Home Tips KesehatanKesehatan Pencernaan 30 Cara Membersihkan Usus Dari kotoran Secara Alami dan Ampuh

30 Cara Membersihkan Usus Dari kotoran Secara Alami dan Ampuh

by Erlita

Gangguan pencernaan merupakan masalah yang umum bukan? Namun meski umum, pencernaan yang tak lancar bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari kita. Banyak dari kita mulai mengonsumsi makanan-makanan masa kini yang kandungan nutrisinya termasuk rendah dan justru mengandung kaya akan zat aditif. Zat-zat tersebutlah yang pada akhirnya malah mengotori usus kita.

Seperti kita tahu, usus merupakan bagian penting dalam sistem pencernaan kita dan bahkan pada sistem daya tahan tubuh. Proses pembersihkan usus sebetulnya termasuk mudah dan tak perlu harus menggunakan cara medis. Ada berbagai cara membersihkan usus secara alami untuk Anda intip sebagai berikut dan cara-cara ini juga tergolong aman untuk dicoba.

Baca juga:

  1. Mengonsumsi Air Putih

Agar tetap sehat, usus kita perlu tetap dalam kondisi terhidrasi dan salah satu cara menghidrasinya adalah dengan banyak minum air putih. Penting bagi kita semua mengonsumsi minimal 8 gelas air putih per hari yang itu artinya setara dengan 2 liter. Zat-zat racun yang menumpuk akan mampu terbuang berkat air putih.

  1. Mengonsumsi Jahe

Jahe adalah salah satu rempah yang tak hanya baik dikonsumsi ketika sedang batuk atau masuk angin. Meski ada efek samping jahe, jahe merupakan bahan alami yang baik dalam merangsang fungsi usus besar dan membuang racun-racun berbahaya. Jus jahe, teh jahe, atau parutan jahe bisa dikonsumsi secara rutin.

  1. Mengonsumsi Alpukat

Buah alpukat kaya akan vitamin E dan lemak baik, namun bukan itu saja, melainkan juga mampu membantu membersihkan usus secara aman. Buah ini termasuk makanan yang mengandung serat tinggi, baik larut maupun yang tidak larut sehingga sangat bagus untuk kesehatan dan kebersihan usus.

  1. Mengonsumsi Apel

Buah apel sama halnya dengan buah alpukat yakni kaya akan serat yang bagus untuk kesehatan dan kebersihan usus kita. Apel juga kaya akan pektin yang merupakan jenis karbohidrat dengan tugas utama sebagai agen pengental di dalam lambung. Jus buah apel 1 gelas (tidak disaring) bisa dikonsumsi rutin dan minumlah segelas air putih setelah 30 menit.

(Baca juga: sariawan ususgejala usus bocor)

  1. Mengonsumsi Cuka Apel

Baik itu buah apel langsung atau dalam bentuk cuka sari apel, semuanya baik untuk kebersihan usus. Cuka sari apel tak hanya berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi, tapi juga menjadi pembuang toksin dan logam dari tubuh. Minumlah 1 gelas air putih yang dicampurkan dengan 1 sendok makan cuka sari apel.

  1. Mengonsumsi Lemon

Buah dengan kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi ini baik untuk usus dan pencernaan. Cukup campurkan saja perasan sebutir buah lemon dengan madu dan garam sedikit di dalam segelas air hangat. Konsumsilah setiap pagi sebelum sarapan untuk membersihkan usus.

Atau, boleh juga bila Anda ingin menggunakan 2 sendok makan perasan lemon yang dicampurkan ke dalam segelas jus apel sehingga manfaat yang didapat pun dobel dan maksimal. Akan lebih dianjurkan untuk mengonsumsinya sehari 3-4 kali, yang artinya 3-4 gelas demi usus bersih dan meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Mengonsumsi Raspberry

Buah berry pada dasarnya juga baik digunakan sebagai pembersih usus secara alami. Maka raspberry adalah salah satu yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Baik dikonsumsi langsung atau dikonsumsi dengan membuat jus raspberry sah-sah saja sesuai dengan selera Anda. Bahkan buah ini juga dapat ditambahkan ke makanan tertentu bila menginginkannya.

(Baca juga: ciri-ciri usus kotorobat usus buntu)

  1. Mengonsumsi Stroberi

Buah berry lainnya selain raspberry yang baik untuk usus adalah stroberi karena kaya akan vitamin C sehingga membersihkan usus serta meningkatkan imunitas secara luar biasa. Konsumsilah baik secara langsung atau bisa dijus karena stroberi mampu mendetoksifikasi usus besar kita tanpa efek samping berbahaya.

  1. Mengonsumsi Blueberry

Buah berry lain lagi yang bisa Anda andalkan adalah blueberry karena di dalamnya terkandung aspirin alami yang sanggup membuat kerusakan usus berkurang. Peradangan kerap menjadi masalah usus dan sistem pencernaan, maka konsumsilah blueberry yang bakal berperan sebagai antibiotik. Buah ini teramat baik karena bertugas sebagai pencegah infeksi bakteri pada saluran kencing juga.

