Sponsors Link

20 Akibat Kekurangan dan Kelebihan Vitamin C Bagi Kesehatan

ads

Vitamin C mempunyai nama kimia sebagai Asam Askorbat juga, jenis vitamin ini termasuk golongan antioksidan yang mana sangat bagus demi menjaga keseluruhan kekebalan pada suatu individu, seringkali banyak ditemukan pada buah yang umumnya dalam golongan jeruk biasa maupun juga lemon yang memiliki kadar kandungan lebih banyak, dan jenis vitamin ini juga mudah sekali teroksidasi oleh suhu yang panas. (baca juga : akibat kekurangan vitamin A B C D E dan K)

Akibat Kekurangan Vitamin C

1. Anemia

Pada umumnya kebutuhan tubuh akan vitamin c mengalami tingkat yang beragam, semisal pada wanita dengan kondisi sedang mengalami menstruasi ataupun kehamilan maka kebutuhan akan vitamin c otomatis menjadi meningkat dan hal ini dikarenakan peran vitamin C yang tak pernah lepas dari tugasnya mengoptimalkan pembentukan sel darah utamanya pada eritrosit.

Setiap sel darah merah dilengkapi dengan kandungan hemoglobin yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen maupun nutrisi ke seluruh jaringan tubuh tanpa terkecuali satu pun, nah keberadaan vitamin C ini menjadi amat penting lantaran tanpa adanya stok vitamin C memadai dalam tubuh maka proses penyerapan zat besi demi melengkapi komponen eritrosit.

Utamanya dalam pembentukan hemoglobin menjadi tidak bisa dilaksanakan dengan optimal, dan inilah yang kemudian menyebabkan berkurangnya jumlah maupun kualitas eritrosit itu sendiri yang bisa kapan saja berujung pada gangguan anemia. (baca juga : cara mengatasi kekurangan darah – cara mengatasi anemia secara ampuh – makanan yang mengandung vitamin c super tinggi)

2. Kelelahan

Ada banyak alasan yang membuat tubuh menjadi langganan lelah jika kekurangan vitamin C, kurangnya antioksidan dalam asupan harian tubuh kita bisa secara tidak langsung menurunkan kadar antioksidan dalam tubuh yang membuat tubuh terlihat kurang fit dan ditambah juga dengan kondisi berkurangnya nutrisi yang bisa diangkut dan tersebar ke seluruh jaringan tubuh maka mau tak mau kondisi tubuh pun akan semakin mengalami kelemahan dan berujung pada keluhan mudah sekali lelah dalam menjalani aktifitas keseharian. (baca juga : vitamin untuk daya tahan tubuh – akibat kelebihan antioksidan bagi tubuh)

3. Rentan infeksi

Sekali lagi kadar antioksidan dalam tubuh yang tak memadai akan menuntun tubuh pada kondisi dimana terjadi perlambatan keefektifitasan tubuh dalam masa pemulihan terhadap suatu penyakit, hasilnya tubuh yang sedang sakit akan mengalami masa penyembuhan yang akan cenderung memakan waktu yang lebih lama jika dibanding dalam kondisi memiliki tingkat antioksidan tubuh yang memadai.

Secara riilnya maka jikalau kita sedang memiliki luka secara otomatis luka tersebut akan lebih mudah untuk menjadi semakin parah dan bahkan sangat berpotensi terhadap gejala infeksi oleh mikroorganisme daripada memiliki kesempatan untuk pulih dalam masa yang relatif lebih singkat.

4. Gangguan kesehatan mulut

Banyak gangguan kesehatan mulut yang dirasakan penderita dengan gejala kekurangan vitamin C, pada umumnya vitamin C akan dengan efektif mampu mengurangi keluhan sariawan pada mulut, dan yang terpenting lagi yakni dengan adanya jumlah vitamin C di bawah ambang normal mampu memberi gejala mulai dari gusi rentan terhadap perdarahan hingga pada kondisi gigi yang semakin merapuh.

