Sponsors Link

15 Cara Mengobati Batu Ginjal Tanpa Operasi

ads

Batu ginjal merupakan penyakit yang tidak boleh diremehkan. Semua penyakit yang berhubungan dengan ginjal merupakan penyakit yang serius dan harus diatasi dengan segera. Meskipun penyakit ginjal paling serius dan paling parah diduduki oleh penyakit gagal ginjal, namun bukan berarti jika penyakit batu ginjal merupakan penyakit yang bisa dipandang sebelah mata. Batu ginjal merupakan suatu kondisi keadaan ginjal yang terdapat material keras dimana material yang keras itu merupakan sisa hasil limbah. Limbah itu berasal dari darah yang bisa disaring oleh ginjal kemudian limbah itu menjadi mengendap dan kemudian mengeras. Akibatnya ginjal yang memiliki batu hasil dari limbah yang mengeras itu berkurang fungsinya bahkan lambat laun batu ginjal tersebut bisa menutupi ginjal. Rasa sakit akan muncul ketika orang penderita batu ginjal akan berkemih. Mengetahui gejala batu ginjal lebih dini bisa membuat pengobatan batu ginjal lebih cepat dilakukan. Berikut ini adalah cara mengobati batu ginjal tanpa operasi yang bisa dilakukan oleh penderita batu ginjal :

  1. Memperbanyak Cairan

Berbeda dengan pengobatan gagal ginjal, orang yang gagal ginjal harus membatasi jumlah cairan yang masuk ke dalam tubuhnya. Cairan yang masuk ke dalam tubuhnya hanya akan memperparah kinerja ginjal saja. Untuk orang yang menderita batul ginjal, mengkonsumsi cukup cirn terutama air putih sangat dibutuhkan. Hal ini berlaku bagi orang yang memiliki batu ginjal dengan diameter yang kecil. Jika diameter gagal ginjal sudah membesar, cara ini tidak bisa berhasil. Cairan yang masuk ke dalam tubuh pasien gagal ginjal akan membuat batu ginjal itu terdorong keluar dengan sendirinya. Jika orang sehat disarankan untuk mengkonsumsi cairn atau air putih sebanya satu liter sampai denga 2 liter per harinya, orang yang menderita batu ginjal diharapkan mengkonsumsi cairan lebih dari itu.

Baca : Efek kekurangan air putihCara diet air putih

  1. Energi Laser

Kini ada pengobatan secara medis yang bisa efektif untuk meringankan batu ginjal yang diderita. Metode ini tanpa operasi dan juga tanpa sayatan. Pihak rumah sakit banyak yang menggunakan metode energi laser untuk mengatasi batu ginjal yang ada di dalam ginjal manusia. Caranya adalah dengan mengarahkan sinar laser ke bagian ginjal yang terdapat batunya. Dengan sinar laser tersebut, batu ginjal bisa dihancurkan menjadi partikel partikel yang lebih kecil kemudian dikeluarkan bersamaan dengan urin. Laser merupakan cara mengobati batu ginjal cara modern yang bisa dilakukan oleh pihak medis.

Baca : Bahaya radiasi sinar matahariBahaya sinar matahari langsung

  1. Obat-obatan

Sebelum dilakukan operasi, medis akan menyarankan beberapa obat terlebih dahulu baru jika obat tersebut tidak berjalan dengan maksimal tindakan terakhir akan dilakukan yaitu operasi. Obat obatan medis itu berguna untuk mengeluarkan batu ginjal bahkan bisa memecah masa batu ginjal. Beberapa obat yang bisa digunakan untuk mengobati batu ginjal adalah sebagai berikut ini :

  • Obat penghambat alfa. Fungsi dari obat ini adalah berguna untuk melancaran pengeluaran batu ginjal. Caranya adalah dengan membuat rileks otot otot ureter, sehingga saat berkemih batu ginjal yang ada di dalam ginjal menjadi keluar. Tempo pengeluaran batu ginjal lumayan cepat dan penderita tidak akan merasakan kesakitan ketika batu ginjal itu keluar. ( Baca : Obat penebalan dining rahimObat gusi berdarah )
  • Pereda sakit. Tidak jarang orang yang mengalami batu ginjal akan merasakan kesakitan yang sangat menyiksa. Oleh sebab itu dokter akan memberikan obat pereda rasa sakit agar sakitnya menjadi sedikit berkurang. Obat yang biasa diresepkaan dokter adalag parasetamol, ibuprofen dan juga obat anti inflamasi atau obat peradangan. Sehabis mengkonsumsi obat tersebut, orang yang menderita batu ginjal akan merasakan lebih rileks dan tidak merasakan nyeri atau kesakitan kembali. ( Baca : Obat alergi debuObat kaki bengkak karena terkilir )
  • Obat antiemetik. Fungsi obat ini adalah untuk meredakan mual dan juga muntah yang dirasakan oleh penderita batu ginjal. Gejala batu ginjal salah satunya adalah muak dan juga muntah. Gejala penyakit batu ginjal lainnya adalah kencing disertai dengan darah. Kencing berdarah ini pun juga menjadi tanda tanda gagal ginjal dimana ginjal tidak bisa menyaring darah dalam urin secara maksimal. ( Baca : Penyebab muntah darahBahaya kebiasaan memuntahkan makanan )
  1. Gelombang Suara

