Badan Lemas Dan Mual : Penyebab, Pencegahan Dan Pengobatan

4940

Badan lemas akan membuat seseorang malas untuk melakukan berbagai aktivitas keseharian. Terlebih ketika badan yang lemas disertai dengan rasa mual. Secara tidak sengaja badan lemas dan rasa  cepat lelah yang disertai dengan mual akan membuat seseorang terhambat saat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Namun Tahukah anda bahwa badan lemas dan mual dapat disebabkan karena anda kelelahan atau mungkin anda merasa lapar namun anda menundanya dan melanjutkan kegiatan yang anda lakukan. Hal ini sama saja memaksa tubuh anda untuk bekerja ketika tubuh Anda harus beristirahat. Badan lemas dan mual bukan merupakan suatu penyakit yang berbahaya. Namun ketika anda mengalami badan lemas dan mual anda perlu mengatasinya dengan segera. Karena jika tidak segera diatasi akan menyebabkan komplikasi penyakit penyakit lainnya. Untuk mengatasi badan lemas dan mual anda perlu mengetahui apa penyebab yang menyebabkan badan Anda menjadi lemas dan mual.

Penyebab

1. Gastritis

Gastritis merupakan infeksi yang terdapat pada Dinding lambung, gastritis biasanya disebabkan karena seseorang mengalami keterlambatan dalam makan atau Ketika seseorang tidak mengatur pola makannya dengan baik. Selain itu grastritis juga dapat disebabkan karena seseorang mengkonsumsi makanan-makanan yang asam dan juga makanan-makanan yang pedas. Ketika seseorang mengalami grastitis biasanya seseorang akan menjadi lemas dan mual untuk itu Mengapa gastritis bisa menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami badan lemas dan mual.

baca juga :  penyebab kaki lemas

2. Hipoglikemia

Sedangkan hipoglikemia adalah suatu keadaan dimana kadar gula di dalam darah terlalu rendah. Hipoglikemia merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan seseorang mengalami lemas dan mual. Ketika seseorang mengalami hipoglikemia akan mengganggu Aktivitas keseharian mereka Karena rasa lemas dan mual akan membuat mereka menjadi malas. Jika anda ingin terhindar dari hipoglikemia Untuk itu maka anda harus mengatur pola makan Anda dengan baik dan benar.

baca juga :  malnutrisi

3. Viral infection

Viral infection merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi virus biasanya penyebab dari viral infection adalah flu demam berdarah dan sebagainya.

baca juga : makanan yang mengandung protein

4. Kelelahan

Kelelahan Ketika anda bekerja juga dapat menjadi salah satu penyebab seseorang merasa lelah dan mual, kecapean atau perlahan akan membuat badan menjadi tidak enak salah satunya juga akan membuat kepala menjadi pusing. Biasanya kepala yang pusing juga disebabkan karena seseorang merasa tidak enak pada perut. Kelelahan yang berlebih akan menyebabkan seseorang merasakan mual pada perut lelah badan dan juga pusing pada kepala.

baca juga : cepat lelah

5. Kurang mengkonsumsi makanan

Kurang mengkonsumsi makanan atau mengkonsumsi makanan yang pedas dan asam juga dapat menyebabkan seseorang merasa pusing dan mual. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwasanya rasa pusing dan mual dapat disebabkan karena perut tidak sehat. Untuk itu dengan mengkonsumsi makanan secara teratur akan membantu anda untuk terhindar dari rasa lelah dan mual yang berlebih.

baca juga :  bahaya dehidrasi

6. Diet rendah karbohidrat

Seseorang yang melakukan diet rendah karbohidrat juga dapat menyebabkan seseorang merasa kelelahan. karbohidrat digunakan untuk mengumpulkan tenaga bagi mereka namun ketika anda melakukan diet rendah karbohidrat secara berlebihan akan membuat anda merasa lemas dan tidak berdaya. Selain itu diet rendah karbohidrat juga akan membuat anda merasa mual dan tidak enak.

baca juga : makanan yang mengandung zat besi

Dengan mengetahui apa saja penyebab badan lemas dan mual anda akan lebih mudah untuk mencegah dan mengobati terjadinya badan lemas dan mual.

