Enterobiasis – Gejala, Penyebab, Diagnosa, Pengobatan dan Pencegahan

1456

Enterobiasis merupakan infeksi yang disebabkan cacing enterobius vermicularis (cacing kremi) yang berada didalam usus dan biasanya menyerang anak anak. Aktifitas anak anak sangat menentukan terjadinya penularan infeksi cacing kremi melalui temannya yang telah terjangkiti cacing tersebut melalui media pakaian, Jari jari tangan, Sprei tempat tidur atau melalui udara yang tanpa sengajan terhirup oleh hidung kemudian tertelan. Baca: ciri-ciri anak cacingan ,  gejala cacingan)

Cara Cacing Enterobiasis Vermicularis Menginfeksi Tubuh Manusia

  • Cacing enterobiasis betina dewasa akan bergerak kesaluran anus dan meletakkan telur telurnya di area lipatan kulit anus dengan jumlah yang banyak. Saat itulah rasa gatal pada anus akan terasa dan akan semakin gatal ketika malkam hari ketika seseorang sedang tertidur, Yang menyebabkan rasa gatal sebelum telur telur cacing menetas adalah cacing betina dewasa. Telur cacing akan siap menetas selama kurang lebih 2 sampai 3 minggu kemudian. Bahaya cacing kremi pada anak dan orang dewasa sama sama memiliki efek buruk bagi kesehatan jaringan usus karena awalnya cacing akan menetap disana sebelum akhirnya menyebar kearea anus dan vagina (wanita). (Baca Juga:  penyebab cacingan)
  • Telur telur cacing kremi atau jenis enterobiasis vermicularis yang menetas dan telah berada diarea anus dapat bergerak secara dinamis keluar dari pakaian dalam lalu menyebar dipermukaan sprei. Kondisi ini sangat berbahaya jika ada orang lain yang tidur atau sedang bermain main di atas tempat tidur tersebut. Keadaan ini menyebabkan penularan cacing kremi mudah terjadi, Misalnya melalui jari jari tangan yang telah berinteraksi atau menyentuh sprei lalu tangan menyentuh mulut atau hidung. Mulut dan hidung adalah media paling mudah menjadi gerbang awal masuknya cacing enterobiasis kedalam tubuh, Khususnya kejaringan usus.
  • Setelah telur cacing cacing melekat pada tangan orang sehat dan menggunakan tangannya untuk menyentuh mulut dan hidungnya maka telur telur cacing itu masuk atau terhirup kemudian mengendap dan menetas didalam usus kecil, Akhirnya secara bertahap akan mengalami pertumbuhan dan perkembangbiakan menjadi cacing dewasa. Telur cacing enterobiasis hanya butuh waktun 2 sampai 6 minggu saja untuk berubah menjadi cacing cacing dewasa. (Baca Juga: cara mencegah cacingan)

Gejala

Walaupun cacing enterobiasis vermicularis menyerang anak anak tetapi tidak menutup kemungkinan dapat menulari juga pada orang dewasa dengan cara penularan dan gejala yang sama, Diantaranya:

  • Anus terasa gatal dan intensitas rasa gatalnya akan meningkat ketika malam hari
  • Terjadi infeksi pada area vagina ketika tanpa disadari cacing cacing enterobiasis telah bergerak menuju vagina
  • Kesulitan tidur akibat rasa gatal yang tidak bisa berhenti apalagi ketika mendapat garukan, Maka gatal akan bercampur dengan rasa perih akibat lecet dan iritasi bekas garukan.
  • Mengalami penurunan nafsu makan yang jika terus berlanjut lebih dari 2 minggu maka akan menyebabkan penurunan berat badan.
  • Permukaan kulit area vagina mengalami rasa sakit, Iritasi, Luka ,Lecet akibat infeksi yang muncul karena aktivitas penggarukan tangan dan gesekan pakaian dalam
  • Dalam posisi apapun (berdiri atau duduk) rasa gatal tidak hilang bahkan setelah anus dibersihkan dengan air hangat sekalipun. Kondisi ini bukan hanya menyerang anak anak tetapi juga dewasa.

