15 Makanan untuk Prediabetes Paling Tepat Wajib Konsumsi

Mungkin masih ada beberapa orang yang belum terlalu paham dengan apa itu prediabetes dan apa perbedaannya dengan diabetes. Prediabetes merupakan sebuah keadaan gula darah kadarnya lebih tinggi dari normalnya, namun tak cukup tinggi untuk dikatakan sebagai diabetes tipe 2 alias belum sampai pada tahap tersebut. Karena masih dalam kondisi prediabetes, otomatis akan lebih mudah dalam mencegah agar kadarnya tak makin meningkat.

Ketika sudah mengalami prediabetes, itu artinya tubuh tak memiliki kemampuan dalam hal produksi insulin yang cukup sesudah makan dan tubuh kemungkinan tak memberikan respon terhadap insulin secara benar. Prediabetes harus diwaspadai karena mampu berkembang menjadi diabetes tipe 2 hanya dalam waktu kurang dari 10 tahun.

Karena prediabetes berisiko menyebabkan kerusakan jantung berikut juga sistem peredaran darah bahkan sebelum mengalami diabetes tipe 2, maka berikut di bawah ini adalah sejumlah makanan untuk prediabetes yang bisa dikonsumsi. Makanan-makanan ini bisa dianggap sebagai bagian dari tips diet sehat dalam proses mencegah diabetes tipe 2.

Baca juga:

  1. Ubi Manis

Untuk para penderita prediabetes, penting untuk menjaga asupan makanan dengan benar dan ubi manis merupakan salah satu jenis makanan yang bisa dimasukkan ke menu harian selama diet berlangsung. Para penderita prediabetes maupun diabetes perlu memilih makanan sumber karbohidrat kompleks yang bisa dikonsumsi setiap hari.

Ubi manis merupakan salah satu makanan yang mengandung serat tinggi berikut juga karbohidrat kompleks sehingga aman untuk menstabilkan kadar gula darah. Jika kadar gula darah telah mulai tinggi, ada baiknya untuk mulai mengonsumsi ubi manis supaya dapat kembali normal serta stabil. Ketimbang mengonsumsi kentang putih atau kentang yang biasa, lebih dianjurkan untuk konsumsi ubi manis ini.

  1. Brokoli

Sayuran berwarna hijau ini kaya akan vitamin C dan vitamin A di mana juga telah dibuktikan dalam sebuah hasil studi di tahun 2013 bahwa brokoli untuk diet mampu mengurangi risiko kanker juga. Bukan hanya terhindar dari kanker karena kandungan antioksidannya yang besar, brokoli kaya akan vitamin sehingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Kaya akan serat, brokoli adalah jenis sayur yang tepat juga untuk dikonsumsi sehingga akan lebih cepat kenyang dan bahkan rasa kenyang tersebut bisa lebih tahan lama. Untuk mengendalikan kadar gula darah pun sangat dianjurkan sehingga prediabetes dapat dicegah menuju dan berkembang menjadi diabetes tipe 2.

  1. Bluberi

Penderita prediabetes membutuhkan asupan serat cukup untuk tubuhnya, dan bluberi adalah salah satu jenis buah yang bisa dimakan setiap hari secara aman demi menurunkan risiko diabetes tipe 2. Peneliti dari Harvard School of Public Health sudah membuktikan sendiri bahwa paling tidak 3 porsi bluberi bisa menurunkan risiko dan mencegah diabetes tipe 2 sebanyak 26 persen.

Baca juga:

  1. Salmon

Makanan laut apakah yang cocok bagi penderita prediabetes dan mampu menstabilkan atau mencegah kadar gula darah supaya tak meningkat? Salmon adalah jenis makanan yang bisa diandalkan untuk menormalkan kadar gula darah sekaligus mengurangi kadar lemak jahat dalam darah atau trigliserida.


Mengonsumsi salmon seminggu 2 kali lebih dianjurkan karena memang jenis ikan ini mampu memberikan proteksi kepada pengonsumsinya dari diabetes tipe 2 sekaligus juga penyakit ginjal. Asalkan menjauhi jenis ikan dengan kandungan merkuri tinggi, Anda masih bisa memakannya. Makanan yang mengandung omega-3 tinggi ini jangan sampai terlewat dalam diet Anda.

  1. Jagung

Jagung merupakan jenis makanan yang memang mengandung karbohidrat kompleks berikut juga kandungan air tinggi, sementara kandungan lemak dan proteinnya tergolong rendah. Untuk kadar gula darah yang terus dalam kondisi sehat dan stabil, masukkanlah jagung ke dalam menu diet harian Anda dan rasakan sendiri manfaat dari jagung ini bagi pencegahan diabetes.

