Serin : Pengertian – Manfaat – Efek Kekurangan – Sumber Makanan

1973

Serin atau serina masih masuk di dalam keluarga asam amino di mana senyawa inilah yang menyusun protein yang ada pada protein hewan karena hanya L-serin yang ada pada protein mamalia. Serin yang diambil dari bahasa asli sericum pada bahasa Latin ini artinya adalah sutera dan memang tidak dianggap sebagai asam amino esensial. Struktur dari serin ini diketahui di tahun 1902, sedangkan untuk isolasi pertama kali dilakukan di tahun 1865 dari protein serat sutera.

Sintesis glisin bersama dengan serin awalnya adalah dari oksidasi 3-fosfogliserat atau 3-PGA di mana NADH dan 3-fosfohidroksipruvat. Glisina dan juga 3-fosfoserina sebenarnya adalah hasil dari reaksi antara asam glutamat dan transaminasi di mana hal ini diikuti dnegan pelepasan gugus fosfat. Memang pada protein sendiri jenis asam amino ini cukup jarang ditemui, tapi bukan berarti kemudian nutrisi ini tak ada gunanya bagi tubuh manusia.

Manfaat Serin

Walau jarang dijumpai pada protein, serin tetap menawarkan fungsi dan manfaat bagi tubuh manusia. Bahkan tanpa adanya serin tubuh kita tetap kurang seimbang karena serin masih termasuk jenis asam amino yang menutrisi tubuh sehingga kesehatan kita terjaga dengan baik. Berikut merupakan sejumlah manfaat yang kita dapat rasakan saat asam amino ini mampu dipenuhi.

  1. Menaikkan Sistem Kekebalan

Jangan sepelekan nutrisi satu ini karena serin merupakan salah satu zat yang sangat penting dalam menjaga dan bahkan meningkatkan kekebalan tubuh kita. Dengan memroduksi zat antibodi dan imunoglobin, sistem daya tahan tubuh kita dipastikan selalu berkeadaan baik. Ketika daya tahan tubuh stabil, otomatis segala macam virus, kuman dan bakteri tak akan gampang menyerang tubuh.

(Baca juga: cara meningkatkan antibodi)

  1. Memelihara Otot

Serin adalah senyawa yang sangat berguna dalam membantu kita merawat dan menjaga fungsi otot tubuh, termasuk otot jantung kita juga. Serin memainkan peran menolong proses penyerapan keratin di dalam tubuh kita. Keratin ini adalah senyawa yang asam amino hasilkan di mana fungsinya adalah sebagai pemelihara seluruh otot tubuh kita, tak terkecuali otot di bagian organ jantung.

(Baca juga: makanan pembentuk otot tubuh pria paling cepat)

  1. Menjaga Fungsi Tubuh

Tubuh memerlukan serin karena serin juga penting untuk diandalkan ketika bicara tentang penjagaan fungsi DNA dan RNA serta metabolisme asam lemak dan lemak. Pembentukan otot dan juga kesehatan sistem kekebalan kita bergantung pada serin. Apabila kita dapat menjaga asupan secara seimbang dengan kadar yang cukup, tentu tubuh bakal terjauh dari penyakit apapun, mulai dari yang ringan sampai dengan penyakit serius. Ini dikarenakan serin ada di dalam protein yang fungsinya mendukung pembentukan otak dan juga selubung mielin meski memang termasuk jarang. Tidak adanya serin, efektivitas dari selubung mielin akan menurun ketika proses penyampaian pesan antara saraf ujung dalam tubuh dengan otak.

(Baca juga: cara meningkatkan daya tahan tubuh)

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf Otak

Tak salah lagi, serin pun memiliki kemampuan luar biasa dalam menjaga kesehatan fungsi otak yang apabila rusak, kita tak akan mampu bekerja atau beraktivitas secara maksimal. Selain otak, sistem saraf pusat pun dijaga oleh serin ini, jadi intinya ketika kita dapat memenuhi kadar serin secara normal maka baik fisik maupun mental kita keduanya akan selalu sehat.

  1. Mendukung Pembuatan Sel Tubuh

Di dalam tubuh kita ada proses pembuatan sel yang gunanya adalah untuk melindungi tubuh. Pada proses penting ini, serin turut memainkan peran penting karena sejumlah fosfolipid ternyata dihasilkan dan dibentuk oleh serin sehingga pembuatan seluruh sel berjalan secara lancar dan sempurna.

  1. Menghasilkan Triptofan

Tubuh kita membutuhkan triptofan, yakni yang juga masih termasuk jenis asam amino di mana zat ini sangat berguna sebagai bahan utama dalam produksi serotonin yang adalah senyawa kimia otak. Jadi, jika kebutuhan dari serin bisa terpenuhi secara baik, ini akan berefek baik pula terhadap suasana hati kita yang bakal lebih teratur dan tidak mudah berubah.

  1. Pembentuk Enzim

Serin dikenal sebagai pembentuk enzim di dalam tubuh kita dan jelas pada fungsi katalisator enzim pun serin ini memegang peranan vital. Bisa dibayangkan jika sampai tubuh kita kekurangan serin yang padahal menjadi komponen aktif pada enzim-enzim, tentu tak boleh ketinggalan juga enzim tripsin dan kimotripsin.

(Baca juga: penyebab kekurangan enzim amilase)

  1. Pembentuk Protein Non-Enzim

Asam amino serin juga amat vital dengan perannya yang menyusun protein non-enzim di mana ada proses glikolisasi yang dialami oleh rantai sampingnya sehingga gangguan akibat diabetes dapat dijelaskan dengan baik. Diketahui pula bahwa serin ini menjadi salah satu dari tiga jenis asam amino yang enzim kinase fosforilasi pada eukariota di waktu transduksi signal.

