Mengenal Kandungan Nutrisi Steak Sirloin

1206

Steak Sirloin merupakan salah satu makanan siap saji jenis steak yang banyak memiliki penggemar dari seluruh dunia. Sirloin adalah daging bagian belakang sapi yang memiliki tekstur lembut sehingga ideal dijadikan sebagai olahan makanan berupa steak dan yang lainnya.

Sirloin terbagi menjadi 2 kelompok yaitu sirloin atas dan sirloin bawah. Namun yang banyak memiliki penggemar adalah bagian atas karena bercita rasa lembut dibandingkan bagian bawah. Yang umum digunakan sebagai steak adalah sirloin dan tenderloin.

Meskipun termasuk sajian cukup terkenal dan banyak memiliki penggemar, bagaimanakah tentang kandungan gizi terdapat dalam steak dibalik kelezatan rasa dan harga yang mahal ?

Kami rangkum dari berbagai sumber berita akan menjelaskan tentang kandungan nutrisi terdapat dalam steak sirloin sebagai berikut :

Steak banyak mengandung kalori

Untuk takaran per 8 ons daging sapi sirloin atas banyak mengandung kalori yaitu sekitar 400 kalori. Sedangkan kadar protein di dalamnya mengandung kalori sebesar 280 kalori disertai kandungan lemak yang menyediakan asupan kalori sebesar 120 kalori. Beberapa pakar kesehatan menjelaskan lebih lanjut tentang porsi steak sirloin atas sudah dapat memenuhi asupan kebutuhan kalori harian untuk rata – rata individu yang gemar mengkonsumsi steak sirloin.

Steak banyak mengandung vitamin

Diketahui bahwa sirloin atas merupakan salah satu sumber lemak dan kandungan protein baik yang membuat tubuh penuh semangat dalam menjalani kegiatan sehari – hari juga memberikan asupan tubuh anda terhadap beberapa vitamin penting. Sirloin menyediakan nutrisi khusus untuk tubuh anda seperti 4 mcg vitamin, vitamin B 12, 19 mg niasin, 1,5 gram vitamin B6 dan 0,35 mg riboflavin. Selain itu mengandung vitamin K, E, asam pantotenat, tiamin dan folat. Semuanya merupakan kelompok vitamin B kompleks yang bermanfaat guna menjaga kesehatan tubuh anda.

Mengandung asupan mineral dibutuhkan oleh tubuh

Tubuh anda wajib mendapatkan asupan berbagai jenis mineral guna pemenuhan asupan kandungan gizi terhadap makanan yang anda konsumsi setiap hari, maka dari itu dengan mengonsumsi 8 ons steak sirloin terdapat beberapa kandungan gizi di dalamnya yaitu 12 mg seng, 525 mg fosfor, 75 mcg selenium, 4 mg zat besi, dan 850 mg kalium di dalam steak sirloin atas.

Berikan perhatian khusus yang lainnya sebagai berikut :

Jika steak sirloin disajikan dan diolah dengan cara – cara yang berbeda maka gizi di dalam kandungan steak sirloin dapat berubah – ubah, contohnya adalah dipanggang, dioven, atau memasak dengan memanfaatkan panas tinggi merupakan beberapa cara terbaik untuk memasak sirloin steak karena metode memasak dengan cara berbeda – beda tersebut akan membantu anda dalam menurunkan kadar kandungan lemak di dalam daging.

Bagi orang yang suka menyantap steak sirloin perlu diperhatikan bahwa steak yang anda pilih jika terlalu banyak mengandung lemak di dalamnya maka kemungkinan besar dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah, dan ini dapat memicu munculnya sejumlah penyakit erat kaitannya dengan Penyakit Kardiovaskuler.

Salah satu cara efektif guna mengurangi kelebihan lemak di dalam steak sirloin adalah dengan memasaknya dengan bahan – bahan pelengkap yang tidak mudah membuat badan bertambah gemuk. Misalnya adalah menggoreng / menumis dengan minyak zaitun, tambahan sayuran dan buah – buahan segar serta menghindari pengaplikasian krim yang dapat menggemukkan seperti krim mayones, keju dan   krim asam.