Pencegahan

1. Mengkonsumsi makanan yang berkarbohidrat

Cara konsumsi makanan yang berkarbohidrat dapat membantu untuk memberikan tenaga pada tubuh anda. Untuk itu bagi Anda yang akan mengatasi rasa lemas dan mual Anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat

baca juga :  penyebab sering mengantuk dan lemas

2. Mengistirahatkan tubuh

Dengan cara mengistirahatkan tubuh ketika tubuh setelah merasa lelah akan mempermudah anda untuk dari rasa lemas dan mual. Ketika anda melakukan berbagai macam aktivitas diusahakan untuk beristirahat sejenak Jangan memaksakan tubuh anda karena tubuh Anda bukanlah robot.

baca juga : Jenis penyakit autoimun

3. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin

Tubuh membutuhkan banyak vitamin dan mineral untuk menjaga keseimbangan dan kestabilan tubuh. Bentuk batu agar tubuh dapat terhindar dari rasa pusing dan mual Anda dapat mengkonsumsi berbagai macam vitamin dan juga mineral yang dibutuhkan oleh tubuh anda.

baca juga :  vitamin untuk badan letih

4. Mengkonsumsi air putih

Mengkonsumsi air putih 8 gelas perhari sangatlah dianjurkan, dengan mencukupkan kebutuhan air putih atau mineral di dalam tubuh akan membantu anda untuk merawat tubuh sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit. Konsumsi air putih 8 gelas perhari juga dapat membantu anda agar terhindar dari rasa kelelahan dan lemak sebelum serta rasa mual yang Anda rasakan.

baca juga : cepat lelah dan jantung berdebar

5. Mengkonsumsi kentang

Di dalam kentang mengandung kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi tentang juga dapat digunakan untuk membantu mengurangi rasa lemas dan mengenal yang anda rasakan. Selain dapat digunakan untuk mengatasi rasa mual dan lemas Ternyata kamu juga dapat digunakan untuk kecantikan.

baca juga : penyebab tubuh gemetar dan lemas

6. Mengkonsumsi ikan

Ikan merupakan makanan yang terbaik untuk membantu mengatasi kelelahan lemas dan juga rasulnya yang berlebihan. Untuk itu maka konsumsilah ikan untuk mengatasi rasa lemas dan yang Anda rasakan. Dengan mengkonsumsi ikan Anda juga dapat merasakan manfaat-manfaat lainnya. Selain digunakan untuk menambah stamina agar tidak mematikan juga dapat digunakan untuk mengatasi kesehatan tubuh.

baca juga : Bahaya garam bagi penderita hipertensi

7. Mengkonsumsi pisang

Sama halnya dengan kentang ataupun utama ternyata pisang juga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Untuk itu Anda dapat mengkonsumsi pisang untuk mengembalikan stamina dan menghindari dari rasa mual.

baca juga : minuman dengan kandungan kafein yang tinggi

Selain melakukan pencegahan Anda juga harus segera melakukan pengobatan badan lemas dan mual tersebut, karena jika anda tidak segera melakukan pengobatan maka kegiatan yang biasa anda lakukan akan terhambat.

Pengobatan

1. Mengkonsumsi antasida

Mengkonsumsi antasida dapat menjadi salah satu pengobatan yang dapat anda lakukan ketika anda merasakan mual. Antasida juga biasa digunakan untuk seseorang yang mengalami penyakit maag. Untuk itu Anda dapat mengkonsumsi antasida Ketika anda merasakan mual pada perut. Terlebih Ketika anda menderita penyakit maag maka anda dianjurkan untuk langsung mengkonsumsi antasida Ketika anda merasa mual.

baca juga : cara meningkatkan metabolisme secara cepat

2. Mengkonsumsi penambah stamina

Mengkonsumsi obat-obatan yang dapat meningkatkan stamina akan membantu Anda untuk mengatasi badan yang lemas. Ketika anda sedang melakukan aktivitas Misalnya saja bekerja anda perlu mengkonsumsi obat-obatan yang dapat meningkatkan stamina Anda agar anda tidak merasakan lemas ketika anda melakukan pekerjaan.

baca juga : cara mengatasi kekurangan oksigen

Itulah beberapa hal yang dapat anda ketahui mengenai penyebab pencegahan dan pengobatan badan lemas dan mual. Badan lemas dan mual dapat menjadi salah satu gejala seseorang terkena penyakit. Segera periksakan ke dokter jika anda merasakan lemas dan mual secara terus-menerus dan tidak kunjung sembuh. Selain itu untuk menghindari badan lemas dan mual maka perhatikanlah pola hidup anda dengan baik dan benar.