5 Manfaat Coklat Untuk Lambung Dan Kesehatan Tubuh

Manfaat coklat untuk lambung sebenarnya tidak terlalu signifikan. Bahkan coklat termasuk salah satu makanan yang harus dihindari oleh penderita maag dan asam lambung. Hal ini dikarenakan kandungan kafein pada coklat cukup tinggi, dan kafein itu sendiri bisa meningkatkan sekresi asam lambung. Sehingga bagi penderita maag, konsumsi coklat sebelum makan adalah hal yang sangat tidak dianjurkan.

Namun anda tidak perlu khawatir, meskipun coklat bisa meningkatkan sekresi asam lambung. Anda masih bisa mengkonsumsi coklat karena memang masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan apabila kita mengkonsumsi coklat. Salah satu manfaat yang baik dari coklat adalah coklat bisa meningkatkan mood seseorang.

Coklat mengandung banyak senyawa serotonin yang merupakan senyawa anti depresan. Dengan mengkonsumsi coklat yang cukup, mood anda tentu akan lebih baik. Anda juga akan merasa lebih tenang dan lebih nyaman. Untuk itu bagi anda yang sedang stres karena masalah pekerjaan atau masalah yang lain. Mengkonsumsi coklat atau minuman coklat adalah salah satu solusinya.

Berikut ini merupakan 5 manfaat coklat untuk lambung dan kesehatan tubuh:

  1. Meningkatkan Produksi Insulin

Coklat merupakan bahan makanan yang mengandung senyawa flavonoid yang bermanfaat untuk tubuh. Berdasarkan penelitian, coklat hitam yang dikonsumsi secara rutin 15 hari dalam takaran 3 ons bisa membuat nilai resistensi insulin menurun. Dengan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan konsumsi coklat bisa membantu dalam pengobatan diabetes.

Dengan produksi insulin yang meningkat, maka glukosa dalam darah akan banyak diubah menjadi glikogen (gula dalam otot) sehingga kadar gula dalam darah menjadi seimbang. Tapi konsumsi coklat ini harus dibatasi, karena jika terlalu banyak juga tidak baik. Konsumsi seperlunya saja.

  1. Mengurangi Resiko Serangan Jantung

Coklat memiliki kandungan senyawa flavonoid yang berfungsi untuk menurunkan tingkat pembekuan darah oleh trombosit. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi penderita penyakit jantung. Dengan manfaat tersebut tingkat pembekuan darah dalam pembuluh darah jantung akan menurun sehingga tidak mudah terbentuk gumpalan atau blok di dalam pembuluh darah jantung.

Blok atau gumpalan darah dalam pembuluh darah jantung merupakan salah satu penyebab tersumbatnya aliran darah di jantung. Dengan mengurangi resiko penumpukan blok tersebut, coklat bisa bermanfaat untuk mengurangi resiko stroke dan serangan jantung lainnya.

  1. Menurunkan Berat Badan

Coklat merupakan bahan makanan yang mengandung setidaknya 14% karbohidrat, 9% protein serta 31% lemak. Dengan kandungan nutrisi tersebut, coklat mampu membuat perut lebih kenyang dan tidak mudah lapar. Oleh karena itu coklat sebenarnya merupakan bahan makanan yang boleh dikonsumsi oleh anda yang sedang diet.

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Dengan kandungan senyawa flavonoid yang merupakan antioksidan. Senyawa tersebut akan menangkap semua radikal bebas di dalam darah seperti kolesterol dan zat lain yang mengganggu sirkulasi darah. Dengan ditangkapnya radikal bebas itu, maka aliran darah akan menjadi lancar sehingga tubuh tentu akan menjadi lebih sehat.

  1. Mengurangi Resiko Penuaan

Sebagaimana sudah saya sebutkan di atas, coklat memiliki kandungan serotonin yang membantu untuk meningkatkan mood, anti depresan, serta membuat kita merasa lebih bahagia dalam menjalani hidup. Dengan mood yang baik dan perasaan yang bahagia itu, tentu hidup kita akan menjadi lebih nyaman sehingga kehidupan akan terasa lebih tentram. Dengan hidup yang lebih nyaman, tentu penuaan dini bisa diatasi.

Meskipun coklat memiliki banyak sekali manfaat, jika anda adalah seseorang yang memiliki maag, maka saya sarankan agar tidak mengkonsumsi coklat sebelum makan. Demikian 5 manfaat coklat untuk lambung dan kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

, , ,