  1. Mengonsumsi Sayuran Berdaun Hijau

Serat adalah yang dibutuhkan usus untuk bebas dari racun dan selalu dalam kondisi bersih. Sayuran hijau adalah sumber dari serat tinggi yang juga akan memenuhi nutrisi penyehat usus. Setiap kali makan, alangkah baiknya kalau Anda bisa mengonsumsi setidaknya sejenis sayuran daun hijau, seperti:

  • Kubis brussel
  • Kale
  • Alfalfa
  • Kacang polong
  • Bayam
  • Rumput jelai
  • Sawi hijau
  • Wheatgrass

(Baca juga: gangguan pencernaan pada lambungbab berbusa)

  1. Mengonsumsi Jeruk Bali

Buah jeruk bali adalah salah satu buah yang juga mengandung serat pektin tinggi. Kandungan inilah yang berkhasiat tinggi untuk usus dan kesehatan seluruh tubuh. Konsumsilah buah ini agar kandungan serat pektinnya mampu menjadi pengikat kolesterol di dalam tubuh serta pembersih toksin maupun virus yang bersarang di usus.

  1. Mengonsumsi Lidah Buaya

Selain khasiat lidah buaya untuk kulit serta pertumbuhan rambut, lidah buaya juga dapat dikonsumsi sebagai pembersih usus kita. Sifat laksatifnya sangat tinggi dan Anda hanya cukup menggunakan gelnya yang ditambahkan dengan perasan sebutir buah lemon. Blenderlah sampai menjadi jus dan dinginkan dulu sebelum dikonsumsi.

  1. Menghentikan Konsumsi Alkohol

Minuman keras atau minuman beralkohol merupakan salah satu pemicu usus tak sehat. Anggur, bir atau jenis minuman beralkohol lainnya memiliki efek yang sama dan bahkan mampu merusak kesehatan sistem saraf otak. Meminum minuman beralkohol mengakibatkan juga dehidrasi serta konstipasi alias sembelit, jadi batasi dan hentikan konsumsinya mulai sekarang.

  1. Membatasi Konsumsi Produk Olahan Susu

Produk olahan susu mampu menjadi faktor yang membuat gejala konstipasi makin parah, apalagi kalau sering-sering atau berlebihan dalam mengonsumsinya. Kurangilah produk olahan susu karena pada dasarnya tubuh kita juga tetap memerlukan kalsium serta lemak dari susu, jadi cukup batasi saja.

(Baca juga: ciri-ciri infeksi lambunggangguan kelenjar pankreas)

  1. Mengonsumsi Makanan Fermentasi

Karena kandungan probiotik di dalam makanan fermentasi termasuk tinggi, maka sangatlah dianjurkan untuk mengonsumsinya secara rutin. Ingat bahwa probiotik adalah bakteri baik yang bagus sebagai pembersih dan penyehat usus. Berikut ini adalah makanan fermentasi untuk Anda wajib konsumsi:

  • Kefir
  • Kimchi
  • Miso
  • Yogurt
  • Sauerkraut
  • Teh kombucha
  1. Olahraga Rutin

Tak salah lagi, kurang olahraga mampu menjadi salah satu faktor penyebab sembelit, jadi aktivitas fisik perlu untuk ditingkatkan bila Anda ingin melancarkan sistem pencernaan sekaligus membersihkan usus. Jalan hanya 30 menit tiap hari adalah cara paling sederhana dalam menjaga fungsi serta kesehatan kolon Anda.

  1. Mengonsumsi Flax dan Chia Seed

Memang benar keduanya adalah sumber makanan dalam bentuk biji-bijian yang kaya akan lemak. Namun jangan salah, kandungan seratnya juga termasuk tinggi sehingga bagus untuk membersihkan usus serta melancarkan pencernaan. Asam lemak omega-3 di dalamnya juga tinggi sehingga akan mencegah peradangan pada usus.

  1. Mengonsumsi Secangkir Teh/Kopi

Kafein adalah salah satu stimulan usus yang bisa mendorong kelancaran proses buang air besar, namun dengan syarat tidak terlalu banyak asupannya. Mengonsumsi berlebihan justru bisa mengakibatkan efek yang sebaliknya alias sembelit. Cobalah untuk mengonsumsi 1 cangkir kopi, teh hijau atau boleh juga teh hitam yang panas supaya kinerja usus bisa terangsang.

Baca juga:

Ada baiknya bila Anda tak terlalu mengandalkan apalagi bergantung pada obat-obatan laksatif yang menjanjikan buang air besar lancar dan usus bersih dari toksin. Ada efek samping juga yang bisa diberikan oleh obat-obatan seperti itu, terutama bila Anda mengonsumsinya dalam jangka panjang.

Bila tak ingin ada masalah kesehatan serius gara-gara konsumsi atau penggunaan laksatif jangka panjang, ikuti saja cara-cara membersihkan usus yang sudah diulas tersebut. Namun untuk para wanita hamil, penggunaan jahe untuk membersihkan usus tidaklah disarankan. Jadi, tak harus menemui dokter atau menggunakan obat-obatan kimia untuk membuat usus bersih dan sehat bukan?

You may also like