9 Manfaat Sari Tebu untuk Ibu Hamil dan Janin Tetap Sehat

89

Minuman segar di Indonesia yang alami dan menyehatkan seperti sari tebu tentu sudah tak asing lagi untuk masyarakat tanah air. Rasanya yang manis karena kandungan gula yang tinggi ini dikatakan kurang baik untuk para ibu hamil. Meski begitu, sebenarnya ada kandungan vitamin tinggi di dalam sari tebu ini sehingga manfaat sari tebu untuk ibu hamil sendiri cukup besar lho.

Justru sari tebu menawarkan nutrisi yang begitu kaya, inilah beberapa kandungan di dalamnya yang aman bagi ibu hamil dan justru baik dalam menjaga kesehatan:

Karena kandungannya begitu luar biasa, para ibu hamil perlu tahu apa saja manfaat dari minuman yang bisa didapat dengan mudah ini.

  1. Memenuhi Kebutuhan Protein

Wanita hamil terkadang agak sulit memenuhi kebutuhan protein yang diperlukan oleh tubuh. Jadi daripada kebingungan, tak ada salahnya membeli minuman sari tebu demi mendapatkan protein secara alami. Ini karena protein adalah nutrisi penting yang berguna dalam terbentuknya darah, mendukung pertumbuhan jaringan dan perkembangan janin, dan meningkatkan kesehatan tulang sang ibu hamil.

  1. Indeks Glikemiknya Rendah

Para ibu hamil dianjurkan untuk tak mengonsumsi makanan serta minuman manis karena adanya risiko tinggi terkena diabetes gestational. Namun pada dasarnya, sari tebu yang kaya gula ini malah bermanfaat dan baik-baik saja kalau dikonsumsi oleh penderita diabetes sekalipun. Gula alaminya ini aman karena indeks glikemiknya rendah sehingga kadar gula darah ibu hamil tak mudah melonjak.

  1. Mencegah Gangguan Pencernaan

Ibu hamil saking seringnya makan makanan yang diidam-idamkan, justru terkadang hal ini menjadikan pencernaan mudah terganggu. Minum segelas sari tebu bisa mencegah masalah pencernaan pada ibu hamil lho. Kaya akan mineral, minuman ini bisa membuat sistem dan saluran pencernaan terjaga baik.

  1. Memberi Energi

Selain protein, minuman sari tebu adalah sumber karbohidrat di mana nutrisi inilah yang menjadi pemberi tenaga bagi tubuh. Jadi supaya ibu hamil tak cepat lelah dan senantiasa bertenaga ketika melakukan rutinitas, meminum sari tebu sangat berguna, termasuk juga bermanfaat sebagai pengendali asupan gula tubuh serta membuat cadangan protein lebih hemat. Ada pula mineral fosfor di dalamnya yang menjaga supaya tenaga ibu hamil terjaga stabil.

  1. Mencegah dan Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Vitamin C dan juga berbagai vitamin B sangat kaya di dalam minuman sari tebu ini, jadi tak salah kalau para ibu hamil dengan masalah infeksi saluran kencing/kemih bisa mengonsumsinya agar gejala mereda. Sangat boleh juga mencampurkan sari tebu ini dengan air kelapa atau jus lemon.

  1. Menawarkan Antioksidan

Sari tebu juga sangat baik dalam menangkal alergi sekaligus radang yang cukup kerap dialami oleh wanita hamil berkat adanya sifat antioksidan cukup besar di dalamnya. Senyawa fenolik dan flavonoidlah yang merupakan antioksidan tersebut sehingga dapat dikatakan aman kalau ibu hamil ingin menikmatinya.

  1. Meningkatkan Kekebalan dan Metabolisme Tubuh

Karena sari tebu bisa menangkal berbagai macam infeksi, radang hingga alergi, maka minuman segar ini pun dipercaya mampu membuat kekebalan tubuh meningkat dan lebih kuat. Jadi agar ibu hamil tak mudah jatuh sakit, meminum sari tebu adalah salah satu solusi alami patut dicoba.

  1. Mengatasi Jerawat

Ibu hamil juga kerap dihinggapi masalah seperti jerawat yang sebenarnya disebabkan oleh hormon androgen yang meningkat. Agar kesehatan kulit terjaga baik selama kehamilan, para wanita hamil cobalah mengonsumsi sari tebu karena asam glikoliknya akan menurunkan risiko jerawat di kulit.

  1. Bebas Lemak dan Rendah Kalori

Gula yang terkandung di dalam sari tebu itu sangat alami sehingga aman karena tak ada kandungan lemaknya juga. Itulah kenapa ibu hamil mengonsumsi sari tebu bisa membantu mengendalikan kenaikan berat badan yang kadang terjadi berlebihan di kala hamil. Dengan begitu, berat badan tetap naik tapi secara terkontrol.

Begitu besar kan manfaat sari tebu untuk ibu hamil? Minuman ini bisa langsung diminum atau jika ingin, olahlah menjadi es tebu cendol misalnya atau air tebu susu sebagai variasi. Selama tidak berlebihan dalam mengonsumsi sari tebu, minuman ini akan selalu dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan janin serta si bumil sendiri.