Home Featured Yang Benar yang Mana? Minum Air Es Bikin Gemuk atau Kurus Sih?

Yang Benar yang Mana? Minum Air Es Bikin Gemuk atau Kurus Sih?

by Erlita

Minum air es memang menyegarkan dan banyak orang menyukai jenis minuman sederhana ini. Masalahnya, air es kerap dikaitkan sebagai pemicu berbagai penyakit, seperti batuk dan pilek hingga pemicu kegemukan. Padahal ada pula anggapan kalau ingin cepat kurus, ya minum saja air es karena air dingin akan mempercepat proses metabolisme.

Saat metabolisme bekerja lebih maksimal dan cepat, otomatis proses pemecahan lemak dan mengubahnya menjadi tenaga juga lebih mudah. Dengan begitu, air es sebenarnya bisa dikonsumsi agar lemak tidak menimbun di dalam tubuh. Lalu, yang benar yang mana ya kira-kira; minum air es bikin gemuk atau kurus sih?

Dari kedua anggapan tersebut, dilansir dari Detik Health, seorang pakar gizi Dr dr Diana Sunardi, M. Gizi, SpGK mengatakan bahwa kedua anggapan itu justru salah lho. Ini karena suhu air tak memberi dampak atau efek apapun pada berat badan. Berat badan dapat dipengaruhi justru oleh manis tidaknya air es yang kita minum; apakah kandungan gula minuman dingin yang kita nikmati begitu tinggi?

Pada dasarnya, setiap tubuh manusia mampu menetralisir suhu air yang masuk ke dalam tubuh, baik itu panas maupun dingin. Yang kebanyakan berpengaruh pada berat badan sebenarnya adalah gula yang berlebihan pada air dingin tersebut sehingga kemudian penyimpanan terjadi oleh tubuh dalam bentuk lemak yang kalau dibiarkan akan menimbun.

Sementara itu, suatu penelitian membuktikan bahwa minum air putih biasa maupun air putih dingin sebelum makan sebanyak ½ liter bisa mengurangi 44 persen berat badan awal. Namun dampak ini tak begitu berpengaruh secara jangka panjang rupanya terhadap komposisi jaringan lemak tubuh. Jadi intinya, kedua anggapan bahwa air es bisa membuat gemuk maupun kurus masih perlu kajian lebih jauh.

Tips Mengonsumsi Air Es yang Menyehatkan

Air es pada dasarnya bisa menyehatkan kok bagi tubuh, namun tergantung dalam bentuk apa kita menikmatinya. Berikut beberapa tips dalam mengonsumsi air es agar bisa menjadi kesehatan bagi tubuh.

  • Minum air putih dingin atau air putih yang diberi es batu.
  • Minum air es yang bebas gula serta kalori, termasuk bebas pemanis buatan.
  • Minum air es dalam bentuk infused water di mana di dalamnya bisa merendam mentimun, semangka, jeruk nipis ataupun lemon yang jauh lebih sehat bagi tubuh.
  • Mengurangi minum air es apabila memiliki penyakit darah tinggi, penyakit jantung maupun menderita kaki bengkak
  • Jika suka rutin mengonsumsi air es, pastikan rutin juga memakan makanan sehat dengan memperbanyak asupan sayur serta buah, membatasi makanan manis dan berlemak tinggi, dan rajin berolahraga agar berat badan tak gampang naik.

Jadi, minum air es bikin gemuk atau kurus sih? Menurut ahli gizi, berat badan tidak akan terpengaruh oleh air es asalkan tanpa pemanis dan kalori di dalamnya. Jadi, perhatikan lagi deh cara konsumsi air es yang tepat dan sehat, lalu seimbangkan juga dengan pola makan, pola pengelolaan stres serta pola tidur yang baik.

You may also like