Sponsors Link

Hal ini tak terlepas dari peranan sistem kolagen dalam vitamin C yang begitu penting dalam memelihara kesehatan mulut dan juga kekuatan gigi-gigi kita. (baca juga : penyakit akibat kekurangan vitamin c – cara menjaga kesehatan gusi dan mulut)

5. Nyeri persendian

Berkurangnya pasokan ketersediaan kolagen dari vitamin C tak hanya berdampak pada kondisi gigi kita, lebih daripada itu keseluruhan rangka gerak atau tulang kita pun mengalami kekurangan kekuatan maksimalnya, hal ini pun lantas berpengaruh juga pada kondisi persendian kita yang mana penderita dengan defisiensi vitamin C akan lebih sering mengalami keluhan nyeri pada persendian. (baca juga : buah yang mengandung kolagen – penyebab kaki kram dan nyeri)

6. Gangguan jantung

Karena khasiat ataupun kegunaan vitamin C untuk perkembangan sel darah kita teramat pokok kegunaannya, maka hal ini tak akan terlepas pula dengan kondisi kesehatan jantung bilamana asupan kandungan vitamin C tubuh senantiasa dalam keadaan yang kurang, semisal saat eritrosit dan hemoglobin kita rendah maka akan otomatis kerja jantung menjadi berkali lipat untuk memompa darah dalam mengalirkan oksigen beserta nutrisi lain ke seluruh jaringan tubuh tanpa terkecuali.

Dengan begini resiko jantung mengalami gangguan ataupun kerusakan akan semakin naik seiring dengan kerjanya yang tak lagi terasa efisen dalam menopang kebutuhan keseluruhan anggota tubuh. (baca juga : buah yang mengandung vitamin c super tinggi)

7. Masalah kulit

Seperti yang sering kita tahu bahwa antioksidan sangatlah ampuh dalam melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada keseluruhan jaringan tubuh yang tengah disasarnya, nah pada kondisi kurangnya jumlah vitamin C dalam tubuh ini akan mampu membuat gejala khusus pada permukaan kulit kita, yakni permukaan kulit menjadi kasar dan juga kering akibat dari rendahnya asupan nutrisi sehat dan juga perlindungan antioksidan memadai yang terdapat dalam kandungan vitamin C tersebut. (penyebab luka tidak cepat kering)

Akibat Kelebihan Vitamin C

  • Batu ginjal

Keadaan jumlah kadar vitamin C berlebih dalam tubuh jika dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang maka akan berdampak buruk bagi kondisi kesehatan organ utamanya ginjal yang biasa bertugas sebagai penyaring aliran darah dalam tubuh kita demi memisahkan zat tak berguna yang harus dibuang dalam bentuk urin dalam tahap selanjutnya.

Keadaan tubuh kelebihan vitamin C ini akan memicu timbulnya keberadaan kristal oksalat dalam ginjal untuk semakin menumpuk menjadi jumlah yang lebih banyak, maka dari itu konsumsi vitamin C haruslah sesuai takaran dan tidak boleh berlebihan, imbangi dengan minum air putih dalam jumlah cukup juga demi tetap menjaga kinerja ginjal tetap maksimal tanpa ada gangguan. (baca juga : makanan dan minuman penghancur batu ginjal – cara menjaga kesehatan ginjal – gaya hidup tidak sehat)

Dalam beberapa kasus alergi hal ini lebih banyak terjadi diakibatkan dari sumber bahan apa yang digunakan untuk membuat atau menciptakan suplemen vitamin C yang tengah dikonsumsi, beberapa orang memiliki intoleransi serius pada beberapa bahan makanan tak terkecuali juga pada bahan makanan yang berasal dari tanaman jagung, dan untuk itulah berhati-hati dalam mengkonsumsi suplemen vitamin C apalagi dalam jumlah kadar yang tinggi sangatlah harus diperhatikan dengan seksama.

sponsored links

Jika tidak tepat takaran dalam mengkonsumsi vitamin C yang bisa saja dalam beberapa produknya berasal dari bahan jagung bisa jadi reaksi alergi malah menjadi terpicu dan membuat penderita bukannya malah bugar akan tetapi penderita bisa terganggu dengan keadaan timbulnya alergi tersebut. (baca juga : obat alami untuk alergi kulit – cara atasi alergi pada anak)

  • Gangguan jantung

Untuk gejala yang satu ini lebih khusus biasanya menyerang pada golongan wanita setelah munculnya tahap menopouse dan diperparah lagi dengan kadar gula darah meningkat atau dalam kondisi memiliki keluhan diabetes yang jika ditambah pula dengan jumlah kadar vitamin C berlebih dalam aliran darah maka hal tersebut dapat sangat membebani kerja jantung dalam memompa aliran darah ke seluruh penjuru anggota tubuh tanpa terkecuali.

