Begini 17 Cara Agar Tidak Digigit Nyamuk Saat Tidur Paling Sederhana !

663

Digigit nyamuk saat tidur bukan hanya menjadi hal yang membuat tidak nyaman dan membuat kita terbangun lalu susah tidur lagi. Jika nyamuk tersebut justru membawa penyakit, maka kesehatan tubuh kita lah yang merugi. Untuk itu, berikut ini adalah segudang rekomendasi cara agar tidak digigit nyamuk saat tidur wajib Anda coba.

  1. Memasang Kelambu pada Tempat Tidur

Cara tradisional yang sederhana ini sebenarnya adalah cara utama yang bisa Anda coba lakukan terlebih dulu dalam mencegah gigitan nyamuk ketika tidur. Meski tradisional dan kelihatan jadul, efektivitas dari pemasangan kelambu pada tempat tidur sudah terbukti tinggi sehingga Anda bisa tercegah dari serangan nyamuk.

  1. Memasang Sprei Warna Terang

Nyamuk sangat suka dengan suasana gelap, warna gelap dan tempat gelap, maka dari itu Anda perlu mencoba memasang sprei yang bahkan warnanya cerah supaya mencegah gigitan nyamuk ketika tidur. Nyamuk akan enggan mendekat apabila Anda menggunakan sprei berwarna cerah.

  1. Mengenakan Pakaian Berwarna Terang

Selain sprei berwarna cerah, Anda bisa bisa juga mengenakan pakaian dengan warna terang di mana pembauran ini akan membuat nyamuk jauh lebih sulit untuk menentukan target yang akan digigit. Justru dengan mengenakan pakaian berwarna gelap, risiko untuk digigit nyamuk menjadi jauh lebih tinggi sehingga Anda perlu menghindarinya.

  1. Memasang AC atau Kipas Angin

Ketika terkena angin, jelas arah terbang nyamuk menjadi kurang stabil, jadi pastikan bahwa Anda di ruang tidur bisa memasang kipas angin ataupun AC. Cara ini juga cukup sederhana bukan untuk mencegah Anda tergigit oleh nyamuk? Bahkan ruangan ber-AC pun memang diketahui jauh lebih aman dari jangkauan nyamuk.

  1. Berselimut

Jika di dalam ruangan tidur Anda cukup sejuk, maka untuk menghindari gigitan nyamuk Anda bisa menggunakan selimut untuk menutupi diri. Hanya saja, lihat-lihat juga cuaca dan suhu udara supaya Anda justru tidak kepanasan karena berselimut. Jika berselimut pun, Anda bisa coba gunakan selimut berwarna cerah.

  1. Berpakaian Tertutup

Jika ingin menghindari gigitan nyamuk sewaktu tidur, cobalah untuk mengenakan pakaian tertutup. Pakaian lengan panjang dan juga celana panjang bisa Anda gunakan supaya kulit terlindung dari target gigitan nyamuk. Namun, cara ini dapat Anda terapkan ketika memang suhu sedang sejuk atau setidaknya sedang tidak panas.

  1. Menghindari Tidur di Ruangan Terbuka

Tidur di ruangan terbuka adalah suatu hal yang perlu Anda hindari supaya tidak mudah digigit nyamuk. Ini karena keberadaan nyamuk sebenarnya jauh lebih banyak di tempat terbuka seperti ruangan yang dekat kebun, ladang, hingga tempat penuh gantungan baju dan juga penumpukan sampah.

  1. Mengolesi Tubuh dengan Ramuan Vitamin B2 dan Vitamin C

Vitamin B2/riboflavin dan juga vitamin C bisa Anda larutkan bersama di dalam air sesuai dengan kebutuhan Anda, lalu setelah jadi ramuan pun siap Anda balurkan pada tubuh yang kira-kira paling sering menjadi target gigitan nyamuk. Percaya atau tidak, ramuan sederhana ini efektif dalam mengusir nyamuk.

