10 Cara Melatih Fisik Agar Tidak Cepat Lelah Dalam Beraktivitas Sehari Hari

1185

Apakah Anda salah satu orang yang cepat lelah ketika beraktivitas? Itu tandanya mungkin Anda perlu melatih fisik supaya tidak cepat capek dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Walaupun hanya melakukan rutinitas, tubuh memerlukan stamina yang baik dan konsisten, jadi perhatikan beberapa cara melatih fisik agar tidak cepat lelah berikut ini.

  1. Mengonsumsi Susu

Seperti kita tahu, susu adalah salah satu sumber kalsium paling baik dan bahkan dengan mengonsumsinya rutin, Anda akan dapat memperoleh asupan protein tinggi juga. Untuk kesehatan fisik yang optimal, kedua nutrisi itulah yang paling dibutuhkan oleh tubuh supaya tulang dan sel-sel tubuh tetap terpelihara dengan baik.

  1. Istirahat yang Cukup

Banyak orang mengeluh tubuh mereka cepat lelah dan biasanya faktor penyebab paling umum adalah istirahat yang sangat sedikit setiap harinya. Tidur yang kurang dari 8 jam sehari adalah pemicu fisik tak sekuat yang diharapkan. Jadi, untuk tubuh yang sehat dan fisik selalu kuat pastikan untuk tidur sehari minimal 8 jam.

Dengan tidur cukup, bukan hanya fisik yang beristirahat, melainkan juga pikiran Anda sehingga kesehatan mental ikut terjaga dengan baik. Tidurlah lebih awal setiap malamnya dan hindari begadang. Jika memiliki gangguan susah tidur atau insomnia, segera atasi sebelum berlanjut dan memberi dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

  1. Bangun Pagi

Membiasakan diri bangun pagi justru tidak membuat badan cepat lelah. Menurut penelitian, justru bangun pagi sebelum jam 6 akan menyegarkan tubuh, menjauhkan tubuh dari obesitas dan menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit kardiovaskular. Awalnya bila belum terbiasa tentu akan ada efek super ngantuk, tapi dengan membiasakan Anda akan merasakan manfaatnya.

  1. Melakukan Peregangan Setiap Bangun Tidur

Bangun tidur sebelum mandi, usahakan untuk meluangkan waktu melakukan beberapa langkah stretching atau peregangan. Meski bukanlah atlet, cara ini akan membuat tubuh jauh lebih fleksibel, segar dan bugar. Bahkan bukan hanya fisik tak akan jadi cepat lelah, Anda pun bakal terhindar dari varises.

  1. Mandi Pagi

Bangun pagi, jogging atau peregangan, lalu mandilah. Mandi pagi apalagi kalau matahari belum terbit bisa menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh yang aman dan ampuh. Saat terjadi peningkatan kekebalan tubuh, otomatis fisik pun menjadi ikut lebih kuat yang membuat Anda tak gampang capek melakukan kegiatan sehari-hari.

Selain tidak gampang capek dalam berutinitas, Anda juga tak akan mudah lelah saat berolahraga. Kabar baiknya lagi, mandi pagi-pagi sekali juga bakal menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit, jadi banyak keuntungan yang bisa didapat dari kebiasaan baik ini bukan?

  1. Minum Banyak Air Putih

Rahasia tubuh yang segar dan bugar serta tak cepat lelah adalah dengan mengonsumsi banyak air putih. Tubuh otomatis bakal mengalami dehidrasi yang berakibat pada lemasnya tubuh dan fisik pun gampang capek. Aktivitas yang Anda kerjakan pun mungkin akan terhambat dengan kurangnya cairan dalam tubuh, jadi minumlah 8 gelas air putih per hari.

  1. Menghindari Makanan Cepat Saji dan Junk Food

Bukan hanya meningkatkan risiko penyakit kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi, mengonsumsi makanan cepat saji dan junk food pun malah justru membuat tubuh lebih cepat lelah dari biasanya. Latihlah diri untuk menghindari makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, bergaram tinggi, bergula tinggi serta berkolesterol tinggi.

  1. Jogging

Olahraga jogging adalah salah satu jenis olahraga yang sangat sederhana. Bila tadi Anda dianjurkan untuk bangun bagi dan melakukan peregangan, tak ada salahnya sesudah peregangan Anda lanjut dengan olahraga jogging. Selain menambah kekuatan fisik, matahari pagi akan menambah pula asupan vitamin D pada tubuh.

Tak perlu terlalu lama, lakukan jogging sekitar 15 menit saja. Jika sudah terbiasa dengan durasi jogging 15 menit, Anda bisa kemudian meningkatkan durasi hingga 30 menit. Otot tubuh akan terhindar dari stres dengan melakukan jogging secara rutin, jadi tak salah kalau Anda memulainya segera.

  1. Memperbanyak Asupan Buah dan Sayur

Seperti disebutkan sebelumnya, makanan cepat saji dan junk food bukanlah makanan yang tepat bila Anda ingin fisik jauh lebih kuat dan tak mudah lelah. Untuk fisik yang bugar, konsumsilah makanan 4 sehat 5 sempurna di mana semuanya itu terdiri dari sayur-sayuran, buah hingga kacang-kacangan.

  1. Menghindari Kebiasaan Tak Sehat

Kalau sudah bangun pagi, olahraga pagi, minum banyak air putih, tidur cukup dan makan sehat, maka mulailah juga untuk menghindari berbagai macam kebiasaan yang tak sehat dan berisiko merusak tubuh. Merokok serta minum minuman beralkohol adalah yang dimaksud di sini.

Ada berbagai penyakit akibat merokok yang mengintai Anda entah itu Anda adalah seorang perokok aktif atau pasif. Bahaya minuman keras bagi kesehatan juga begitu buruk dan bahkan dapat berdampak bagi kesehatan sistem saraf otak. Kebiasaan-kebiasaan inilah yang sebaiknya dihentikan dan mulailah menggantinya dengan kegiatan yang bermanfaat tapi tetap membuat hati senang.

Sederhana bukan cara-cara melatih fisik agar tidak cepat lelah tersebut? Semuanya akan berhasil Anda lakukan dengan motivasi yang besar dan niat yang kuat, jadi kumpulkan dulu semangat dan niat Anda untuk menjadikan fisik lebih baik, bugar dan sehat supaya aktivitas pun dapat dijalani dengan penuh energi.