Sponsors Link

Kandidiasis – Penyebab, Ciri-ciri, Pencegahan dan Pengobatannya

Sponsors Link

Kandidiais nama sebuah penyakit yang masih terdengar asing bagi masyarakat awam yang tidak begitu paham dengan dunia medis. Tetapi sebenarnya masyarakat atau orang sering mengalami penyakit ini. Penyakit kandidiasis merupakan penyakit yang menyerang kulit atau kelenjar kulit, kuku, selaput lendir, subkutan, mulut, vagina, bronki, paru-paru serta alat-alat organ dalam manusia. Kandidias merupakan penyakit yang menjijikan membahayakan. Anda perlu mengenali dan memahami penyakit ini dari ciri-ciri, gejala, penyebab, cara mencegah serta cara pengobatan dan mengatasinya agar anda dapat tercegah ataupun terselamatkan oleh penyakit satu ini.

ads

Penyebab

Kandidiasis merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya jamur didalam tubuh kita. Jamur tersebut ialah jamur Candida Albicans. Jamur ini terdapat dalam tubuh kita bisa karena ditularkan atau tertular secara langsung ataupun tidak langsung. Kandidiasis merupakan penyakit yang tidak mengenal jenis umur, penyakit ini menyerang siapapun dalam jenjang umur yang beragam. Penyakit kandidiasis ini lebih senang menyerang pada musim hujan atau di daerah yang lembab karena jamur akan tumbuh subur pada daerah atau suhu yang lembab. Berikut ini beberapa penyebab seseorang terserang penyakit kandidiasis :

  • Jamur

Penyebab paling umun dari penyakit kandidiasis adalah jamur. Jamur ini menyerang tubuh manusia sehingga menyebabkan terjadinya penyakit kandidiasis. Jamur yang menyerang yaitu Candida Albicans. Jika jamur ini menyerang bagian mulut maka disebut dengan thrush, sedangkan jika menyerang bagian lebih dalam yaitu tenggorokan maka disebut dengan esofagitis. Penyakit ini juga bisa menyebabkan keretakan pada ujung mulut yang disebut dengan kheilitis angularis.

Jika terjadi kheilitis angularis ini maka pada mulut terjadi seperti sariawan tetai sebenarnya berbeda. Orang awam sering susah membedakannya sehingga kadang salah pengobatan, maka harus mengenali terlebih dahulu gejala-gejala lain yang terjadi. Jika jamur ini menyerang pada vagina maka disebut dengan vaginitis. Penyerangan pada vagini merupakan yang paling sering terjadi.

  • Pil

Mengonsumsi pil seringkali memberikan efek samping. Salah satu efek samping yang dapat terjadi dari mengkonsumsi pil yaitu berkembangnya jamur atau penyakit yang sebenarnya sudah ada didalam tubuh tetapi belum begitu parah. Sebenarnya bukan pil yang menyebabkan terjadinya penyakit kandidiasis tetapi pil dapat memicu terjadinya penyakit kandidiasis ini. Hati-hati dengan mengkonsumsi pil. Baca aturan pakai serta konsultasikan ke dokter jika anda akan mengkonsumsi obat atau pil.

  • Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang terlalu banyak kadar gula di dalam tubuh. orang yang mengidap diabetes juga akan mudah terserang penyakit kandidiasis. Diabetes akan memicu timbulnya kandidiasis pada tubuh karena sistem imun pada orang yang mengalami diabetes akan lebih lemah dibanding dengan orang yang sehat. Sistem imun akan sangat mempengaruhi tumbuhnya jamur sehingga menyebabkan kandidiasis.

  • Haid (menstruasi)

Kandidiasis sring menyerang daerah vagina karena daerah ini sering lembab. Apalagi bagi orang yang sedang haid atau datang bulan atau menstruasi sangat udah terserang oleh penyakit kandidiasis karena keadaan vagina lembab. Darah kotor yang keluar dari vagina yang disebut menstruasi akan memicu lembabnya daerah vagina sehingga kelembaban ini akan memicu timbulnya jamur yang bisa menyebabkan penyakit kandidiasis. Jika anda sedang menstruasi atau haid sering-sering mengganti pembalut agar terhindar dari jamur yang dapat memicu timbulnya penyakit kandidiasis.

  • Kehamilan

Saat seorang wanita sedang hamil tentu saja daerah vagina merupakan daerah yang sangat penting dijaga kesehatannya. Saat hamil seorang wanita lebih sering buang air kecil sehingga daerah vagina sering lembab. Hal ini akan mengalami resiko terkena kandidiosis lebih tinggi jika kelembababan pada vagina tidak segera dikeringkan dan diatasi dengan baik.

