Sponsors Link

17 Gejala Jantung Bermasalah Pada Wanita dan Pria

Sponsors Link

Jika kita tahu apa saja yang menjadi gejala jantung bermasalah, kita bisa mendeteksi penyakit jantung sejak dini. Sayangnya banyak dari kita bahkan masyarakat luas yang tidak mampu mengetahui apa saja yang menjadi gejala atau ciri ciri dari jantung bermasalah. Jantung merupakan organ penting bagi tubuh manusia, tugas jantung salah satunya adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Penyakit jantung ini jika dibiarkan sangat berbahaya sebab jantung menjadi penyumbang kematian nomor satu di dunia. Penyakit jantung koroner atau yang biasa disebut dengan penyakit jantung iskemik merupakan penyumbang kematian nomor satu di dunia tidak hanya di negara berkembang saja namun di negara maju pun penyakit jantung koroner sangat mematikan. Oleh sebab itu gejala awal dari penyakit ini harus benar benar diwaspadai. Berikut ini adalah gejala jantung bermasalah yang perlu untuk diwaspadai :

ads
  1. Mudah Lelah

Hal pertama yang menjadi tanda seseorang mengalami gejala jantung adalah mudah lelah. Alasannya adalah jantung bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Saat tubuh kekurangan darah maka tubuh pun akan kekurangan oksigen. Oksigen ini sangat penting bagi kesehatan tubuh sebab darah mengandung oksigen. Saat tubuh kekurangan oksigen, badan akan terasa lemas sebab oksgen sangat penting bagi kehidupan manusia. Orang yang terkena anemia juga akan mudah sekali merasakan kelelahan, hal itu dikarenakan dia kekurangan sel darah merah. Padahal sel darah merah berguna untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Oleh sebab itu orang yang mengalami anemia sangat penting untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab anemia pada dirinya. Apakah murni karena produksi sel darah merah berkurang atau karena penyakit jantung.

Baca : Kopi untuk penderita anemiaTanda tand anemia

  1. Suka Berkeringat

Ada yang mengatakan bahwa tubuh yang sehat adalah tubuh yang sering berkeringat, sayangnya anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Keringat yang menandakan tubuh sehat adalah keringat yang keluar ketika seseorang melakukan olahraga. Saat olahraga, racun dan sisa metabolisme yang ada di dalam tubuh dikeluarkan melalui keringat. Jika tubuh anda tidak melakukan apaun namun anda suka berkeringat, anda patut curiga dengan kesehatan anda. Keringat yang sering dikaitkan dengan penyakit jantung adalah keringat dingin. Keringat dingin tersebut merupakan tanda dari lemah jantung. Tidak hanya itu saja, telapak tangan dan telapak kaki berkeringat menjadi tanda seseorang mengidap lemah jantung.

Baca : Penyebab kaki berkeringatPenyebab tangan sering basah

  1. Merasakan Mual

Orang yang mengalami jantung bermasalah dia akan mengalami mual dan juga kehilangan nafsu makannya. Hal itu dikarenakan saat seseorang mengalami penyakit jantung, orang tersebut akan mengalami pembengkakan perut. Pembengkakan perut itu akan membuat seseorang merasakan mual bahkan bisa memicu muntah.

Baca : Penyebab mual di pagi hariPenyebab mual setelah berolahraga

  1. Kehilangan Nafsu Makan

Gejala lainnya saat seseorang terkena jantung adalah orang tersebut akan kehilangan nafsu makan. Hal itu merupakan gejala lanjutan dari mual dan muntah yang dirasakan oleh penderita gangguan hati. Saat seseorang merasakan mual dan juga muntah berkelanjutan, dia akan merasakan tidak berselera makan sebab apapun yang dia makan akan memicunya menjadi muntah. Rasa mual yang dirasakan pun membuat penderita penyakit jantung enggan untuk mengkonsumsi berbagai macam makanan. Tidak mengherankan jika orang dengan jantung yang bermasalah akan mengalami penurunan berat badan. Dirinya juga rentan untuk terkena mal nutrisi sebab kecukupan gizi di dalam tubuhnya tidak terpenuhi.

Baca : Cara meningkatkan nafsu makan

ads
  1. Sering Cemas Berlebihan

Orang yang mengalami penyakit jantung gejala awalnya adalah sering cemas berlebihan. Sering cemas berlebihan ini merupakan tanda awal orang mengalami penyakit jantung aritmia. Orang yang menderita aritmia akan merasakan debaran tidak teratur di dalam tubuhnya. Debaran jantung yang tidak teratur tersebut membuat penderitanya menjadi cemas. Ada juga debaran jantung yang tidak teratur muncul karena kondisi psikis, misalnya saja muncul saat gugup.

Baca : Gejala aritma jantung

  1. Nyeri

Gejala jantung bermasalah yang patut dicurigai adalah munculnya rasa nyeri yang berlebihan di bagian tubuh tertentu. Pria dan wanita akan merasakan nyeri tubuh yang berbeda. Jika pria dia akan merasakan nyeri di bagian lengan kiri. Untuk wanita rasa nyeri itu akan terasa di kedua lengannya. Memang rasa nyeri itu sering diabakan mengingat rasa nyeri itu datang dan pergi. Orang yang jantungnya bermasalah akan merasakan nyeri di bagian kedua bahu, punggung, siku dan juga leher. Rasa nyeri ini disebabkan oleh adanya penyumbatan yang ada di bagian aarteri atau pembuluh darah di jantung. Oleh sebab itu jika anda merasakan nrasa nyeri di bagian tubuh tersebut dngan frekuensi yang lumayan sering sebaiknya segera mengecek kesehatan jantungnya. Mengecek kesehatan jantung rutin dan berkala membantu anda untuk terhindar dari penyakit jantung.

Baca : Obat jantung berdebar tradisionalPerbedaan sakit jantung dan GERD

  1. Nyeri Dada

Tanda dari gejala jantung bermasalah yang spesifik atau khusus adalah munculnya nyeri dada. Ketika seseorang merasakan nyeri di bagian dadanya bisa dipastikan bahwa jantung orang tersebut bermasalah. Nyeri dada itu bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Salah satunya terjadinya penyumbatan darah di pembuluh darah jantung sehingga rasa nyeri itu akan ada. Nyeri ini bisa terjadi di bagian dada kiri maupun di bagian dada kanan. Banyak yang tidak menyadari jika menderita penyakit jantung dikarenakan mereka tidak sadar dengan gejala yang ada. Nyeri dada merupakan gejala yang patut untuk diwaspadai dikarenakan nyeri dada ini bisa datang dan pergi sesuka hatinya. Nyeri dada bisa terjadi sekitar tiga detik saja kemudian menghilang. Banyak yang mendadak terserang jantung koroner sebab mereka tidak sadar dengan gejala yang ada.

Baca : Penyebab jantung sering nyeriGejala serangan jantung

  1. Detak Jantung Tidak Teratur

Gejala jantung bermasalah lainnya adalah merasakan detak jantung yang tidak teratur. Orang yang mengalami penyakit aritmia jantung. Aritmia jantung adalah penyakit yang menyebabkan detak jantung kadang lemah kadang cepat. Penyakit ini harus diwaspadai sebab bisa berkaibat fatal. Akibat detak jantung yang tidak teratur penebalan otot di katup jantung sudah terjadi. Ketika otot yang ada di katup jantung mengalami penebalan jantung rentan untuk mengalami kebocoran.

Baca : Jantung bocor ASD dan VSDCiri ciri jantung bocor

  1. Sesak Napas

Orang yang mengalami masalah di bagian jantungnya, sering mengalami sesak napas. Jantung yang bermasalah dan menyebabkan sesak napas ini disebabkan oleh otot di pembuluh darah jantung yang mengalami penebalan. Sesak napas juga sering dialami oleh orang yang mengalami aritmia jantung. Jika tidak segera diatasi, penderitanya akan mengalami komplikasi berupa kelainan organ hati, infeksi hati, kebocoran jantung dan juga katup jantung menjadi mengalami kelainan.

Baca : Gejala sesak napasPenyebab dada sesak

  1. Pembengkakan

Pembengkakan juga menjadi tanda seseorang mengalami masalah dengan jantungnya. Hal ini bisa terjadi pada orang yang mengalami masalah jantung dan sudah terkena komplikasi misalnya saja adalah infeksi hati. Orang yang menderita infeksi hati akan mengalami penumpukan cairan di dalam tubuhnya, hal itu dikarenakan hati berguna untuk membuang sisa metabolisme tubuh. Karena fungsi hati yang tergangguu akibatnya sisa metabolisme itu justru diendapkan di dalam tubuh dan terjadilah pembengkakan tersebut.

  1. Sering Pingsan

Orang yang mengalami jantung bermasalah akan sering pingsan. Hal itu disebabkan akibat tubuhnya kekurangan oksigen. Saat jantung tidak mampu mengedarkan darah ke seluruh tubuh secara maksimal, tubuh akan kekurangan oksigen. Salah satu organ di dalam tubuh manusia yang kekurangan oksigen adalah otak. Ketika otak kekurangan oksigen, maka seseorang bisa denga mudah kehilangan kesadaran. Otak membutuhkan oksigen untuk menjalankan fungsinya secara maksimal.

