16 Efek Samping Alpukat Bagi Kesehatan

Efek samping alpukat adalah reaksi tidak baik setelah mengkonsumsi alpukat yang mempengaruhi organ organ tubuh tertentu dan merugikan kesehatan.

Alpukat adalah salah satu jenis buah yang kaya manfaat karena dapat meningkatkan kesehatan tubuh pria atau wanita disegala usia, Namun juga bisa menyebabkan keluhan kesehatan jika dikonsumsi dalam takaran yang tidak tepat dan tidak sesuai dengan anjuran ahli gizi yang terkait.

Efek samping

1.Kegemukan/obesitas

Efek samping alpukat yang paling populer adalah menyebabkan penumpukan lemak didalam tubuh jika alpukat dikonsumsi terus menerus secara berlebihan. Dalam porsi satu cangkir buah alpukat ukuran sedang mengandung 240 kalori dan 22 gr lemak. Hal ini Kandungan kalori dan lemak dalam alpukat tergolong tinggi tinggi sehingga bisa mempercepat penambahan bobot tubuh dan muncul masalah kegemukan hingga pada gejala obesitas yang wajib diwaspadai. Buah alpukat yang dikonsumsi terlalu sering dapat pula menggagalkan program diet seimbang.

2.Gangguan tulang

Didalam buah alpukat tidak memiliki kandungan zat kalsium yang memadai . Efek samping alpukat  yang dikonsumsi  terlalu banyak atau setiap hari secara berlebihan tanpa diimbangi dengan makan buah buahan jenis lain,  Maka akan menyebabkan gangguan tulang seperti munculnya gejala oeteoporosis dan pencegahannya harus segera anda ketahui sebelum masalah tersebut mengacu pada keroposnya tulang lebih lanjut.

3.Kelainan otot

Buah alpukat tidak mengandung banyak zat protein yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan jaringan otot sehingga efek samping alpukat yang cukup merugikan orang orang yang gemar dengan olahraga yang berhubungan dengan pembesaran massa otot seperti fitnes, Angkat barbel dan sebagainya adalah menyebabkan munculnya kelainan otot pada manusia yang sering terjadi  misalnya fungsi massa otot menjadi semakin lemah dan mengecil.

4. Kualitas ASI berkurang

Buah alpukat memang sehat jika dikonsumsi oleh ibu yang sedang masa menyusui , Tetapi jika berlebihan mengkonsumsinya maka zat zat yang ada pada buah alpukat Bisa menyebabkan munculnya efek samping alpukat yaitu merusak jaringan susu sehingga nutrisi dalam ASI menjadi berkurang.

5. Nafsu makan berkurang

Selain efek samping alpukat dapat menurunkan kualitas terbaik dari manfaat ASI ternyata bisa menyebabkan bayi yang telah berusia 1 hingga 2 tahun mengalami penurunan nafsu makan karena buah alpukat bersifat mengenyangkan dengan durasi waktu yang cukup lama.

6. Mencret

Alpukat merupakan makanan MPASI bayi yang baik untuk perkembangan tubuh dan otak bayi, Tetapi jika diberikan pada bayi terus menerus tanpa diimbangi dengan asupan dari makanan lain yang memiliki kandungan nutrisi lebih lengkap maka efek samping alpukat pada bayi adalah mengalami gangguan pada sistem pencernaan berupa mencret atau diare.

7. Gejala anemia

Salah satu efek samping alpukat jika dikonsumsi terlalu banyak  setiap hari adalah munculnya penyakit kurang darah. Buah alpukat sangat minim zat besi sehingga bisa menyebabkan seseorang menderita gejala anemia . Kondisi ini berlaku pada pria dan wanita  dengan segala usia. Ciri Ciri kekurangan zat besi bagi tubuh salah satunya adalah mudah merasa lelah dan lesu.


8. Reaksi alergi

Pada orang orang yang memiliki alergi lateks alami terhadap buah buahan tertentu misalnya buah alpukat, Sebaiknya tidak mengkonsumsi alpukat terlalu banyak atau terlalu sering karena efek samping alpukat yang cepat bereaksi adalah munculnya reaksi alergi gatal pada kulit, Ruam kemerahan hingga terjadi pembengkakan. Jika anda tetap ingin memgkonsumsi alpukat sebagai buah kesukaan maka makanlah sewajarnya saja dan sebaiknya telah mengetahui bagaimana cara mengobati alergi makanan yang manjur dan herbal, Agar ketika muncul alergi anda tidak perlu khawatir lagi.

