5 Cara Mengolah Kunyit Untuk Obat Maag Paling Mudah dan Ampuh

6024

Kunyit merupakan sebuah rempah yang berasal dari Asia Tenggara di mana kita pun tentunya sudah tak asing dengan bahan alami satu ini. Kerap dijadikan sebagai obat herbal atau tradisional untuk penyakit luar maupun dalam, sudah tak diragukan lagi kebaikan-kebaikan luar biasa yang ditawarkan oleh kunyit ini. Lalu, bagaimana dengan cara mengolah kunyit untuk obat maag?

  1. Kunyit dan Kayu Manis

Kunyit kaya akan kurkumin berikut juga minyak atsiri, karbohidrat, mineral, vitamin, pati, protein serta lemak serta juga masih banyak zat-zat baik lainnya. Sementara itu, kayu manis juga kaya akan kandungan minyak atsiri, ditambah pula dengan kalsium oksalat, tanin, eugenol dan safrole sehingga menjadi kombinasi yang pas untuk kunyit sebagai obat maag.

Cara Penggunaan: Sediakan saja 5 ruas kunyit beserta kayu manis sesuai dengan kebutuhan. Pastikan untuk membersihkan kunyit lebih dulu dan iris-irislah. Kunyit kemudian dapat kita rebus bersama-sama dengan kayu manis tadi. Angkatlah ketika sudah mendidih dan bisa diminum teratur sehari 2 kali supaya penyakit maag cepat sembuh.

  1. Kunyit dan Kuning Telur

Selain dengan kayu manis, kunyit merupakan rempah yang bisa kita kombinasikan dengan kuning telur mentah sebagai obat maag alami dan mujarab. Jika tertarik, berikut di bawah ini adalah cara penggunaan yang bisa coba dipraktikkan.

Cara penggunaan: Sediakan kunyit beberapa ruas yang kemudian bisa kita kupas lebih dulu dan cuci dengan air mengalir sampai ebrsih. Kunyit lalu kita parut lebih dulu sebelum dimasukkan ke dalam air secukupnya untuk direbus. Air rebusan nantinya bisa disaring dan ditambahkan dengan kuning telur mentah, aduk rata, masukkan gula dan siap kita konsumsi.

  1. Air Kunyit

Selain dari dua buah resep sebelumnya, pengolahan kunyit paling sederhana namun bisa diandalkan adalah air kunyit. Cukup hanya dengan menyiapkan bahan kunyit dan air, Anda sudah bisa membuat ramuan dengan mudah untuk mengobati sakit maag.

Cara penggunaan: Sediakan 3 ruas kunyit berikut juga air sesuai kebutuhan, biasanya 2 gelas air. Cuci dulu kunyit tersebut setelah dibersihkan dengan air biasa. Kupaslah dan kemudian lanjutkan dengan memotong-motongnya. Rebus sampai mendidih dan tunggulah sampai airnya menguapn sebelum diangkat. Saringlah sebelum mengonsumsinya dan pastikan untuk meminum ramuan air kunyit ini sehari 2 kali supaya penyakit maag bisa sembuh secara total.

  1. Jamu Kunyit

Bila tak ingin terlalu ribet atau repot, sebenarnya kita bisa membeli jamu tradisional dengan berbahan utama kunyit. Jamu dengan campuran kunyit yang sudah jadi bisa Anda beli dan minum secara rutin sampai penyakit maag atau gejala penyakit maag benar-benar hilang. Dalam seminggu, dianjurkan untuk mengonsumsi jamu paling tidak 2-3 kali dengan tujuan menjaga kesehatan lambung dan tubuh.

  1. Kunyit Sebagai Campuran Masakan

Kini kita pun sudah cukup mudah mendapatkan kunyit dalam bentuk bubuk sehingga jauh lebih praktis penggunaannya. Supaya penyakit maag cepat reda dan tak mudah kambuh, cobalah untuk menjadikan bumbu kunyit sebagai bahan dasar pembuat makanan atau masakan Anda.

Beberapa masakan yang cocok bisa juga kita tambah dengan bubuk kunyit secukupnya agar juga menjadi cara pencegahan penyakit maag. Namun, sebaiknya penggunaan pun tidaklah berlebihan sebab tetap ada efek samping kunyit yang perlu kita perhatikan dan hindari.

Dengan kelima resep atau cara mengolah kunyit untuk obat maag tersebut, kiranya bagi Anda penderita maag yang ingin menyembuhkan secara alami bisa mencobanya segera. Dosis bisa disesuaikan dengan kebutuhan saja dan gangguan pencernaan pada lambung akan teratasi secara sempurna.