Teknologi medis modern yang bisa digunakan untuk mengatasi batu ginjal adalah dengan menggunakan gelombang suara. Gelombang suara tersebut bisa memecah batu ginjal yang menyumbat ginjal. Sayangnya tidak semua jenis batu ginjal bisa diatasi menggunakan teknik ini. Letak batu ginjal yang masih ada di dalam ginjal dan tidak merambat di saluran ureter bisa diatasi menggunakan teknik ini dan ukuran batu ginjal masih dalam ukuran sedang tidak besar. Prosedur menghilangkan batu ginjal menggunakan metode gelombang suara ini disebut dengan Etracorporeal shock ave lithotripsy atau biasa disingkat menjadi ESWL. Gelombang suara yang dihasilkan dengan metode ini sangat kuat, gelombang suara itu disebut juga dengan gelombang kejut. Gelombang itu mampu memeah batu ginjal menjadi bagian bagian yang lebih kecil. Teknik memecah batu ginjal dengan metode ini berlangsung selama 45 sampai dengan 60 menit tergantung dengan kondisi batu ginjal itu sendiri. Sebelum dilakukan ESWL, medis akan memberikan obat penengang dan juga anestesi agar pasien merasakan nyaman dan tidak kesakitan lagi. Meskipun cara ini lumayan efektif untuk menghilangkan batu ginjal, bukan berarti cara ini tidak ada efek sampingnya. Metode ESWL memiliki beberapa efek samping yang lumayan ekstrim, berikut ini adalah efek samping dari metode mengobati batu ginjal dengan ESWL :

  • Pendarahan ketika berkemih. Saat buang air kecil penderita batu ginjal akan mengelurkan urin disertai dengan darah bahkan darah segar bisa mengalir melalui saluran ureter.
  • Muncul memar. Memar merupakan tanda bahwa terjadinya pengggumpalan darah yang ada di dalam tubuh. Memar sehabis melakukan ESWL ini berada di bagian perut dan juga di bagian punggung.
  • Pendarahan. Orang yang mengalami batu ginjal akan mengalami pendarahan di bagian ginjalnya. Jika ginjal mengalami pendarahan terus menerus bukan tidak mungkin orang tersebut akan mengalami anemia dan kekurangan darah. Pendarahan di organ dekat ginjal pun juga bisa terjadi sehingga dikhawatirkan organ tersebut mengalami komplikasi.
sponsored links
  1. Buah Semangka

Untuk bisa mengobati batu ginjal tanpa operasi anda disarankan untuk mengkonsumsi buah buahan segar yang mengandung banyak air. Jika anda tidak menderita penyakit tekanan darah rendah anda bisa mengkonsumsi buah buahan kaya akan air misalnya saja adalah buah semangka daan juga buah melon. Buah buahan itu mampu membuat tubuh anda terhidrasi sehingga anda tidak akan terkena dehidrasi. Buah yang kaya akan air akan mendorong batu ginjal yang ada di ginjal anda keluar. Meski begitu anda harus tetap mengimbanginya dengan mengkonsumsi cairan. Alasannya adalah jika anda hanya mengkonsumsi buah buahan tersebut tanpa diimbangi dengan konsumsi cairan, buah buahan itu bisa menyebabkan anda terkena berbagai macam penyakit misalnya saja membuat tekanan darah anda menjadi menurun dan juga diare. Anak anak di bawah dua tahun pun tidak boleh mengkonsumsi buah buahan itu secara berlebihan sebab akan menyebabkan diare.