  1. Bayam

Jenis sayuran lainnya yang bisa menjadi makanan sehat bagi penderita prediabetes adalah bayam. Menurut sebuah hasil studi di tahun 2010, memakan 1 ½ cangkir sayuran hijau seperti bayam setiap harinya mampu menjadi penurun risiko diabetes tipe 2 sebanyak 14 persen. Kaya akan vitamin A, C hingga sifat antioksidan, maka Anda tak berlu ragu untuk mengonsumsinya.

Baca juga:

  1. Kale

Satu lagi jenis sayur yang bisa membantu Anda dalam menetralkan kadar gula darah, yakni kale. Sama seperti bayam, kale merupakan penurun risiko diabetes tipe 2 apabila mengonsumsinya rutin setiap hari sebanyak 1 ½ cangkir. Kandungan antioksidan, vitamin C dan vitamin A pun tergolong tinggi di dalamnya.

  1. Tomat

Tomat bukan hanya menjadi bahan makanan yang menurunkan tekanan darah tinggi maupun kolesterol jahat yang tinggi. Bahkan tomat bila dikonsumsi rutin bagi yang berkadar gula darah tinggi pun kadar gula darah tersebut dapat menjadi turun.

Tomat kaya akan likopen sehingga juga diketahui efektif dalam meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam tubuh untuk mengalahkan LDL. Tomat mampu mengurangi juga risiko terkena penyakit hati yang juga dianggap sebagai ancaman paling besar bagi orang-orang dengan prediabetes atau potensi diabetes tinggi. Pengurangan risiko penyakit hati dengan konsumsi tomat pun adalah sebesar 26 persen.

  1. Greek Yogurt

Greek yogurt nikmat yang biasanya masuk ke dalam daftar menu diet ketika hendak menurunkan berat badan nyatanya mampu membantu para penderita prediabetes untuk menghindari diabetes tipe 2. Kaya akan mineral magnesium dan kalsium beserta kadar protein tinggi, yogurt ini mampu menjadikan Anda kenyang lebih lama dan mengurangi risiko obesitas yang juga nantinya berdampak pada diabetes.

Baca juga:

  1. Alpukat

Buah yang selalu sedap bila dijus dan diberi susu coklat ini bisa dikonsumsi oleh Anda sesering mungkin namun tanpa adanya tambahan pemanis lainnya. Mengonsumsi buah alpukat bukan hanya menstabilkan kadar gula darah yang mulai tinggi, melainkan juga mengurangi risiko inflamasi, tekanan darah tinggi serta kolesterol tinggi.

  1. Wortel

Jenis sayur ini juga aman dan justru disarankan untuk dikonsumsi oleh para penderita prediabetes. Selain mampu membantu menurunkan kadar gula darah yang mulai tinggi, mengonsumsi wortel juga tentunya menambah asupan vitamin A dalam tubuh yang otomatis mampu menjaga kesehatan mata Anda.

  1. Pasta dari Gandum Utuh

Cobalah mengonsumsi pasta, namun bukan pasta yang biasanya Anda gemar konsumsi karena yang paling dianjurkan adalah pasta dari gandum utuh dengan indeks glikemik yang rendah sehingga baik bagi kadar gula darah dan tak akan cepat menaikkannya.

Baca juga:

  1. Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan yang masih masuk termasuk jenis legume bisa Anda konsumsi bila ingin mencegah prediabetes menjadi diabetes tipe 2. Bentuk kacang-kacangan seperti ini pun sangat baik untuk menurunkan berat badan karena kaya akan serat serta protein namun rendah kalori. Kadar gula darah yang mulai tinggi bisa diatasi dengan memakan kacang-kacangan.

  1. Steel-cuts Oats

Yang jelas, untuk steel-cuts oats adalah yang paling baik bagi penderita prediabetes, lebih dari oatmeal instan. Bahkan oatmeal instan justru tak disarankan untuk dikonsumsi. Tekstur steel-cut oats jauh lebih kasar karena memang berasal dari gandum utuh, namun kandungan gizi jauh lebih lengkap sehingga lebih direkomendasikan.

  1. Coklat Hitam

Untuk dessert yang nikmat dan sehat bagi penderita prediabetes, coklat hitam adalah yang bisa menjadi pilihan karena kaya akan antioksidan. Konsumsilah bersama almond bila tertarik dan ingin mencobanya. Menu ini penting bagi yang memiliki peningkatan kadar gula darah agar tak mudah naik begitu saja.

Baca juga:

Itulah beberapa makanan untuk prediabetes yang penting untuk Anda ketahui. Selain mengonsumsi makanan-makanan tersebut, perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat juga perlu diutamakan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan Sehat