Gamma Tokoferol : Manfaat – Sumber Makanan – Efek Kelebihan dan Kekurangan    

1321

Gamma tokoferol merupakan salah satu bagian struktur penting dari vitamin E. Senyawa ini menjadi bagian vitamin E yang bisa ditemukan secara alami dari tanaman termasuk biji-bijian dan minyak yang diolah dari tumbuhan. Gamma tokoferol memiliki keunikan dibandingkan senyawa lain dari vitamin E seperti alfa tokoferol.

Baca juga: vitamin E : manfaat – sumber makanan – akibat kelebihan dan kekurangan – makanan yang mengandung vitamin E dan manfaatnya – daftar 25 buah yang mengandung vitamin E tinggi.

Manfaat Gamma Tokoferol

  1. Menurunkan Resiko Kanker Prostat

Sebuah penelitian membuktikan jika kandungan alfa tokoferol lebih tinggi daripada gamma tokoferol dalam tubuh, maka resiko penyakit kanker prostat akan lebih tinggi. Sebaliknya jika dalam tubuh banyak ditemukan gamma tokoferol maka resiko kanker prostat menurun. Gamma tokoferol akan bekerja untuk melakukan induksi pada sel kanker dan menghambat perkembangan sel kanker. Bahkan gamma tokoferol bisa mematikan sel kanker dalam tubuh.

Baca juga: penyebab sakit pada saat buang air kecil – sering buang air kecil – penyebab, deteksi dan pencegahannya

  1. Mencegah Berbagai Jenis Kanker

Gamma tokoferol akan bekerja aktif untuk menghambat perkembangan sel kanker dalam tubuh. Penelitian membuktikan jika pencegahan sel kanker akan lebih aktif dengan pemberian gamma tokoferol secara alami. Gamma tokoferol bisa bekerja aktif untuk penderita kanker yang menjalani perawatan kemoterapi.

  1. Melindungi Tubuh dari Penyakit Inflamasi

Gamma tokoferol juga menjadi sumber antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari penyakit anti-inflamasi. Penyakit peradangan yang sering menyebabkan kerusakan pada berbagai organ bisa menyebabkan resiko kesehatan yang berat seperti penyakit jantung, kanker, osteoporosis, arthritis, gangguan syaraf dan termasuk Alzheimer. Gamma tokoferol akan bekerja dengan menghambat peradangan dan mencegah kerusakan jaringan organ tubuh secara alami.

Baca juga: cara mencegah alzheimer – gejala dan penyebab – gejala Alzheimer di usia muda dan cara mencegahnya

  1. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Gamma tokoferol bisa bekerja aktif untuk menurunkan resiko penyakit jantung dan mencegah penyakit jantung secara aktif. Gamma tokoferol akan bekerja aktif jika masuk ke dalam tubuh dengan campuran dari jenis senyawa lain vitamin E seperti alfa tokoferol dan delta tokoferol. Gamma tokoferol akan menurunkan resiko penyakit jantung dengan cara mencegah kerusakan arteri, menghambat proses oksida lipid dari lemak dalam pembuluh darah serta menjaga kesehatan sel darah merah.

  1. Sumber Antioksidan untuk Tubuh

Gamma tokoferol bisa menjadi sumber antioksidan alami untuk tubuh. Gamma tokoferol bisa bekerja lebih aktif dibandingkan alfa tokoferol. Namun kombinasi senyawa tokoferol alami dalam tubuh bisa memberikan hasil yang lebih baik untuk kesehatan. Senyawa ini menjadi senjata ampuh untuk melawan radikal bebas yang sering menyebabkan penyakit kanker. Bahkan antioksidan alami ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Baca juga: akibat kelebihan antioksidan bagi tubuh manusia – makanan yang mengandung antioksidan tinggi dan manfaatnya

  1. Menjaga Kesehatan Otak

Otak menjadi bagian paling penting untuk mengendalikan fungsi tubuh. Gamma tokoferol ternyata sangat baik untuk mencegah kerusakan otak dan menjaga fungsi otak agar tidak dikalahkan oleh penuaan dini. Gamma tokoterol bisa mencegah otak kehilangan dopamin yang bisa menyebabkan kerusakan sel otak. Gamma tokoferol akan bekerja untuk menjaga sistem memori dan kesehatan sel otak. Hasilnya bisa mencegah penyakit kemunduran fungsi otak seperti Alzheimer.

