Home Tips KesehatanKesehatan Pencernaan 32 Makanan Untuk Penderita Infeksi Saluran Pencernaan Agar Cepat Sembuh

32 Makanan Untuk Penderita Infeksi Saluran Pencernaan Agar Cepat Sembuh

by Erlita

Saluran pencernaan atau sistem pencernaan merupakan sistem organ yang sangat penting dalam tubuh manusia.  Termasuk dalam saluran pencernaan adalah tempat mulai masuknya makanan sampai pembuangan zat sisa.  Berarti sistem pencernaan meliputi mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, anus, dan organ pendukungnya seperti hati, empedu, dan usus dua belas jari. Dalam saluran tersebut makanan dicerna diserap, hingga membentuk energi dan semua zat yang dibutuhkan tubuh sehari-hari.

Sama dengan sistem organ lain, saluran pencernaan dapat mengalami gangguan. Gangguan dapat terjadi karena infeksi virus atau bakteri atau jamur dan gaya hidup tidak sehat, seperti gejala infeksi lambung. Beberapa gejala infeksi saluran pencernaan yang diderita seseorang biasanya :

  • Mual
  • Muntah
  • Kram perut
  • Sering berkeringat
  • Diare
  • Sakit perut
  • Penurunan selera makan
  • Penurunan berat badan
  • Sembelit

Karena namanya gangguan pencernaan, maka salah satu cara mengatasi dan mengurangi gejala adalah dengan makanan. Selama sakit, konsumsi makannya harus diatur dengan benar.  Makanan untuk penderita infeksi saluran pencernaan tersebut yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Pisang

Pisang merupakan buah yang disarankan ketika seseorang mengalami demam panas dan gangguan pencernaan.  Kandungan kalium pisang bersifat menenangkan secara alami dan diyakini pula dapat mengatasi dehidrasi serta kondisi muntah-muntah.

2. Nasi

Nasi yang berasal dari beras atau bubur dapat dikonsumsi penderita infeksi gangguan pencernaan, misalnya sakit maag. Nasi mengandung karbohidrat tinggi yang sangat baik. Selain itu, karbohiodrat dalam nasi mampu membuat lapisan di lambung yang teriritasi lebih baik, mengurangi infeksi pencernaan dan menenangkan rasa sakit.

3. Kentang

Kentang juga makanan yang kaya karbohidrat maka boleh Anda masukkan ke dalam menu diet harian. Konsumsi kentang bagi penderita infeksi saluran pencernaan mempunyai fungsi yang sama dengan nasi atau bubur.

4. Saus Apel

Saus apel dibuat dari apel yang dihaluskan di mana mirip dengan jus, namun sedikit lebih kental teksturnya. Apel terkenal bagus untuk kesehatan kulit, tapi ternyata baik juga untuk pencernaan. Apel menyediakan kalori yang cukup dan serat untuk penderita infeksi saluran pencernaan sekaligus sembelit.

5. Roti Panggang

Penderita infeksi pencernaan sebaiknya menghindari makanan dengan lemak tinggi. Lemak tinggi ini sulit dicerna, padahal seharusnya pencernaan beristirahat. Oleh karena itu, roti panggang menjadi pilihan yang cocok untuk mencukupi kebutuhan gizi.

6. Sup

Sup tanpa lemak tinggi baik untuk segala jenis penyakit, termasuk infeksi pada saluran pencernaan.  Sup dengan sedikit garam akan menarik cairan yang mengatasi dehidrasi.  Sup juga termasuk makanan yang mudah dicerna degan gizi hampir sempurna.

7. Kerupuk

Kerupuk dianggap sebagai makanan ringan memang walau kandungan kalorinya tinggi. Karena sebagian besar campuran kerupuk adalah tepung yang kaya karbohidrat, jadi sangat cocok bagi penderita infeksi saluran pencernaan, morning sickness dan tidak nafsu makan. Kerupuk bersifat menenangkan rasa sakit, sama dengan fungsi kentang dan nasi karena mudah dicerna.

