19 Cara Meningkatkan Mood pada Wanita dan Pria

7934

Pernahkah anda merasa hari-hari yang anda jalani begitu buruk, hilang semangat sehingga aktivitas menurun drastis? Perubahan mood dapat memicu seseorang dapat berlaku kasar seperti halnya membanting pintu, memukul dinding atau bahkan mengucapkan kata-kata kasar kepada teman atau bahkan pada orang tuanya. Alhasil perubahan mood seseorang bukan hanya merugikan bagi diri sendiri melainkan juga bagi orang lain yang berada di dekatnya.

Menurunnya mood seseorang membuatnya menjadi lebih mudah terbawa emosi, mudah marah yang kadang tanpa disertai dengan alasan pendukung yang jelas. Menurunnya mood merupakan bagian dari kehidupan yang pastinya  pernah dirasakan oleh semua orang.

Penyebab Turunnya Mood

Ada begitu banyak hal yang menyebabkan seseorang mengalami bad mood seperti kurang tidur atau mungkin karena banyaknya masalah yang datang entah dari pekerjaan ataupun  karena menumpuknya tugas sekolah. Terutama bagi seorang remaja maka perubahan di kehidupan sehari-hari mereka bisa menjadi salah satu bad mood yang kerap terjadi. Remaja yang dalam masa sekolah seringkali mengalami perubahan mood, terutama karena masalah tugas sekolah atau mungkin ketika mereka merasa tidak diterima dalam kelompok mereka. (baca juga: cara meningkatkan fokus)

Tidak hanya itu, namun remaja juga banyak mengalami perubahan mood akibat tertekan oleh adanya aturan dari daam keluarga. Selain masalah-masalah tersebut, maka hormon pubertas juga dapat memicu perubahan mood seorang mereka. Bagi mereka yang telah dewasa dan telah menginjak usia kerja, penyebab perubahan mood dapat terjadi karena menumpuknya pekerjaan atau mungkin pencapaian target yang tidak kunjung datang.

Jika anda mengalami perubahan mood seperti rasa putus asa yang mendalam, kemurungan yang tidak berujung, rasa bosan yang berlebihan dan mudah marah, maka anda bisa berkonsultasi pada dokter. Perubahan mood yang benar-benar drastis bisa saja karena faktor depresi dan bukan hanya perubahan yang biasa terjadi hanya sesaat. (baca juga: cara mengatasi depresi pada anak)

Depresi yang berlebihan harus diwaspadai karena telah banyak kasus bunuh diri akibat depresi yang tidak teratasi dengan baik. Bagi anda yang merasa depresi dan keinginan untuk mengakhiri hidup sangat tinggi, maka segeralah cari bantuan. Jangan sampai depresi yang anda rasakan begitu menyiksa bahkan membuat anda mengambil keputusan yang tergolong nekat.

Dalam dunia medis, ada banyak terapis yang telah terlatih seperti halnya konselor, penyedia layanan kesehatan, perawat kesehatan pimer yang bisa membantu anda kembali menjalani kehidupan kembali normal yang pasti bergairah. (baca juga: cara mencegah depresi)

Berikut ini merupakan tips meningkatkan mood yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan stress serta perubahan mood yang buruk.

1. Nikmati segarnya udara luar

Jika mood sudah turun dan membuat anda kurang bergairah dalam melakukan apapun, sebaiknya lekas cari udara segar. Jangan hanya berdiam diri di rumah karena dapat membuat beragam jenis pikiran negatif masuk dan mengganggu pikiran anda. Bagi anda yang tengah dalam tahap mengerjakan sesuatu sebaiknya tinggalkan sejenak pekerjan anda dan mulailah ambil jeda untuk berjalan-jalan keluar. Nikmati segarnya udara di luar dan jangan lupa bawa secangkir kopi untuk bersantai dan duduk- duduk di taman atau teras rumah. Terutama jalan-jalan di pagi hari, maka kebiasaan ini mampu membuat anda merasa lebih lega dan yang pasti sehat. Matahari pagi,  dapat meningkatkan tingkat vitamin D dalam tubuh sehingga menyehatkan. (baca juga: 12 makanan yang mengandung vitamin D super tinggi)