Baca : Penyebab sering pingsanCara menangani orang pingsan

  1. Sakit Kepala

Gejala jantung bermasalah lainnya adalah orang tersebut akan mudah sekali mengalami sakit kepala. Jika ada seseorang yang sering sekali mengalami sakit kepala, itu tandanya ada masalah dengan otaknya. Misalnya saja adalah penyumbatan di pembuluh darah otak, otak kekurangan oksigen, munculnya tumor dan masih banyak lagi lainnya. Orang yang mengalami jantung bermasalah akan menyebabkan otak kekurangan oksigen, oleh sebab itu orang tersebut mudah sekali merasakan pusing. Jika sudah parah, orang tersebut bisa merasakan sakit kepala yang parah dan pingsan secara tiba tiba.

Baca : Perbedaan sakit kepala dan pusingPenyebab sering sakit kepala

  1. Rasa Tidak Nyaman Setelah Kekenyangan

Orang yang mengalami penyakit jantung sering merasakan tidak nyaman di bagian punggung. Penderita jantung yang saat itu kekenyangan akan merasakan punggung nyeri bahkan perut dan dada pun terasa nyeri. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan saat kekenyangan rongga perut akan penuh dengan makanan. Rongga perut yang penuh itu bisa menekan jantung sehingga menyebabkan rongga dada menjadi nyeri dan sakit. Tidak hanya itu saja, rasa nyeri dan sakit itu bisa menjalar sampai ke punggung belakang. Oleh sebab itu disarankan kita untuk makan secukupnya saja. Makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang.

Sponsors Link

  1. Nyeri Leher

Penyakit jantung identik dengan rasa nyeri di bagian tubuh tertentu. Bagi pria salah satu tanda jantungnya bermasalah adalah pria itu akan merasakan nyeri di lehernya. Nyeri itu tidak kunjung hilang dan leher akan terasa kaku ataupun tegang. Gejala ini sering diabaikan oleh sebagian orang, sebab merkea menganggap bahwa nyeri leher dan ketegangan leher ini disebabkan oleh kelamaan kerja ataupun duduk. Wanita memiliki kemungkinan kecil untuk merasakan gejala ini, bagi wanita gejala yang bisa dengan mudah dirasakan adalah nyeri di bagian dada kemudian merambat di bagian bahu kiri dan beralih ke lengan kiri.

Baca : Sakit leher sebelah kiri

  1. Masalah Seksual

Gejala jantung bermasalah lainnya adalah mengalami masalah seksual. Gejala ini bisa dialami oleh pria. Pria yang mengalami jantung yang bermasalah akan mengalami gangguan ereksi. Disfungsi ereksi bisa terjadi selama berbulan bulan lamanya. Memang penyebab disfungsi ereksi salah satunnya adalah penyakit jantung. Hal tersebut diperkuat dengan penelitian yang dilakukan di Eropa. Pria yang mengalami masalah dengan penyumbatan di pembuluh darah koroner, dia bisa mengalami disfungsi ereksi. Barulah setelah berbulan bulan mengalami disfungsi ereksi, pria tersebut terdiagnosa terkena penyakit jantung koroner. Kematian penderita jantung koroner ini disertai dengan disfungi ereksi ini mengalami peningkatan. Oleh sebab itu penting bagi pria untuk menjaga kesehatan jantungnya.

  1. Gangguan Berpikir

Orang yang mengalami penyakit jantung bisa mengalami gangguan berpikir. Tidak mengherankan jika orang yang memiliki penyakit lemah jantung dia akan kesulitan berfikir sulit konsentrasi dan sulit untuk memecahkan masalah. Hal itu disebabkan oleh lemahnya kemampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh terutama di otak menyebabkan otak kekurangan oksigen. Medis mengatakan orang yang di dalam tubuhnya kekurangan oksigen bisa menyebabkan kecerdasan lemah, daya pikir lemah dan sulit untuk konsentrasi. Oleh sebab itu dokter kandungan dan juga bidan selalu rutin mengecek jumlah hb di dalam tubuh ibu hamil. Jika hb rendah maka oksigen pun rendah. Hal itu bisa berdampak ke bayi, nantinya bayi yang dilahirkan kekurangan oksigen dan memiliki kecerdasan yang kurang.

Baca : Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi belajarCara meningkatkan konsentrasi

  1. Sakit di Bagian Rahang

Gejala jantung bermasalah lainnya adalah mengalami sakit di bagian rahang. Memang sakit di bagian rahang tidak haya menjadi ciri dari penyakit jantung namun juga menjadi gejala dari penyakit yang lainnya. Medis meyakini salah satu penyebab sakit di bagian rahang kemudian menjalar ke bagian telinga disebabkan oleh penyakit di pembuluh darah koroner. Sakit ini akan muncul beberapa hari sebelum seseorang mengalami serangan jantung koroner.

Itulah berbagai macam gejala jantung bermasalah yang harus diwaspadai. Menjaga kesehatan jantung dengan cara pola hidup sehat dan pola makan yang sehat harus dilakukan mulai sekarang juga. Mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengobati penyakit jantung.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 06th, October 2016 / 14:15 Oleh :
Kategori : Penyakit Jantung