Sponsors Link
     Sponsors Link

20 Obat BAB Berdarah Akibat Wasir

ads

Tentu reaksi pertama yang akan Anda miliki ketika menyadari bahwa Anda mengalami BAB berdarah adalah panik. Buang air besar yang disertai darah memang bisa dipicu oleh masalah kesehatan ringan dan tidak berbahaya, namun bukan berarti hal ini harus disepelekan. Ada pula risiko yang jauh lebih besar dan pada kondisi tertentu Anda pun diwajibkan untuk memeriksakan diri ke dokter.

Terkadang jumlah darah bisa sangat kecil sehingga hanya akan mampu terdeteksi melalui tes pemeriksaan darah yang tersembunyi pada tinja atau occult blood test. Jangan takut dulu bila hal ini terjadi pada Anda, ada beberapa obat BAB berdarah yang bisa diintip di bawah ini untuk mengatasinya, khususnya yang dipicu adanya wasir.

(Baca juga: penyebab bab berdarah)

1. Cuka

Cuka yang dimaksud di sini lebih kepada cuka putih dan Anda bisa menggunakannya dengan pengaplikasian lokal. Jika memang BAB berdarah disebabkan oleh kondisi wasir, maka Anda bisa lebih tenang ketika menggunakan cuka ini sebagai obatnya. Sifat astringent di dalam cuka akan membantu supaya wasir bisa mengecil dan memudar.

Untuk hasil yang super maksimal, tentunya pengobatan perlu dilakukan setiap hari secara rutin. Hasilnya, pembengkakan pasti akan berkurang dan segala rasa sakit serta sensasi seperti terbakar pasti akan hilang secara berangsur. Cara penggunaannya sangat sederhana, kapas bisa dicelup ke larutan cuka dan langsung aplikasikan ke area wasir atau anus.

2. Es Batu

Seperti kita tahu, es batu adalah bahan yang sangat sederhana dan bahkan mungkin paling sederhana dan mudah didapat. Efek ademnya akan membantu mengurangi inflamasi yang terjadi ketika Anda mengalami BAB berdarah. Ketika pembuluh darah membesar dikarenakan wasir, maka es batu akan membantu memperkecilnya.

Bahkan es batu jugalah yang akan membantu menghentikan perdarahan serta luka dan inflamasi akibat wasir. Cukup ambil es batu secukupnya yang dibungkus dengan handuk tipis, lalu usap-usapkan perlahan di area anus. Obat ini sangat handal dalam mengendalikan rasa terbakar dan gatal di area tersebut sehingga penderita akan merasa lebih lega dan nyaman.

(Baca juga: penyebab bab berdarah merah segar)

3. Kentang

Kentang yang merupakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi memang kerap dijadikan pengganti nasi bagi para pelaku diet. Ada banyak manfaat lain yang bisa didapat dari kentang selain membantu menurunkan berat badan. Kekuatan dari kentang ini rupanya bisa menghilangkan cairan berlebih yang kemungkinan terjadi saat Anda memiliki wasir berdarah atau BAB berdarah.

Sifat penyembuh alami pada kentang ini akan membantu supaya perdarahan yang terjadi ketika BAB berhenti. Tak hanya itu saja, bila sampai ada luka yang muncul pun kentang akan menyembuhkannya secara sempurna. Cukup dengan memarutnya dan menjadikannya adonan pasta, aplikasikan langsung ke area anal dan tunggu kering sebelum dibilas.

4. Kunyit

Kunyit sudah cukup sering dimanfaatkan sebagai obat beberapa macam masalah kesehatan dan kini tak terkecuali pula masalah BAB berdarah. Kandungan kurkumin di dalam kunyit adalah yang paling mampu membasmi bakteri dan menghentikan infeksi. Risiko inflamasi pun akan otomatis berkurang dan perdarahan pun bakal dapat berhenti dengan sempurna.

Untuk menggunakan kunyit sebagai obat termasuk sangat mudah karena Anda bisa memakai bubuk kunyit yang dicampur air secukupnya demi membuat adonan pasta. Setelah itu, silakan mengaplikasikan langsung ke bagian anal. Tunggulah mengering dan ini bakal menghentikan perdarahan. Aplikasikanlah sesering mungkin supaya BAB berdarah bisa cepat berhenti dan wasir juga kiranya cepat sembuh.