  • Penggunaan steroid atau antibiotik

Konsumsi obat antibiotik memang baik agar penyakit tidak mudah masuk kedalam tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit, tetapi mengkonsumsi dengan jumlah banyak atau terlalu sering tentunya akan memberikan dampak yang tidak baik. Mengkonsumsi obat jenis antibiotik dapat menyebabkan dan memicu kandidiasis.

  • Sistem imun yang rendah

Orang yang memiliki sistem imun atau kekebalan tubuh yang rendah tentunya akan mudah terserang penyakit dibanding orang yang mempunyai sistem imun kuat. Sistem imun yang rendah tidak mampu melawan penyakit atau jamur pada penyakit kandidiasis sehingga tubuh kalah dan terserang penyakit kandidiasis.

  • Menular melalui hubungan sex

Kandidiasis dapat menular melalui sex atau hubungan badan. Kandidiasis yang mengidap pada seseorang ketika seseorang tersebut berhubungan badan dengan orang lain, maka orang lain tersebut dapat tertular penyakit kandidiasis. Maka berhati-hatilah dan jangan melakukan hubungan badan secara berganti-ganti pasangan.

Ciri-ciri

Demikian beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan seseorang mengidap penyakit kandidiasis. Sebelum anda mengetahui cara meneagah serta mengobati penyakit kandidiasis, maka sebelumnya anda perlu mengenali dan memahami terlebih dahulu ciri-ciri serta gejala yang timbul akibat seseorang mengalami kandidiasis agar nanti dalam pencegahan dan pengobatannya tidak salah. Berikut beberapa ciri-ciri penyakit kandidiasis.

Kandidiasis yang terjadi pada vagina mempunyai ciri-cir sebagai berikut :

  • Keputihan abnormal

Seorang wanita dewasa jika mengalami keputihan maka vagina tidak sehat biasanya disebabkan oleh jamur. Jamur tersebut juga dapat menyebabkan penyakit kandidiasis. Salah satu ciri-ciri seseorang terkena penyakit kandidiasis yaitu mengalami keputihan yang tidak normal yaitu bentuknya tebal, warnanya putih seperti susu asam. (Baca juga : obat keputihan karena jamurcara mengobati keputihan)

  • Vagina gatal

Gejala atau ciri-ciri lain dari penyakit kandidiasis yaitu yaitu rasa gatal yang terjadi pada permukaan vagina. Rasa gatal ini terjadi karena infeksi jamur sehingga timbul rasa yang tidak nyaman dan ingin menggaruknya.

  • Nyeri saat buang air kecil

Saat seseorang terserang penyakit kandidiasis ketika buang air kecil akan terasa nyeri. Nyeri yang terjadi ini akibat adanya gangguan pada bagian dalam vagina oleh adanya jamur yang menyerang daerah dalam vagina.

  • Nyeri saat melakukan hubungan seksual

Selama melakukan hubungan seksual akan terasa nyeri pada penderita kandidiasis. Hati-hati dengan pasangan anda dan periksakan ke dokter jika pasangan anda mengalami nyeri saat melakukan hubungan badan. Penyakit ini juga dapat menular melalui hubungan badan sehingga, pasangan perlu diperiksakan agar tidak terjadi penularan.

Kandidiasis pada Kuku

Kandidas yang terjadi pada kuku maka akan memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

Sponsors Link

  • Kuku berwarna hitam kecoklatan

Kuku yang sehat akan berwarna putih agak kemerah-merahan. Orang yang mengalai kandidiasis kukunya akan berubah warna menjadi hitam kecoklatan. Ini menandakan bahwa kukunya sudah tidak sehat yang merupakan salah satu ciri atau gejala dari adanya penyakit kandidiasis.

  • Kuku menjadi menebal

Jenis kuku seseorang memang berbeda-beda tetapi jika kuku terlalu tebal maka perlu diwaspadai jika ada gejala lain yang bersamaan.

  • Tidak bercahaya nampaknya kuku sehat

Kuku yang sehat akan bercahaya seakan mempunyai tanda kehidupan tetapi kuku yang tidak sehat akan nampak buram seperti tidak hidup. Salah satu ciri dari seseorang yang mengidap penyakit kandidiasis yaitu kukunya nampak tidak bercahaya.