Gabungan antara kadar gula darah serta vitamin C dalam darah yang begitu berlebih akan semakin membuat aliran darah tidak dalam keadaan sehat plus ditambah lagi pada wanita yang telah berhenti mengalami proses bulanan yakni menstruasi secara teratur maka darah yang tidak sehat tersebut tak akan bisa secara bertahap dikeluarkan dari tubuh untuk diganti dengan darah yang memiliki kualitas lebih baik dan lebih sehat. Jika komplikasi ini terus berlanjut maka bukan hal yang mustahil jika wanita tersebut suatu saat akan terancam jiwanya lantaran keadaan yang telah disebutkan sebelumnya tadi. (baca juga : gejala menopouse pada wanita)

  • Pengenceran darah

Kandungan vitamin C memiliki efek antikoagulan dalam darah. Hal ini lantas akan sangat menjadi bahaya jika dikonsumsi dalam takaran yang jauh di ambang batas normal dalam waktu berkepanjangan, apalagi pada penderita dengan keluhan mendekati anemia maka keberadaan vitamin C tadi praktis akan langsung memperparah keadaan penderita tersebut, jantung yang sudah terbebani memompa darah demi memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi dari edaran darah akan dipaksa untuk bekerja secara lebih keras lagi dan hal ini akan berakibat sangat membahayakan kondisi pasien.

  • Diabetes

Pada pasien dengan keluhan kadar gula darah di atas ambang normal ataupun yang biasa disebut dengan gejala diabetes maka konsumsi vitamin C dalam jumlah tinggi haruslah sangat diperhatikan betul, karena kelebihan dosis dalam konsumsi vitamin C dengan adanya riwayat diabetes amatlah membahayakan.

Keberadaan vitamin C ini akan membuat kondisi kadar gula dalam darah akan semakin tidak stabil, ada baiknya dan sangatlah dianjurkan jika seorang dengan riwayat pengidap diabetes diharuskan berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter mengenai dosis yang disesuaikan dengan kondisinya, jangan sampai berinisiatif sendiri membeli suplemen vitamin C yang beredar bebas di pasaran tanpa memiliki pengetahuan memadai mengenai efek samping yang bisa dideritanya.

  • Gangguan ginjal

Tak hanya berpengaruh pada kondisi batu ginjal yang semakin memburuk dengan adanya vitamin C berlebihan dalam edaran darah pada tubuh, namun secara tidak langsung kondisi ginjal pun akan semakin mengalami penurunan kinerjanya, dalam contoh lain dapat ditemui pada pasien dengan keluhan kadar asam urat berlebih, maka hal ini akan semakin memperparah kondisi yang dideritanya yang pada jangka panjang mampu menyebabkan gangguan utamanya pada organ ginjal, karena tak ubahnya seperti kristal oksalat.

Maka keberadaan asam urat ini pun dapat memberi ancaman bagi tersumbatnya organ ginjal ataupun saluran kemih pada penderitanya, dengan demikian hendaklah mengkonsumsi suplemen vitamin C semakin bijak lagi sesuai dengan takaran kebutuhan dan tidak berlebih, dikarenakan dalam beragam jenis buah dan sayur pun kita sudah dapat memperoleh manfaat vitamin C demi memenuhi kebutuhan harian kita dari bahan makanan alami tersebut.

Demikianlah beberapa daftar keluhan gejala yang bisa memungkinkan mengintai kita bilamana kadar vitamin C dalam tubuh kita dalam angka yang tidak normal, semoga kita semakin mau untuk lebih peduli memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita secara seimbang sehingga metabolisme organ tubuh kita akan tetap terjaga secara normal, tubuh kita akan senantiasa fit dan terhindar dari beragam ancaman gejala penyakit yang mengkhawatirkan ya.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 29th, April 2016 / 14:49 Oleh :
Kategori : Vitamin