10 Jenis Demam yang Wajib Diketahui

1568

Selain penyebab-penyebab yang memunculkan demam, serta makanan-makanan yang menyebabkan demam satu hal lain yang perlu dipelajari adalah jenis-jenis demam. Ini juga akan menjadi materi penting bagi kamu dalam usaha mengantisipasi datangnya demam di dalam tubuh. Sebab demam memiliki beberapa jenisnya, tentu ini akan menjadi wawasan bagi bagi Anda, supaya tau lebih dalam mengenai penyakit yang tidak diharapkan muncul di dalam tubuh. Dengan mengetahui jenis-jenis demam ini, kita sekaligus bertambah paham mengenai demam. Sehingga akan mudah mengantisipasi ketika suatu waktu demam tidak bisa teratasi dan muncul di dalam tubuh. Untuk itu artikel ini akan mengulas sepuluh jenis demam yang wajib Anda ketahui.

  1. Demam Septik

Jenis demam yang pertama adalah demam septik, demam yang satu ini biasanya disebabkan karena lemahnya kita dalam menjaga kebersihan. Nama lain dari demam yang satu ini adalah demam hektik atau biasa dikenal dengan sebutan nama tifoid. Demam yang satu ini umumnya membuat suhu si Penderitanya akan mengalami peningkatan suhungga hingga mencapai 38 derajat celcius ketika malam hari tiba, yang kemudian berangsur membaik menjelang pagi hari tiba. Orang yang mengalami demam ini biasannya akan mengalami sakit kepala bagian depan, munculnya bercak kotor pada lidah, rasa nyeri pada otot, serta dibarengi dengan gangguan pada perut. Demam ini sering berlangsung lama menyerang tubuh, berkisar antara lima sampai enam hari. Agar terjauh dari demam ini, disarankan untuk menjaga kebersihan dengan tertib.

  1. Demam Remiten

Jenis demam selanjutnya adalah demam remiten. Demam juga menjadi salah satu jenis demam yang menakutkan dan harus dihindari. Orang yang menderita demam jenis ini akan ditandai dengan suhu tubuhnya yang akan terus mengalami turun dalam setiap harinya, serta dibarengi dengan situasi sulit kembali pada suhu normalnya. Demam yang satu ini umumnya menyerang para anak-anak. Demam yang satu ini butuh waktu tiga hari dalam proses diagnosannya, sebab efek lain demam ini sulit untuk dikenali. Virus influenza, infeksi telinga, infeksi amandel serta imunitas yang dinilai sebagai penyebab munculnya demam ini. Cara mengatasi demam yang satu ini dengan mengkonsumsi menu makan yang dapat menurunkan demam. Anda juga disarankan mengetahui penyebab demam menggigil.

  1. Demam Intermiten

Jenis demam ketiga, yang juga harus kamu ketahui adalah demam intermiten. Demam jenis ini juga akan membuat tubuhmu terganggu, terlebih dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Penyebab utama demam ini adalah malaria. Sebagai penanda orang yang menderita demam yang satu ini adalah ketika ia mengalami kenaikan suhu secara tiva-tiba, namun tidak dalam waktu lama kemudian turun kembali. Penyebab lain demam yang satu ini adalah adanya gangguan pada kelenjar getah bening, serta endokarditisi yakni peradangan yang terjadi pada bagian otot jantung.

  1. Demam Kontinyu

Demam kontinyu merupakan demam yang kebanyakan penderitanya adalah seorang anak-anak.  Anak yang mengalami demam ini akan mengalami situasi suhu tubuh yang tidak teratur, yakni naik turun tidak menentu. Serangan penyakit malaria falciparum malignan, digadang menjadi penyebab kuat munculnya demam ini. Anda disarankan untuk membaca malaria tropika

  1. Demam Siklik

Jenis demam yang kelima, dalam ilmu kedokteran dinamai dengan  demam siklik. Demam ini merupakan demam yang menakutkan, sebab demam ini sebagai petanda bahwa orang tersebut terserang demam berdarah dengue. Berakibat pada penaikkan suhu tubuh secara drastic, bisa mencapai 40 derajat celcius dalam beberapa hari. Kemudian di hari selanjutnya akan berangsur menurun, yang seolah olah orang tersebut sembuh. Namun sebaliknya kondisi tersebut justru termasuk masa kritis. Sebab hari selanjutnya demam akan kembali naik kembali, dan gejala ini akan sulit proses penyebuhannya ketika tidak disertai dengan proses penyembuhan yang baik. Untuk itu penderita demam ini disarankan untuk melakukan tes darah agar dapat diketahui dengan jelas gejala dan cara mengatasinya.

  1. Demam Infeksi

Selanjutnya jenis demam yang keenam adalah demam infeksi. Demam jenis ini umumnya disebabkan karena dua hal, pertama ada yang disebabkan karena virus, ada juga disebabkan karena masuknya binatang kecil kedalam tubuh. Sebab kebiasaan yang tidak bersih. Lagi-lagi demam ini kebanyakan menyerang anak-anak. Demam ini bisa sembuh dengan sendirinya, namun hal ini tidak bisa menjadi jaminan. Sebab bisa jadi demam tidak turun dalam waktu lama. Kondisi ini kemudian disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter, agar jelas penyebab dan cara mengatasinya. Baca juga cici-ciri lingkungan bersih.

  1. Demam Non Infeksi

Demam ini disebabkan karena adanya penyakit di dalam tubuh. Penyakit ini disebabkan karena penyakir turunan, yang ditakutkan dari demam ini adalah ketika sebagai tanda penyakit turunan yang membahayakan seperti leukemia, tumir, rematik serta penyakit keturunan lainnya.

  1. Demam Fisiologi

Demam ini umumnya disebabkan karena ulah anak yang sering terkena sinar matahari langsung, atau disebabkan karena kekurangan cairan dan mengakibatkan akan mengalami dehidrasi. Untuk itu demam  ini hanya perlu minum air dalam jumlah yang banyak, dan istirahat cukup.

  1. Demam Tokesemia

Demam ini diakibatkan karena mengonsumsi obat yang tidak sesuai dengan anjuran yang sudah ditetapkan.

  1. Demam Persiten

Demam ini disebabkan karena adanya gejala paru-paru kronis. Penderita demam ini dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter agar jelas bagaimana cara mengatasinya dengan cepat. Baca juga demam dengue.