Baca : Obat diare tradisionalMadu untuk penderita diare

  1. Jus Lemon

Buah lemon yang kaya akan vitamin C berguna untuk mengatasi berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan. Selama ini orang mengandalkan lemon untuk mengatasi penyakit seperti sariawan dan juga penyakit virus seperti flu dan juga batuk. Lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, rasa asam pada lemon menandakan kandungan citrus yang tinggi. Jus lemon ini bisa digunakan untuk mengatasi btu ginjal jika dicampurkan dengan minyak zaitun. Minyak zaitun sendiri merupakan minyak yang juga banyak digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan. Selama ini minyak zaitun bisa digunakan untuk mengatasi bibir hitam, kaki pecah pecah dn juga bibir pecah pecah. Cara mengatasi batu ginjal menggunakan jus lemon ini adalah sebagai berikut ini :

  • Kupas jeruk lemon, ambil bulirnya saja. Masukkan ke dalam blender.
  • Jangan sampai bagian ari kulit lemon itu ikut masuk ke dalam blender. Alasannya adalah bagian kulit ari jeruk lemon sangat pahit. Jika tercampur jus lemon pun akan terasa pahit.
  • Masukkan satu gelas air ke dalam blender bersamaan dengan dua sendok makan minyak zaitun.
  • Blender dengan kecepatan rendah.
  • Minum jus lemon dengan minyak zaitun tersebut rutin sebanyak tiga kali dalam sehari. ( Baca : Efek samping suntik vitamin CKekurangan dan kelebihan vitamin C )
  1. Olahraga

Meski anda sedang menderita batu ginjal dan merasakan sakit yang teramat sangat, anda tidak dianjurkan untuk meninggalkan olahraga. Alasannya adalah olahraga sangat baik untuk kesehatan anda dan bagus untuk menjaga kebugaran anda. Sistem imun yang ada di dalam tubuh andaa akan meningkat. Jika sistem imun meningkat, kekebalan tubuh anda terhadap penyakit ini pun akan meningkat. Salah satu ciri sistem imun yang meningkat dalam menangani penyakit batu ginjal adalah saat berkemih rasa sakit berkurang begitupun dengan rasa nyeri di perut. Tidak perlu melakukan olahraga berat yang menguras energi, cukup melakukan olahraga ringan dan semampunya saja. Usahakan juga tubuh berkeringat sebab saat berkeringat menandakan proses metabolisme sel sedang terjadi.

Baca : Cara menjaga kesehatan unuk golongan darah ABDampak negatif tidak pernah berolahaga

  1. Hindari Oksalat

Ada beberapa makanan yang harus dipantang untuk tidak dimakan atau dimasak. Makanan yang mengandung oksalat tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang menderita gagal ginjal dan juga asam urat. Makanan yang mengandung oksalat seperti bayam tidak boleh dikonsumsi sebab bisa menyebabkan masa batu ginjal semakin besar. Meskipun bayam merupakan sayuran hijau yang sehat untuk dikonsumsi, bukan berarti bayam itu bisa dikonsumsi oleh penderita batu ginjal. Untuk sayuran yang boleh dikonsumsi oleh penderita batu ginjal bisa konsultasi dengan dokter ahli penyakit dalam yang kompeten di bidangnya.

Baca : Bahaya bayam bagi penderita asam uratBahaya sayur bayam yang dihangatkan

  1. Dandelion

Selama ini bunga dandelion hanya dianggap sebagai gulma penghias kebun atau penghias di pinggir jalan. Namun tahukah anda jika bunga dandelion itu bisa digunakan untuk mengatasi batu ginjal. Mengobati batu ginjal menggunakan dandelion lumayan mudah yaitu dengan merebus bunga dandelion sebanyak 10 gram, setelah itu merebusnya menggunakan tiga gelas air. Tunggu sampai mendidih dan sisakan air rebusannya menjadi setengah gelas. Minum air rebusan itu sebanyak tiga kali dalam sehari secara teratur.

  1. Kumis Kucing

Siapa yang tidak tahu obat herbal satu ini, daun kumis kucing sudah dipercaya untuk mengobati berbagai macam masalah kesehatan salah satunya adalah batu ginjal. Di dalam daun kumis kucing terdapat zat tanin dan flavonoid yang bisa digunakan untuk menghancurkan masa batu ginjal. Untuk bisa mengatasi batu ginjal diperlukan obat herbal lainnya seperti daun keji beling. Berikut ini adalah cara mengatasi batu ginjal menggunakan daun kumis kucing dan keji beling :

  • Siapkan daun kumis kucing dan daun keji beling secukupnya.
  • Cuci bersih kedua bahan tersebut sampai benar benar besih.
  • Rebus menggunakan dua gelas air, saat merebusnya sisakan menjadi setengahnya saja.
  • Minum dua kali sehari.
  • Untuk orang yang mengalami batul ginjal diharapkan untuk mengkonsumsi ramuan tersebut secara teratur. Ramuan tersebut dipercaya bisa mengeluarkan batu ginjal dari ginjal secara efektif dan juga cepat. ( Baca : Obat tradisional anyang anyanganObat herbal batu ginjal )
  1. Daging Putih Semangka

