Diduga Karena Implan Payudara, Wanita Ini Kerap Sakit Hingga Alami Depresi?

160

Diduga Karena Implan Payudara, Wanita Ini Kerap Sakit Hingga Alami Depresi?Erika Rae Ritschard seorang wanita berasal dari Mississippi mengalami depresi selama 5 tahun yang diketahui setelah ia lakukan operasi implan payudara. Ibu dari tiga anak ini menceritakan keluhannya dan bagaimana ia merasakan jantung berdebar tanpa disertai dengan penyebab yang jelas.

Bukan hanya sekadar depresi, tubuhnya pun mulai sakit karena ia pun sempat alami juga infeksi ginjal dan berlanjut seperti itu. Belum lagi gangguan pernapasan dan juga infeksi jamur yang turut terjadi pada dirinya. Dilansir dari Fox News, Erika pun mengatakan bahwa ia beberapa kali harus ke UGD karena migrain yang dialaminya.

Operasi implan payudara itu sendiri ia tempuh di tahun 2012, namun seiring berjalannya waktu ternyata efek dan dampaknya buruk bagi kesehatan dan makin serius saja di tahun 2017. Tak hanya infeksi ginjal, infeksi jamur hingga gangguan pernapasan, ia pun mengalami badan letih lesu, penurunan berat badan yang dalam setahun bisa sampai 18 kg, hingga perubahan suasana hati drastis.

Karena mood yang mudah berubah-ubah, ia pun memutuskan untuk memeriksakan diri ke psikiater dan sang psikiater pun mendeteksi adanya kecenderungan gejala bipolar pada dirinya. Ia sering mengalami mania parah, belum lagi ditambah fisik yang sering cepat lelah, linglung, hingga susah tidur alias insomnia.

Erika juga bercerita tentang ia harus mengompres tubuhnya selama berbulan-bulan dengan kompres hangat karena nyeri otot tubuh yang dialami. Meski sudah ke rumah sakit dan bahkan memeriksakan diri, nyatanya tak ada diagnosa apapun untuknya sampai pada akhirnya pernah ia memiliki 3 kali keinginan untuk mengakhiri hidup dengan bunuh diri.

Beruntung saat ia mengakses Facebook, ada suatu grup yang mendiskusikan khusus masalah implan payudara sehingga banyak orang yang saling berbagi pengalaman. Presiden National Center for Health Research, Dr Diana Zuckerman pun menjelaskan bahwa kasus Erika ini adalah efek dari respon sistem imun terhadap implan payudaranya yang menjadi indikator jenis penyakit autoimun tertentu.

Setelah pengangkatan implan, Erika mengaku tubuhnya jauh merasa lebih baik dan gejala-gejala yang biasa ia alami dalam 2 bulan pertama dapat menurun. Penting untuk mengetahui seperti apa risiko bahaya implan payudara sebelum menempuh operasinya agar tak terkena kasus seperti Erika ini.

  • Sakit di area dada
  • Daerah puting mengalami mati rasa
  • Kebocoran implan
  • Nekrosis
  • Infeksi
  • Nyeri otot
  • Nyeri sendi
  • Nyeri pada leher
  • Rentan terhadap pertumbuhan bakteri hingga jamur pada payudara
  • Kanker

Meningkatkan rasa percaya diri dengan implan payudara mungkin dianggap sebagai solusi, tapi para wanita pun harus sadar pula akan bahaya yang mengintai. Efek buruknya bisa saja langsung dirasakan, namun ada pula yang beberapa tahun sesudahnya dan bahkan bisa makin buruk.