Baca juga: cara meningkatkan kecerdasan otak dengan cepat secara alami – cara meningkatkan kinerja otak manusia dengan cepat – kesehatan sistem saraf otak – cara menjaga – jenis penyakit yang menyerangnya

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Gamma tokoferol bisa menjaga aliran darah dalam jantung berfungsi sangat baik. Selain itu gamma tokoferol akan bekerja baik untuk menurunkan kadar kolesterol dengan mencegah oksidasi lipid dalam sel darah. Kelebihan kolesterol dari berbagai jenis makanan bisa menyebabkan penyakit jantung. Asupan alami dari sumber gamma tokoferol bisa mencegah kolesterol berlebihan.

Baca juga: makanan penurun kolesterol tinggi super cepat – buah penurun kolesterol tinggi dengan cepat – cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami dengan cepat

  1. Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

Pembuluh darah menjaga agar kesehatan darah selalu terjaga. Kerusakan pada pembuluh darah bisa menyebabkan resiko penyakit jantung, stroke dan gangguan fungsi otak. Gamma tokoferol akan bekerja aktif untuk mencegah kerusakan pembuluh darah dengan melindungi jaringan pembuluh darah. Ini sangat menguntungkan untuk semua usia, termasuk anak-anak hingga lanjut usia. (Baca juga: cara menjaga kesehatan peredaran darah manusia)

  1. Menjaga Tekanan Darah

Penyakit tekanan darah tinggi bisa menyebabkan komplikasi jangka panjang yang berat untuk penderitanya. Gamma tokoferol akan bekerja untuk meningkatkan pengeluaran natrium berlebihan dalam tubuh. Natrium akan dikeluarkan melewati saluran sekresi dalam tubuh dari mulai ginjal dan keluar bersama urin. Cara ini akan menjaga agar tekanan darah tetap normal. (baca juga: bahaya darah tinggi – akibat sangat mematikan – cara mengatasi darah tinggi dengan cepat secara alami)

Sumber Gamma Tokoferol

1. Minyak Canola

  • Minyak canola terbuat dari bahan tanaman lobak sehingga sangat menyehatkan karena mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi.
  • Minyak canola bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga menurunkan resiko penyakit jantung.
  • Untuk memilih minyak canola, maka pastikan minyak dikemas dalam botol kaca dan baca tanggal kadaluarsanya.

2. Minyak Jagung

  • Minyak jagung terbuat dari jagung yang telah melewati proses pengolahan yang higienis.
  • Minyak jagung sangat menguntungkan jika digunakan dengan cara yang benar.
  • Minyak jagung mengandung asam lemak trans dan asam lemak omega 6 yang berlebihan, sehingga jika berlebihan justru bisa memicu masalah jantung.

Baca juga: kandungan gizi jagung

3. Minyak Wijen

  • Minyak wijen mengandung sesamin yang sangat baik untuk mencegah penyakit kanker.
  • Minyak wijen bisa bekerja untuk menurunkan kadar natrium berlebihan dari makanan lain dan sangat baik untuk menyeimbangan gamma tokoferol dalam tubuh.

4. Minyak Zaitun

  • Minyak zaitun menjadi salah satu bahan makanan khas Mediteranian yang bisa menjaga kesehatan tubuh termasuk menjaga kesehatan aliran darah ke semua bagian tubuh.
  • Membantu menurunkan berat badan dengan menurunkan kolesterol dan lemak berlebihan dalam tubuh. (baca juga: akibat kelebihan lemak dalam tubuh)
  • Minyak zaitun juga mencegah diabetes dan menjaga kadar insulin dalam tubuh tetap seimbang.
  • Minyak zaitun sangat baik untuk menjaga kesehatan termasuk untuk rambut,kulit dan organ tubuh.

5. Kacang Pecan

  • Kacang pecan sangat menguntungkan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kacang pecan mengandung serat tinggi untuk melancarkan buang air besar, mencegah sembelit dan penyakit wasir.
  • Kacang pecan mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang bisa menjaga kesehatan jantung dan menurunkan resiko penyakit stroke.
  • Kacang pecan mengandung magnesium dan gamma tokoferol yang sangat penting untuk mencegah berbagai penyakit peradangan dalam tubuh.

6. Kenari

  • Kenari bisa membantu menurunkan berat badan karena mengandung asam lemak omega 3, protein dan serat yang tinggi.
  • Kenari juga sangat baik untuk menjaga kesehatan otak, menjaga fungsi memori, dan membuat tidur menjadi lebih nyaman.
  • Kenari sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah penyakit diabetes dan bahkan menjaga kesehatan seksual.