9.Gangguan fungsi hati

Ada jenis alpukat lain yaitu alpukat Meksiko yang ternyata tidak lebih baik dari alpukat biasa asal Asia termasuk Indonesia. Alpukat Meksiko mengandung senyawa estragole dan Anethole yang dapat menimbulkan efek samping alpukat yang berbahaya yaitu gangguan fungsi hati. Fungsi hati menjadi menurun akibat meningkatkan reaksi zat yang bersifat karsinogenik atau racun dalam tubuh yang dihasilkan dari kedua senyawa tersebut. Beralihlah pada buah lain atau makanan untuk menyehatkan fungsi hati paling ampuh agar terhindar dari gangguan fungsi hati.

10.Gangguan pencernaan lambung

Mengkonsumsi jus alpukat sebaiknya digabungkan dengan buah lain agar manfaat nutrisinya dapat cepat dirasakan, Misalnya digabung dengan apel.  Mengkonsumsi alpukat saja secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping berupa gangguan pencernaan pada lambung manusia yang umum terjadi misalnya sakit perut, Perut melilit,  Mual dan muntah. Kondisi tersebut muncul akibat dinding dan saluran pencernaan mengalami luka, Iritasi  atau peradangan yang terjadi akibat reaksi dari senyawa yang ada pada alpukat.

11.Menyerap kolesterol baik (HDL)

Nutrisi pada buah alpukat baik bagi kesehatan tubuh terutama mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Namun ketika buah alpukat dikonsumsi secara berlebihan justru dapat menyebabkan fungsinya terbalik menjadi merugikan kesehatan . Efek samping alpukat yang muncul adalah penurunan kolesterol baik (HDL) secara bertahap, Sedangkan kadar kolesterol jahat justru tidak mengalami penurunan.

12.Gangguan rongga mulut

Salah satu efek samping alpukat yang adalah gangguan rongga mulut. ketika seseorang mengkonsumsi rutin jus alpukat setiap hari  maka akan meningkatkan kepekaan dinding rongga mulut terhadap zat zat yang ada pada alpukat itu sendiri. Yang akan muncul adalah reaksi alergi yang menyerang rongga mulut, Berupa sensasi rasa panas, Gatal gatal, Perih dan muncul pembengkakan pada lidah dan gusi.


13. Kekurangan gizi

Banyak orang menyukai alpukat dan dijadikan jus harian tetapi tidak mau mengkonsumsi buah buahan jenis yang lain. Jika kebiasaan ini berlangsung dalam jangka panjang maka efek saming alpukat yang mengejutkan adalah tubuh kekurangan gizi. Tahukah anda bahwa didalam alpukat tidak terdapat gizi yang lengkap yaitu berupa Kurangnya zat besi, kurangnya zat Kalsium dan protein )

14. Maag mudah kambuh

Bagi seseorang yang memiliki penyakit maag disarankan untuk tidak terlalu serig mengkonsumsi buah alpukat, karena dapat memicu meningkatnya asam lambung dan menyebabkan penyakit maag kambuh.

15.Gagal ginjal

Didalam satu buah alpukat ukuran sedang terdapat kandungan zat kalium (potassium) sebesar 21 persen. Jika jus alpukat dikonsumsi sebanyak 3 kali dalam sehari maka telah meningkatkan kadar kalium menjadi 63 persen, Kondisi ini sudah cukup berpotensi besar  menimbulkan masalah kesehatan diseputar organ ginjal yang bisa mengacu pada gejala gagal ginjal. Ketahuilah bahwa terlalu banyak zat kalium dalam tubuh dapat mengganggu fungsi ginjal dan melemahkan kinerjanya.

16.Mengurangi manfaat obat

Hindarilah minum jus alpukat dalam jumlah sedikit atau banyak sesaat ketika anda akan mengkonsumsi obat tertentu dari resep dokter. Zat yang ada pada buah alpukat dapat mengurangi manfaat obat sehingga menjadi sia sia. Zat zat pada alpukat dapat mengikat dan menyerap kimia khusus pada obat yang diformulasikan untuk proses penyembuhan. Minumlah jus alpukat 2 jam setelahnya, Namun tetap dalam takaran yang wajar.

, , , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Buah Berbahaya