Ingin Membakar Kalori Lewat Pekerjaan Rumah Tangga? Lakukan 12 Hal Ini!

343

Ingin Membakar Kalori Lewat Pekerjaan Rumah Tangga? Lakukan 12 Hal Ini!Beberapa orang menganggap bahwa aktivitas membakar kalori harus dilakukan dengan olahraga yang berat sehingga kemudian menjadi malas memulainya. Padahal untuk menurunkan berat badan atau sekadar menjaganya tetap stabil bisa dilakukan lewat pekerjaan-pekerjaan rumah tangga. Di rumah, kegiatan sehari-hari di bawah ini mampu memberikan keuntungan dalam proses pembakaran kalori.

  1. Berkebun

Mulai dari aktivitas di luar ruangan atau halaman rumah, Anda bisa coba lakukan aktivitas berkebun. Jika memang Anda senang melakukan kegiatan ini sebagai hobi, maka beruntunglah Anda karena bisa membakar sekitar 250 kalori per jamnya atau bahkan lebih dengan berbagai hal yang harus dilakukan di kebun; menanam, memupuk, memangkas, menyiangi, menyirami, dan lainnya.

  1. Membuang Sampah

Terlihat sepele, sebenarnya membuang sampah adalah kegiatan yang juga bisa membantu membakar kalori dan cara membakar lemak cukup banyak. Mengumpulkan sampah lalu membuangnya berpotensi membakar sekitar 105 kalori, khususnya jika Anda harus mengosongkan seluruh tempat sampah di rumah, tentu akan berdampak besar bagi tubuh.

  1. Mencuci Motor atau Mobil

Bagi yang memiliki kendaraan pribadi di rumah, pembakaran kalori bisa jauh lebih maksimal dengan adanya tambahan aktivitas mencuci motor atau mobil. Daripada harus keluar uang ke tempat khusus cuci mobil atau motor, kenapa tak lakukan sendiri saja di rumah? 153 kalori bisa dibakar melalui kegiatan satu ini.

  1. Memasak dan Membuat Roti

Bagi Anda yang suka berada di dapur, khususnya melakukan aktivitas memasak atau membuat roti, maka salah satu manfaat dari hal ini adalah pembakaran sekitar 150 kalori per jamnya. Mulai dari membuat sendiri pasta atau roti, menguleni adonan, memotong-motong sayuran dan juga buah-buahan serta lainnya bisa menolong Anda tetap aktif.

  1. Menyapu dan Mengepel

Kegiatan membersihkan lantai adalah kegiatan yang juga bisa menjadi penolong bagi Anda yang ingin membakar kalori. Menyapu dan mengepel lantai per jamnya saja bisa membakar sekitar 240 kalori, jadi pekerjaan rumah tangga satu ini tidak pernah sia-sia dilakukan karena dapat diandalkan sebagai cara menguruskan berat badan.

  1. Mencuci Piring

Setiap sehabis memasak dan makan, otomatis yang dilakukan adalah membereskan cucian piring bukan? Kabar baiknya adalah bagi Anda yang sering mencuci piring, 125-160 kalori kurang lebihnya dapat dibakar melalui aktivitas menggosok, menyabuni piring, membilas, mengelap, lalu merapikannya di tempatnya.

  1. Menyetrika

Ketika mencuci baju dilakukan dengan bantuan mesin cuci, maka tentunya pekerjaan rumah tangga ini tak akan berpengaruh besar pada pembakaran kalori tubuh. Namun berbeda halnya dengan menyetrika pakaian, sebab menyetrika justru diketahui bisa membantu pembakaran hingga 140 kalori dalam tubuh.

  1. Membersihkan Jendela

Banyak orang mungkin memiliki keluhan terhadap aktivitas rumah tangga satu ini. Pekerjaan satu ini cukup sulit apalagi jika memiliki jendela yang tinggi tanpa adanya alat pembersih yang bisa menolong. Sebenarnya, membersihkan jendela apapun alat yang digunakan mampu membantu pembakaran kalori sebanyak 125 kalori per setengah jam, lho.

  1. Memandikan Anak dan Hewan Peliharaan

Apabila Anda punya anak, khususnya yang masih bayi dan balita, serta juga memiliki hewan peliharaan. Memandikan mereka adalah aktivitas yang mungkin melelahkan tapi sebenarnya menyenangkan dan bisa membakar sekitar 240 kalori sehingga Anda bisa menjaga berat badan tetap stabil.

  1. Menggosok Kamar Mandi

Baik itu menggosok lantai kamar mandi atau membersihkan bak mandi, rupanya aktivitas ini sangat menolong dalam membakar sekitar 200 kalori. Tak hanya itu, jika ditambah dengan membersihkan pancuran mandi (jika ada), maka kalori yang dapat dibakar bisa lebih dari itu.

  1. Merapikan Tempat Tidur

Kebiasaan yang menyehatkan selanjutnya dan bahkan bisa menjadi penolong dalam membakar kalori adalah merapikan tempat tidur. Merapikan tempat tidur adalah aktivitas yang akan membakar hingga 130 kalori per setengah jam, sehingga memang kegiatan ini tak boleh diremehkan juga.

  1. Menata Ulang Rumah

Menata ulang ruang keluarga dan kamar tidur saja bisa membantu membakar kurang lebih 260-300 kalori per setengah jam. Jadi ketika Anda mencoba menata ulang furnitur di beberapa ruangan lainnya, maka dapat diperkirakan bukan berapa kalori yang terbakar? Memindah-mindahkan furnitur cukup berat dan ini bisa jadi pekerjaan rumah tangga yang efektif menurunkan berat badan.

Bagi Anda yang memang tak ada waktu untuk pergi ke tempat fitness atau sekadar berlari di sekitar rumah, melakukan serangkaian pekerjaan rumah tangga tersebut bisa juga diandalkan sebagai pembakar kalori jitu. Jadi selain rumah menjadi jauh lebih rapi dan baik, Anda juga bisa meminimalisir risiko penyebab obesitas karena selalu aktif.