Tidak hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan, namun kulit dagingnya yang putih saja. Caranya adalah dengan mengambil kulit daging semangka yang berwarna putih. Blenderlah kulit daging semangka yang putih tersebut. Memblendernya menggunakan dua gelas air. Minum jus daging semangka yang putih tersebut sebanyak dua kali dalam sehari pagi dan malam hari. Rasa nyeri akibat peradangan ginjal akibat batu ginjal sedikit demi sedikit akan semakin berkurang. Tidak hanya itu saja, jus tersebut bisa digunakan untuk mengeluarkan batu ginjal sedikit demi sedikit. Rutinlah mengkonsumsi jus tersebut bersamaan dengan rebusan daun kumis kucing dan keji beling. Misalnya jika pagi hari anda meminum ramuan dari daun kumis kucing, selang satu jam anda bisa mengkonsumsi jus dari daging semangka ini.

Baca : Penyebab sakit tulang belakangTanda tanda bisul

  1. Air Kristal Algae

Cara mengobati batu ginjal tanpa operasi lainnya adalah air kristal algae. Air ini berasal dari kristal algae yang telah direndam ke dalam air selama setengah jam kemudian air rendamannya dimunm. Asal kristal algae sendiri adalah berasal dari jepang. Selama ini kristal algae bisa digunakan untuk menyehatkan pencernaan dan juga mengatasi batu ginjal. Mengkonsumsi air rendaman kristal algae ini secara teraatur tiga kali dalam sehari bisa mengeluarkan batu ginjal yang ada di dalam ginjal. Untuk mendapatkannya anda bisa mencari di pusat obat herbal dan pasar herbal.

Baca : Cara pengobatan batu ginjal

  1. Daun Sendok

Obat herbal alami lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi batu ginja adalah daun sendok. Selama ini alam telah menyiapkan berbagai macam tanaman obat dan daun daunan yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit. Daun sendok merupakan salah satu tanaman herbal yang ampuh untuk mengatasi batu ginjal. Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan yang ada di Malaysia mengatakan bahwa daun sendok mengandung senyawa bernama terpenoid. Penelitian yang dilakukan di Malaysian mengambi sari dari daun sendok kemudian dimasukkan ke dalam tabung eksperimen. Kandungan senyawa tersebut pun berguna dalam menghambat pembesaran massa dari batu ginjal bahkan bisa memecahkan batu ginjal yang ada di ginjal. Ilmuwan mengatakan bahwa sari dari daun sendok sangat bermanfaat dan lebih efektif jika dibandingkan dengan kalium sitrat. Oleh sebab itu penderita batu ginjal harus rajin rajin membuat ramuan dari daun sendok dan mengkonsumsi air ramuan tersebut setiap harinya.

  1. Meniran Hijau

Batu ginjal merupakan penyakit yang tidak hanay diderita oleh warga yang ada di negara Indonesia saja. Namun di beberapa negara, batu ginjal merupakan penyakit yang mendapatkan pengamatan khusus. Tidak mengherankan jika banyak penelitian dilakukan oleh beberapa negara untuk mengatasi penyakit batu ginjal ini. Salah satu negara yang melakukan penelitian akan penyakit batu ginjal adalah negara Brazil. Negara Brazil mengatakan bahwa tanaman Meniran Hijau bisa digunakan untuk menghilangkan batu ginjal yang ada di ginjal. Bahkan kandungan meniran hijau bisa menghambat pembentukan batu ginjal kembali. Sebelum menjadi batu ginjal, ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Beberapa tahapan tersebut adalah tahapan agregasi kristal, pengendapan kristal dan masih banyak lagi lainnya. Senyawa yang ada di tanaman meniran hijau ini bisa digunakan untuk mencegah terjadinya pengendapan batu ginjal di dalam ginjal. Cara mengobati batu ginjal menggunakan cara ini pun cenderung mudah yaitu dengan merebusnya mengguakan tiga gelas air kemudian disisakan setengahnya. Minum air rebusan itu sebanyak dua kali dala sehari.