  • Di pangkal kuku terdapat gelembung-gelembung

Orang yang terkena penyakit kandidisis pada pangkal kukunya terdapat gelembung-gelumbung yang didalam terdapat cairan penyakit.

  • Kulit disekitar kuku bersisik

Kulit yang sehat akan lembab dan tidak bersisik. Tetapi orang yang mengidap penyakit kandidiasis akan mengalami kulit bersisik dan ini merupakan tanda kulit tidak sehat.

Kandidiasis pada Rongga Mulut

Kandidiasis yang terjadi pada mulut dan tenggorokan maka akan terjadi beberapa ciri-ciri sebagai berikut :

  • Adanya bercak-bercak putih pada mulut dan lidah

Hati-hati jika ada berca-bercak putih pada mulut dan lidah ini merupakan salah satu gejala penyakit kandidiasis. Bercak putih ini juga terkadang terjadi bagian dalam pipi. Orang yang tidak tahu kadang mengira bercak ini sebagai sariawan padahal ini bukan sariawan melainkan bercak putih yang terjadi akibat adanya penyakit kandidiasis.

  • Sudut-sudut mulut retak

Kandidisiasis yang parah pada mulut dapat menyebabkan terjadinya retakan pada ujung-ujung mulut maka segera periksalah ke dokter jika ini terjadi.

  • Sulit sakit saat menelan

Salah satu ciri kandidisiasis yang terjadi pada mulut atau tenggorokan yaitu seseorang akan mengalami kesulitan menelan makanan karena tengorokan aka terasa sakit.

  • Pembengkakan

Kandidisiasis yang parah juga dapat mengakibatkan terjadinya pembengkakan pada mulut sehingga akan timbul rasa nyeri. Pembengkakan bisa terjadi di dalam atau diluar mulut yaitu dibagian sekitar mulut. Pembengkakan yang terjadi akan sangat menjijikan seperti penyakit yang gatal yang ada disekitar mulut. Selain rasa nyeri juga terjadi rasa panas dan gatal akibat adanya pembengkakan tersebut.

Demikian beberapa ciri-ciri atau gejala yang bisa kita teliti sendiri pada tubuh kita ketika kita mengalami perubahan pada anggota tubuh maka teliti dengan benar agar mengenali gejalanya. Gejala lain yang tidak nampak mata atau tidak begitu paham untuk dirasakan maka solusinya yaitu periksa ke dokter agar dokter dapat mendiagnosis peyakit yang ada.

Pencegahan

Penyakit kandidiasis merupakan penyakit yang tidak begitu kronis tetapi jika ini sudah berhubungan dengan vagina atau alat kelamin tentunya akan menjadi masalah besar karena alat kelamin merupakan anggota tubuh yang sangat penting untuk melakukan perkembangbiakan atau reproduksi pada manusia. Untuk itu sebelum anda mengalami penyakit kandidiasis maka lebih baiknya melakukan pencegahan agar terhindar dari penyakit tersebut. Beberapa usaha dapat bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit kandidiasis dalam tubuh yaitu :

  • Hindari kelembaban yang berlebihan pada celana dalam atau pembalut

Kandidisiasis bisa terjadi karena menggunakan celana dalam yang terlalu ketat sehingga dapat menyebabkan kondisi semakin lembab. Hindari penggunaan celana dalam yang terlalu ketat agar tidak terjadi tingkat kelembaban yang tinggi. Saat anda menstruasi juga sering-sering untuk mengganti pembalut agar tidak terjadi kelembaban yang tinggi pada vagina yang dapat membahayakan kesehatan vagina. Gantilah pembalut 2 sampai 3 kali sehari serta malam hari ketika hendak tidur.

  • Cuci pakaian olahraga yang telah digunakan

Setelah anda olahraga tentunya pakaian anda akan terkena keringat dan pastinya banyak penyebab penyakit seperti kuman dan bakteri yang menempel pada pakaian. Cucilah pakaian yang telah dipakai setelah olahraga agar tubuh anda terhindar dari berbagai kuman dan bakteri yang menempel sehingga saat anda akan mengenakannya kembali sudah bersih. Jangan sekali-kali menggunakan pakaian olahraga berkali-kali tanpa mencucinya terlebih dahulu.

  • Minum obat antibiotik

Orang yang terkena kandidisiasis kebanyakan yaitu orang yang daya tahan tubuhnya lemah sehingga tubuh tidak bisa menangkis penyakit yang hendak menyerang. Orang yang daya tahan tubuhnya lemah lebih banyak pada anak-anak serta pada usia lanjut. Minumlah obat antibiotik sebagai penambah sistem kekebalan tubuh agar tubuh mampu melawan penyakit yang hendak masuk ke tubuh.

