8 Penyebab Kelebihan Asam Laktat dalam Tubuh

6687

Apakah asam laktat itu?

Muncuknya asam laktat pada tubuh manusia terjadi ketika tubuh sedang memerlukan energi terapi tidak mempunyai kadar oksigen yang cukup. Ketika ada peningkatan aktifitas maka tubuh akan mengalami  peningkatan respirasi dimana tubuh akan memberikan banyak asupan oksigen kedalam otot dan pembuluh darah.

Inilah gejala yang akan terjadi jika asam laktat dalam tubuh melonjak naik

  • Keringat yang keluar secara berlebihan dan terkadang pada sebagian orang berbentuk seperti butiran kristal
  • Merasa mengigil padahal tidak sedang demam
  • Detak jantung terasa cepat dan membuat nafas tersengal sengal
  • Terjadi sesak nafas
  • Warna kulit memucat bahakaan seperti membiru
  • Menyebabkan kenaikan berat badan
  • Perut terasa melilit
  • Dada terasa nyeri seoerti ada penekanan dari dalam
  • Mual mual yang menyebabkan nafsu makan menurun
  • Muntah muntah yaang biasanya diakhiri dengan rasa haus yang tinggi
  • Ulu hati terasa tidak nyaman dan nyeri ketika disentuh
  • Permukaan kulit terasa dingin dan tubuh teras limbung (lemas)
  • Terserang stres dan sering mengalaami lupa
  • Pada sebian orang dapat mengalami Pingsan dan koma.

Inilah beberapa penyebab kelebihan asam laktat dalam tubuh, hingga bisa mendadak meningkat tajam :

1. Karena aktifitas olahraga yang berlebihan

Tahukah anda bahwa batas normal kemampuan dalam beraktifitas olahraga manusia itu berbeda beda, ada yang kuat bergerak lari 1 jam atau 2 jam  tanpa beristirahat dan tidak terlalu merasakan kelelaahn yang luar biasa tetapi ada juga yang baru bergerak lari sekitar 20 menit saja sudah mersaa kelelahan dan nafas terengah engah seperti kehabisan energi.

Batas kemampuan seseorang bisa menjadi acuan tolak ukur seberapa kuatnya jantung dan pembuluh darah anda yang sesungguhnya. Jika intensitas pergerakan olahraaga terlalu berat maka tubuh akan memproduksi banyak asam laktat yang dapaat menyebabkan penumpukan pada darh dan otot tubuh.

baca juga: cepat lelah dan jantung berdebar

2. Karena terjadi anemia berat

Tubuh yang terkena anemia adalah indikaasi bahwa didalam aliran darah daan pembuluhnya sedikit memiliki sel darh merah dan putih. jika tubuh kekuranagn zat besi maka akaan mengganggu funsi jaantung daalaam memompa darh untuk disebaarkaan keseluruh jringan tubuh, daya tahn yang menurun dapat menyebabkan tubuh mudah mendapat seranagan radikal bebas daan memungkinkan peningkatan asam laktat dalam tubuhnya.

baca: cara mencegah anemia

3. Karena terserang dehidrasi

Ketika tubuh kekurangan cairan maka organ tubuh akan mengalami hambatan dan penurunan energi. jika tubuh terus melalukakan pergerakan terus menerus waalaupun bukan sedaang berolahraaga,  tetapi tidak mempunyai ketersediaan air yang memadai maka suhu tubuh akan cepat naik dan memicu peningkatan asam laktat yang akhirnya menimbulkan tubuh kelelahan,  keringat berlebih, mual mual , muntah, dan dapat menyebabkaan pingsan karena pasokan air dan energi terus menipis tetapi tubuh terus dipaksa untuk tetap bergerak atau beraktifitas.

baca juga: bahaya dehidrasi

4. Karena obat obatan

Mengkonsumsi obat obatan tertentu misalnya obat diabetes , jenis antibiotik, Aspirin, atau obat TBC sangat berpotensi menuingkatkan kadar asam laktat didalam tubuh walaaupun anda tidak sedaang melakukan aktifitas rutin yang membutuhkan banyak energi lebih. zat kimia dalam obat obatan yan keras dapat menstimulasi detak jantung menjadi cepat dan membuaat hati serta ginjal untuk bekerja lebih berat lagi untuk menyaring racun dan efek buruk dari zat tersebut. akibatnya peningkatan asam laktat tak dapat dihindari, tubuh akan berkeringat seperti orang yang sedang demam, kulit pucat dan dingin, timbul mual dan nyeri pada dada. Berhati hatilah mengkonsumsi obat obatan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

baca juga: bahaya narkoba dalam berbagai bidang sesuai jenisnya

5. Keracunan Alkohol

Mengkonsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi meradang dan mempercepat denyut jantung yang mengakibatkan ketidak noermalaan jantung ketika memompa darh. alkohol bersifat mengiritasi, menggerus dinding lambung dan bersifat membakar dan meningkatkan energi tubuh ketika seseorang sedang meningkat emosinya karena pengaruh alkohol, kondisi ini memicu peningkatan asaam laktat yang nantinya meimbyulkan ras gelisah, linglung dan saakit pada dada dan sesak nafas. paad sebagian oraang yaang tidak kuat pada alkohol yang berlebih akan memgalami pingsan atau koma, Ini adalah indikasi baahwaa tubuh sedang keracunan alkohol.