(Baca juga: penyebab feses berwarna hitam)

5. Garam Epsom

Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya apa itu garam epsom. Garam epsom ini diketahui terbuat dari mineral yang alami yang ada terkandung pada air. Nama garam epsom sendiri diambil dari kota Epsom, yakni sebuah kota di Inggris. Garam ini juga dikenal sebagai magnesium sulfat di mana manfaatnya sangat besar untuk beberapa gangguan kesehatan.

Untuk masalah BAB berdarah, Anda bisa menggunakannya sebagai agen penenang karena sifat anti-inflamasinya. Cukup ambil secangkir garam epsom dan tambahkan ke sitz bath yang sudah Anda isi dengan air hangat. Duduklah selama 15 menit dan ulangi lagi sesering mungkin metode pengobatan dengan garam epsom ini.

6. Lidah Buaya

Karena sudah banyak orang membuktikan bahwa khasiat lidah buaya untuk kulit begitu tinggi, maka tanaman ini pun kerap dijadikan solusi masalah kulit. Sebetulnya tak hanya itu saja kegunaannya, lidah buaya pun dapat diandalkan saat Anda mengalami BAB berdarah yang dipicu wasir. Sifat penenang alaminya mampu menenangkan luka dan sensasi terbakar.

Dalam pemakaiannya, Anda cukup mengambil bagian gel dari lidah buaya seperti biasa untuk diaplikasikan langsung pada area anal. Tunggulah beberapa saat dan ulangi kembali cara pengobatan ini beberapa waktu kemudian sesering mungkin. Untuk hasil terbaik, pastikan Anda rutin memakainya, tak hanya sehari beberapa kali, tapi juga setiap hari.

(Baca juga: penyebab wasir)

7. Witch Hazel

Mungkin beberapa dari kita belumlah familiar dengan witch hazel; zat ini merupakan zat topikal yang datangnya dari kulit kayu serta daun Hamamelis Virginiana. Berasal dari Amerika Utara, ini lebih dikenal dengan semak witch-hazel yang sudah sering dimanfaatkan sebagai obat kulit dan tumor.

Untuk masalah BAB berdarah yang kemungkinan besar disebabkan oleh wasir, ternyata witch hazel ini sangatlah ampuh. Anda bisa mengambil kapas yang dicelupkan pada witch hazel ini dan kapas siap digunakan untuk diaplikasikan ke area anal. Selama 1 minggu penuh, silakan melakukannya 3-4 kali sehari. Tak masalah juga bila Anda ingin menggunakan witch hazel sebagai pembersih setelah BAB.

8. Minyak dan Teh Kamomil

Pasti Anda sudah cukup sering mendengar kamomil, khususnya teh kamomil di mana lebih sering diminum untuk menenangkan diri dan menghilangkan stres. Kamomil rupanya bermanfaat pula dalam mengatasi masalah BAB berdarah, apalagi yang penyebabnya adalah wasir. Kali ini, yang perlu Anda gunakan bukan teh kamomil, melainkan minyak kamomil.

Aplikasikan langsung saja ke area anal untuk menurunkan risiko inflamasi dan perdarahan nantinya saat Anda harus BAB lagi. Sedangkan untuk teh kamomil, sebetulnya Anda juga masih bisa menggunakannya untuk membilas setiap kali sehabis BAB. Kantong teh kamomil pun bermanfaat yang bisa Anda kompreskan pada area wasir bila memang ini adalah penyebab utamanya.

(Baca juga: penyebab muntah darah)

9. Teh Hijau

Selain kamomil, jangan sampai ketinggalan untuk menggunakan teh hijau. Bahan alami yang penuh dengan kandungan antioksidan ini memiliki kandungan anti-inflamasi tinggi juga sehingga dapat membantu BAB berdarah. Pakailah teh hijau hangat untuk membersihkan area anal secara sering agar hasilnya lebih terasa efektif.

sponsored links

Teh hijau adalah bahan yang begitu baik untuk melawan bakteri sekaligus infeksi. Tak hanya larutan tehnya, Anda juga bisa mengaplikasikan kantong teh hijau pada area anal dengan mengompreskannya. Antioksidan di dalamnya siap untuk mengurangi risiko kerusakan dinding anus dan menyembuhkan bagian kulit yang terdapat luka akibat perdarahan.

10. Kantong Teh

Kantong teh apa saja, baik itu teh hijau atau teh hitam, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengobati BAB berdarah yang berpotensi dipicu wasir. Bahan ini sangat alami dengan adanya kandungan asam tannic di mana senyawa ini akan mengatasi pembengkakan pembuluh darah. Bahkan perdarahan yang terkait dengan wasir juga dapat dihentikan.

