Kentang Rebus Bikin Kurus, Benar Atau Tidak? Bagaimana Caranya?

712

Berat badan berlebih alias menjadi gemuk adalah masalah umum yang mampu menurunkan rasa percaya diri seseorang, baik itu wanita maupun pria. Berbagai metode menguruskan badan pun muncul dan salah satu yang paling sederhana adalah memakan rebus-rebusan, termasuk kentang rebus. Tapi, benarkah kentang rebus bikin kurus secara maksimal seperti yang diharapkan?

Kentang rebus benar atau tidak membuat badan kurus?

Mungkin banyak orang merasa kurang yakin bahwa kentang rebus yang kaya akan karbohidrat dan kalori dapat menurunkan berat badan. Padahal untuk bisa kurus, kita perlu menghindari asupan karbohidrat bukan? Nyatanya, kentang rebus sudah terbukti mampu menguruskan badan, dan akan jauh lebih baik serta sehat kalau kentang dimakan bersama kulitnya.

Ya, kentang rebus dapat membantu Anda menguruskan dan melangsingkan tubuh sebab saat memakan kentang, Anda akan merasa kenyang lebih tahan lama. Dan inilah fakta mengapa kentang rebus bisa membantu program diet Anda:

  • Di dalam kentang ada kandungan pati yang akan membuat rasa kenyang lebih cepat muncul serta bertahan lebih lama ketimbang makan nasi.
  • Kentang adalah sumber makanan yang akan menekan nafsu makan dengan kandungan proteinasenya.
  • Selain pati, kentang pun kaya akan nutrisi lain seperti riboflavin, asam folat, vitamin B6, thiamin, niacin, zat besi, kalium, vitamin C hingga protein sehingga dalam proses menguruskan badan, ada banyak nutrisi yang tetap didapat oleh tubuh.
  • Kentang adalah salah satu dari segudang makanan yang mengandung serat tinggi sehingga lagi-lagi nafsu makan Anda yang semula berlebih dapat Anda tekan.
  • Kentang juga menjadi asupan penting dalam memperlancar pencernaan. Otomatis sembelit dapat dicegah dengan baik, sebab sembelit sendiri dikenal sebagai faktor penyebab perut buncit.
  • Kentang yang dimasukkan ke dalam menu diet jangka pendek pun akan tetap efektif menguruskan tubuh secara cepat.

Tentu saja kentang akan sangat berguna bagi tubuh, baik itu dalam menguruskan badan, menekan nafsu makan dan memperlancar pencernaan semua tergantung dari cara pengolahannya. Pengolahan yang kurang tepat seperti dengan cara menggoreng malah justru meningkatkan risiko obesitas sekaligus diabetes.

Tips Menguruskan Badan dengan Kentang Rebus

Kali ini, Anda tak perlu takut terhadap makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti kentang. Dengan berbagai tips berikut Anda dapat mencoba menguruskan badan secara alami cukup dengan mengonsumsi kentang rebus.

  • Cobalah untuk mengonsumsi kentang rebus atau kukus setiap hari 3 kali dalam sehari sebagai menu makan pagi, makan siang dna makan malam. Tentu saja tidak dianjurkan mengonsumsi nasi, jadi cukup 1 buah kentang rebus setiap makan dan mungkin bisa Anda tambah dengan 4 cangkir yogurt tawar rendah lemak.
  • Alternatif lainnya, seperti dilansir dari Detik Health menurut pengalaman seseorang yang berdiet kentang rebus, kentang rebus dapat dikonsumsi setiap pagi dan malam (tanpa nasi), sementara nasi bisa tetap dikonsumsi di siang hari seperti biasa.
  • Rebuslah kentang bersama dengan kulitnya, jadi jangan dikupas dulu. Setelah direbus atau dikukus, pastikan untuk mengonsumsinya sekaligus dengan kulitnya. Kulit kentang boleh dimakan asal sudah dibersihkan dengan baik sebab justru pada kulit kentang itulah terdapat serat tinggi pengendali selera makan sekaligus mencegah gangguan pencernaan.
  • Hindari mentega atau susu sebagai tambahan atau teman makan kentang rebus.
  • Tambahkan minyak zaitun, cabai, kunyit, paprika atau bahkan mint sebagai bumbu makan kentang karena bumbu-bumbu ini jauh lebih baik. Hal ini lebih berlaku ketika Anda ingin mengonsumsi kentang rebus tumbuk.
  • Hindari penggunaan garam saat merebus kentang atau ketika mengonsumsinya. Penyedap instan lainnya pun tidak dianjurkan.
  • Makanlah kentang rebus dipadukan dengan sayur dan buah segar agar manfaat dalam program penurunan berat badan makin optimal.
  • Makanlah kentang rebus dalam keadaan sudah dingin sebab indeks glikemik kentang yang sudah dingin lebih rendah ketimbang kentang rebus dalam kondisi panas.
  • Imbangi dengan banyak minum air putih (2-3 liter setiap hari) karena selain menurunkan risiko bahaya dehidrasi, minum air putih juga akan membuat rasa kenyang jauh lebih lama.

Kentang rebus bikin kurus tak hanya mitos sebab banyak orang telah membuktikannya, namun bukan lantas berarti Anda bisa makan kentang rebus bersama nasi. Justru kentang rebus di sini berperan sebagai pengganti nasi dalam jangka waktu pendek (biasanya paling lama adalah sebulan). Selamat mencoba dan semoga berhasil metode alami nan aman satu ini.