baca juga: efek bahaya alkohol bagi kesehatan dan kehidupan sosial

6. Pendarahan hebat

Pendarahan bisa terjadi pada bagiaan tubuh  berbeda beda misalnya kepala, dada, ginjal atau organ lainnya. peradangan atau luka yang menyebabkan pendarahan hebat akan menyebabkan penekanan pada jaringan yang mengalami pendarahan itu dan mengakibaatkan penghambatan darah mendapat pasokan oksigen daan energi yang memadai. akibatnya jaringan daan pembuluh darah akan bekerja ekstra untuk menghasilkan panas energi guna mempercepat penghentian pendarahan yang pada akhirnya akan meningkatkan kadar asam laktat dalam tubuh, kondisi ini dapaat menimbulkan penderita mengalami koma.

baca juga: pertolongan pertama pada kecelakaan

7. Karena kanker darah (lekuimia)

Leukimia adalah penyakit berbahaya yang menyerang sel darh putih dimana terjadi peningkatan sel darh putih yang tidak normal pada tulang belakang. ketidak seimbangan ini dapat menyebabkan fungsi sel darah merahdan pembulih darah tergaanggu dan bekerjaa keras agar organ tubuh lain dapaat bekerja secara normal akibatnya peningkatan asaam laktat tidak dapat dihindari. kondisi ini msnimbulkan penderiotaa lemas, berkeringat berlebihan meras mual daan kulitnya teras dingin dan pucat.

baca juga: cara menjaga kesehatan peredaran darah

8. Gagal jantung

Gagal jantung adalah ketidakmampuan jantung memompa darah dengan normal atau karena keadaan pembukuh darah yang mengalami gangguan berupa penyumbatan dan jantung tidak bisa memenuhi kebutuhan darah untuk metabolisme jaringan tubuh. Kondisi ini penyebab kelebihan asam laktat dalam tubuh yang dapaat menyebabkan seseorang terserang sesak nafas dan koma.

baca juga: gejala gagal jantung

Yang harus anda pahami tentang kadar asam didalam tubuh anda

  • Jumlah asam laktat normal adalah 0,5 sampai 2,2 mEq/L atau 0,5 sampai 2,2 mm0l/L itulah jumlah yang didapat jika anda mengetest kadar asam laktat melalui pembuluh darah vena.
  • Jumlah asam laktaat normal adalah 0,5 sampai 1,6 mEq/L atau 0,5 sampai 1,6 mm0l/L itulah jumlah yang didapat jika anda mengetest kadar asam laktat melalui pembuluh darah arteri.
  • Jika ingin lebih maksimal , lebih akurat dan lebih efesien hendaknya anda memeriksakan kadar asam laktat melalui pembuluh darah vena. lakukan padaa saaat rtubuh sedang dalam keadaan santai atau tidak kelelahan atau sedang tersearng stres berat.
  • Ketika memeriksa kadar asam laktat tidak dianjurkan setelah anda selesai beraktifitas olahraga , setelah mengkonsumsi minuman beralkohol, setelah mengkonsumsi obat obtan pereda rasa sakit atau ketika anda tidak cukup mengkonsumsi aair putih. karena semua itu hanya akan memberikan hasil test yaang tidak akurat dan selalu berubah ubah pada setiap menitnya.
  • Asam laktat akan memproduksi secara aaktif didalam tubuh ketika terjaadi lonjalan aktifitas yang membutuhkan gerakan. ketika energi keluar dengan kuat dan berada padaa puncaknya tubuh tak lagi mampu menyupali energi yang dibutuhkan , maka energi akan dikeluarkan melalui proses glikolisis anaerobik.
  • Glikolisus anaerobik adalah kondisi dimana glukosa dalam tubuh dihancurkan atau dimetabolisme untuk menghasilkan adenosintrifosfat dan asam laktat secara normal. sebaiknya keadaan seperti dipertahankan sewaktu anda melakukan  aktifitas yang membutuhkan energi lebih.
  • Ketika kita sedang membuang energi terlalu banyak dan mengalami kelelahan dan nafas yang terengah engah serta detak jantung yang cepat maka pada saat itulah asam laktat sedang mengalami peningkatan, Untuk mengembalikan agar tubuh normal kembali sebaiknya lakukan pendinginan gerakan dengan cara berjalan jalan santai sambuil meminum banyak air putih dan imbangi dengan pengambilan nafas panjang secara perlahan lahan. Maka lama kelamaan dengan sendirinya  suhu tubuh akan menurun, detak jantung akan normal dan rasa kelelahan akan menghilang, pada saat itulah asam laktat telah kembali pada jumlah yang normal.
  • Lebih bijak lakukan gerakan olahraga yang tidak terlalu menimbulkan asam laktat meningkat, yaitu lakukan olahraga yang ringan yang hanya dilakukaan 30 menit saaja tetapi dilakukan dengaan konsisten yaaitu dua kali seminggu. olahraga yang tidak terlalu menguras tenaga dapat membuat kadar asam laktat anda tetap seimbang dan anda akan selalu terhindar dari keluhan berkeringat berlebihan, sesak nafas. perut terasa sakit, mual, muntah, tubuh terasa dingin daan pucat daan sebaagainya.

Catatan penting :

Apapun yang dilakukan dengan berlebihan selalu berdampak kurang baik. lakukan aktifitas atau kegiatan yang tidak terlalu berat yang dapat menguras tenaga dan menimbulkan kelelahan. sedapat mungkin lindungi tubub dari peningkatan asam laktat yang tidak perlu, karena hanya akan menimbulkan keluhan yang tidak baik bagi tubuh.

artikel lainnya yang bermanfaat untuk anda: