Home Tips KesehatanKesehatan Kulit 5 Alasan Penyebab Tangan Keriput Kena Air Harus Kamu Ketahui

5 Alasan Penyebab Tangan Keriput Kena Air Harus Kamu Ketahui

by Izza

Pernahkan anda merasakan tangan keriput ? Tampak beberapa kulitnya melekuk lekuk ke dalam dan keluar. Lantas jari – jemarinya tampak putih pucat. Mengapa bisa terjadi demikian ? Apakah itu berbahaya ? Apakah itu adalah gejala suatu penyakit ? Lantas apa obatnya ? Dan bagaimana secara medis menjelaskan hal tersebut ?

Baca Juga:

Sebenarnya kondisi keriput bukan hanya terjadi pada orang tua. Memang masalah keriput yang paling di risaukan adalah keriput pada bagian wajah. Itulah kenapa, mereka banyak merisaukan maslaah keriput. Meskipun ini hanya ada di tangan saja. Beberapa orang mengkhawatirkan bahwa ini adalah suatu gejala penyakit. Atau kondisi yang tidak baik di dalam tubuh. Namun benarkah demikian ?

Gejala tangan keriput biasanya di jumpai kapan ? Benar, saat kita terlalu lama berada dalam air. Mungkin anda akan bertanya – tanya, kok bisa ya ? Terutama saat Anda mandi dan berendam dalam air terlalu lama. Seperti di kolam renang, di bath tub, atau dengan menggunakan shower. Kerap di jumpai jari – jemaari tangan juga serta kaki akan keriput. Bagaimana rupanya ? benar terlihat jelek.

Baca Juga:

Padahal ini adalah suatu bentuk gejala yang normal. Bahkan semua orang akan mengalaminya. Lantas apa penyebab bisa terjadi seperti itu ?

Penyebab Tangan Keriput Kena Air

Lantas, bagaimana bisa jari jadi keriput ? Ada banyak orang berkata bahwa kulit tangan dan kaki kita membengkak di sebabkan oleh kulit menyerap air. Beberapa memperluat penjelasannya bahwa menjadi keriput karena “osmosis”. Sayang, semua alasan tersebut ternyata tidak benar. Sebab, jika jari – jemari keriput karena “osmosis”, maka harusnya bagian tubuh lain juga mengalami gejala osmosis yang serupa.

1. Karena ada respon dari syaraf simpatik

Ternyata yang menyebabkan tangan dan kaki kita keriput adalah pekerjaan dari sistem syaraf. Tepatnya adalah syaraf simpatik. Jadi untuk mempertahankan sistem tubuh agar tetap seimbang, saraf simpatik membuat respon tubuh. Yakni dengan melakukan keriput pada bagian tangan saja. Bahkan, jika saraf simpatik pada bagian tangan ini di potong, anda bisa membuktikan bahwa tangan anda sudah tidak akan kerput lagi. Masih banyak jenis kelainan saraf yang perlu anda ketahui. (Baca Juga: Penyebab Tangan Sering Basah)

2. Bagian pembuluh darah menegang

Kondisi tubuh yang selalu tegang tidaklah baik. Sebab bagian tubuh harus bekerja lebih keras dari pada biasanya. Ketika tangan anda berada di dalam air, maka ada bagian yang menegang. Bagian itu adalah pembuluh darah. Saat berada di dalam air terlalu lama, pembuluh darah harus menyempit. Tekanan pada saat pembuluh ini menyempit haruslah tinggi. Itulah mengapa pembuluh darah menegang. Tegangan ini karena ada penyempitan pembuluh darah. Namun sudah ada obat penyempitan pembuluh darah.

3. Aliran darah tidak bisa sampai ke tangan

Saat tangan berada dalam air terlalu lama, sebenarnya kondisi ini tidak baik. Sebab pembuluh darah tidak bisa masuk ke dalam jari jemari anda. Ini di sebabkan karena pembuluh darah tidak bisa bagian jari – jemari ini. Keadan pembuluh darah menegang. Karena itulah, aliran darah tidak bisa sampai ke tangan. Jika aliran darah tidak bisa ke otak bisa menyebabkan bahaya stroke. Sedangkan jika tidak bisa sampai ke jantung di sebut gejala jantung tidak sehat.

4. Volume darah yang ada di tangan berkurang

Karena tidak ada darah yang berhasil melalaui bagian jari – jemari, maka ia bagian tersebut jadi menegang. Hal ini mengakibatkan volume darah yang ada di jari tesebut akan berkurang. Serta tidak bisa mengalir lancar. Itulah mengapa saat dingim. kulit jari tangan akan membentuk lipatan seperti keriput.

Baca Juga:

5. Tidak ada aliran darah

Siapa yang tahu, bahwa keadaan kulit yang keriput ternyata tidak ada darah di sana. Sebab darah tidak bisa masuk ke bagian tersebut. Maka, saraf simpatik akan mengontrol darah tersebut ke bagian otot – otot utama. Kulit yang berkerut ini adalah tanda – tanda yang menunjukkan bahwa sudah tidak ada darah di dalam tangan

Bahaya Tangan Keriput

Lantas, apakah berbahaya memiliki tangan keriput ? Jika di lihat dari kasat mata, tangan yang keriput tampak jelek. Seperti tidak  melakukan perawatan pada bagian tangan. Lantas apakah ini suatu gejala yang berbahaya ? (Baca Juga: Penyebab Kulit Gatal , Tangan Bergerak Sendiri)

Ternyata tidak. Kondisi tangan yang keriput ini bukanlah suatu gejala penyakit. Tidak ada masalah yang serius dalam kesehatan anda.  Karena masalah tangan yang keriput ini bisa terjadi pada siapa saja ketika merasakan pada kondisi yang sama. Bahkan salah satu ahli neuro biologi menyebutkan bahwa keadaan keriput itu justru memberikan manfaat bagii diri anda. (Baca Juga: Telapak Tangan Sakit  , Pergelangan Tangan Sakit)

Dengan keadaan tangan yang keriput, akan membantu anda dalam melakukan beberapa tugas. Misalnya seperti dalam menggenggam barang di dalam air. Keriput yang ada di tangan akan bertugas seperti lem saat membawa barang. Sehingga barang tersebut susah untuk lepas. Kemudian, saat berada di dalam air kadang kaki juga ikut keriput. Hal ini juga membawa manfaat. (Baca Juga: Obat Nyeri Sendi Tangan , Penyebab Tangan Kaku)

Kaki yang keriput akan membantu anda berjalan di dalam kolam renang. Ia bisa membantu tubuh anda agar tetap dalam posisi seimbang. Supaya tidak mudah jatuh. Bahkan ketika berusaha memanjat di dalam air. Akan sangat berguna.

You may also like