyak mengonsumsinya.

Jumlah kopi atau kafein berlebihan memang tak baik untuk tubuh, khususnya bisa menyebabkan darah tinggi dengan mudah. Bahkan efek dari kafein pun bisa membuat Anda mengalami insomnia alias sulit tidur di malam hari. Dalam sehari, konsumsilah 2 cangkir sehari dan pastikan bahwa ini merupakan takaran maksimal supaya tidak menambah parah sakit kepala Anda.

(Baca juga: penyebab sering sakit kepala)

9. Pisang

Buah yang sangat tinggi akan kadar kalium serta magnesiumnya ini tak hanya bisa menjadi santapan sehat dan baik untuk para pelaku diet. Kandungan mineral tersebut akan membantu Anda para penderita sakit kepala supaya rasa sakit dapat teredakan dengan baik secara alami.

Para ahli pun sudah membuktikan bahw apisang merupakan buah dengan kandungan senyawa bermanfaat dalam mengusir sakit kepala, khususnya migrain atau sakit kepala sebelah. Konsumsilah pisang setiap hari agar sakit kepala dapat ditangani secara tuntas sekaligus dicegah untuk kembali kambuh. Paling tidak 2-4 buah pisang per hari akan membantu Anda senantiasa sehat dan jauh dari sakit kepala.

10. Kentang

Makanan yang sering kita temui pada menu sup atau yang juga sering digoreng atau dijadikan keripik ini rupanya tak hanya kaya akan karbohidrat. Anda perlu tahu bahwa kentang adalah salah satu bahan makanan yang mengandung kalium tinggi. Karena kalium dapat menyelamatkan penderita sakit kepala, maka kentang jelas bisa Anda konsumsi.

Demi kesembuhan dan kelancaran sistem aliran darah di dalam tubuh, konsumsilah kentang setiap hari sampai pusing tidak seintens sebelumnya. Sakit kepala dapat terjadi dikarenakan peredaran darah yang kurang lancar, jadi bila Anda mengonsumsi kentang untuk melancarkannya, otomatis sakit kepala pasti ikut mereda.

Untuk mendapatkan efek maksimal, silakan Anda mengonsumsi kentang yang masih jelas-jelas ada kulitnya. Kalau biasanya mungkin Anda perlu mengupas bagian kulitnya lebih dulu, kali ini untuk memperoleh kalium tinggi makanlah bersama kulitnya. Jangan pula memakan kentang goreng karena pengolahan yang baik dan memberikan manfaat adalah dengan merebus maupun membakarnya.

(Baca juga: cara mengatasi sakit kepala)

11. Daun Dewa

Sebagai obat herbal, daun dewa cukup sering digunakan untuk menyembuhkan beragam penyakit. Rupanya daun ini pun sangat baik dalam meredakan rasa pusing yang terus-menerus Anda alami. Kandungan baik di dalam daun ini sangat berguna tak hanya sebagai pereda sakit kepala, tapi juga untuk gangguan kesehatan lainnya seperti herpes, kolesterol tinggi, kutil, serta jerawat.

Anda bisa mencoba untuk memperoleh daunnya secara langsung dan kemudian merebusnya. Airnya kemudian yang bisa Anda konsumsi secara rutin yang khususnya bisa meredakan migrain. Selain air rebusan langsung dari sejumlah lembar daunnya, Anda juga bisa memperoleh kapsul daun dewa yang merupakan kapsul herbal yang ampuh juga membuat sakit kepala hilang.

12. Lemon

Banyak dari kita telah mengetahui bahwa buah yang mengandung vitamin C super tinggi ini sarinya sangat baik untuk menjadikan kulit menjadi lebih cerah. Selain mampu memutihkan kulit, air perasan lemon juga berguna untuk membuat sakit kepala cepat mereda. Jenis sakit kepala yang paling bisa Anda atasi dengan air lemon adalah migrain.

  • Caranya: Sediakan sebuah lemon yang kemudian bisa Anda ambil airnya dengan memeras buahnya, kemudian tambahkan air hangat sedikit saja, campurkan dengan madu secukupnya. Migrain akan terasa lebih ringan dan akan hilang ketika Anda mengonsumsi obat ini secara rutin sampai sakit kepala benar-benar sembuh total.

(Baca juga: ciri-ciri darah rendah dan cara mengatasinya)

13. Jahe

Banyak dari kita tahu betul bahwa jahe adalah sebuah rempah yang akan senantiasa menjadikan tubuh kita hangat di kala sedang tidak enak badan atau cuaca dingin. Banyak juga orang yang memakai rempah ini terlepas dari efek samping jahe untuk dijadikan obat batuk alami. Lebih dari itu, manfaat yang juga bisa diperoleh adalah khasiatnya dalam meredakan sakit kepala.