(baca juga: khasiat daun pepaya – bahaya daun singkong)

Penyebab

  • Penyebab seseorang terkena infeksi cacing enterobiasis adalah akibat masuknya cacing tersebut pada organ usus lalu turun kearah anus dan menyebabkan rasa gatal.
  • Munculnya infeksi akibat pergerakan dari cacing enterobiasis vermicularis yang menyebabkan gatal pada area anus dan vagina sehingga meningkatkan keinginan seseorang untuk menggaruknya. Kondisi inilah yang menyebabkan infeksi akibat serangan cacing kremi akan semakin parah.
  • Kebiasaan mengkonsumsi makanan setengah matang atau mentah, Tidak mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau beraktivitas juga terbukti sebagai salah satu penyebab seseorang terkena infeksi cacing enterobiasis vermicularis.
  • Kurangnya inisiatif untuk menjaga kebersihan lingkungan dan rumah termasuk kamar mandi, Malas mengganti sprei tempat tidur atau mandi tidak teratur dan asal saja adalah beberapa contoh kebiasaan yang tidak baik yang dapat memicu munculnya perkembangbiakan cacing enerobiasis vermicularis.

(baca juga: efek terlalu banyak makan buah pisang , bahaya pisang karbit)

Komplikasi yang muncul ketika cacing enterobiasis mengalami perkembangbiakan

  • Muncul peradangan disekitar saluran indung telur
  • Vagina mengalami luka dan peradangan yang mengakibatkan rasa nyeri ketika buang air kecil
  • Infeksi ulang yang dapat menyerang kembali pada penderita yang sama setelah mengalami penyembuhan beberapa bulan kedepan atau menulari orang lain.
  • Terserang insomnia jika infeksi cacing enterobiasis tidak segera diatasi dengan penanganan medis yaitu menggunkana obat anti cacing tertentu yang direkomendasikan dokter.
  • Infeksi cacing enterobiasis yang menyerang anak anak dan berlangsung selama berminggu minggu dapat menyebabkan menurunnya nafsu makan dan meningkatkan resiko Penurunan berat badan yang signifikan yang memicu munculnya penyakit lain seperti menurunnya tekanan darah, Penurunan imunitas tubuh atau terserang anemia.

(baca juga: makanan untuk penderita ambeien yang sehat – makanan sehat untuk paru paru perokok)

Diagnosa

  • Dokter akan memeriksa dan melihat secara langsung area anus pasien yang diduga dihinggapi cacing enterobiasis diaman pemeriksaan tersebut dilakukan lansung dengan mata telanjang.
  • Dokter akan memberikan selotif pada area kulit anus yang sedang diserang oleh aktivitas pergerakan cacing enerobiasis lalu menutupnya untuk kemudian akan diperiksa dipermukaan kaca object lalu dilakukan analisa akurat dengan penggunaaan mikroskop. (baca juga: makanan yang mengandung vitamin E)

Pengobatan

  • Dokter akan memberikan obat anti parasit yang disesuaikan dengan kondisi pasien misalnya jenis albendazole, Mebendazole atau pirantel pamoat yang baisnya juga disarankan untuk dikonsumsi untuk semua anggota keluarga yang tujuannya untuk mencegah munculnya infeksi ulang pada anggota keluarga lain yang belum tertular.
  • Rekomendasi dokter untuk menggunakan salep khusus anti infeksi yang bisa dioleskan pada anus yang terserang telur dan cacing betina enterobiasis yang bisa digunakan dengan aturan pakai 2 saampai 3 kali sehari

Baca Juga:

Pengobatan untuk Pertolongan Pertama pada Anak-anak yang Terkena Infeksi Cacing Jenis Enterobiasis Vermicularis

Perlu diketahui bahwa intensitas rasa gatal pada anus akan semakin tinggi ketika penderita mengkonsumsi makanan yang berbahan dasar kelapa atau bersantan. Hal ini disebabkan daging buah kelapa atau kelapa parut memiliki zat yang dapat meningkatkan pergerakan cacing kremi menjadi lebih aktif dan mendorongnya untuk segera keluar dari anus. Kondisi ini dapat anda manfaatkan untuk segera membersihkannya dengan air hangat.

(baca juga: efek samping bawang putih – bahaya bawang putih mentah)

Pencegahan

  • Membiasakan mencuci tangan setelah dan sebelum makan atau menyentuh sesuatu yang disinyalir rentan mengandung kuman misalnya besi, Uang kertas dan sebagainya. (baca juga: cara mengobati kurap )
  • Memotong kuku secara teratur untuk menghindari bersembunyinya telur cacing yang berasal dari lingkungan yang kotor atau tempat tempat yang tidak anda sadari terdapat banyak cacing enterobiasis
  • Membersihkan tempat tidur termasuk mengganti sprei tempat tidur 2 kali dalam seminggu untuk mencegah melekatnya cacing kremi yang mungkin saja terbawa udara (Baca Juga: cara mengobati sariawan)
  • Membersihkan kamar mandi 2 kali dalam satu bulan untuk menjaga kebersihan dan mencegah pertumbuhan cacing enterobiasis yang bisa saja muncul akibat ada orang lain yang telah buang air kecil atau hajat tetrapi tidak menyadari jika dirinya telah terinfeksi cacing tersebut.
  • Menghindari sentuhan tangan pada area mulut dan hidung untuk mencegah masuknya cacing enterobiasis atau telurnya pada mulut dan hidung. (baca juga: penyembuhan toxoplasma)
  • Mandi setidaknya 2 kali sehari atau lebih jika diperlukan. Tubuh yang kotor akibat berinteraksi dengan debu atau polutan udara yang mengandung radikal bebas rentan disusupi parasit jenis enterobiasis.
  • Berjemur dibawah sinar matahari pagi dapat meninmgkatkan daya tahn tubuh, Mencegah pertumbughan kuman atau virus lebih lanjut dan mampu melemahkan pergerakan dan perkembangbiakan parasit termasuk jenis enterobiasis yang ada pada jaringan usus sehingga mudah diobati dengan obat khusus yang telah direkomendasikan dokter yang terkait agar cacing mudah dibasmi dan dikeluarkan saat seseorang buang air besar (Baca Juga:  obat keputihan karena jamur)
  • Membiasakan diri untuk rajin minum air putih tanpa harus menunggu rasa haus datang. Pasokan air putih yang selalu memadai didalam tubuh dapat mempermudah jaringan ginjal dan organ hati untuk mengeluarkan racun dan melemahkan pergerakan mikroba yang ada didalam tubuh termasuk parasit jenis cacing enterobiasis. (baca: obat radang tenggorokan)
  • Mengkonsumsi obat anti cacing atas rekomendasi dokter agar anak anak terhindar dari penularan cacing enterobiasis vermicularis yang biasanya melalui tanah, Pasir Lumpur, Udara atau dari teman temannya yang telah terinfeksi cacing enterobiasis
  • Salah satu cara mencegah cacing kremi secara alami adalah dengan menghindari makanan dari jenis daging yang setengah matang atau mentah dengan alasan apapun. Makanan jenis tersebut beresiko mengandung cacing atau telur cacing enterobiasis yang berasal dari udara atau lingkungan yang memang memiliki kecenderungan untuk meningkatkan makanan tersebut terinfeksi cacing enterobiasis, Misalnya tempat penjagalan hewan (pemotongan hewan). (Baca Juga:  cara menghilangkan flu)
  • Memasak sayuran dalam kondisi yang benar benar matang dengan awal pencucian yang benar. Ada beberaap sayuran yang biasa disantap dalam kondisi mentah tetapi setidaknya dengan perebusan atau pengukusn adalah yang lebih baik untuk mencegah adanya telur atau cacing enterobiasis yang masih melekat dipermukaannnya. (Baca Juga:  bahaya minum kunyit setiap hari)
  • Berani kotor itu adalah aktiviats yang baik karena dapat memperluas kecerdasan dan kemandirian anak anak secara psikologis dan fisik, Tetapi bermain terlalu lama dilokasi yang penuh lumpur kotor atau dekat dengan pembuangan sampah justru dapat memberi peluang masuknya cacing enterobiasis untuk melalui tangan. Anaka anak seringkali menggunakan tangannya untuk berinteraksi denagna papun selama mereka bermain.
  • Jangan membiasakan hewan peliharaan untuk bersinggungan dengan tempat tidur anda, Karena dikhawatirkan kuku hewan atau telapak kakinya membawa kuman, Virus, Bakteri atau parasit jenis cacing enterobiasis yang dapat berpiindah pada sprei tempat tidur. Sebersih apapun hewan peliharaan , Belum tentu 100 % kita mengetahui bahwa selama 24 jam hewan tersebut benar benar tidak berinteraksi dengan tanah atau udara yang mengandung radikal bebas. (Baca Juga:  makanan penurun gula darah)
  • Menghindari sementara orang orang yang sedang mengalami infeksi cacing enterobiasis agar mencegah penularan cacing kremi pada anak melalui udara atau kontak fisik yang berlebihan.