2. Pikirkan hal yang positif tentang hidup yang telah anda jalani

Hidup tidakkah selamanya buruk. Ada banyak hal indah yang selama ini telah anda dapatkan. Hanya saja anda tidak sadar atas banyak hal yang telah anda dapatkan sehingga anda menjadi kurang bersyukur. Ingatkan pada diri sendiri, jika hingga kini, telah banyak anugrah yang terjadi di dalam kehidupan anda. Anugrah bisa berupa banyak hal, seperti diberi naiknya jabatan, entah pernikahan, atau mungkin anugrah diberi anak. Akui prestasi serta kebahagiaan yang telah anda dapatkan hingga sekarang. Mengakui kebahagiaan yang telah anda dapatkan hingga saat ini mampu memberi rasa puas tersendiri sehingga ketika masalah datang anda bisa lebih tegar menghadapinya.Memikirkan segala hal yang telah anda dapatkan secara memuaskan, mampu meningkatkan mood anda yang buruk kembali baik. Alhasil aktivitas yang tertunda akibat mood swing bisa kembali dikerjakan dengan sukacita.

Pikiran memiliki kekuatan yang begitu besar dalam menentukan bagaimana suasana hati seseorang hari ini. Dalam hal ini terus berpikir positif merupakan langkah terbaik untuk meningkatkan kualitas mood yang anda miliki. (baca juga: cara meningkatkan kinerja otak)

3. Jangan dekat-dekat mereka yang sedang depresi

Tahukah anda jika tenyata perubahan mood dapat menular? Jika anda bergaul dengan orang-orang yang bisa memberimu banyak harapan,. Maka energi positif dari lingkungan sekitar mampu meredakan perubahaan mood yang awalnya buruk menjadi lebih baik. Sebaliknya ketika anda banyak bergaul dengan mereka yang memiliki sikap pesimis maka anda akan lebih banyak mengalami depresi. Bahkan sikap pesimis yang cenderung merusak tersebut bisa membuat anda menghancurkan harapan yang sebelumnya telah dibangun dan menjadi goal di masa depan. (baca juga: cara mencegah depresi)

4. Letakkan foto keluarga atau sahabat pada pintu lemari es

Pernahkah anda hitung berapa kali mengunjungi lemari es dalam sehari? Jika dirata-rata, banyak orang mendatangi lemari es sekitar 10 kali dalam sehari. Sebuah penelitian menyatakan jika menempelkan foto kenangan atau kebersamaan dengan keluarga ataupun teman dapat membuat anda teringat dengan hal-hal indah yang mampu membuat anda kembali tersenyum dan yang pasti membuat mood kembali naik. Selain menempelkannya di lemari es, anda juga bisa menempelkannya pada tempat yang sering anda datangi lainnya. Seperi tembok kamar atau bahkan ruang belajar. (baca juga: makanan yang ampuh usir depresi)

5.  Pikirkan hal-hal yang konyol

Memikirkan hal-hal konyol yang telah anda lalui dengan teman ataupun keluarga merupakan cara baik dalam meningkatkan mood anda. Memikirkan banyak hal yang lucu dapat membuat anda kembali tersenyum dan yang pasti mood yang tadinya buruk dapat meningkat seketika. (baca juga: ciri-ciri depresi)

6. Hindari prasangka

Jangan pernah percaya dengan yang namanya prasangka. Keberuntungan seseorang bukanlah ditentukan dari prasangka melainkan dari tindakan yang secara nyata anda lakukan. Hindari banyak pikiran negatif yang membuat jalan pikiran anda buntu. Tanamkan selalu sikap optimis dalam pikiran. Lakukan hal yang menurut anda benar dan lakukan dengan berani. Jangan dengarkan orang lain, namun lakukan segala sesuatu yang anda yakini demi kesuksesan anda. (baca juga: cara menghilangkan stres)

7. Coba lakukan hal-hal yang baru

Tahukah anda jika pengalaman baru dapat memberi sebuah keajaiban hidup? Melalui pengalaman, anda dapat merasakan banyak hal yang sebelumnya belum pernah dirasakan. Hal-hal baru tersebut membuat suasana hati menjadi lebih baik dan yang pasti senang. Jangan pernah takut dengan yang namanya kegagalan, selama anda berusaha dan yang pasti selalu berpikir optimis maka kesuksesan tidak akan jauh- jauh. Berbeda dengan mereka yang mudah menyerah, mereka yang demikian itu tidak tahu seberapa dekatnya mereka dengan keberhasilan yang mereka inginkan. (baca juga: cara menghindari stres)