Sponsors Link

  1. Daun Sukun

Untuk bisa mengobat batu ginjal lainnya bisa menggunakan daun sukun. Selama ini yang diambil oleh masyarakat hanyalah buah sukunnya saja. Namun siapa sangka jika daun sukun bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan salah satunya adalah batu ginjal. Beberapa penelitian pun mengatakan bahwa daun sukun merupakan cara efektif yang bisa digunakan untuk mengatasi batu ginjal. Cara mengatasi batu ginjal menggunakan daun sukun ini pun sangat mudah yaitu sebagai berikut ini :

  • Daun sukun yang disiapkan sebanyak 5 lembar, cuci bersih daun sukun tersebut pastikan tidak ada kotoran yang menempel.
  • Rebus daun sukun menggunakan 4 gelas air dan tunggu sampai mendidih.
  • Setelah mendidih sisakan air rebusannya menjadi setengahnya.
  • Minum air rebusan itu sebanyak dua kali dalam sehari. Usahakan meminumnya dalam kondisi dingin tidak dalam kondisi hangat.
  • Minum secara rutin dan teratur agar massa batu ginjal segera mengalami pengecilan bahkan bisa mudah dihancurkan.
  • Yang harus diperhatikan disni adalah dilarang mengkonsumsi ramuan daun sukun saat perut kosong sebab akan membuat perut terasa perih dan juga panas.

Operasi Batu Ginjal

Jalan terakhir yang bisa ditempuh penderita batu ginjal adalah melalui operasi. Operasi yang dilakukan ini merupakan operasi menggunakan sayatan dan juga jahitan. Medis akan melakukan cara ini jika dirasa batu ginjal sudah parah dan jika dibiarkan terlalu lama bisa merusak ginjal serta menghilangkan fungsi ginjal. Ada beberapa jenis operasi yang bisa dilakukan untuk mengatasi batu ginjal yaitu sebagai berikut ini :

  • Ureteroskopi

Operasi pertama yang bisa digunakan untuk mengatasi batu ginjal aalah ureteroskopi. Operasi ini bisa digunakan untuk mengangkat batu ginjal dengan diameter sekitar 0,6 cm bahkan bisa lebih besar. Cara operasi batu ginjal ini adalah dengan memasukan alat uteroskop ke dalam saluran ureter melalui uretra dan melalui kandung kemih. Uretra ini adalah saluran terakhir yang berfungsi untuk mengeluarkan urin dari kandung kemih. Dokter membutuhkan diagnosa yang tepat sebelum operasi dilakukan tentang dimana letak batu ginjal itu berada. Ketika letak batu ginjal sudah diketahui, dokter akan lebih mudah untuk menghancurkannya dan juga memecahnya menjadi serpihan serpihan yang lebih kecil. Operasi ini digunakan untuk mengatasi batu ginjal yang sudah masuk ke saluran ureter.

Baca : Batu saluran kemihTerapi infeksi saluran kemih

  • Bedah Terbuka

Operasi ini digunakan untuk mengatasi batu ginjal yang sangat besar sehingga menyebabkan ginjal mengalami bengkak, peradangan bahkan menjadi ginjal bernanah. Meskipun di jaman canggih seperti ini bedah terbuka jarang dilakukan namun tidak menutup kemungkinan medis akan melakukan cara ini. Bisa kita tebak bagaimana cara kerja bedah terbuka ini. Bedah terbuka akan melalui tahapan pembedahan disertai dengan jahitan. Sayatan akan dilakukan dengan cara menempelkan pisau bedah kemudian menyayat bagian kulit punggung pasien. Melalui kulit punggung tersebut dokter akan mencri jalan keluar untuk mengangkat batu ginjal tersebut.

Baca : Obat ginjal mengecil alami

  • PCNL

Cara terakhir yang bisa digunakan untuk mengatasi batu ginjal menggunakan cara medis adalah PNCL. PNCL adalah singkatan dari Percutaneous nephrorolithotomy. Cara ini akan menghancurkan batu ginjal dengan membuat sayatan kecil. Dokter akan membuat sayatn kecil di kulit yang sangat dekat dengan ginjal. Melalui sayatan tersebut dokter akan memasukkan alat bernama nephroscope. Alat itulah yang bisa digunakan untuk memecahkan batu ginjal dan juga bisa digunakan untuk mengangkat serpihan batu ginjal yang ada di dalam ginjal. Medis akan melakukan cara ini jika bedah laser dan juga ESWL tidak bisa mengatasi batu ginjal yang mengeras di ginjal tersebut.

Baca : Gejala turun berokPenyebab tangan sering gemetar

Itulah berbagai macam cara mengobati batu ginjal tanpa operasi yang bisa anda lakukan d rumah. Sebelum melakukan operasi cobalah cara cara tersebut diatas, namun jika dirasa sakitnya bertambah parah segera hubungi dokter agar mendapatkan penanganan lebih cepat.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 22nd, October 2016 / 16:35 Oleh :
Kategori : Penyakit Ginjal