8 Buah Untuk Sakit Maag Kronis yang Bisa Meredakan Sakit Maag

Memiliki sakit maag kronis tentu saja akan sangat mengganggu. Penyakit maag yang seringkali dianggap hanya penyakit biasa sehingga membuat penderitanya tidak melakukan perawatan dan penanganan dengan serius. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan munculnya penyakit maag kronis. Selain disebabkan oleh perawatan yang tidak tepat dan benar, maag kronis ini juga bisa disebabkan oleh konsumsi obat – obatan tertentu dalam waktu panjang sehingga merusak lambung, pola hidup yang tidak sehat, dan juga masalah pada lambung.

Untuk menghindari sakit karena maag kronis ini maka ada beberapa buah yang baik untuk mengatasinya. Beberapa buah untuk sakit maag kronis yang bisa meredakan sakit ini diantaranya adalah

  1. Pisang
    Pisang merupakan buah yang sangat baik untuk berbagai masalah pada pencernaan. Salah satu manfaat dari pisang ini adalah kemampuannya untuk membuat kadar keasaman di dalam lambung menjadi seimbang. Hal ini karena di dalam buah pisang mengandung kalium  yang tinggi. Selain itu, di dalam buah pisang juga banyak sekali terdapat kandungan potasium yang tinggi yang akan mampu menormalkan tekanan darah.
  2. Pepaya
    Di dalam pepaya mengandung enzim papain dan juga enzim propeolitik yang akan membantu memperlancar di dalam proses pencernaan. Pepaya merupakan buah yang sangat baik bagi penderita maag karena di dalam buah pepaya banyak sekali terdapat kandungan asam asetat dan asam askorbat yang bisa bermanfaat sangat baik untuk menjadi obat bagi penyakit lambung. Itulah yang menyebabkan pepaya merupakan obat maag alami.
  3. Mangga
    Selain karena rasanya yang manis, mangga juga merupakan buah yang banyak digemari karena di dalamnya terkandung banyak sekali nutrisi. Salah satu hal yang terkandung di dalam buah mangga adalah karena di dalamnya terkandung anti oksidan yang akan membantu tubuh terhindar dari berbagai radikal bebas. Selain itu, di dalam buah mangga juga terkandung anti inflamasi yang menyebabkan buah mangga sebagai anti radang alami. Mengkonsumsi buah mangga juga akan menjaga kondisi di dalam perut tetap dingin dan terhindar dari asam.
  4. Kelapa
    Buah kelapa teruatama airnya merupakan bahan yang sangat baik untutk mengatasi penyakit lambung. Di dalam air kelapa ini banyak sekali mengandung enzim bioaktif alami seperti enzim fosfatase, enzim katalase, enzim dehidrogenase, enzim diastase, enzim peroxidase, dan juga enzim lainnya. Secar keseluruhan, enzim – enzim ini akan sangat membantu di dalam memperlancar sistem metabolisme dan juga sistem pencernaan di dalam tubuh. Air kelapa juga merupakan obat yang akan sangat berguna untuk mengendalikan asam yang bisa menjadi penyebab utama timbulnya penyakit maag.
  5. Semangka
    Semangka menjadi buah yang sangat baik untuk penderita maag kronis karena di dalam buah semangka banyak sekali mengandung citrulline asam amino. Citruline asam amino ini merupakan zat yang akan sangat membantu tubuh dalam menciptakan amonia. Amonia merupakan zat yang akan sangat berguna untuk menjaga tingkat keasaman di dalam tubuh.

  6. Mentimun
    Mentimun juga merupakan salah satu makanan untuk penderita maag kronis yang sehat yang bisa menjadi cara untuk mengatasi maag kronis. Dengan mengkonsumsi mentimun kita akan bisa mengurangi panas di dalam tubuh. Mentimun juga akan sangat baik untuk mencegah rasa nyeri di perut. Mentimun juga akan efektif menurunkan kadar asam di dalam perut yang menjadi penyebab munculnya penyakit maag kronis ini.
  7. Alpukat
    Aplukat juga merupakan salah satu buah yang sangat baik untuk obat maag kronis. Pada dasarnya buah yang memiliki kandungan serat tinggi memang sangat baik bagi kesehatan lambung. Di dalam aplukat ini memang banyak sekali memiliki kandungan gizi dan nutrisi, Alpukat merupakan buah yang memiliki kadar lemak yang tinggi. Selain itu juga alpukat merupakan buah yang sangat kaya dengan vitamin A, vitamin B, Vitamin B12, Vitamin C, Vitamin D, dan juga vitamin E.
  8. Jeruk
    Jeruk juga merupakan buah yang akan sangat baik bagi penderita maag kronis. Di dalam jeruk ini terdapat asam asetat dan juga asam askorbat yang akan sangat baik sebagai obat untuk mengurangi dan menghilangkan rasa sakit akibat penyakit maag kronis.

Itulah beberapa buah untuk maag kronis yang sangat baik. Sementara itu, untuk menghindari akibat lebih parah dari maag kronis, maka sebaiknya kita tidak mengkonsumsi makanan yang tidak boleh bagi penderita maag kronis seperti ini :

  • Tidak mengkonsumsi makanan yang sulit dicerna oleh tubuh
  • Tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang bisa merangsang keluarnya asam lambung.
  • Tidak mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar karbohidrat tinggi.
  • Tidak mengkonsumsi makanan yang bersantan karena ada banyak bahaya santan bagi penderita maag.
  • Tidak mengkonsumsi makanan yang berbumbu pedas
  • Tidak mengkonsumsi makanan yang bisa merusak lambung
  • Tidak mengkonsumsi obat – obatan yang bisa menyebabkan kerusakan lambung
  • Tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi

Itulah beberapa buah yang untuk sakit maag kronis yang bisa meredakan sakit yang diderita dan juga berbagai jenis makanan untuk penderita maag kronis yang harus kita hindari untuk mencegah munculnya akibat lebih parah dari maag kronis tersebut.

 

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Buah Sehat