8. Buat catatan

Cara meningkatkan mood yang selanjutnya adalah dengan cara membuat catatan. Biasakan menulis menjadi salah satu kegiatan menyenangkan bagi anda. Tidak semua hal harus ditulis, melainkan hanya kegiatan yang bersifat positif saja. Kalaupun ada kejadian yang tidak menyenangkan maka gunakan hal itu sebagai cambuk untuk bisa berjuang lebih keras dan yang pasti lebih baik lagi. Saat sedang suntuk, buka kembali lembaran-lembaran yang telah anda tulis dan gunakan sebagai penyemangat pada hari- hari kedepannya. (baca juga: makanan untuk menghilangkan stres)

9. Gunakan pengalaman buruk sebagai pelajaran

Setiap orang tentu pernah mengalami apa yang namanya hari buruk. Segala sesuatu tidak selalu dapat berjalan seperti apa yang kita inginkan. Jika anda lantas bersikap negatif dan tepuruk atas keadaan yang tidak baik tersebut, maka kegagalanlah yang akan anda jumpai. Berbeda jika anda mau menjadikan pengalaman buruk yang anda miliki sebagi cambuk dalam berjuang, maka kejadian buruk ynag anda alami akan menjadi sebuah pelajaran berharga pada hidup. (baca juga: penyebab stress)

10. Pikirkan orang yang anda sukai

Menghentikan pikiran-pikiran buruk, dapat dilakukan dengan cara mengingat orang yang anda sayangi. Bisa dari keluarga atau mungkin teman juga kekasih. Ingat dengan baik jika di dunia ini anda tidaklah sendiri. Ada banyak orang senantiasa peduli dan mau membantu di kala kegagalan datang. Jangan pernah berputus asa karena hidup yang anda jalani,  diperlukan dan berharga bagi banyak orang. (baca juga: 15 cara mengatasi stress super ampuh)

11. Lakukan kegiatan menyenangkan

Ada banyak kegiatan yang digunakan untuk menaikan mood seseorang terutama dengan melakukan hobi. Tiap orang tentu memiliki hobi yang berbeda-beda. Ekspresikan diri  melalui hobi yang anda punyai dan jangan hanya diam dan terus-terusan mengeluh tanpa mau bergerak. Melakukan hobi atau mungkin kegiatan yang disukai dapat membantu anda dari pikiran negatif yang mengusik mood baik untuk pergi.

12. Wisata

Selain melaukan hobi, maka wisata merupakan cara ampuh untuk kembali menaikkan mood yang tengah turun. Tidak perlu jauh-jauh hingga ke luar negeri, di Indonesia ada banyak sekali tempat wisata yang dapat anda pilih sebagai area pengusir lelah sekaligus rasa suntuk yang melanda. anda bisa pilih sendiri mau pantai, mau arena bermain atau mungkin jenis wisata lain yang anda gemari.

Hilangkan rasa suntuk dengan menikmati indahnya area wisata yang didatangi. Akan lebih menyenangkan lagi jika anda ajak keluarga atau teman untuk berwisata. Menikmati wisata dengan teman atau keluarga merupakan salah satu bentuk keseruan tersendiri dalam menjalani hidup.

13. Dengarkan musik

Apakah anda salah seorang penggemar musik? Jika iya maka mendengarkan musik bisa dijadikan sebagai salah satu cara dalam meningkatkan kembali mood yang sebelumnya sempat down. Namun tidak semua jenis musik bisa di dengarkan ketika sedih melainkan hanya pilih jenis musik yang ceria dan menyenangkan saja.

Mendengarkan alunan nada yang tertata sedemikian indahnya mampu membuat perasaan menjadi lebih ringan. Alhasil mood akan kembali meningkat seiring dengan getaran nada yang dimainkan oleh pemusiknya. (baca juga: cara meningkatkan daya ingat dan konsentras belajar)

14. Ingat jika anda tidaklah sendirian

Ada kalanya manusia merasa sendiri dan dikucilkan. Namun ketika anda mau lihat dengan baik- baik, maka akan terlihat dengan jelas jika ada banyak sekali orang yang setia di samping anda bahkan ketika anda terpuruk sekalipun. Jangan pernah merasa sendiri dan selalu ingat jika ada banyak orang yang membutuhkan anda sehingga anda perlu berjuang dengan baik atas hidup. Tidak hanya berjuang bagi bagi diri sendiri melainkan juga untuk mereka yang dekat dengan anda.