Kantong teh yang sudah Anda pakai untuk menyeduh teh jangan dibuang dulu karena bekasnyalah yang perlu untuk Anda pakai. Cara pemakaiannya adalah dengan mengaplikasikan ke area anal secara langsung. Tekanlah secara perlahan dan tinggalkan sejenak; sesudah 15 menit berlalu, gantilah dengan kantong teh bekas yang baru dan teruskan seperti ini.

(Baca juga: gejala darah kental)

11. Bawang Putih

Walau memang diketahui ada efek samping bawang putih dan juga adanya efek panas dan kesemutan yang dirasakan saat menggunakannya, bahan ini sangat efektif. Jika Anda ingin mencegah infeksi berlanjut, maka Anda sebaiknya mengurangi risiko inflamasi dengan bumbu dapur satu ini. Hanya beberapa menit aplikasi saja sudah sangat bermanfaat.

Ambil sejumlah siung bawang putih dan ekstrak jusnya karena jusnyalah yang Anda paling butuhkan untuk diaplikasikan ke area anal. Sebagai alternatif, minyak bawang putih juga sangat berkhasiat. Anda bisa mengaplikasikan minyak bawang putih ini untuk membersihkan bagian anal setiap beberapa waktu sekali sesering mungkin setiap harinya.

12. Calendula

Calendula mungkin jarang terdengar di Indonesia, namun sebagian orang sudah mengenal tanaman hias satu ini. Walau kerap dijadikan sebagai tanaman hias, Anda bisa memanfaatkan calendula sebagai obat yang ampuh bagi masalah BAB berarah. Tanaman ini memang memiliki sifat penenang dan sanggup menurunkan potensi inflamasi juga.

Calendula adalah bahan yang baik dan aman untuk mengontrol rasa sakit yang disebabkan perdarahan dan luka. Ambil saja minyak calendula atau yang berbentuk krim dan aplikasikan secara langsung ke area anus. Sensasi seperti terbakar dan juga lukanya akan otomatis menjadi reda; maka, jangan ragu untuk menggunakannya sesering dan serutin mungkin.

(Baca juga: pantangan ambeien wajib dihindari)

13. Jahe dan Lemon

Rata-rata, kebanyakan orang yang bermasalah dengan BAB berdarah adalah mereka yang juga memiliki ambeien alias wasir. Untuk mengobatinya, Anda selalu bisa menggunakan bahan alami nan aman yang gampang digunakan. Jahe dan lemon adalah contoh kombinasi ampuh untuk digunakan di mana bisa diambil bagian jusnya saja pada masing-masing bahan.

Campurkan saja jus jahe dan jus lemon secukupnya, lalu tambahkan pula sedikit madu berikut juga jus daun mint ke dalam larutan. Minumlah secara rutin setiap hari di mana dalam sehari Anda cukup minum 1 kali saja. Dengan demikian, tubuh Anda akan jauh lebih baik dan kondisi wasir yang kiranya membuat Anda selalu BAB berdarah dapat disembuhkan.

14. Minyak Vitamin E

BAB berdarah karena wasir? Tak masalah karena masih ada solusi lainnya yang bisa Anda coba, yakni dengan memakai minyak vitamin E.  Sudah banyak orang yang memanfaatkan minyak vitamin E untuk berbagai masalah kesehatan, terutama masalah kulit. Bahkan masalah kesehatan seperti wasir dan BAB berdarah pun juga bisa diatasi.

Bila tertarik untuk menggunakan bahan ini, Anda bisa mengambil beberapa tetes saja yang kemudian diaplikasikan langsung pada area anal perlahan. Minyak vitamin E dengan kandungan baiknya mampu mengurangi potensi inflamasi dan juga rasa gatal tak nyaman. Jika wasir sembuh, otomatis BAB berdarah tak lagi mengganggu Anda.

(Baca juga: tanda-tanda ambeien)

15. Goldenseal

Bahan alami lainnya yang sering juga dijadikan obat beberapa kondisi penyakit adalah goldenseal. Goldenseal merupakan herbal yang memang terpopuler di Amerika, terutama pada pasar obat. Akar keringnyalah yang lebih kerap dimanfaatkan sebagai obat dan bagus untuk beberapa kondisi kesehatan tubuh.