  • Jaga kebersihan badan

Penyakit yang diakibatkan oleh jamur seperti kandidisiasis perlu perawatan kebersihan agar terhindar darinya. Jaga kebersihan badan anda mandi dua kali sehari serta organ-organ tubuh yang rawan seperti vagina bersihkanlah dan jangan membiarkan dalam keadaan basah ketika setelah mandi atau cebok.

(Baca juga : bahaya mandi saat masih berkeringatbahaya mandi setelah olahraga)

  • Hindari gonta-ganti pasangan dalam seks

Gonta-ganti pasangan saat berhubungan badan dapat memicu tertular penyakit kandidiasis. Maka jangan bergonta-ganti pasangan dalam berhubungan badan. Penyakit kandidisiasis sangat udah menular saat berhubungan badan.

  • Hindari bekerja ditempat yang lembab atau banyak air

Jika daya tahan tubuh anda memang lemah maka hindarilah bekerja di daerah yang lembab atau banyak air. Kelembababan yang tinggi akan menyebabkan jamur bisa berkembang biak dengan cepat sehingga kandidiasis mudah menyerang tubuh.

  • Hindari obesitas

Jika badan anda sudah gemuk maka jangan sampai anda mengalami obesitas. Orang yang mengalami bahaya obesitas akan mudah terserang penyakit daripada orang yang kurus. Jaga kesehatan anda dan pastikan anda tidak mengalami obesitas. Jaga pola makan akan berat badan tidak naik secara drastis.

ads
  • Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur merupakan salah satu kunci hidup sehat. Olahraga akan menjadikan sistem organ tubuh akan bekerja normal sehingga tubuh sehat dan bugar. Lakukan olahraga minimal sekali dalam seminggu agar tubuh anda sehat. Olahraga juga dapat mengeluarkan kotoran serta racun-racun yang ada didalam tubuh kita.

  • Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Mengkonsumsi makanan yang bergizi akan memenuhi kebutuhan tubuh untuk membentuk tenaga serta pikiran serta melancarkan kerja sistem organ tubuh. Sistem organ tubuh kita mendapatkan tenaga dari apa yang kita makan sehingga konsumsi makanan yang bergizi agar sistem kerja tubuh kita lancar sehingga, mampu melawan penyakit yang akan masuk kedalam tubuh kita.

Pengobatan

Demikian beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit kandidiasis. Jika anda telah terserang penyakit kandidiasis makan jangan terlalu dibikin cemas. Tenang saja, penyakit ini termasuk penyakit yang mempunyai banyak obat untuk mengatasinya. Periksakan ke dokter terlebih dahulu agar anda mengetahui jenis penyakitnya serta tingkat keparahannya kemudian ikuti saran dokter serta lakukan pengobatan atau anda bisa melakukan salah satu cara dibawah ini untuk mengobatinya :

  • Memberikan obat anti jamur

Kandidiasis merupakan penyakit yang menyerang karena disebabkan oleh jamur sehingga pengobatannya dilakukan dengan memberikan obat pemberantas jamur sekaligus obat anti jamur untuk mencegahnya datang kembali. Obat anti jamur yang diberika yaitu obat anti jamur topikal. Obat anti jamur yang diberikan seperti nistatin dan clotrimazole. Jika tingkat keparahan penyakit sudah tinggi maka gunakan obat anti jamur seperti ketoconazole atau flukonazol. Jika sudah parah maka minumlah sekali sehari.

  • Menggunakan preparat

Preparat digunakan untuk mengobati kandidiasis yang menyerang bagian vagina. Obat yang digunakan untuk mengobati kandidisiasis yang menyrang vagina yaitu preparat khusus intravaginal yang mengandung imidazol. Pemberian obat dengan menggunakan obat ini dilakukan dengan teratur yaitu 2 sampai 3 kali sehari dan lakukan selama 5 sampai 7 hari maka akan terlihat perubahannya.