15. Berbicara dengan sahabat

Memiliki sahabat merupakan anugrah yang luar biasa dalam kehidupan. Sahabat merupakan salah satu tanda nyata jika kita tidaklah hidup sendiri di dunia ini. Berbicara dengan sahabat atas masalah yang kita miliki mampu menjadi obat tersendiri bagi  anda yang tengah dirundung kesedihan.

Berbicara atas masalah yang kita hadapi bisa dilakukan dengan banyak orang dan bukan hanya sahabat saja melainkan pada mereka yang mampu menjadi seorang pendengar yang baik. Cobalah berbicara dengan mereka, entah dengan guru atau mungkin adik serta orang tua. Jika hanya terus dipikirkan, maka masalah yang tengah anda hadapi bisa semakin buruk, meskipun sebenarnya, masaah yang datang tidaklah seburuk kelihatannya.

16. Olahraga

Meningkatkan mood juga bisa dilakukan dengan cara melakukan aktivitas sehat layaknya berolahraga. Ada banyak olahraga yang bisa dipilih untuk meningkatkan mood seperti berenang, berjalan-jalan ataupun sekadar menambil napas segar di luar ruangan.
istirahat secara cukup (baca juga: cara menurunkan badan dengan olahraga)

Kurang istirahat dapat memicu banyak hal buruk pada manusia. Kurang istirahat menjadi penyebab turunnya mood, kurang bergairah, tubuh kurang segar bahkan masalah kesehatan yang lain. Tidur yang baik dilakukan dengan cukup yakni 8 hingga 9 jam dalam sehari. Tidur yang cukup dapat membuat kondisi tubuh anda kembali baik dan yang pasti suasana hatipun akan terasa lebih ringan.

Jauhi kebiasaan begadang untuk menghindari kelelahan yang berujung pada lekas marah dan emosi yang tidak stabil.

17. Tersenyum

Tersenyum merupakan suatu tindakan yang cukup sepele namun memiliki dampak yang besar bagi kehidupan anda. Saat dalam situasi yang tidak menguntungkan, jangan lantas terbawa suasana melainkan tetaplah tersenyum dan hadapi situasi kurang beruntung anda dengan kepala dingin.

Senyum sendiri merupakan sebuah tindakan kecil yang dapat menghilangkan bad mood dengan cepat. Bahkan sejumlah penelitian menyebutkan jika membuat wajah tersenyum dapat menghasilkan efek tubuh yang baik. Ekspresi pada wajah nyatanya memberi dampak yang begitu besar bagi suasana hati seseorang. (baca juga: cara meningkatkan nafsu makan)

18. Lupakan penyebab turunnya mood anda

Masalah, jika semakin dipikir maka akan semakin kesallah anda. Inilah kenapa sebaiknya apa yang telah terjadi, biarkan saja berlalu. Anda boleh saja menangis marah dan kesal namun ingat untuk segera melepaskannya. Jangan sampai kejadian buruk yang terjadi, anda ingat secara terus menerus dan menyebabkan mood menjadi lebih buruk lagi.

Saat meluapkan emosi, sebaiknya tidak melibatkan orang lain di dalamnya. Bisa jadi anda yang kesal namun orang lain yang menanggung akibatnya. Jangan sampai kemarahan serta kekesalan yang anda miliki, anda luapkan pada orang yang tidak tepat. Karena jika sudah demikian, bukannya masalah yang anda hadapi segera selesai, melainkan memicu datangnya masalah yang baru.

19. Jangan luapkan unek-unek ke media sosial

Saat mood, sedang turun-turunnya maka godaan untuk meluapkan unek-unek ke media sosial akan semakin besar. Kenyataannya, mengungkapkan unek-unek anda ke media sosial bukanlah cara yang tepat karena dengan begitu maka semua orang akan tahu apa yang tengah anda alami. Masih mending jika ada orang yang bersimpati dan mau membantu masalah yang tengah anda hadapi,  namun bagimana jika unek-unek yang anda lontarkan malah dicerca dan menjadi bahan tertawaan? Jika sudah demikian, maka semakin buruklah mood anda.

Meluapkan isi hati entah di facebook ataupun di twitter merupakan hal yang banyak dilakukan dan menjadi hal yang cukup biasa dilakukan. Namun sayangnya tidak semua hal bisa anda tuangkan ke dalam media-media sosial tersebut terlebih jika sifatnya sudah menyinggung hal yang pribadi. Jangan lupa jika suatu saat anda berbicara salah sedikit saja, bisa jadi akan ada orang yang tersinggung atas unek-unek anda di media sosial.