7. Kacang Pistachio

  • Kacang pistachio mengandung sumber nutrisi penting seperti serat, karbohidrat, asam lemak tak jenuh, lemak, vitamin dan mineral lengkap termasuk fosfor.
  • Kacang pistachio sangat baik untuk mencegah penyakit jantung dengan menurunkan kolesterol.
  • Kacang pistachio mengandung gamma tokoferol yang bisa mencegah penumpukan plak dalam arteri yang menyebabkan penyakit stroke dan serangan jantung.

Efek kelebihan Gamma Tokoferol

  1. Terlalu banyak gamma tokoferol dalam tubuh bisa menyebabkan resiko kesehatan paru-paru yang memburuk. Hal ini disebabkan karena ketika tubuh memiliki kadar gamma tokoferol yang tinggi maka alfa tokoferol akan menurun. Sementara alfa tokoferol penting untuk kesehatan paru-paru. Sumber gamma tokoferol terlalu banyak dari jenis minyak seperti minyak jagung dan minyak wijen bisa menyebabkan gangguan paru-paru. (baca juga: ciri ciri radang paru paru – jenis penyakit paru paru – ciri dan gejalanya – gejala paru-paru bermasalah (no. 5 paling berbahaya))
  2. Bagi penderita penyakit asma, maka kelebihan gamma tokoferol bisa meningkatkan resiko serangan asma yang berlebihan. Hal ini sangat berbahaya untuk penderita asma terutama anak-anak. Penurunan alfa tokoferol menyebabkan penurunan aktifitas protein dalam tubuh sehingga gangguan pernafasan bisa lebih sering terjadi.
  3. Sumber gamma tokoferol dari jenis kacang-kacangan juga bisa meningkatkan resiko alergi. Beberapa orang bisa mengalami gangguan alergi yang parah termasuk keracunan.

Efek Kekurangan Gamma Tokoferol

  1. Kekurangan gamma tokoferol dalam jangka panjang bisa menyebabkan masalah gangguan kesehatan pada organ hati. (baca juga: penyakit akibat gangguan fungsi hati – cara menjaga kesehatan hati secara alami)
  2. Kekurangan gamma tokoferol juga bisa menyebabkan masalah untuk penyakit ginjal. Hal ini terjadi karena penyerapan natrium dalam tubuh berlebihan sementara jaringan ginjal tidak terlalu sehat. (baca juga: cara mencegah penyakit ginjal secara alami)
  3. Orang yang kekurangan gamma tokoferol bisa mengalami resiko penyakit degeneratif yang lebih tinggi seperti penyakit jantung, kanker, stroke, dan penyakit yang menyerang jaringan tubuh.
  4. Kekurangan gamma tokoferol bisa menyebabkan tubuh mengalami gangguan penyerapan lemak. Hal ini juga memicu masalah kekurangan gizi dan tubuh menjadi lebih cepat terkena penyakit. (baca juga: penyakit akibat kekurangan lemak bagi tubuh)

Gejala Kekurangan Gamma Tokoferol

  1. Otot tubuh menjadi lebih lemah, tidak bisa berfungsi dengan baik dan kelelahan otot yang parah.
  2. Massa otot terus mengalami penurunan sehingga tubuh akan kurus dan kurang produktif. (baca juga: cara meningkatkan massa otot dengan cepat)
  3. Gangguan kesehatan mata yang bisa menyebabkan gerakan mata tidak normal.
  4. Kemampuan untuk berjalan menurun drastis sehingga penderita mudah jatuh dan jalan tidak stabil.

Berapa Kebutuhan Gamma Tokoferol?

Tidak ada hitungan yang pasti untuk kebutuhan gamma tokoferol karena tubuh membutuhkan elemen senyawa vitamin E yang seimbang. Namun untuk menjaga agar kesehatan tubuh tetap terjaga, maka setidaknya tubuh Anda memerlukan sekitar 50 mg gamma tokoferol setiap hari.

Ada banyak suplemen vitamin E yang ditawarkan oleh pasar. Anda bisa membaca label untuk mengetahui, apakah vitamin tersebut mengandung gamma tokoferol atau tidak. Tapi lebih baik jika tubuh Anda mendapatkan sumber gamma tokoferol yang alami.