Akarnya adalah yang paling bisa diandalkan ketika Anda mengalami BAB berdarah akibat wasir. Anda bisa membuat adonan pasta dari akar goldenseal, mur dan juga bayberry yang kemudian bisa dioles pada bagian anus. Cara ini akan memberikan kesembuhan total, terutama bila Anda menggunakan metode dan bahan ini secara rutin. Akan ada kemajuan dan perbedaan hanya dalam beberapa hari.

16. Biji Jintan Hitam

Satu lagi bahan yang bisa digunakan oleh Anda dalam mengatasi BAB berdarah, yakni biji jintan hitam yang dipanggang. Biji ini bisa Anda buat dalam bentuk bubuk sebelum menggunakannya sebagai obat. Bubuk dari biji jintan bisa digunakan dengan cara mencampurkannya ke dalam air putih biasa.

Setelah diaduk rata, Anda bisa meminum larutan sehari paling tidak 2 kali. Bila menggunakannya rutin, Anda pasti bisa mengobati BAB berdarah dengan baik. Biji jintan hitam pun juga sangat berguna untuk masalah kesehatan lainnya selain BAB berdarah, seperti kanker usus besar, epilepsi, darah tinggi, diabetes, alergi, dan asma.

17. Air Putih

Dari sekian banyaknya obat-obatan yang sudah disebutkan di atas, air putih tentunya adalah yang paling sederhana dan dapat diperoleh secara mudah. Ingat bahwa bahaya akibat kurang minum air putih bisa saja memicu gangguan pencernaan. Ketika pencernaan terganggu, risiko sembelit atau konstipasi jelas semakin tinggi dan hal ini tak menutup kemungkinan untuk menyebabkan wasir serta BAB berdarah.

Oleh karena itu, selalu biasakan untuk minum air putih banyak, yakni 8 gelas setiap harinya. Ketika seseorang tak memenuhi asupan cairan dengan baik dari air putih, maka otomatis bahaya dehidrasi pun turut mengancam. Minimal 2 liter sehari bisa dicoba lebih dulu dan setelah terbiasa Anda akan merasakan perbedaannya.

(Baca juga: cara menghilangkan wasir)

18. Manggis

Jus dari buah manggis merupakan salah satu bahan alami yang bisa dijadikan obat BAB berdarah. Masalah BAB yang disertai darah tentunya tak akan nyaman bagi Anda kalau ini berlanjut memberikan rasa sakit dan gatal pada area anus. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengonsumsi buah manggis saja secara langsung.

Atau, ambil jusnya saja yang bisa Anda minum setiap hari untuk meredakan perdarahan sekaligus menghilangkan rasa sakit yang kiranya menjadikan Anda tak bisa beraktivitas secara nyaman. Tak hanya bisa mengobati BAB berdarah, buah ini sebenarnya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan Anda. Untuk obat luar dengan mengoleskan jusnya ke area anal juga bisa.

Sponsors Link

19. Cuka Sari Apel

Selain dari cuka putih, ingat bahwa Anda juga bisa menggunakan cuka sari apel sebagai alternatif yang juga mujarab. Kalau Anda cukup sering mengalami BAB berdarah dan hal tersebut dikarenakan wasir, cuka sari apel siap menyelamatkan. Pengobatan alami ini sudah terbukti keampuhannya.

Demi membuat kondisi tubuh Anda kembali baik dan jauh dari masalah BAB berdarah, Anda bisa menggunakan cuka sari apel untuk obat oles. Gunakanlah kapas di mana cuka sari apel dapat dituang ke atasnya lalu kapas bisa diusapkan perlahan di area anus. Memang ada efek rasa kesemutan saat dioles, namun hasilnya termasuk sangat efektif.

20. Serat

BAB berdarah bisa saja terjadi apabila Anda terlalu sering mengejan yang mengakibatkan daerah anus terluka. Mengejan yang terlalu kuat dan dilakukan terlalu sering bisa jadi adalah akibat dari kondisi sembelit sehingga Anda susah BAB. Kesulitan BAB bisa saja dipicu oleh kekurangan serat pada tubuh.

Oleh karena itu, selain memperbanyak minum air putih, pastikan Anda tahu bahwa obat yang ampuh lainnya adalah serat. Makanan yang mengandung serat tinggi bisa dimasukkan ke dalam menu sehari-hari Anda supaya bisa menghentikan perdarahan sekaligus menyembuhkan luka. Sayur dan buah adalah jawabannya dan Anda bisa mengonsumsi rutin supaya BAB berdarah cepat sembuh.

