Home MakananBuah Sehat Wajib Konsumsi ! Buah Mengandung Vitamin A untuk Kesehatan Mata Paling Sehat

Wajib Konsumsi ! Buah Mengandung Vitamin A untuk Kesehatan Mata Paling Sehat

by Henny Anugerah

Buah yang mengandung vitamin A untuk kesehatan mata dapat langsung dikonsumsi atau digabung bersama sayuran atau juga bisa diolah menjadi jus sehat harian yang berguna untuk meningkatkan fungsi mata atau yang berhubungan dengan kualitas ketajaman penglihatan.

Manfaat

Manfaat vitamin A untuk mata dan  kesehatan adalah:

  • Mempertajam daya penglihatan
  • Mencegah dan mengatasi rabun jauh/rabun senja
  • Menyembuhkan gejala penyakit katarak
  • Penyakit mata akibat diabetes
  • Melindungi jaringan retina dari dehidrasi
  • Mencegah bahaya glaukoma pada mata
  • Mencegah rusaknya sel jaringana mata akibat radikal bebas  dan lain lain.

Jenis buah

Daftar buah mengandung vitamin A tertinggi untuk kesehatan mata yang bisa dikonsumsi setiap hari dan tanpa efek samping , Diantaranya:

1.Markisa – Dalam buah markisa matang terdapat vitamin A yang cukup tinggi yaitu1274 IU per 100 gram. Buah markisa bisa dijadikan sebagai buah mengandung vitamin A untuk kesehatan mata paling manjur.

2.Pepaya – Satu pepaya matang ukuran sedang memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi yaitu 276 mg vitamin A / 100 gr. Buah pepaya bisa dari jenis pepaya lonjong , Pepaya bangkok atau jenis pepaya california dimana berbagai macam jenis pepaya tersebut merupakan jenis buah mengandung vitamin A untuk kesehatan mata segala usia. Konsumsilah tidak berlebihan untuk menghindari efek samping buah pepaya bagi kesehatan yang ternyata belum banyak orang tahu.

3.Melon –  Buah melon yang berdaging putih atau kuning adalah salah satu buah mengandung  vitamin A untuk kesehatan mata yang paling mudah diperoleh dan terkenal dengan harganya yang ramah dikantong yaitu sekitar 3382IU/100 gr. Sangat layak untuk dijadikan buah harian yang bisa disantap pagi dan sore hari.

4.Ceri –  Buah ceri mempunyai kadar vitamin A sekitar767 IU Vitamin A/100 gr. Buah ceri yang matang dan berwarna merah bisa dijadikan jus sehat untuk mata pria dan mata segala usia. Ceri adalah salah satu buah yang direkomendasikan para ahli gizi sebagai buah mengandung vitamin A untuk kesehatan mata yang mengandung zat antioksidan tinggi.

5. Mangga- Mangga adalah salah satu buah yang banyak disukai segala usia karena mempunyai citarasa yang manis . Didalamnya terdapat kandungan vitamin A sebesar 1082 IU/100 gr. Buah ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari .

6. Alpukat – AlpukatSelain mengandung vitamin E yang cukup tinggi ternyata vitamin A juga ada didalamnya yang dapat membatu kesehatan jaringan mata terutama untuk melindungi kerusakan pada retina yang menjadi penyebab mata rabun.  Kandungan vitamin A pada alpukat adalah 146 IU vitamin A/100 gr. Agar terhindar dari efek samping alpukat bagi kesehatan maka konsumsilah cukup satu buah saja dalam satu hari.

7.Semangka – Semangka adalah jenis buah yang mengandung banyak air terapi disetipa tetes sarinya terkandung banyak vitamin A . Dalam  semangka terdapat vitamin A sebesar 569 IU di setiap 100 gram nya

8. Jeruk – Jeruk adalah salah satu buah yang paling banyak dicari karena selain mudah untuk mendapatkannya  ternyata jeruk memiliki  vitamin C yang tinggi bahkan vitamin A  yaitu sekitar  225 IU per 100 gramnya. Jeruk yang dimaksud adalah jenis jeruk buah, Termasuk pula jeruk bali dan jeruk lemon.

9. Persik – Buah persik memiliki kandungan vitamin A sebesar 326 IU/100 gr. Buah persik layak direkomendasikan sebagai buah mengandung vitamin A untuk kesehatan mata yang nilmat dan aman. Buah persik bisa dijadikan santapan harian yang bisa dikonsumsi sebelum sarapan pagi .

10.Jambu biji – Buah jambu biji adalaha salah satu jenis buah kaya manfaat selain bisa meningkatkan hemoglobin atau sel darah merah pada penderita demam berdarah ternyata bisa pula meningkatkan kesehatan jaringan mata , Karena terdapat vitamin A sebesar624 IU vitamin A per 100 gram. Tak heran jika jambu biji adalah buah mengandung vitamin A untuk kesehatan mata yang paling banyak dicari setelah mangga dan jeruk.

Semua buah yang mengandung vitamin A bisa digabung dengan jenis buah yang juga dari keluarga sayuran yang memiliki kandungan vitamin A super tinggi yaitu tomat, Paprika merah dan wortel. Tomat, Paprika merah  atau wortel dapat diblender bersama buah buhan untuk dijadikan jus. Selain akan menambah citarasa jus semakin nikmat , Nilai gizi yang ada  juga akan meningkat, Dengan kata lain nilai nutrisi bukan hanya dilihat dari pasokan vitamin A saja tetapi vitamin lain dan zat mineral yang ada didalamnya.

You may also like