8. Jus Buah

Hampir semua buah-buahan dapat dibuat jus. Buah sangat cocok menjadi makanan untuk yang menderita infeksi saluran pencernaan. Kandungan vitamin C yang tinggi meningkatkan imunitas tubuh dan cairan dari buahnya mengatasi dehidrasi. Buah untuk dehidrasi sendiri sangat banyak. Infeksi saluran pencernaan dapat teratasi dengan minum jus buah, khususnya bagi penderita yang menurun nafsu makannya dan inilah buah-buahan yang dapat dijadikan jus baik untuk yang mengalami infeksi saluran pencernaan antara lain :

  • Alpukat
  • Pir
  • Strawberry
  • Rasberry
  • Apel
  • Lemon

9. Sayuran

Sayuran mempunyai kandungan yang mirip dengan buah. Selain kandungan vitamin C dan airnya yang tinggi, sayuran mengandung serat yang baik bagi kesehatan pencernaan dan memulihkan infeksi saluran pencernaan. Sayuran yang sangat baik untuk dikonsumsi, antara lain :

  • Brokoli
  • Kol
  • Lobak
  • Tomat
  • Wortel

10. Kunyit

Kunyit merupakan rimpang khas Indonesia yang biasa digunakan sebagai obat tradisional, baik diminum dengan tidak berlebihan. Kunyit ini diambil sarinya yang berfungsi utama mengurangi luka dan peradangan pada usus dan lambung. Diketahui  beberapa cara mengobati asam lambung dengan kunyit putih dan cara mengolah kunyit untuk obat maag.

11. Jahe

Jahe selalu dipasangkan dengan kunyit karena efek dan rasanya menghangatkan. Jahe mempunyai antioksidan tinggi yang menurunkan berbagai jenis-jenis demam, mengurangi luka dan peradangan pada saluran pencernaan.

12. Teh

Berbagai jenis teh ternyata sangat baik mengatasi masalah pada pencernaan. Zaman dahulu, teh pahit diminumkan pada penderita diare. Teh menurunkan rasa sakit dan mengurangi peradangan yang terjadi sebagai akibat dari timbulnya infeksi usus besar. Sementara zat antipasmodik yang terkandung di dalamnya menetralkan asam lambung dan gejala kram usus.

13. Oralit

Oralit dapat dikategorikan makanan untuk penderita saluran pencernaan. Jika dibuat sendiri, oralit adalah campuran garam dengan gula yang dilarutkan dan diminum. Air dan garam berfungsi mengatasi dehidrasi jika mual, muntah, dan diare terus berlangsung. Gula memberikan energi tubuh yang banyak hilang ketika sakit.  Secara keseluruhan, oralit merangsang  usus untuk membuang segala jenis racun yang terkandung dalam makanan.

14. Biji-Bijian

Biji-bijian atau kacang-kacangan, seperti kacang mete, almond, kacang tanah, dan lain-lain mengandung serta tinggi. Bahkan kandungan proteinnya juga protein nabati yang mudah dicerna. Serat dari biji-bijian dapat membersihkan usus dari endapan zat makanan yang tersisa.

15. Air Kelapa

Air kelapa mengandung banyak ion yang diperlukan tubuh. Ketika seseorang diare, kehilangan ion yang banyak dapat tergantikan dengan minum air kelapa. Air yang jika diminum menyegarkan ini juga menjadi penangkal racun yang masuk dalam saluran pencernaan.

16. Minumam dan Makanan Probiotik

Minuman dan makanan  probiotik dapat  melawan bakteri yang ada dalam tubuh.  Minuman fermentasi yang rasa asam ini mengandung banyak bakteri yang dapat disebut sebagai bakteri baik.  Beberapa macam minumam proboiotik, antara lain :

  • Yakult
  • Yogurt
  • Tempe
  • Oncom
  • Kefir
  • Kimci

17. Ubi Jalar

Ubi jalar termasuk makanan tradisional di mana kini bahan ini digunakan sebagai tepung pembuat berbagai kue.  Ubi jalar membantu usus berfungsi normal kembali setelah sakit yang disebabkan oleh infeksi saluran pencernaan sekalipun.

18. Bawang Putih

Bawang putih  terkenal dengan kandungan antibiotik alami. Oleh karena itu, bumbu dapur ini dapat dikonsumsi langsung atau tidak langsung untuk mengatasi infeksi bakteri, seperti bakteri Salmonella Thypi menyerang usus dan menyebabkan gejala diare dan mual.

Sekian tentang makanan untuk penderita infeksi saluran makanan paling baik dan menyehatkan. Gangguan pencernaan seperti ini harus juga coba dicegah dengan menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan, makan teratur, dan bergaya hidup sehat.

You may also like