  • Caranya: Buatlah air rebusan jahe di mana air rebusan ini termasuk yang paling tepat untuk mengatasi masalah sakit kepala migrain. Sediakan rempah jahe secukupnya dan rebuslah dengan air sebanyak 1-2 gelas. Air rebusan yang masih hangat dapat Anda konsumsi supaya mengurangi risiko mual saat tengah mengalami migrain sekaligus menghilangkan nyeri di kepala juga secara berangsur.

14. Daun Kayu Putih

Jika sakit kepala, tak ada salahnya untuk menggunakan daun kayu putih karena memang bahan herbal satu ini sangat bermanfaat, khususnya untuk yang mengalami migrain. Setelah dibersihkan daunnya, Anda bisa langsung merebusnya dan air ramuan dari daun kayu putih ini dapat segera diminum ketika sudah dalam kondisi hangat.

Karena tak menimbulkan efek samping berbahaya, Anda dapat mengonsumsinya secara rutin sampai sakit kepala Anda mereda dengan baik. Sehari 2 kali bisa menjadi waktu terbaik bagi Anda yang menginginkan hasil terbaik dari mengonsumsi air rebusan daun kayu putih ini.

15. Daun Mint

Bahan lainnya yang juga ampuh dijadikan sebagai obat herbal bagi penderita sakit kepala adalah daun mint. Jenis daun ini memang sangat bermanfaat dalam mengatasi beberapa masalah kesehatan, dan rupanya tak terkecuali sakit kepala. Gunakan obat yang terbuat dari daun ini supaya jauh lebih alami.

Daun mint terkenal akan sifat penenang alaminya di mana ada juga efek dingin yang diberikan ke kepala Anda ketika mengonsumsinya. Dari efek tersebutlah, sakit kepala pun menjadi reda dan tak akan mudah untuk kembali kambuh. Cukup dengan mencampurkan daun mint secukupnya ke air putih, Anda siap meminumnya di kala pusing menyerang.

(Baca juga: kepala sering terasa berat pusing dan mual)

Sponsors Link

16. Daun Teh

Anda pun bisa menemukan daun teh lalu memanfaatkannya sebagai obat sakit kepala yang ampuh dan alami. Cukup dengan menyeduhnya setelah daun teh dibersihkan, Anda bisa menyaringnya lalu meminum ramuan obat herbal ini. Konsumsi secara teratur akan memberikan manfaat besar untuk kondisi sakit kepala Anda supaya cepat sembuh. Khusus untuk para penderita sakit kepala sebelah, daun teh akan menyembuhkan tanpa adanya efek samping.

17. Kulit Anyang-anyang

Pernah mendengar kulit anyang-anyang? Anda bisa menggunakannya kalau cukup mudah memperolehnya. Kulit anyang-anyang yang sebelumnya sudah dicuci langsung direbus saja dan airnya yang telah mendidih bisa Anda saring. Minumlah airnya secara rutin hingga Anda merasa baikan dan sakit kepala tak terasa begitu serius.

(Baca juga: mata kunang-kunang kepala pusing)

18. Daun Encok

Sama seperti beberapa jenis daun sebelumnya, Anda perlu membersihkan daun encok ini kemudian merebusnya. Hasil air rebusan daun encok termasuk obat yang mampu menyembuhkan sakit kepala secara alami dan efektif. Saringlah ketika sudah dingin, lalu minum air rebusannya serutin mungkin atau sampai kepala Anda tidak pusing lagi. Daun ini juga sesuai dengan namanya, mampu mengatasi masalah sakit pinggang tanpa efek samping.

19. Madu

Madu murni selalu berkhasiat untuk kesehatan dan banyak penyakit yang dapat diatasi dengan bahan satu ini. Carilah cara membedakan madu asli dan palsu agar Anda bisa dengan mudah memperoleh madu yang 100% murni . Untuk sakit kepala Anda, silakan meminum madu setiap hari.

Meminumnya langsung adalah yang paling disarankan, yakni 2-3 sendok makan, tapi juga boleh Anda campurkan ke air putih kalau merasa madu tersebut terlalu kental. Meminum madu adalah cara efektif juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta selera makan. Karena sangat bagus untuk tubuh, meski sakit kepala sudah sembuh Anda masih bisa meminum madu secara teratur.

20. Kunyit

Rempah lainnya selain jahe yang juga berfungsi menyembuhkan sakit kepala adalah kunyit. Rempah dengan segudang manfaat ini betul-betul luar biasa dalam mengatasi pusing. Sama seperti jahe, Anda tinggal merebusnya dan air rebusan bisa diminum teratur hingga kepala terasa membaik. Hati-hati akan risiko meningitis ketika Anda tak mengobati sakit kepala yang intens secara cepat.

(Baca juga: kepala sering pusing)

Itulah sederet obat herbal sakit kepala termujarab yang boleh Anda coba di rumah, khususnya saat sakit kepala begitu mengganggu dan sering muncul. Semoga salah satu dari rekomendasi obat di atas dapat membantu meringankan pusing yang dialami.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 11th, November 2016 / 16:04 Oleh :
Kategori : Sakit Kepala