  1. Pelembab Kulit

Banyak yang pastinya belum tahu bahwa serin ini kerap dijadikan bahan produk-produk kosmetik, terutama produk perawatan kulit. Serin rupanya memiliki peran yang baik dalam melembutkan atau melembabkan kulit.

  1. Merangsang Sintesis Glukosa

Proses perangsangan sintesis gula darah dalam hati akan dibantu oleh asam amino serin ini. Untuk itulah makanan berprotein dengan kandungan serin tinggi bakal sangat diperlukan sebab tubuh akan menjadi lebih stabil dalam fungsi dan kinerjanya terhadap osilasi sesudah makan dari kadar gula darah. Bersama dengan metionin, serin dikenal sebagai prekursor sistein.

(Baca juga: akibat kelebihan asam amino)

Efek Kekurangan Serin

Cukup banyak manfaat serta fungsi dari asam amino serin ini sehingga dapat dipastikan tubuh kita akan merugi apabila serin tak dipenuhi dengan baik. Berikut di bawah ini adalah sejumlah efek buruk yang kemungkinan besar dapat dialami bila kadar serin pada tubuh terlalu rendah.

  1. Mudah Depresi

Stres adalah hal yang wajar, tapi stres yang kemudian juga disertai depresi dan terlalu sering bisa jadi ini dikarenakan adanya nutrisi serin yang kurang. Ingat bahwa serotonin dihasilkan oleh triptofan di mana triptofan ini diproduksi oleh serin sehingga suasana hati kita menjadi lebih teratur. Jadi perubahan suasana hati, menjadi cepat marah dan depresi adalah bagian dari efek kekurangan serin.

  1. Insomnia

Insomnia dikenal sebagai keadaan di mana seseorang bakal sulit tidur di malam hari. Ini masih ada hubungannya dengan tubuh yang tak menerima serin dengan baik dan cukup sehingga berimbas pada kurangnya triptofan serta serotonin. Gangguan tidur ini dapat disertai pula dengan munculnya kecemasan dan rasa tertekan.

(Baca juga: madu untuk penderita insomnia)

  1. Kelelahan Kronis

Cepat lelah meski tubuh telah diisi dengan sumber tenaga boleh membuat kita curiga akan efek kekurangan asam amino sering. Ini menandakan ada yang tidak beres pula pada sistem metabolisme maupun kekebalan tubuh yang menjadikan tubuh menjadi terlalu rentan akan kelesuan dan keletihan seperti tak ada semangat juga untuk berkegiatan seperti biasa.

  1. Mudah Terserang Penyakit

Ketika serin kurang terpenuhi, efeknya tentu adalah tubuh menjadi lebih gampang terserang penyakit, dari yang ringan sampai yang serius. Seperti telah disebutkan, serin adalah penjaga kesehatan otot, jadi gangguan otot merupakan risiko kondisi yang juga cukup besar untuk diwaspadai. Belum lagi otot jantung yang bila sampai terabaikan, penyakit jantung dapat menjadi masalah utama dikarenakan pemeliharaan dan pembentukan otot tak berjalan sebagaimana semestinya.

(Baca juga: penyebab penyakit jantung)

  1. Kulit Kering

Para wanita memerlukan yang namanya kosmetik, dan produk kosmetik dengan kandungan serin biasanya mampu diandalkan untuk menjadikan kulit terjaga kelembabannya. Produk perawatan sangat penting untuk membuat kulit menjadi lebih lembut dan sehat, salah satunya adalah produk berkandungan serin. Jadi, bila serin di dalam tubuh tak begitu banyak tentu juga berpengaruh terhadap kesehatan serta kelembaban kulit.

(Baca juga: akibat kelebihan dan kekurangan asam amino)

Sumber Makanan Serin

Saat tubuh kita memiliki kandungan vitamin B6 dan juga vitamin B3 yang cukup beserta asam folat, maka otomatis serun diproduksi oleh tubuh secara lancar. Tentu kita tak hanya akan mengandalkan serin yang ada di dalam tubuh kita saja, kita tetap memerlukan sumber dari luar, yaitu dari sumber-sumber makanan yang tepat. Serin yang sudah ada di dalam tubuh dengan jumlah memadai masih bisa ditambah lagi dengan sejumlah jenis makanan dengan kandungan serin tinggi. Makanan-makanan yang bisa dikonsumsi untuk mendapatkan serin antara lain:

  • Gandum
  • Susu
  • Kedelai
  • Daging sapi.
  • Keju
  • Kacang kenari.
  • Kacang almond.
  • Asparagus
  • Biji rami
  • Buncis
  • Kenari

(Baca juga: kandungan vitamin b6 pada makanan)

Asupan Serin Harian

Kabar baiknya di sini adalah bahwa dosis konsumsi serin tidaklah ada batasan, bahkan diketahui pula bahwa efek sampingnya tidak membahayakan. Walau tak ada batasan pasti akan konsumsi asam amino satu ini, tetap diharapkan bagi kita semua untuk senantiasa tahu betul seberapa dosis yang harus masuk ke dalam tubuh. Hal ini dianjurkan supaya tak terjadi kondisi buruk sebagai efek dari terlalu berlebihannya konsumsi serin. Untuk itu jugalah, mengonsultasikan ke dokter seberapa banyak jumlah serin sangat disarankan.

(Baca juga: makanan yang mengandung vitamin b6)

Itulah sepintas mengenai serin yang dikenal sebagai asupan penting bagi tubuh kita karena masih tergolong jenis asam amino dengan segudang fungsi vital. Bila ingin lebih amannya, cobalah untuk tanyakan ke dokter akan konsumsi tepat disesuaikan dengan kondisi riwayat kesehatan Anda. Hal ini bertujuan untuk menghindari efek buruk akibat salah dosis.