Selain menghindari meluapkan unek-unek di media sosial, ada baiknya jika anda menghindari yang namanya belanja saat mengalami penurunan mood. Ketika mood tengah turun, anda akan cenderung ingin membeli sesuatu yang sebenarnya tidak diperlukan. Alhasil penghamburan uanglah yang akan terjadi. Berbelanja merupakan kebiasaan yang cukup menyenangkan namun bisa menjadi pemicu penyesalan saat anda membeli banyak barang yang akhirnya tidak digunakan. (baca juga: gejala depresi)

Makanan Pengusir Rasa Stress

Selain melakukan beragam jenis kegiatan yang bisa menghilangkan mood down, maka beberapa jenis makanan ini, juga bisa digunakan untuk mengatasi atau bahkan menghilangkan stres yang anda alami.

  1. Buah pisang

Buah pisang merupakan buah yang digemari oleh banyak orang. Buah pisang memiliki begitu banyak jenis, yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan finansial serta rasa yang anda inginkan. Ada pisang yang cenderung asam namun ada pula yang memiliiki rasa begitu manis. Buah ini merupakan jenis buah yang bisa didapat kapanpun anda inginkan. Hal inilah kenapa buah ini disebut pula dengan jenis buah yang tidak kenal dengan musim.

Mengonsumsi buah pisang dapat membuat seseorang menjadi lebih bersemangat. Hal ini dikarenakan, di dalam pisang mengandung zat yang bernama triptofan yang di dalam tubuh selanjutnya akan diubah menjadi serotonin yakni sejenis hormon yang mampu membuat perasaan seseorang menjadi lebih tenang. Alhasil semangat pun akan kembali. (baca juga: khasat buah pisang untuk kesehatan)

  1. Susu coklat

Susu coklat merupakan minuman favorit bagi banyak orang. Sama seperti buah pisang, maka susu coklat juga mengandung triptofan yang mampu membuat hati anda menjadi lebih tenang dan yang pasti bahagia. Tidak hanya itu, namun susu coklat ternyata juga bisa digunakan untuk meningkatkan fungsi otak seseorang. (baca juga: khasiat susu sapi murni)

  1. Kopi

Mengatasi mood yang tengah turun selanjutnya adalah dengan cara mengonsumsi kopi. Kopi dapat meningkatkan energi sehingga mampu meningkatkan pula kemampuan memori otak anda. Hal yang perlu diingat adalah untuk mengonsumsi kopi dengan takaran yang tepat karena jika takaran yang kamu gunakan kelebihan, justru stresslah yang akan anda dapatkan. (baca juga: kopi bagi penderita asam lambung)

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki kandungan nutrisi yang begitu kaya seperti omega-3, vitamin E juga antioksdidan. Kandungan omega-3 dalam kacang, akan meningkatkan aliran darah menuju otak. Sehingga otak anda akan mendapatkan suplai oksigen dengan baik dan mampu membuat anda menjadi lebih tenang.

Konsumsi kacang-kacangan tiap hari juga bagus untuk kesehatan tubuh serta mampu menjernihkan pikiran dari stress. (baca juga: makanan yang mengandung omega 3)

  1. Buah-buahan segar

Dalam buah-buahan terutama jenis buah yang masih segar terkandung banyak nutrisi serta antioksidan yang mampu mengusir stress ataupun bad mood yang tengah dialami. Buah seperti buah bluberry serta jenis buah jeruk memiliki banyak vitamin juga antioksidan sebagai penghilang stress. (baca juga: makanan yang mengandung antioksidan)

Dengan banyaknya manfaat buah-buahan segar, ada baiknya jika anda selalu menyiapkan buah segar di rumah.

Bad mood merupakan suasana hati yang buruk namun bisa dengan cepat pergi asalkan anda tahu trik-triknya. Gunakan trik di atas untuk menghilangkan suasana buruk dalam diri dan mulailah perbanyak kreasi terutama saat anda masih dalam usia muda. Jangan pernah biarkan pikiran buruk mengambil alih dan membuat hari-hari yang anda jalani menjadi lebih buruk lagi akibat kurang menguasai diri dalam menangani situasi hati.