Home Penyakit dan Kelainan 10 Penyakit Akibat Salah Takaran Gizi

10 Penyakit Akibat Salah Takaran Gizi

by Lia Yuliana

Mendengar kata gizi hal yang kita bayangkan untuk pertama kali ialah makanan dan minuman atau sesuatu yang terkandung dalam makanan dan minuman tersebut.Namun memang benar bahwa gizi itu ada kaintannya juga dengan makanan dan minuman.Untuk memudahkan kita dalam mengetahui apa sebenarnya gizi itu kini akan dijelaskan tentang pengertian sederhana dari gizi. Gizi adalah suatu komponen pembangun tumbuh manusia diaman berfungsi unttuk menjaga dan membangun jaringan tubuh agar tubuh bisa bekerja sebagaimana dengan fungsinya.Jadi gizi merupakan hal yang penting dalam kebutuhan tubuh manusia karena tanpa ada asupan dari gizi maka tubuh tidak akan berjalan sebagai mestinya dan akan menimbulkan efek-efek pada tubuh yang akan mengganggu kenyamanan manusia itu sendiri. (Baca Juga:  Penyebab Gizi Buruk  ,  Menu Sehat untuk Anak Kurang Gizi)

Seperti yang telah dituliskan diatas bahwa gizi dapat ditemukan dalam makanan dimana prosesnya adalah terdapat proses pencernaan didalam alat pencernaan zat yang diserap dalam proses pencernaan tersebut kemudian diserap memalui didinding usus dan masuk kedalam cairan tubuh.Gizi yang masuk dalam tubuh tersebut memiliki bebrapa fungsi dalam tubuh yaitu :

1. Menyumbang pertumbuhan badan

Gizi dapat menyumbangkan pertumbuhan pada badan dikarenakan gizi memiliki zat khusus yang menunjang atau memiliki fungsi dalam pertumbuhan badan. Kandungan gizi tomat juga dapat digunakan untuk melengkapi gizi kita.

2. Sebagai sumber energy atau tenaga

Seperti halnya kita setelah makan kondisi tubuh akan menjadi semakin kuat dan memiliki tenaga karena dalam makanan yang kita konsumsi tersebut memiliki zat yang bisa menguatkan dan member tenaga pada tubuh. Makanan yang mengandung karbohidrat juga dapat digunakan sebagai sumber tenaga.

3. Memelihara jaringan tubuh

Dalam tubuh gizi melalui zat-zat yang dikandungnya akan memelihara jaringan tubuh serta mengganti sel yang rusak dengan yang baru sehingga tercipta fungsi tubuh secara normal. (Baca Juga: Makanan Yang Mengandung Zinc )

4. Berperan sebagai antibody dan antitoksin

Yang dimaksud dalam sebagai antibody dan antitoksin ialah menjaga pertahanan tubuh terhadap penyakit,sehingga tubuh akan kebal dalam mencegah masuknya penyakit ke dalam tubuh. (Baca Juga: Ciri Ciri Penyakit Autoimun)

Zat-zat yang terkandung dalam gizi tersebut terdapat berbagai macam-macam,biasanya zat ini selalu ada dalam makanan dan minuman yang kita minum asalkan makanan dan minuman tersebut tergolong ke dalam makanan dan minuman yang sehat menu makanan sehat sehari-hari juga dapat digunakan untuk melengkapi kebutuhan gizi.Zat-zat tersebut ialah :

1. Karbohidrat

merupakan zat gizi dimana yang mneghasilkan sumber utama bagi tubuh. Dalam karbohidrat terbagi menjadi dua jenis yaitu karbohidrat komplek (zat tepung) dan gula.Karbohindrat merupakan penyumbang energy yang besar pada tubuh karena 60-70 % akan menjadi energy.Karbohidrat seperti beras,jagung,kentang dll.

2. Protein

Inilah zar gizi yang memiliki fungsi sebagai pemeliharaan jaringan tubuh.Protein akan bisa menjadi energy apabila tubuh kekurangan karbohidrat dan lemak.Protein dapat ditemukan pada ikan,danging,ayam hati dll. (baca Juga: Makanan yang Rendah Karbohidrat)

3. Lemak

Lemak merupakan penyumplai sumber energy yang terbesar dalam setiap gram lemak dibakar dalam tubuh sehingga dapat menghasilkan 9,2 kalori.Lemak dapt ditemukan pada makanan seperti tahu,tempe,kacang iji kacang tanah dll. (Baca Juga: Penyebab Mata Berlemak )

4. Vitamin

Dalam tiap vitamin tidak bisa menggantikan fungsi vitamin lain disebabkan fungsi vitamin ialah pemicu proses dalam tubuh yangmengawali terjadi reaksi kimia disel-sel tubuh. Ada berbagai macam vitamin diantaranya vitamin A Vitamin C vitamin E.

5. Air

Merupakan media reaksi-reaksi kimia dalam tubuh dan juga sebagai reaksi biologis dan mengatur temperature tubuh. Air juga memiliki beberapa manfaat diantaranya diet air putih.

6. Mineral

Mineral memiliki funsi yang hampir sama seperti air ialah sebagai pemicu prosi dan pembagian tugas yang unik. (Baca Juga: Akibat Kelebihan dan Kekurangan Mineral)

Penyakit Akibat Salah Takaran Gizi

Zat Gizi juga disebut sebagai nutrisi dalam pemenuhan nutrisi pada tubuh harus seimbang yang dimaksud seimbang disini adalah tidak terlalu berlebihan dan tidak kekurangan.Gizi yang kita konsumsi atau yang harus diserap oleh tubuh setiap harinya harus seimbang.Hal ini dikarenakan gizi merupakan hal yang sangat penting dalam kelangsungan hidup manusia.Nutrisi atau gizi yang telalu kurang akan mengahambat proses pertumbuhan dalam tubuh dann kurangnya supalian energy terhadap tubuh sehingga tubuh akan cenderung lebih lemas dan pertumbuhannya juga akan terganggu atau akan mengalami kelainan.Kondisi dimana kelebihan gizi juga akan berdampak buruk pada tubuh karena tubuh akan telalu banyak mengkonsumsi kalori. Keadaan ini juga dipengaruhi oleh pola hidup manusia tersebut apalagi jaman sekarang telah banyak makanan yang siap saji sehingga tubuh akan terlalu banyak mengkonsumsi kalori atau kelebihan kalori.Jika begitu maka menjaga takaran gizi pada makanan dan minumanyang akan didikonsumsi tersebut adalah sangat penting.Dikarenakan untuk menghindari kelebihan atau kekurangan takaran gizi pada tubuh sehingg aterhindar dari efek-efek buruk karena sesungguhnya segala hal yang berlebihan itu tidak baik.Dibawah ini akan dijelaskan tentang beberapa hal yang disebabkan oleh kuranggnya takaran gizi dan kelebihan gizi. (Baca Juga: Kandungan Gizi Pisang , Cara Mengatasi Kekurangan Gizi)

Akibat Kekurangan Gizi

Akibat kekurangan gizi pada tubuh akan menghailkan beberapa efek yaitu :

1. Terganggunya struktur dan fungsi otak.

Dalam otak ternyata juga kan membutuhkan nutrisi yang cukup supaya tidak ada gangguan perkembangan mental dan juga gangguan fungsi otak.Jika hal ini dibiarkan tentu akan berbahaya karena anak bisa menjadi laban dalam berfikir bahkan bisa dikatakan sebagai anak yang dalam bahasa gaulnya adalah anak yang bloon. (Baca Juga:  Makanan untuk Kecerdasan Otak)

2. Kurangnya prosuksi tenaga.

Kurangnya produksi tenaga ini merupakan hal yang mudah dilihat jika seseorang tidak mendapatkan gizinya secara cukup.Sebagai contoh orang yang tidak makan akan terlihat lemas begitu pula dengan kekurangan gizi orang tersebut akan tidak punya tenaga dalm melakukan berbagai hal. (Baca Juga: Penyebab Kaki Lemas )

3. Imunitas menurun.

Orang mendapatkan gizi adalah melalui kakanan dan minuman jika orang tidak makan dan minum maka tidak ada energy bahkan vitamin yang masuk kedalam tubuh sehingga tubuh tidak punya kekebalan tubuh.Hal tersebut akan memudahkan tubuh untuk terserang berbagai penyakit seperti batuk,pilek,deman dsb. (Baca Juga: Makanan Penurun Androgen )

4. Pertumbuhan terganggu.

Dalam proses pertumbuhan yang paling dibutuhkan adalah nutrisi jika nutrisinya saja tidak ada bagaimana kan tercapai sebuah proses pertumbuhan segingga jika terjadi kekurangan gizi maka tidak akn ada pertumbuhan.

Selain adanya kelainan-kelianan diatas kekurangan pada gizi juga mengakibatkan berbagai penyakit yang terjadi pada tubuh seperti :

1. Busung lapar.

Busung lapar ialah sebuah penyakit dimana diakibatka oleh kekuranagan protein kronis dimana salah satu akibatnya adalah kekurangan gizi dimana cirri-cirinya adalah perut membunjit wajah membulat otot lengan serta kaki mengecil dalam busung lapar ini juga biasanya disertai dengan penyakit ain seperti rabun dan penurunan daya berfikir. (Baca Juga: Ciri Ciri Busung Lapar)

2. Penyakit kurang kalori dan protein

Penyakit kurangnya protein dan kalori ini seperti kwarshiokor yaitu seperti gagal menambah berat badan,diare tak kunjung membaik dll.Kemudian selanjutnya adalah marasmus yaitu kondisi dimana kurangnya protein namun kelebihan kalori,dan yang terkhir ialah  marasmus-kwarshiokor.untuk itu perlunya mengkonsumsi makanan yang mengandung protein agar tidak terkena kelainan gizi. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kekurangan Protein)

3. Penyakit kegemukan

penyakit kegemukan ini biasa disebut dengan Obesitas dimana adanya ketidakseimbangan antara kalori dengan energy

4. Defisiensi iodium

Yaitu penyakit dimana terjadi pembesaran kelenjar tiroid dan kelainan pertumbuhan pada tubuh. (Baca Juga: Obat Tradisional Parkinson )

5. Xerophtholmia

Yaitu dimana penyakit akibat kurangnya vitamin A dalam tubuh.

Akibat Kelebihan Gizi

Walaupun dilihat dari pernyataanya bahwa kelebihan itu baik namun pada sector gizi kelebihan gizi itu juga tidak baik karena akan menimbulkan bebrapa masalah pada tubuh dan akan menimbulkan beberapa masalah seperti yang akan dijelaskan dibawah ini :

1. Obesitas

Obesitas merupakan penyakit yang disebabkan Akibat kelebihan lemak .Obesitas ini terjadi karena ada penimbunan lemak jenuh pada tubuh dan bisa menyebabkan sebuah kegemukan pada tubuh. Selain pada tubuh bahaya lemak di perut juga perlu diwaspadai.

2. Hipertensi

Penyakit ini terjadi dimana terdapat peningkatan tekanan darah diatas normal. Biasanya penderita hipertensi menyadari penyakitnya setelah ada komplikaasi pada jantung,otak,ginjal dan mata. darah tinggi juga disebabkan karena tekanan darah diatas normal. (Baca Juga: Obat Hipertensi)

3. Diabetes

Orang biasanya menyebut penyakit diabetes ini adalah penyakit gula karena penyebab adanya penyakit ini juga terlalu banyak kadar gula pada tubuh dan mengakibatkan terjadinya kelainan metabolic. Orang yang mengidap diabetes biasanya akan menghindari konsumsi gula dalam kehidupan sehari-hari.  (Baca Juga: Kebiasaan Penyebab Diabetes)

4. Hipertiroid.

Hipertiroid merupakan penyakit yang terjadi akaibat kelebihan yodium.Dalam     penyakit ini kelenjar tiroid terlalu aktif dalam memproduksi hormone tiroksin. (Baca Juga: Obat Hipertiroid )

5. Stroke

Penyakit Stroke merupakan penyakit yang terjadi karena adanya serangan otak yang terjadi secara tiba-tiba akibat pecahnya pembuluh darah atau tersumbat.Penyakit stroke bisa terjadi ssalah satu alasan yang paling umum karena kebiasaan atau pola hidup yang buruk seperti merokok dan gemar memakan makanan yang siap saji.  (Baca Juga: Penyebab Stroke Sebelah Kiri )

Untuk menghindari hal-hal yang diatas maka perlu selalu menjaga gizi yang seimbang yaitu memperhatikan asupan gizi yang masuk kedalam tubuh sesuai dengan kebutuhan tubuh.Tidak kekurangan atau kelebihan. Untuk itu dengan adanya artikel ini semoga kita dapat terhindardari akibat salah takaran gizi dan juga kita dapat terhindar dari berbagai penyakit-penyakit lainnya. Untuk tetap menjaga tubuh agar sehat maka biasakanlah melakukan gaya hidup sehat dan hindari gaya hidup tidak sehat.

You may also like