  • Dengan bawah putih

Untuk mengobati kandidiasis pada vagina anda dapat mengobati dengan mengkonsumsi bawang putih. Bawang putih dapat anda konsumsi secara langsung ataupun didalam sayur. Jika dikonsumsi secara langsung maka akan memberikan khasiat yang lebih manjur. Bawang putih ampuh mengatasi penyakit kandidiasis karena memiliki kandungan anti jamur, anti baketri serta mikroorganisme. (Baca juga : efek samping bawang putihbahaya bawang putih mentah)

  • Dengan yogurt

Yogurt juga bisa digunakan untuk mengatasi kandidiasi. Gunakan yogurt untuk mengobati kandidiasi dengan mengoleskan yogurt pada vagina bisa digunakan juga dengan menggunakan kain yang dicelupakan pada yogurt yang dicampur dengan sedikit air lalu dioleskan pada bagian vulva atau bagian vagina yang terkena infeksi.

  • Obat lozenge

Obat lozenge dapat diberikan untuk mengobati kandidiasis yang menyerang bagian mulut. Lakukan pengobatan dengan digunakan untuk berkumur sehingga jamur dapat musnah dan tidak berkembangbiak lebih banyak lagi. Obat lain yang lebih urah dan terjangkau untuk mengatsi kandidisiasis pada mulut yaitu gentian violet. Obat ini digunakan dengan cara mengoleskannya pada bagian mulut yang nampak jamurnya dengan teratur 3 kali sehari, gunakan selama 14 hari atau dua minggu agar jamur dapat tuntas habis termusnahkan sehingga kandidiasis pada mulut sembuh.

  • Terapi alam

Jika anda lebih hati-heti dengan penggunaan obat anda dapat melakukan pengobatan dengan melakukan terapi alam. Terapi alam ini bisa anda lakukan menjaga pola makan serta dengan hati-hati kebiasaan sehari-hari dan menjauhi kebiasaanatau makanan yang dapat menyebabkan kandidiasis semakin parah. Pengobatan dengan terapi alam memang membutuhkan waktu yang lebih lama dengan pengobatan lainnya tetapi cara ini lebih aman untuk kesehatan tubuh anda. Beberapa terapi alam yang bisa anda lakukan yaitu :

  • Mengurangi mengonsumsi gula
  • Minum teh dari Amerika Selatan yaitu teh Pau d’Arco yang dapat mengurangi jamur pada penyakit kandidiasis
  • Mengkonsumsi bawang putih baik secara langsung ataupun dicampur dalam sayur
  • Kumur dengan minyak pohon teh yang dilarutka terlebih dulu dalam air
  • Mengonsumsi yogurt
  • Mengkonsumsi kapsul laktobasilus untuk mngurangi bakteri dan jamur yang berkembang didalam tubuh
  • Mengkonsumsi suplemen gamma linoleic acid (GLA) dan biotin yang dapat membantu memperlambat penyebaran kandidiasis didalam tubuh.

Selain dengan beberapa pengobatan usaha lain yang dapat anda lakukan untuk mengobati penyakit kandidiasis yaitu dengan menjaga kebersihan tubuh serta lingkungan seperti rajin mandi yaitu dua kali sehari, rajin menggosok gigi, merawat gigi secara teratur, memeriksakan gigi secara berkala pada dokter, membersihkan sela gigi dengan dental floss secaa teratur. Usaha lain jika seorang peroko, maka kurang merokok dan lebih baik jika berhenti merokok.

Selain usaha tersebut masih ada usaha lain yang bisa anda lakukan untuk membantu penyembuhan kandidiasis yaitu dengan memakai pakaian yang berbahan katun sehingga lebih mudah menyerap keringat sehingga kulit tidak mengalami kelembaban yang tinggi serta jangan sekali-kali mengenakan pakaian yang ketat jika anda telah terserang kandidiasis karena pakaian ketat akan semakin membuat jamur berkembang biak sangat pesat sehingga memperparah kandidiasis yang anda derita.

Selain usaha tersebut masih ada usaha lain yang andaperlu lakukan untuk mengurangi atau mngobati kandidiasis yaitu jangan gunakan sabun intim yang mengandung pewangi karena tidak baik untuk kesehatan vagina. Kemudian setelah anda mandi atau melakukan aktifitas buang air besar atau buang air kecil pastikan vagina anda dalam keadaan bersih dan setelahnya dikeringkan menggunakan handuk yang bersih dan steril dari kuman dan bakteri sehingaa tidak terjadi kelembaban yang tinggi pada vagina serta tidak menjadi penyebab berkembangnya jamur penyebab kandidiasis. Demikian beberapa penjelasan tentang penyakit kandidiasis. jagalah kesehatan anda karena sehat sangat mahala harganya. Semoga bermanfaat untuk anda.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 18th, March 2016 / 04:20 Oleh :
Kategori : Kulit dan Kelamin