  1. Menempatkan Kulit Jeruk di Ruang Tidur

Ada kandungan lemonen di dalam kulit jeruk yang siap untuk mengusir nyamuk, kenapa? Ini karena nyamuk tak menyukai zat tersebut sehingga jika Anda coba menempatkan kulit jeruk khususnya pada dekat tempat tidur ataupun juga sudut-sudut ruang tidur, maka nyamuk tak akan berani mendekati atau menggigit Anda.

  1. Mengoleskan Essens Vanila

Cara paling sederhana dan efektif lainnya adalah dengan mengoles essens vanila pada kulit yang terbuka dan berisiko menjadi target gigitan nyamuk. Oles setiap hendak tidur secara merata pada kulit tubuh Anda, dan bersiaplah untuk tidur nyenyak tanpa harus mengalami gangguan tidur karena digigit nyamuk.

  1. Menggunakan Daun Sirih

Siapkanlah sejumlah lembar daun sirih yang sudah Anda cuci bersih, lalu tumbuk halus untuk kemudian Anda oles pada kulit tubuh yang mudah terpapar dan dijadikan target gigitan oleh nyamuk. Nyamuk paling takut dan menghindari daun tanaman ini, jadi tak ada salahnya untuk Anda coba di rumah sebelum tidur.

  1. Menggunakan Daun Pepaya

Daun pepaya dapat Anda coba gunakan untuk mengusir nyamuk di dalam ruang tidur sehingga Anda tak gampang digigit olehnya. Cukup siapkan beberapa lembar daun pepaya yang kemudian Anda bisa tempatkan di dekat tempat tidur atau tempat Anda berada maupun sudut-sudut ruangan. Nyamuk dijamin tak berani muncul dan justru bersembunyi.

  1. Menggunakan Kulit Nanas

Jika Anda cukup sering mengonsumsi buah nanas, kulitnya jangan dibuang dulu. Salah satu makanan yang mengandung vitamin C tinggi ini bisa Anda manfaatkan bagian kulitnya untuk Anda taruh pada sebuah ember yang Anda harus isi air lebih dulu. Ember tersebut kemudian bisa Anda tempatkan di dekat tempat tidur maupun sudut ruangan supaya nyamuk menghindar.

  1. Memakai Minyak Kayu Putih

Satu lagi cara simpel yang juga ampuh dalam menghindarkan nyamuk dari tubuh Anda. Supaya tak gampang digigit nyamuk dan sebagai cara sederhana mengusir nyamuk, pakailah minyak kayu putih. Oles pada kulit tubuh Anda yang mudah menjadi target si nyamuk tepat sebelum tidur.

  1. Menggunakan Daun Serai

Siapkanlah beberapa batang daun serai yang kemudian Anda geprek sedikit. Taruhlah daun serai pada area dekat tempat tidur serta beberapa sudut ruang tidur Anda jika perlu. Aroma serai inilah yang tak disukai oleh nyamuk sehingga Anda bisa tidur dengan nyaman dan aman.

  1. Menggunakan Ramuan Kombinasi Ragi dan Lavender

Selain aroma lavender adalah cara mengatasi stres yang ampuh, Anda bisa mengombinasikan lavender serta ragi di dalam air secukupnya. Larutan yang sudah jadi ini Anda dapat tempatkan pada ruang tidur, khususnya area dekat tempat tidur Anda supaya nyamuk menjauh dan tak berani menggigit Anda.

  1. Menggunakan Ramuan Cengkeh dan Jeruk Nipis

Masih ada satu lagi ramuan yang layak Anda coba, yakni sebuah jeruk nipis yang lebih dulu Anda potong menjadi dua, lalu cengkeh bisa Anda tancapkan ke kedua belah jeruk nipis tadi. Anda bisa taruh pada ruang tidur Anda dan tempatkan di dekat Anda supaya nyamuk tak menggigit.

Selain menggunakan cara-cara tersebut, pastikan bahwa ruang tidur dan juga seluruh ruangan di rumah Anda terjaga betul kebersihannya dan bahkan tidak menjadi lembab. Selamat mencoba cara-cara agar tidak digigit nyamuk saat tidur tersebut dan semoga bermanfaat.