Apakah Berenang Dapat Menurunkan Berat Badan? Ini Fakta dan Tipsnya

308

Masalah umum yang banyak dihadapi orang adalah berat badan di mana mengikuti tips diet sehat kerap menjadi pilihan sulit untuk dilakukan karena ingin cepat turun. Diet ketat pun banyak dijalani demi memperoleh tubuh ideal yang bahkan tanpa disertai olahraga. Untuk menurunkan berat badan, rupanya renang masuk di dalam daftar olahraga yang bisa Anda pilih.

Berenang sebagai Olahraga Penurun Berat Badan

Apakah berenang dapat menurunkan berat badan secara efektif? Jangan salah, walau berolahraga di dalam air, ini adalah salah satu cara membakar lemak alami yang bisa diterapkan demi tubuh yang ideal. Ada beberapa alasan mengapa berenang termasuk olahraga terbaik Anda bisa lakukan, seperti:

  • Kepadatan air 800 kali lebih tinggi ketimbang udara sehingga setiap gerakan tubuh di air bisa menjadi latihan ketahanan tubuh. Bahkan renang santai selama sejam saja akan membantu pembakaran 500 kalori dan 700 kalori kalau Anda renang ketat.
  • Berenang setiap minggu dalam durasi 2 jam 30 menit adalah cara yang baik untuk dipraktekkan untuk penurunan berat badan atau bahkan menjaganya agar tetap stabil. Lakukan renang dengan tips ini apabila ingin dan merasa perlu pembakaran 3500 kalori atau lebih sehingga berat badan dapat berkurang setengah kg. Hanya saja, perhatikan bahaya berenang di saat hujan dan sebaiknya hindari aktivitas ini bila Anda melakukannya di kolam renang outdoor.
  • Berenang adalah olahraga yang mungkin meragukan bisa atau tidak menurunkan berat badan, namun nyatanya renang membuat otot-otot tubuh banyak yang bekerja. Jadi bukan hanya baik untuk otot fisik, Anda bisa juga memperkuat otot jantung dan menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.
  • Kalori akan lebih cepat dan banyak Anda bakar dengan renang apabila melakukan latihan interval. Berenanglah secara cepat dalam sekali putaran, lalu pada putaran selanjutnya tak perlu cepat lagi melainkan santai saja.

Gaya Renang untuk Menurunkan Berat Badan

Karena Anda sudah tahu bahwa renang bisa menurunkan berat badan karena otot-otot tubuh dibiarkan dapat bekerja secara maksimal, maka berikut ini adalah beberapa gaya renang yang layak Anda coba untuk memaksimalkan penurunan berat badan Anda.

  1. Gaya Punggung

Gaya renang di mana tubuh menghadap ke langit dalam posisi telentang akan menjadi latihan yang sesuai bagi otot-otot inti. Bahkan putaran gerakan tangan ke arah belakang bisa menjadikan pergerakan bisep lebih banyak. Sementara itu, bukan hanya tangan dan lengan melainkan kaki pun akan melibatkan otot paha, otot bokong dan hamstring untuk bergerak lebih intens sehingga dalam 10 menit 80 kalori bisa terbakar.

  1. Gaya Dada

Untuk menurunkan berat badan dan mengencangkan otot tubuh atas dan bawah, Anda bisa melakukan gaya dada. Tangan yang ditarik ke depan dada bisa dilanjutkan dengan mendorongnya secara lurus ke depan yang tentunya melibatkan otot trisep, dada, dan bahu.

Otot bagian bawah pun bisa digerakkan secara maksimal, terutama otot paha, bolong dan kaki walaupun ini merupakan renang gaya dada. Untuk kalori yang terbakar, memang lebih sedikit karena dalam 10 menit, rupanya Anda bisa membakar hanya sampai 60 kalori yang paling kecil ketimbang gaya renang lainnya.

  1. Gaya Kupu-kupu

Bila ingin seluruh otot inti tubuh dapat terlibat dan Anda ingin tantangan yang paling berat, maka gaya kupu-kupu adalah yang paling sesuai. Hanya saja walau lebih berat, justru kalori yang terbakar paling banyak bisa didapat dari gaya renang satu ini.

Penggunaan seluruh otot dalam waktu yang sama itulah yang membuat gaya kupu-kupu dipercaya ampuh dalam menurunkan berat badan. Renang dengan gaya ini hanya dalam 10 menit mampu mendukung pembakaran kalori hingga 150 kalori. Jadi kalau melakukannya secara rutin, Anda akan makin dapat cepat mencapai berat badan ideal.

  1. Gaya Bebas

Pergerakan kaki dan tangan pada gaya renang satu ini mirip saat Anda melakukan gaya punggung pada dasarnya dengan secara bergantian memutar tangan kiri dan kanan sambil juga kaki terus bergerak maju. Perbedaan paling mencolok adalah posisi tubuh karena punggung mengharuskan Anda telentang, sementara gaya bebas memerlukan posisi tubuh tengkurap.

Otot inti, khususnya otot paha, bokong, dan pinggul akan begitu mendapatkan manfaatnya karena harus bergerak sangat aktif. Gaya bebas adalah gaya renang yang bisa Anda andalkan karena mampu mendukung pembakaran kalori terbanyak kedua setelah gaya kupu-kupu, yakni sebesar 100 kalori dalam durasi 10 menit saja.

Jadi, apakah berenang dapat menurunkan berat badan? Anda sudah mendapatkan jawaban dan faktanya di sini. Renang bisa menurunkan berat badan asalkan rutin melakukannya, namun hindari bahaya berenang pada malam hari, apalagi jangan sampai bahaya berenang tanpa pemanasan Anda sampai alami.