(Baca juga: bahaya menahan buang air besar)

Diagnosa pada Kondisi BAB Berdarah

Sebetulnya tak hanya wasir saja yang bisa menyebabkan seseorang bisa mengalami BAB berdarah. Ada kondisi-kondisi lainnya yang turut menjadikan BAB berdarah terjadi, namun memang wasir adalah penyebab paling umum. Bila memang gejalanya sudah begitu mengganggu, tak ada salahnya menemui dokter dan menempuh diagnosa seperti:

  • Pemeriksaan Colok Dubur – Dokter akan memeriksa bagian dubur dengan memasukkan jarinya ke dalam anus penderita BAB berdarah. Pemeriksaan ini cukup sederhana namun wajib ketika pasien benar-benar ingin mendeteksi penyebab pasti dari terjadinya BAB berdarah. Karena ada potensi kondisi lainnya, maka jangan terlalu berfokus bahwa BAB disertai darah disebabkan oleh wasir saja.
  • Endoskopi – Setelah pemeriksaan tadi sudah selesai, kemungkinan hasilnya belum dapat ditentukan juga besar. Pemeriksaan lanjutan pun bisa dilakukan dengan memakai kamera fiber optik lewat selang elastis di mana prosedur ini dinamakan juga endoskopi.
  • Anoskopi
  • Sigmoidoskopi
  • Klonoskopi

Dari hasil diagnosa, dokter baru berani memberikan pengobatan pada penderita. Metode pengobatan dari dokter akan ditentukan dari apa yang menyebabkan BAB berdarah tersebut serta seberapa parah kondisinya. Pengobatan yang diberikan bisa saja mulai dari penggunaan obat-obatan bahkan sampai dengan langkah operasi atau pembedahan.

BAB Berdarah Seperti Apa yang Harus Dikhawatirkan?

Kerap kali, banyak orang yang mengalami BAB berdarah tidaklah khawatir dengan apa yang dialami. Mereka mengira bahwa BAB yang disertai darah hanyalah efek dari adanya wasir saja sehingga terkadang diabaikan atau cukup diobati secara sederhana. Memang rata-rata pemicu dari BAB berdarah tidaklah serius, namun bagaimana kalau penyebab utamanya adalah kanker? Anda perlu lebih waspada dan mulai menelusuri lebih jauh jika:

  • Umur sudah 60 tahun lebih dan perdarahan terjadi secara berkelanjutan dalam waktu yang cukup lama, yakni sekitar 6 minggu lebih.
  • Umur 40 tahun lebih, mengalami BAB berdarah yang juga disertai dengan feses yang teksturnya sangat lembek setiap kali BAB.
  • Mempunyai riwayat keluarga yang menderita kanker usus.
  • Menderita anemia atau kekurangan darah merah.

(Baca juga: efek bab tidak setiap hari)

Tips Lain dalam Mengobati BAB Berdarah

Selain dari beberapa rekomendasi obat di atas, ada juga beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan lakukan. Buang air besar yang terus-terusan berdarah bisa diatasi pula dengan beberapa langkah, yakni:

  • Menghindari makanan-makanan kemasan, olahan, apalagi makanan sampah alias junk food. Makanan tersebut memang enak, namun tak akan baik untuk pencernaan Anda.
  • Menghindari makanan maupun minuman mengandung kafein dan alkohol tinggi.
  • Menghindari makanan-makanan yang rasanya pedas.
  • Olahraga rutin. Berolahraga secara teratur akan dapat menjaga kebugaran tubuh dengan sangat efektif. Setidaknya, Anda bisa melakukannya ½ jam setiap hari seminggu 4-5 kali. Dengan tubuh tetap bugar, Anda pun akan terhindar dari adanya masalah seperti BAB berdarah.

Periksakan ke dokter sesegera mungkin apabila buang air besar tetap berdarah bahkan berlanjut selama 3 hari atau lebih. Ada beberapa kasus di mana darah yang ikut keluar bersama feses cukup banyak sehingga akhirnya penderita kekurangan darah dan menjadi lemas. Langsung datang ke UGD untuk memperoleh bantuan medis bila sudah pada tahap seperti demikian.

(Baca juga: bahaya tidak lancar buang air besar)

Khusus untuk obat BAB berdarah yang disebutkan di atas, itu hanya lebih membantu bagi para penderita BAB berdarah yang dipicu oleh wasir. Anda bisa mencobanya bila memang telah terdeteksi bahwa wasirlah penyebab utama dari BAB berdarah.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 15th, December 2016 / 16:25 Oleh :
Kategori : Obat