Konsumsi 13 Makanan Ini Agar Badan Tidak Lemas dan Lesu !

616

Tubuh memang ada kalanya mengalami naik dan turun, terutama dalam hal energi. Parahnya, saat tubuh sedang mengalami kelesuan, maka seringan apapun aktivitas yang dilakukan fisik bisa cepat lelah. Terkadang, tidur cukup saja belum cukup untuk menjaga supaya tubuh tidak gampang lemas. Oleh sebab itu, berikut adalah daftar makanan agar badan tidak lemas, letih dan lesu.

  1. Oatmeal

Oatmeal memang menjadi makanan sehat terutama bagi para penderita jenis-jenis penyakit jantung, pemilik kolesterol tinggi dan penyakit kronis lainnya yang berhubungan dengan lemak dan kolesterol jahat. Hanya saja, oatmeal kini bisa dijadikan sebagai pengganti nasi karena kaya protein berikut serat sehingga akan membuat tubuh lebih berenergi.

Bahkan oatmeal bisa dikonsumsi dengan memvariasikan lauk-pauknya, sehingga Anda bisa menikmati oatmeal dalam berbagai cara. Karena berindeks glikemik rendah, oatmeal pun dianggap sangat aman bagi siapapun, termasuk bagi para penderita diabetes yang harus menghindari nasi dan karbohidrat sederhana yang menyebabkan kadar gula melonjak.

  1. Yogurt

Yogurt memang dianggap sebagai makanan super ringan yang hanya bisa dijadikan camilan. Tapi jangan salah, camilan satu ini memang perlu Anda konsumsi ketika badan sedang terasa tak enak dan terlalu lemas. Kandungan kalium sebanyak 579 mg dalam seporsi yogurt baik untuk kesehatan pencernaan Anda sekaligus mampu menambah energi yang hilang.

Supaya jauh lebih sehat, pilih yogurt yang plain atau tawar lalu kombinasikan dengan buah-buahan favorit agar dapat meningkatkan tenaga tubuh Anda. Sebagai sumber probiotik alami, yogurt merupakan makanan yang akan menjaga kesehatan Anda sambil memberikan tambahan energi secara alami terutama jika ketika dijadikan sebagai camilan rutin.

  1. Quinoa

Selain oatmeal, Anda bisa juga mengonsumsi quinoa sebab quinoa ini pun seringkali dikonsumsi menjadi pengganti nasi yang efektif mengenyangkan dan mencegah badan untuk jadi lemas. Kaya mineral zat besi, serat dan protein, quinoa adalah makanan bernutrisi yang bisa Anda olah secara bervariasi tergantung selera.

Tak hanya memasaknya lalu memakan dengan lauk-pauk kesukaan, bahkan quinoa dapat dikreasikan menjadi muffin atau bahkan puding yang jelas sehat dan meningkatkan energi tubuh. Jika ingin menjadikannya sebagai pengganti nasi, quinoa biasanya dapat dinikmati bersama ikan, khususnya ikan roa.

  1. Bayam

Makanan yang mengandung serat tinggi ini sudah jelas terkenal sebagai makanan penambah energi tokoh kartun Popeye bukan? Hal tersebut bukan imajinasi semata sebab bayam dengan porsi semangkuk kecil saja memang mengandung mineral kalium sebanyak 839 mg yang siap menjadikan tubuh lebih bertenaga. Jadikan sebagai menu makan siang ataupun makan malam Anda sehingga tak lagi memerlukan kafein sebagai penambah tenaga.

  1. Tahu

Sumber kedelai ini adalah makanan yang tepat untuk mengembalikan energi yang sempat hilang dan menjadikan Anda lemas. Makanan yang mengandung zat besi tinggi ini sangat baik bagi Anda yang memiliki penyakit anemia dan selain itu pun, tahu adalah sumber magnesium tinggi sehingga Anda bisa mendapatkan tenaga secara alami dari sumber makanan satu ini apapun olahannya.

  1. Biji Chia

Chia seeds atau biji chia tentunya bagi beberapa dari Anda sudah tak asing lagi bukan? Biji chia adalah sumber serat, lemak dan protein yang bila dikonsumsi akan menambah energi tubuh Anda sehingga tak akan mudah lemas kembali. Anda bisa mengonsumsi nasi yang kemudian disusul dengan biji chia ini untuk menghindari efek lemas dari karbohidrat pada nasi.

  1. Pisang

Buah ini sudah dikenal baik sebagai salah satu makanan yang mengandung kalium tinggi dan banyak pelaku diet pun mengonsumsi makanan ini agar tetap bertenaga dan merasa cukup kenyang. Tak hanya kalium, pisang juga membawa kandungan bermacam-macam vitamin, jumlah karbohidrat yang cukup, serta serat yang akan mengatasi badan lemas.

  1. Kacang Mete

Sumber makanan yang tergolong dalam kacang-kacangan ini juga dapat Anda konsumsi ketika badan lemas. Karena tinggi akan kandungan vitamin K, asam folat serta kalsium di dalamnya, maka mengonsumsi kacang mete akan menambah energi sekaligus menjaga kesehatan dan kekuatan tulang Anda.

  1. Biji Bunga Matahari

Apabila Anda kerap merasa sakit kepala yang dibarengi dengan badan super letih, lemas dan lesu, maka biji-bijian seperti biji bunga matahari dapat Anda jadikan camilan sehat. Mengemil biji bunga matahari ¼ cangkir saja akan memenuhi kebutuhan tubuh akan mineral magnesium sehingga sakit kepala hilang dan tubuh kembali bertenaga.

  1. Biji Wijen

Badan lemas yang diikuti rasa pusing bisa Anda atasi dengan mengemil atau mengonsumsi biji wijen. Sama halnya dengan biji bunga matahari, biji wijen ini adalah sumber magnesium tinggi sehingga sangat baik untuk menambah energi tubuh. Bahkan para pria yang mengonsumsi biji wijen akan meningkatkan kuantitas sekaligus kualitas dari sperma.

  1. Kacang Almond

Bukan hanya berkandungan magnesium yang sangat kaya, kacang almond pun menawarkan sifat antioksidan serta vitamin E yang akan menangkal efek radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Tak hanya itu, mengonsumsi kacang almond sebagai camilan rutin pun mampu menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh secara efektif.

  1. Alpukat

Buah berwarna hijau yang sering diolah menjadi jus lezat ditambah dengan susu kental manis coklat ini merupakan jenis buah yang juga cocok dikonsumsi sebagai solusi badan lemas. Kaya akan mineral kalium sebanyak 487 mg per setengah buah bisa menjadikan tubuh Anda jauh lebih bugar, bertenaga, dan juga sehat.

  1. Ubi

Ada kandungan 542 mg kalium per buah ubi yang bisa Anda peroleh dengan mengonsumsinya secara rutin. Bila tubuh menjadi lemas, Anda bisa mengolah ubi dengan memanggang, merebus, atau mengukusnya sebelum menikmati. Hanya saja, hindari ubi manis yang digoreng karena tentunya kurang baik bagi kesehatan.

Jadi, apa saja makanan agar badan tidak lemas yang bisa dikonsumsi setiap saat? Anda sudah simak daftarnya dan kini sudah tak perlu bingung lagi sebab Anda bisa mulai menikmati makanan-makanan tersebut sebagai solusi bagi energi tubuh yang hilang.