8 Ciri Ikan Yang Sudah Tidak Segar Dan Yang Segar

Ikan merupakan salah satu makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan karena ikan memiliki kandungan protein yang sangat tinggi yang dimana kandungan protein tersebut sangatlah bermanfaat untuk tubuh anda. Namun Tahukah anda bahwa ternyata ikan merupakan makanan yang cepat rusak dan memiliki bau busuk yang menyengat ketika ikan sudah tidak segar Hal ini disebabkan karena adanya kandungan protein yang sangat tinggi pada ikan tersebut. Bagi Anda yang menggemari ikan Anda juga perlu mengetahui ciri-ciri ikan yang segar dan juga ciri-ciri ikan yang tidak segar. Dengan mengetahui ciri-ciri ikan yang masih segar dan juga ciri-ciri ikan yang sudah tidak segar akan membantu anda untuk memilih ikan yang masih segar sehingga Anda dapat memperoleh manfaat ikan Seperti yang anda inginkan. Adapun beberapa ciri-ciri ikan yang sudah tidak segar dan ciri-ciri ikan yang masih segar adalah sebagai berikut.

Ciri-ciri ikan tidak segar

1. Mata ikan

Ikan yang tidak segar dapat dilihat dari mata ikan itu sendiri. Ikan yang tidak segar biasanya memiliki tekstur mata ikan yang Pudar berkerut cekung dan juga tenggelam. Jika anda menemukan ikan yang memiliki mata pudar berkerut cekung dan tenggelam maka ikan tersebut sudah dipastikan merupakan ikan yang tidak segar.

Baca juga :  Bahaya Ikan Keli

2. Insang ikan

Selain dapat dilihat dari mata ikan-ikan yang tidak segar juga dapat Anda lihat dari warna Insang ikan itu sendiri. Warna Insang ikan yang sudah tidak segar akan berwarna cokelat kelabu berbau asam dan biasanya akan tertutup lendir yang keruh.

Baca juga : Makanan Yang Baik Untuk Hati

3. Warna ikan

Selain warna insang pada ikan ternyata warna ikan itu sendiri dapat digunakan untuk mengetahui apakah ikan tersebut merupakan ikan yang sejak atau Pun ikan yang sudah tidak segar. Ikan yang sudah tidak segar biasanya warna hitam menjadi pudar dan terdapat lendir lendir kelabu.

Baca juga : Makanan yang Dilarang untuk Kolesterol Tinggi

4. Bau ikan

Bau yang akan ditimbulkan oleh ikan yang sudah tidak segar biasanya akan berbau asam dan juga berbau busuk.

Baca Juga : Makanan yang Berbahaya untuk Penderita Kolesterol

5. Daging

Selain warna ikan dan bau ikan ikan yang sudah tidak segar dapat dilihat dari daging ikan itu sendiri. Warna daging ikan yang sudah tidak segar akan berwarna kemerahan dan ketika ditekan bekasnya tidak akan hilang.

Baca juga : Bahaya Bahan Kimia Pada Kesehatan Manusia

6. Sisik

Sisik ikan yang sudah tidak segar ataupun sisik ikan yang sudah busuk biasanya akan mudah lepas dan sudah rapuh.

Baca juga :  Darah Kotor pada Tubuh


7. Dinding perut

Selain dilihat dari sisik ikan ternyata dinding perut ikan yang sudah tidak segar akan menggelembung terlihat pecah isi perut keluar dan lembek. Jika anda menemukan ciri-ciri ikan seperti halnya di atas alangkah lebih baiknya Ketika anda tidak membelinya meskipun harganya terlihat lebih murah. Karena ikan yang baik dan segar akan memiliki manfaat yang lebih besar.

Baca juga : Bahaya Kopi untuk Penderita Anemia

8. Keadaan tubuh ikan

Ciri yang terakhir dari ikan yang sudah tidak segar ataupun ikan busuk biasanya ketika dimasukkan ke dalam air ikan tersebut akan mengapung diatas air.

Baca juga : Efek Akibat Terkena Radiasi Nuklir

Ciri-ciri ikan yang masih segar

1. Mata ikan

Mata ikan yang masih segar biasanya akan terlihat cerah bening cembung dan juga menonjol.

Baca juga : Manfaat Evening Primrose Oil)

2. Insang ikan

Selain mata ikan yang cerah bening cembung dan menonjol ternyata warna Insang ikan yang masih segar biasanya akan memiliki warna merah berbau segar dan tertutupi oleh lendir lendir bening.

Baca juga : bahaya emping mlinjo

3. Warna ikan

Ciri-ciri dari ikan yang segar juga dapat Anda lihat dari warna ikan tersebut. Warna ikan yang masih segar biasanya akan terlihat terang dan terdapat lendir yang bening. Seperti yang telah dijelaskan diatas ketika warna ikan sudah pudar dan memiliki ada lendir kelabu itu artinya ikan tersebut sudah tidak segar.

Baca juga : Ciri Ciri Keracunan Makanan

4. Bau ikan

Ikan yang masih segar pada dasarnya akan memiliki bau yang segar seperti bawah laut namun ketika ikan yang sudah tidak segar akan memiliki bau asam dan busuk.

Baca juga : bahaya kentang goreng

5. Daging

Daging ikan yang masih segar akan memiliki warna yang sesuai dengan ikan dan tekstur dari ikan tersebut padat ataupun kenyal. Bila dilakukan penekanan pada ikan tersebut maka bekas dari tekanan tersebut akan segera hilang.

Baca juga : bahaya makanan pedas untuk ibu hamil

6. Sisik

Tidak seperti ikan yang sudah tidak segar ikan yang segar akan memiliki sisik ikan yang menempel kuat pada kulit ikan itu sendiri.

Baca juga : Gejala Keracunan Makanan


7. Dinding perut

Sedangkan pada dinding perut ikan yang masih segar akan memiliki dinding perut yang utuh dan terlihat elastis.

Baca juga : Penyebab Kepala Pusing Dan Mual

8. Keadaan tubuh ikan

Ciri ikan segar yang terakhir adalah ketika ikan segar tersebut Anda masukkan ke dalam air maka ikan tersebut tenggelam ke dalam air atau tidak mengapung.

Baca juga :  Kebiasaan Memuntahkan Makanan Setelah Makan

Itulah beberapa ciri-ciri ikan yang masih segar dan ciri-ciri ikan yang sudah tidak segar yang dapat anda ketahui. Semoga dengan mengetahui beberapa ciri-ciri ikan yang masih segar dan ciri-ciri ikan yang sudah tidak segar Anda dapat lebih bijak dalam memilih ikan yang akan anda konsumsi.

, ,
Oleh :
Kategori : Daging Berbahaya