Home Tips KesehatanKesehatan Darah Begini 18 Cara Menaikkan Trombosit Dalam Sehari Yang Efektif !

Begini 18 Cara Menaikkan Trombosit Dalam Sehari Yang Efektif !

by Erlita

Trombosit merupakan komponen darah dalam bentuk keping sel yang berperan utama dalam proses pembekuan darah. Jika ada pembuluh darah yang rusak, maka trombositlah yang akan menjadi penutupnya melalui pembentukan benang-benang fibrin sehingga akhirnya menjadi solusi alami dari kerusakan. Namun ketika kadarnya turun, bagaimana cara menaikkan trombosit dalam sehari saja?

  1. Minum Air Putih Banyak

Anda perlu tahu bahwa tidak sulit untuk meningkatkan kembali kadar trombosit sebab pada dasarnya protein dan airlah yang membentuk sel darah. Oleh sebab itu, mengonsumsi banyak air putih, yakni sekitar 8-10 gelas atau lebih per hari bisa memroduksi trombosit lebih banyak karena sel darah terproduksi lebih baik.

  1. Makan Pepaya

Selain menjadi solusi dari gangguan pencernaan berupa konstipasi atau sembelit sehingga BAB jadi lebih lancar, buah pepaya pun terbukti mampu meningkatkan trombosit, berikut juga daunnya. Anda bisa minum air rebusan daun pepaya, makan buah pepaya langsung, atau meminum 2-3 gelas jus pepaya yang ditambah dengan sedikit perasan lemon.

  1. Mengonsumsi Air Hangat

Selain air putih biasa, Anda pun bisa mengandalkan air hangat untuk menaikkan kadar trombosit cukup dalam waktu 1 hari. Meminum air hangat pun berguna dalam mendukung penyerapan nutrisi dari makanan yang telah kita asup sebelumnya. Justru air es lah yang sebaiknya Anda hindari karena saluran pencernaan bisa terhambat karenanya.

  1. Mengonsumsi Jambu Biji

Seperti halnya pada penderita demam berdarah yang kemudian perlu mengonsumsi jambu biji untuk menaikkan trombosit, apapun masalah kesehatan Anda dan penyebab turunnya trombosit, makan jambu biji atau minum jus jambu biji dapat jadi solusi alami. Buah yang mengandung vitamin C jauh lebih tinggi ketimbang jeruk ini bisa langsung menambah trombosit Anda.

  1. Mengonsumsi Minyak Wijen

Pilihlah minyak wijen yang kualitasnya terjamin baik dan tinggi, lalu konsumsilah sebanyak 1-2 sendok makan sehari 2 kali. Minyak wijen diketahui merupakan cara peningkat trombosit dalam tubuh yang ampuh dan bahkan bisa menurunkan risiko peradangan, kerusakan sel akibat radikal bebas serta menjadi cara melancarkan peredaran darah.

  1. Mengonsumsi Angkak

Kalau angkak saja terpercaya dalam menaikkan trombosit pada penderita demam berdarah, Anda pun bisa menggunakannya sebagai peningkat trombosit apapun penyebab penurunan kadarnya. Jenis beras merah ini bisa mendukung kenaikan trombosit secara signifikan sehingga Anda dapat mengonsumsinya segera ketika trombosit dirasa turun.

  1. Makan Bayam

Salah satu makanan yang mengandung vitamin K tinggi adalah bayam di mana jenis sayur ini tak hanya membantu proses pembekuan darah, tapi juga menaikkan trombosit secara alami dan efektif. Cukup dengan menyiapkan 5 lembar daun bayam yang kemudian Anda bisa rebus di dalam 400-500 ml air dan didihkan hingga tersisa separuhnya, Anda bisa meminumnya untuk kenaikan trombosit cepat.

  1. Mengonsumsi Bit

Memasukkan bit ke dalam menu diet Anda dalam waktu sehari juga cukup untuk meningkatkan trombosit dalam sehari atau setidaknya dalam beberapa hari saja. Minumlah jus bit 1 sendok makan sehari 3 kali supaya trombosit bisa meningkat berkat antioksidan yang ditawarkan oleh bit ini.

  1. Mengonsumsi Indian Gooseberry

Indian gooseberry merupakan sumber vitamin C yang bila dikonsumsi menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh yang ampuh. Jika ingin trombosit cepat naik, Anda bisa mengonsumsi 3-4 gooseberry setiap pagi dalam kondisi perut masih kosong. Tentu supaya kenaikan trombosit bisa lebih baik, dalam sehari Anda juga perlu melakukan cara menaikkan trombosit lainnya.

  1. Makan Labu

Makanan lainnya yang bisa menjadi penambah trombosit aman dan cepat adalah labu kuning. Minumlah jus labu kuning segar ½ gelas saja yang juga tak lupa Anda tambahkan madu sesendok makan. Minum sehari 3 kali sambil juga melakukan cara lainnya supaya trombosit bisa lekas naik dalam waktu 1 hari saja.

  1. Menambah Asupan Vitamin C

Makanan-makanan yang mengandung vitamin C tinggi telah terbukti sangat baik dalam meningkatkan kadar trombosit yang sempat turun. Ini karena vitamin C pada dasarnya menawarkan sifat antioksidan sehingga makanan-makanan seperti halnya paprika, kiwi, tomat, buah jeruk, lemon, dan brokoli bisa Anda konsumsi dalam sehari.

  1. Menambah Asupan Omega-3

Ikan tentunya adalah sumber makanan yang mengandung omega-3 untuk bisa Anda konsumsi dalam sehari dengan tujuan menaikkan kadar trombosit. Jika ingin alternatif, Anda bisa mengonsumsi minyak biji rami atau minyak ikan yang tak hanya penambah trombosit tapi juga siap menambah kekebalan tubuh.

  1. Menambah Asupan Asam Folat dan Vitamin B12

Asam folat dan juga vitamin B12 ada pada makanan seperti kacang-kacangan dan juga buah jeruk, lalu juga daging kambing, hati ayam, produk olahan susu serta telur. Mengonsumsi makanan-makanan ini dalam sehari disertai asupan air mineral cukup, maka trombosit pasti bisa meningkat cukup pesat.

  1. Makan Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan vitamin K, fibrinogen, serta vitamin D, seperti halnya kacang tanah, kacang almond, kacang pistachio dan juga walnut. Kandungan nutrisi baik di dalam makanan-makanan inilah yang akan mendukung supaya kalsium terserap sempurna dalam tubuh dan meningkatkan jumlah trombosit.

  1. Makan Biji-bijian

Trombosit juga bisa Anda tingkatkan dalam waktu sehari apabila Anda memasukkan juga biji-bijian ke dalam menu diet Anda. Ini karena pada sebagian besar biji-bijian terkandung vitamin B9 yang tinggi sehingga penambahan trombosit dapat terjadi secara lebih baik dan sempurna.

  1. Olahraga Teratur

Kurang olahraga bisa jadi pemicu datangnya berbagai masalah kesehatan, jadi saat penyebab trombosit turun sekalipun, pastikan Anda olahraga untuk menambah kekebalan tubuh dan membuat sirkulasi darah bertambah lancar. Jogging, aerobik, bersepeda, atau bahkan hanya sekadar jalan kaki dan melakukan peregangan pun bisa sangat membantu.

  1. Menghindari Makanan Tertentu

Jika ingin menaikkan trombosit secara cepat dalam waktu singkat, maka pastikan dalam sehari Anda menghindari minuman alkohol, minuman dengan kandungan kafein tinggi, junk food, makanan berminyak, serta makanan bergula halus. Justru makanan-makanan tersebut mampu menurunkan kadar trombosit.

  1. Tidur Cukup

Untuk memaksimalkan hasil kenaikan trombosit dalam tubuh, Anda perlu mengakhiri hari dengan tidur cukup. Ya, tidur 8-9 jam adalah waktu ideal untuk beristirahat dan memperoleh kualitas tidur yang sempurna. Ini karena saat tubuh beristirahat dengan baik, maka kadar trombosit pun juga ikut terproduksi lebih banyak.

Saat Anda mudah mimisan, sering memar atau malah berdarah, mengalami BAB berdarah, gusi berdarah, dan bahkan menstruasi yang tak kunjung selesai, ini tandanya trombosit sedang turun. Sebagai cara menaikkan trombosit dalam sehari, lakukan berbagai langkah yang telah dianjurkan tersebut dan semoga bermanfaat dalam menghindari bahaya kekurangan trombosit.

You may also like